Parno

Seperti yang pernah gue tulis dulu, gue kan pernah kena Covid sekeluarga ya. Dari bokap, nyokap, adik, suami, anak, sampe ponakan, total yang kena Covid kami bertujuh. Waktu itu, meski deg-degan pas mau tes PCR, tapi begitu positif ya pasrah aja. Apalagi alhamdulillah gejalanya ringan semua.

Tapi entah kenapa, sekarang gue jadi 1000% lebih parno sama Covid. Padahal udah pernah kena Covid. Plus udah vaksin Covid pula. Kalo hitung-hitungan awam kan, harusnya antibodi gue jauh lebih oke daripada yang belum pernah kena ya. Lho koq sekarang malah lebih parno?

Penyebabnya mungkin ini ya:

  1. Trauma

Karena pernah ngerasain, jadi ada rasa trauma gitu. Kayak orang yang pernah jatuh atau kecelakaan di satu lokasi, abis itu biasanya suka trauma kan lewat lokasi itu lagi. Nah ini mungkin mirip-mirip gitu lah.

Ini juga dialami beberapa orang di sekeliling gue. Misalnya nyokap gue. Sekarang dia jaga protokol kesehatan bgt karena trauma saat dirawat di RS karena Covid tahun lalu.

Trus, reporter kantor gue, si Fat, juga ngerasain hal yang sama. Apalagi Fat ini gejala Covid-nya lumayan parah sampe harus dibantu alat-alat segala. Tentu trauma yang dia rasakan lebih besar ketimbang gue.

2. Banyak contoh yang udah kena + vaksin, eh masih sakit juga

Nah ini beneran banyak sih, di berita maupun di sekeliling gue. Tenaga kesehatan itu banyak banget yang reinfeksi atau kena Covid lagi meski udah pernah kena dan pernah vaksin. Selain itu, orang-orang biasa juga banyak.

Lah kan jadi deg-degan dakuh. Padahal waktu awal abis sembuh dari Covid, gue jujur jadi pede banget karena kondisi antibodi lagi bagus-bagusnya tuh. Sampe berani ke mal segala lho. Trus divaksin juga, wah pede lah Insya Allah aman.

Makanya shocked begitu denger banyak yang reinfeksi meski udah pernah kena Covid + udah vaksin lengkap.

Misalnya, Rektor IPB yang kena Covid lagi meski tahun lalu pernah kena dan udah vaksin 2x. Terus temennya adik gue juga ada yang kena lagi meski udah pernah dan udah vaksin.

3. Mutasi penyakitnya macem-macem bener

Mulai dari varian Alpha, Beta, Gamma, Delta, hingga yang terbaru, Lambda. Tapi yang paling menghebohkan adalah varian Delta asal India ya. Ini nih yang bikin gue parno banget karena mudah menular dan memperparah symptomps, meski kabarnya sih lebih cepet sembuh.

4. Bulan depan gue gak bisa reimburse kantor

Iya soale mulai bulan depan gue mau resign. Jadi ini bulan terakhir gue ngantor beneran. Alhasil, gak bisa lagi reimburse kantor deh kalo ke dokter hehehe. Makanya ini lagi cari-cari asuransi kesehatan yang bagus supaya gak pusing kalo sakit.

5. Kasus Covid yang naik gila-gilaan

Tiap hari gue update berita Covid beserta angka kasus hariannya. Dan ini cukup bikin stres juga sih. Orang-orang mungkin bisa menghindari baca ya, tapi gue kan gak bisa. Yah risiko pekerjaan lah.

Meski udah berusaha mengalihkan dengan segala cara, ya gue gak bisa memungkiri bahwa kekhawatiran itu akan selalu ada. Apalagi tiap buka Facebook, pasti ada aja berita duka yang muncul. Beberapa kenalan dekat pun satu per satu tumbang. Kan sedih T_T

Ya gitu deh curhatku hari ini. Makanya gue saat ini bener-bener gak pernah keluar rumah lho. Batasannya cuma sampe pager depan doang. Ke tukang sayur dan supermarket aja bener-bener gak pernah 😦

Semoga kita semua sehat-sehat selalu ya gaes. Jaga selalu protokol kesehatan dan jangan dengerin segala hoax dari para Covidiot itu. Peluk virtual semuaaaa!

6 thoughts on “Parno

  1. Smoga sehat terus ya, di RSCM mulai kmrn Nakes vaksin lagi yg Moderna, moga2 lebih efektif melindung Nakes ya.kalau kita yg bukan nakes better dirumah aja deh, .rencana Juli ini road trip mau nengokin cucu, eh ga jadi tau tau kayak gini kondisinya ya, syerem bgt memang, berita duka terus jadi buat Parno

    • Iya Mbak bener banget, berita duka tiap hari silih berganti. Bener-bener bikin jiper dan takut ke mana2 sih, diem di rumah aja daripada kenapa-kenapa. Semoga kita sehat2 terus yaaa 🙂

  2. Iya varian delta bikin lebih parno, tetangga depan ku, neneknya meninggal kakeknya cukup parah mana ada anak balita, di rt ku total 3 orang minggal karena covid sementara yg lain masih haha hihi kesana kemari dan termakan hoax 😦

    • Bangeeett Mbak. Sumpah ini bikin parno bener sih. Dan kesel sendiri liat yg masih pada santai gak maskeran p;us kena hoax macem-macem sementara kita udah jaga ketat bgt ya 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s