Kembali ke Kampus (Pengumuman)

Jeda antara ujian Simak UI ke pengumuman hasilnya pas banget 1 bulan. Ujian tanggal 23 Maret, pengumuman tanggal 23 April. Mungkin disengaja ya supaya para peserta jadi gampang ingetnya 😀

Kalo gue sih, malah sengaja dilupa-lupain. Soale, gue yakin banget bahwa gue gak lulus. Apalagi gue baca berita ini, peserta ujian Simak UI Pascasarjana 2021 gelombang 1 dengan jumlah paling banyak adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Terdapat lebih dari 400 peserta di jurusan ini yang memperebutkan segelintir kursi.

Gimana gak jiper coba?

Trus untuk bikin hati adem, gue mulai bikin daftar “kenapa bisa bahagia kalo gak lulus Simak UI”.

Salah satunya, ya ofkors, anggaran kuliah bisa dipake untuk yang lain, hahaha.

*duh maap ya, emak-emak emang fokusnya selalu duitduitduit 😛 *

Selain itu, gue juga mulai merancang, kalo gak lulus ujian, gue bakal daftar short course bidang digital, dan segudang rencana lainnya. Biasa, Aquarius kan selalu punya banyak plans 😀

Namun, tetep lah gue bikin rencana, kalo lulus Simak UI mau ngapain aja.

Salah satunya, nulis pengalaman di blog supaya bisa bermanfaat untuk siapa pun yang kelak mau daftar Simak UI juga. Soale gue kan juga terbantu banget dengan para blogger yang udah nulis pengalaman ikut Simak UI dan kuliah S2 Komunikasi UI. Jadi gue lanjutin aja tongkat estafet berbagi pengalaman dari mereka di sini ya 🙂

Anyway, gue kan udah ngelupa-lupain tanggal pengumuman nih. Pokoknya gue berusaha gak inget-inget lah dan kembali ke kesibukan kerjaan sehari-hari.

Eh tau-tau tanggal 22 Maret, di IG-nya UI, nongol pengumuman ini:

Yaelah, kan jadi inget deh gue bahwa pengumuman Simak UI bakal digelar Jumat siang jam 13.00 T_T

Saking takut lihat pengumuman, gue pun sempet minta suami untuk liatin di website-nya. Ntar gue kasih username dan password gue, gitu.

Terjadilah perdebatan alot. Soale, suami gue gak mau bantuin gue liat pengumuman.

“Kamu kan udah tua, masa gitu aja gak berani sih. Ayo dong belajar atasi rasa takut,” katanya.

Hadeh gak pengertian amat nih suami eikeh. Gue dari dulu emang paling gak berani liat pengumuman-pengumuman gini. Waktu UMPTN aja, gue tau lulus karena temen-temen gue pada telpon ke rumah untuk kasitau. Kalo gak ada temen-temen yang telpon, ya mungkin gue gak bakal tau tuh kalo gue lulus 😀

Karena suami gak bisa diajak kongkalingkong, akhirnya gue cuma pasrah. Kebetulan, hari itu gue piket kantor dari jam 07.00 – 15.00. Harusnya bisa dong jam 13.00 melipir bentar buka website pengumuman.

Tapi gue malah terus pura-pura lupa dan alihin fokus ke kerjaan plus main Candy Crush wkwkwk.

Nah jam 16.00 sebelum matiin laptop, akhirnya gue memberanikan diri untuk ngebuka website. Setelah login dan masuk, gue harus klik dulu ke menu “Hasil Seleksi”.

Rasanya jantung mau copot pas klik menu itu. Begitu menu “Hasil Seleksi” gue klik, spontan gue langsung tutup mata supaya gak keliatan hasilnya. Macam nonton film horor yang adegan setannya muncul gitu deh.

Abis itu gue baru ngintip dari sela-sela jari.

Makanya, begitu baca kalimat “Selamat, Anda dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Indonesia”, wah langsung jerit-jerit sendirian. Gak kalah lah sama video Tiktok dedek-dedek pas diterima SNMPTN kemarin gitu lah. Beda umur jauh aja kita hahaha.

Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah.

Aselik, perasaan gue 11-12 sama kayak waktu lulus UMPTN dulu. Girang banget dan sama sekali gak nyangka karena keburu pesimis duluan. Eh ternyata bisa lulus juga :’)

Kelar euforianya, mari kembali ke dunia nyata dengan segala urusan praregistrasi dan ofkors, bayaran dong ya 😀

Untuk praregistrasi, ya tinggal ikutin aja runutan yang ada di website setelah kita resmi diterima. Kan dikasih tuh nomor pokok mahasiswa (NPM), yang bakal jadi identitas kita selama kuliah.

Untuk biaya kuliah, besarannya beda-beda ya tergantung fakultas, jurusan, dan kelasnya. Misalnya gue nih. Gue kan ambil S2 Ilmu Komunikasi kelas Khusus, yakni Manajemen Komunikasi. Nah itu biayanya beda dengan S2 Ilmu Komunikasi kelas Reguler. Padahal fakultas dan jurusannya sama.

Untuk daftar biaya lengkapnya, bisa dicek di sini ya. Jujur buat gue, biayanya lumayan banget sih. Untung aja pas dapet pesangon kemarin emang sebagian langsung gue sisihkan untuk kuliah. Kalo gak, kudu bobol tabungan deh kayaknya tiap waktunya bayar semesteran hehehe…

Oh ya, kalo baca-baca blogpost lama, gue jadi terharu sendiri. Dulu kan gue beberapa kali nulis bahwa gue pingin banget kuliah lagi. Eh ternyata sekarang Insya Allah bakal terwujud.

Berarti, kalo punya keinginan dan impian, jangan pernah menyerah, berikhtiar, dan berdoa ya. Siapa tau suatu hari nanti, impian dan keinginan itu bisa terwujud.

*kecuali impian untuk jadi pacarnya Brad Pitt sih. Itu mah hil yang mustahal gaes*

Gue aja baru terwujud nih cita-cita kuliah lagi setelah belasan tahun. God works in a mysterious way, doesn’t He? :’)

Semoga impian dan keinginan teman-teman, apapun itu, bisa diwujudkan ya. Doakan juga ya supaya gue diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalani proses kuliah, termasuk bikin tugas dan thesis. Perut rada mules nih bayangin bakal sekelas sama dedek-dedek milenial dan Gen Z yang muda-muda, pintar-pintar, dan lincah-lincah.

Kalo kata adik gue, kayaknya gue bakal jadi macam Widyawati di film “Mahasiswa Baru”.

Yaelah tega banget, gue belum setua itu kalii.. Yah walaupun kalo tuanya jadi secantik Tante Widyawati, gpp juga deh hihihi 😀

4 thoughts on “Kembali ke Kampus (Pengumuman)

  1. Hai, Mbak Ira. Salam kenal ya ^^.
    Izin bertanya, untuk S2 Ilmu Komunikasi ini tidak ada tes interview ya?

    Semoga Mbak berkenan untuk menjawab ya, terima kasih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s