Ada Apa dengan Perempuan dan Kartu Membership?

Perempuan dan kartu membership itu kalo kata pepatah ibarat sayur tanpa garam. Alias, gak lengkap gitu, say. Kalo gak percaya, silakan cek dompet para perempuan deh, entah masih single atau udah nikah. Dijamin di dalam dompetnya ada berbagai kartu membership.

Jenisnya pun macam-macam. Mulai dari membership supermarket (paling umum), membership fitness center atau klub kebugaran, sampe membership rumah sakit/klinik. Tiap jenis, jumlah membership-nya kadang gak cuma satu tapi bisa lebih dari itu, lho.

Ini berdasarkan pengamatan gue pada teman dan saudara perempuan, plus diri sendiri, ya, hahahaha 😀

Beneran deh, dompet gue emang isinya lebih banyak aneka kartu membership gitu ketimbang duitnya. Soale kalo duit bisa disimpen di rekening. Namun untuk kartu membership, sebagian masih harus kasih lihat kartunya pas bertransaksi.

Emang buat apaan sih perempuan punya kartu membership banyak-banyak?

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman gue, beberapa di antaranya gini nih:

1.Dapet hadiah

Kayak kartu supermarket T yang gue punya, atau department store S nih. Dua-duanya kasih promo untuk para pelanggan yang belanja dengan menunjukkan kartu membership-nya berupa poin. Nanti kalo poinnya udah sekian, bisa di-redeem jadi voucher atau lainnya. Perempuan paling demen yang beginian kan.

2. Dapet diskon

Selain itu, ada program diskon juga untuk pemegang kartu membership. Gak hanya di supermarket, tapi di klinik dokter juga gitu. Gue pernah ke dokter gigi yang menawari gue kartu membership dengan iming-iming disc 20% untuk setiap kunjungan berikutnya. Ya gue mau lah 😀

3. Dapet gengsi

Ya keren aja gitu kalo kita punya kartu membership klub mahal atau designer brands. Meski belinya mah cuma dikit, tapi berasa se-gank sama keluarga Bakrie, ceunah 😀

4. Buat kenang-kenangan

Kartu membership perpustakaan waktu kuliah, kartu membership supermarket waktu tinggal di kampung, dll tetep disimpen padahal udah expired semua. Kenapa? Ya seneng aja untuk kenang-kenangan. Berasa kayak bisa kembali lagi ke momen-momen itu hanya dengan lihat kartunya. Aneh? Iya sih, tapi banyak yang begini lho.

Anyway, sekarang, keanggotaan sebuah klub/toko/supermarket gak lagi dibuktikan dengan kartu membership. Banyak juga toko/bisnis online yang menawarkan program membership dengan aneka system. Ada yang pake poin, level (silver, gold, platinum), dll dsb. Semua biasanya berdasarkan keaktifan pelanggan dan besaran transaksi yang mereka lakukan per periode tertentu.

Meski sistemnya agak beda dikit, tapi tujuannya tetap sama. Program membership atau loyalty ini sebenernya bagian dari strategi perusahaan untuk menciptakan hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan dengan konsumen.

Bahkan, menurut sebuah riset yang dikutip di artikel ini, disebutkan bahwa hanya dengan meningkatkan retensi pelanggan sebanyak 5% melalui program loyalitas, keuntungan bisnis bisa naik hingga 25% sampai dengan 95%. Dan para pelanggan (termasuk gue) pun gak ngerasa keberatan dengan program-program loyalty/membership kayak gini. Jadi bener-bener simbiosis mutualisme, ya.

Untuk temen-temen yang punya atau mulai berbisnis online, sok atuh bisa dicoba nih metode loyalty/membership ini. Kalo mau tau keuntungan-keuntungan lainnya, bisa dibaca di blog ini ya. Lengkap semua dikupas lho. Soale program membership ini bermanfaat banget untuk bikin pelanggan beli terus menerus, sampe ningkatin rekomendasi dari mulut ke mulut.

Oh ya, tips tadi dikasih sama Ninjaxpress sebagai bagian dari usaha untuk memajukan UMKM dan iklim usaha kecil di Indonesia. So far, gue lihat emang Ninjaxpress ini concerned bener sih dengan para pebisnis kecil menengah, terutama yang tergerus pandemi.

Dengan sharing konten kayak gini, Ninjaxpress ngebantu kita banget untuk bisa maju di tengah iklim usaha yang lagi turun. Thank you Ninjaxpress!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s