Kembali ke Kampus (Sebentar Lagi)

Hari ini ada peristiwa yang bikin hepi dan lumayan efektif ngurangin ke-gloomy-an yang gue ceritain kemarin. Jadi, gue lulus ujian Simak UI untuk program S2 Komunikasi.

Yay to me! ^_^

Akhirnya ya bok, setelah bertahun-tahun berkhayal dan ngimpi untuk kuliah lagi, eh sekarang nyaris jadi kenyataan. At least satu langkah udah terlewati. Nanti gue tinggal lanjut ikutin proses registrasi, bayar, dan mulai kuliah sekitar September kalo gak salah.

Wish me luck!

Anyway, ceritanya gimana sih koq tiba-tiba bisa ikut ujian Simak UI untuk program S2?

Nah gue ceritain alurnya deh ya. Siapa tau ada yang mau daftar kuliah S2 juga, sukur-sukur bisa membantu gitu 😊

Seperti yang gue pernah tulis, gue udah lamaa banget memendam rasa eh impian untuk kuliah S2. Tapi dari dulu selalu kepentok sama biaya. Yah maklum lah, gaji minim susah banget untuk ngumpulin biaya.

Begitu daftar beasiswa, otak gue kan ngepas. Jadi gak lulus deh, wkwkwk.

Semakin lama, keinginan kuliah lagi pun semakin pudar. Apalagi gue kemudian sibuk berkeluarga dan ngurus anak kan. Tapi kalo tiba-tiba merenung, suka sedih karena cita-cita lama koq gak kesampean. Mana umur udah tambah tua pula.

Nah, per 1 Februari kemarin, kantor gue tutup. Alhasil, gue dan seluruh karyawan dapet pesangon. Jumlahnya gak fantastis sih (mengingat gaji kami juga gak fantastis, wkwkwk), tapi lumayan banget lah.

Dari situ gue langsung kepikir, wah ini nih saatnya gue kuliah lagi!

Gue pun langsung browsing-browsing. Kebetulan, gue emang udah punya cita-cita, mau kuliah S2 di almamater gue di UI. Jadi gue pun langsung cari-cari info di website-nya.

Alhamdulillah, ternyata UI buka pendaftaran Simak UI gelombang 1 untuk S2 mulai 8 Februari. Ya ampun, berasa jodoh banget gak sih. Gue pun langsung rutin pantengin website penerimaan UI plus browsing-browsing cari info tentang Simak UI.

Salah satu persyaratannya adalah ijazah dan transkrip nilai yang udah dilegalisir. Waduh, ijazah dan transkrip gue terakhir dilegalisir belasan tahun lalu, hahaha. Alhasil ini PR banget nih. Apalagi karena situasi pandemi, kampus UI tutup semua.

Untunglah, adik kelas gue ada yang jadi dosen di fakultas almamater gue. Jadi gue tanya-tanya tentang legalisir dan dia kasih tau bahwa proses legalisir bisa via email sekarang. Gue pun dikasih alamat email bagian administrasi FIB untuk legalisir secara online.

Jujur gue deg-degan, takut proses legalisirnya lama dan keburu pendaftaran tutup. Tapi alhamdulillah, semua dimudahkan banget. Gue kirim ijazah dan transkrip via email tanggal 9 Februari. Lalu 3 hari kemudian, ijazah dan transkrip nilai yang udah dilegalisir dikirim balik ke email gue.

Duh sampe terharu :’)

Kelar urusan ijazah dan transkrip nilai, baru lah gue daftar online dengan alur pendaftaran yang diatur di sini nih. Tentunya dengan meng-upload ijazah dan transkrip yang udah dilegalisir itu.

Oh ya, gue daftar ke S2 Ilmu Komunikasi kelas Manajemen Komunikasi. Awalnya deg-degan mau ambil jurusan ini karena kayaknya persaingan ketat ya. Soale sekarang jurusan Komunikasi jadi jurusan sejuta umat gitu kan. Semua orang pada minat banget sama jurusan ini. Aku kan jadi takut gak lulus karena kalah saing 😀

Trus gue kepikir mau ambil Studi Gender, tapi gue baca-baca, kalo jumlah mahasiswanya kurang, kuliah semester itu bakal di-pending ke semester depan. Wah takut kelamaan, nanti otak gue tambah lemot.

*sekarang juga udah sih 🥴*

Akhirnya yowis gue pilih Ilmu Komunikasi aja deh. Pikiran gue sih, kalo gak lulus, gue bakal daftar S2 di gelombang berikutnya, tapi ambil jurusan Studi Gender.

Begitu beres semua isi-isi formulir dan upload ijazah + transkrip, gue langsung bayar biaya pendaftaran.

Btw, S2 UI ini bener-bener high maintenance ya. Untuk daftar ujian aja kudu bayar 1,2 juta. Trus abis itu masih harus ikut ujian dan bersaing dengan ribuan peserta. Jadi belum tentu lulus.

Tapi herannya yang minat banyak banget, termasuk gue, ihik 😅

Kelar daftar-daftar, tinggal nunggu waktu ujian aja deh yang sedianya akan digelar pada 21 Maret.

Nah sambil nunggu ujian, gue coba browsing-browsing info tentang ujian Simak UI. Yang gue tau kan ujiannya terdiri dari TPA + TOEFL. TOEFL Insya Allah bisa lah. Nah TPA ini nih yang jadi momok. Mana ada matematika pula. Gue udah belasan tahun gak belajar Math secara khusus 😭

Trus gue nanya ke temen-temen di dunia nyata maupun di dunia maya, jawabannya macem-macem. Ada yang bilang ujian Simak UI gampang. Ada juga yang bilang susah banget.

Yang pasti semua bikin gue bingung, nervous, stres, wah macem-macem lah sampe mumet.

Apalagi gue udah kelamaan gak belajar secara formal di bangku kuliah kan. Jadi gue bener-bener khawatir bakal nge-blank pas ikut ujian Simak UI. Kebayang mirisnya udah bayar 1,2 juta trus pas ujian cuma bengong doang 😦

Makanya gue menguatkan diri untuk bikin persiapan yang lebih serius. Dulu gue UMPTN emang bisa lulus tanpa belajar karena faktor luck dan doa ibu. Sekarang, rada mustahil bisa terulang makanya kudu banget belajar.

Apa aja persiapan yang gue lakukan untuk ikut ujian? Nanti gue tulis di next post ya supaya gak kepanjangan 🙂

13 thoughts on “Kembali ke Kampus (Sebentar Lagi)

  1. Yaay selamat mbak Ira. Semoga perjalanan S2 nya menyenangkan dan dimudahkan. Memang bahagia kembali menjalani apa yang selama ini hanya jadi mimpi. Ikut seneng mimpinya bisa jadi nyata sekarang. InSyaaAllah LULUS ujiannya!

  2. Selamat kembali berkuliah Mbak Ira!! Semoga perjalanan kuliahnya menyenangkan ya mbak 🙂
    Simak UI ini emang susahnya di bagian TPA ya mbak, jadi inget dulu pas nyobain daftar S2 di UI, lulus TPA ga lulusnya di wawancara dong. Cry T__T.

  3. Pingback: Kembali ke Kampus (Persiapan Ujian) | The Sun is Getting High, We're Moving on

  4. Ira, kok samaan sih, cerita mau balik sekolah haha. Jadi semangat nih, soalnya gue minder sama calon temen seangkatan yang umurnya masih muda2 banget, seumuran keponakan gue, ampuuun. Tapi tos lah, semangat ya kita. Lo kapan mulai sekolah Ra? Gue mulai Juli ini. Trus lo sekolah full apa sambil kerja?
    PS. ya ampun itu ujian emang bikin stress yak, gue mesti belajar lagi biologi sama kimia dasar yang udah d errmmmm ga jadi bilang ah, ntar ketauan umur, hahaha, anyways, yang udah lamaaaa banget terakhir belajar pas jaman kuliah dulu!

    • Hahaha yaampun kita koq sehati banget siihhh Vo 😀

      Iya ini gue kayaknya bakal jadi yang paling tua deh di kelas. Makanya yuk mari kita oles2 krim antiaging supaya keliatan lebih muda hihihi.. Gue bakal mulai sekitar Agustus-September gitu Vo. Semoga kita berdua sama-sama bisa ngikutin dunia perkuliahan di usia uzur ini plus ikutin pace anak2 millenial + Gen Z yang lincah-lincah ituuuu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s