Joanna Lumley, Idola Masa Tua

Belakangan ini gue lagi tergila-gila banget sama seluruh film dokumenter/program traveling-nya Joanna Lumley. Soale, acara yang dia pandu itu ngajak penonton mengeksplorasi wilayah-wilayah yang menarik di dunia. Selain itu, sosok Joanna juga bikin gue terkagum-kagum dan jadiin dia idola. Gue mau kayak dia kalo tua nanti!

Biasanya, gue nonton film-film dokumenter dan traveling-nya Joanna saat melakukan ritual jalan kaki 45 menit tiap hari keliling rumah. Lumayan, selama 45 menit, gue jalan kaki sambil nonton acaranya dia di Netflix.

Jadi berasa jalan-jalan beneran. Yah bedanya, Joanna jalan di Venesia, Turki, Siberia, dll. Gue mah jalan kaki keliling ruang tamu, ruang makan, kamar, dapur, muter-muter aja, wkwkwk πŸ˜€

Pas gue kemarin posting di Instastory tentang dia pun, ternyata banyak yang sepemikiran. Duh bener-bener deh, Joanna ini idola perempuan-perempuan paruh baya banget!

Kenapa sih gue dan temen-temen suka sama dia? Here’s why:

1.She’s oldie but goodie

Hasil baca-baca di wikipedia ini, disebutkan Joanna Lumley lahir tahun 1946. Artinya, saat ini dia berusia 75 tahun.

Ebuset, doi lebih tuwir daripada bokap gue!

Tapi yang mengagumkan, secara fisik dia masih prima banget. Oke lah kulit udah keriput tapi dia masih setrong bener. Buktinya, di film-film dokumenternya Joanna kan menjelajah ke berbagai wilayah dunia tuh. Dan wilayah yang dia datangi itu bukan yang luxurious atau mevvah selalu. Ada beberapa yang mengharuskan dia hiking, trekking, gitu-gitu.

Dia melakukan itu semua tanpa tongkat maupun alat bantu. Keren banget deh.

Trus di film yang dia naik kereta Trans Siberia, dia juga naik turun kereta sendirian, dan melanglang buana ke berbagai pedesaan dan hutan. Gak keliatan kalo dia ngos-ngosan layaknya manula.

Semua itu bikin gue termotivasi untuk bisa kayak dia saat tua nanti. Gak perlu bebas keriput kayak Vera Wang. Cukup kayak Joanna Lumley aja yang sehat walafiat, kuat, dan berjiwa adventurous.

Amin!

2. Caranya membawakan acara gak intimidating

Banyak kan pembawa acara traveling atau film dokumenter yang bukannya inspiring, malah intimidating. Apalagi yang umurnya masih muda-muda nih. Jadi terkesan sotoy dan bahkan ada yang kurang blend in sama lokasi yang dituju karena terlalu glowing.

Nah kalo Joanna enggak. Dia tetep jadi dirinya sendiri, dengan baju, sepatu, dan tas yang sewajarnya. Makeup-nya juga biasa-biasa aja gak berlebihan. Trus, cara dia membawakan acara dan ngobrol dengan orang-orang yang dia temui di perjalanan juga menarik. Natural aja gitu, gak dibuat-buat.

Sense of humornya juga menarik. Khas bule-bule Inggris gitu lah.

Gue awalnya merasa, jangan-jangan gue gak terintimidasi sama Joanna karena gue udah tua juga hahaha. Tapi setelah diperhatiin dengan seksama, ah emang Joanna-nya aja sih yang bagus.

Meski dia udah 75 tahun, dia gak ada tuh menjelaskan sesuatu dengan kata-kata atau kalimat sotoy. Bener-bener ngalir aja. Laaff!

3. Tema programnya selalu menarik

Di Netflix, gue baru menyelesaikan programnya yang tentang Trans Siberia. Saat ini gue lagi nonton yang Silk Road. Menurut gue, dua-duanya seru banget karena gak hanya menampilkan dokumenter traveling pada umumnya, tetapi juga mengupas sejarah dunia masa lampau.

And I’m a sucker for such things!

Trus suaranya Joanna pas membacakan narasi juga teduh dan calming gitu. Jadi bener-bener enakeun lah.

Kenapa gue ngerasa Joanna ini inspiring banget? Soale, sejak lama gue bercita-cita untuk tetap produktif dan nikmatin hidup saat tua nanti. Dan arti nikmatin hidup untuk gue adalah sehat, bahagia, dan sukur-sukur bisa traveling extensively. Makanya udah sejak lama gue mencoba kumpulin dana pensiun supaya saat tua nanti gak jadi beban anak gue.

Produktif yang gue maksud adalah tetap berkarya mungkin nulis blog dan medsos (kalo masih tren ya, hahaha) bahkan berbagi ilmu dengan yang lain supaya otak tetap jalan dan gak cepet pikun.

Nah begitu tau umur Joanna Lumley 75 tahun dan hidupnya masih seru banget, gue langsung terinspirasi. I wanna be like her when I’m 75! Dan katanya kan kalo keinginan sebaiknya ditulis supaya terwujud. Makanya gue tulis di sini deh.

Doakan aku bisa jadi kayak Joanna Lumley ya gaes!

6 thoughts on “Joanna Lumley, Idola Masa Tua

  1. wooaaahh keren banget Joanna ini naek trans siberian sendirian!!! Aku aja yang umurnya jauh lebih muda meski pengen nyobain naek trans siberian tapi masih maju mundur membayangkan hidup berhari-hari di kereta x_x

  2. Tim Joanna Lumley di sini! πŸ˜€ kemarin aku baru nyelesein yang Silk Road dan terbengong-bengong sama semua pesona negara-negara di Jalur Sutera. Bener, Mbak Ira, cara Joanna membawakan acara tuh menenangkan, suaranya calming, tapi juga powerful. Humor yang diselipkan juga bisa bikin senyum. Pas bagian interaksi dengan warga lokal, aduh, langsung hangaaat banget lihatnya ❀

  3. Aku punya tante tinggal di Jerman umur 77thn. masih sehat bgt mba.. masih kerja di RS ke mana2 naik sepeda. Dia sama aku yg umur 30an ini masih sehatan dan kuatan dia deh kyknya hehehe.. apa krn faktor udara sm makanannya juga kali ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s