Inspirasi Bisnis dari Film, Kenapa Nggak?

Salah satu hobi gue adalah nonton film. Gak cuma film cerita, tapi juga film dokumenter gitu-gitu. Kenapa? Karena gue seneng melepas lelah dan rileks sejenak nonton cerita-cerita tentang kehidupan orang, baik itu beneran atau fiksi.

Apalagi, nonton film itu enggak hanya kasih hiburan doang. Tapi gue juga bisa dapet banyak banget ilmu, pelajaran, pengetahuan, dan inspirasi.

Misalnya nih film tentang kuliner kayak Aruna dan Lidahnya atau Julie & Julia. Setelah nonton, pengetahuan gue tentang kuliner pun langsung bertambah karena di film-film itu banyak bener detail seputar dunia kuliner yang jadi background cerita.

Begitu juga untuk film-film di bidang lain, kayak film tentang perang, kedokteran, ilmuwan, dan jurnalistik. Bahkan pas gue ikut kursus terjemahan, film The Interpreter yang dibintangi Nicole Kidman dijadiin contoh untuk menjelaskan profesi interpreter lho sama dosen yang ngajar.

Dan, ilmu-ilmu kayak gitu gak cuma bisa didapetin dari film-film yang “serius”. Film-film ringan kayak komedi romantis atau film komedi juga bisa kasih ilmu dan pengetahuan. Sebab, penulis naskah akan menyematkan background cerita dan tokoh sesuai jalinan kisah yang ada. Dan untuk itu, dia pasti bikin riset dulu. Ini nih yang bikin film jadi menarik dan kasih sesuatu yang lebih dari sekadar hiburan belaka.

Banyak juga film yang sukses kasih inspirasi buat gue. Waktu jomblo dulu, nonton film-film Bridget Jones’ Diary bikin gue strong apalagi pas patah hati hahaha… Soale tokoh Bridget Jones bisa nampilin sosok cewek yang kuat dan mandiri meski patah hati.

Terus film Ricki and The Flash yang gue tonton pas udah jadi ibu-ibu bikin gue terinspirasi untuk jadi ibu yang baik tanpa melepaskan kebahagiaan dan kepribadian gue sebagai seorang perempuan.

Nah selain film yang bisa menginspirasi personally, ada juga film-film yang menginspirasi dari berbagai sisi lainnya. Bahkan meski film itu gak seberat Wall Street atau film-film tentang bisnis dan ekonomi lain, tetep ada inspirasi bisnis yang bisa dilirik di dalamnya.

Kemarin gue baca artikel ini yang menurut gue menarik banget. Di situ disebutin 5 film yang cocok untuk pebisnis. Kenapa? Soale selain kasih inspirasi bisnis yang menarik, di film-film itu juga tampilin jalinan cerita dan aktir-aktor yang oke. Buat para pebisnis yang sering stuck, atau nemuin tantangan yang bikin desperado, dijamin relatable deh nonton 5 film itu.

Salah satunya adalah Cek Toko Sebelah. Filmnya Ernest Prakasa ini bercerita tentang Erwin yang harus memilih antara berkarier di kantornya dan melanjutkan toko kelontong punya bapaknya, Koh Afung.  Di situ kita bisa belajar tentang liku-liku bisnis ritel dan mempertahankan bisnis bersejarah, sekaligus mengelola risiko.

Yang menarik, dunia bisnis ritel ini ditampilkan dalam film genre komedi keluarga yang bikin ketawa tapi juga terharu. Komplet deh!

Selain itu, ada juga film Filosofi Kopi yang kasih info tentang seluk beluk bisnis kedai kopi, gimana tantangannya, dan segala suka dukanya. Film ini cocok banget untuk para pebisnis yang udah atau baru mau terjun ke dunia coffee shop yang lagi booming banget belakangan ini di Indonesia.

Untuk tau film-film lain yang bakal cocok untuk pebisnis, silakan baca di blog ini ya. Dikupas lengkap lho!

Oh ya, konten yang gue share ini ada di blog-nya NinjaXpress. Kenapa sih koq NinjaXpress senang membahas tema tentang bisnis UMKM? Sebab, setau gue, NinjaXpress itu emang ingin menjadi mitra UMKM. Makanya dia fokus banget untuk membina dan mendorong para pebisnis UMKM supaya lebih maju gitu.

Di masa pandemi ini, NinjaXpress berkomitmen untuk terus mendukung usaha dan karya lokal Indonesia untuk bangkit dan tumbuh bareng. Jadi, saat kita semua udah masuk new normal, para pebisnis UMKM pun udah siap semua deh.

Yuk semangaatt!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s