Berkebun di Halaman Rumah, Yuk!

Halooo udah lama ya gak ngomongin soal proyek #IraBerkebun yang dulu pernah gue tulis di sini. Biasa lah, gara-gara kebanyakan urusan, jadi lupa mau update. Padahal sih proyeknya tetap jalan meski ternyata gak segampang yang gue kira 😀

Nah pas pandemi Covid-19 datang, gue lihat banyaaak banget yang mulai cari kegiatan untuk menghabiskan waktu supaya gak rebahan mulu. Salah satu yang sering sliweran di timeline Twitter dan Instagram adalah proyek berkebun.

Aseli gue salut banget dengan “petani dadakan” ini karena hasilnya kok cakep-cakep amat? Beda sama gue yang pas-pasan hahaha. Mungkin karena mereka lebih serius dan tekun ya. Kalo gue kan suka kelupaan kasih kompos lah, gak sempet buangin hama lah, dll dst.

*kebun ala-ala gue saat pohon pisang Cavendish dan pohon apel putsa masih kecil-kecil*

Bahkan, beberapa orang sampe bisa bagi-bagi atau jual hasil panennya lho. Meski bercocok tanamnya cuma di halaman rumah yang notabene di tengah kota, tapi karena mereka serius dan tekun, kebun-kebun mini urban farming itu menghasilkan sayuran, bumbu, atau buah yang banyaakk.

Menurut gue ini menarik banget untuk dilirik jadi profesi baru. Apalagi di tengah pandemi kayak sekarang, banyak yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan, atau berkurang penghasilan. Situasi serba kepepet kayak gini bisa menghasilkan ide-ide kreatif yang seringnya out of the box.

Plus, karena pandemi juga, banyak yang lebih peduli dengan kesehatan. Jadi banyak tuh yang nambah asupan sayur dan buah, terutama organik. Nah, kedua celah ini kalo digabung jadi satu, cucok banget untuk jadi alasan buat alih profesi sebagai petani modern ala urban farming yekaan.

*panen belimbing perdanaku, setelah 5 tahun hahaha*

Pasti banyak deh yang mikir “ah masa sih bisa jadi petani di tengah kota kayak Jakarta?”. Alasannya juga macem-macem kayak halaman terbatas, gak ngerti caranya, dll dsb.

Nah kemarin gue baru tonton video tentang cara memulai bisnis urban farming di sini. Selama ini kan gue banyak nonton video berkebun dari para petani amatir yang lokasinya di desa-desa gitu ya. Baru nih sekarang gue nemu video youtube tentang petani urban farming di tengah kota.

Kisahnya tentang Mbak Sita Pujianto yang aktif berkebun di halaman rumahnya. Serunya, Mbak Sita ini gak jualan sayur doang. Dia justru jualan produk olahan sayur dan buah yang dia panen dari halaman rumahnya. Kayak salad, smoothie, dll.

Di video tadi, Mbak Sita cerita kalo kliennya percaya banget dengan produk-produk yang dia jual karena mereka tau bahwa bahan-bahannya diambil dari halaman Mbak Sita. Jadi kualitasnya gak usah diragukan lagi.

Aseli gue nontonnya sambil terkagum-kagum sendiri hahaha. Dan menurut gue, ini ide yang super menarik.

Bayangin deh, misalnya gue jualan salad atau smoothie yang dikasih tulisan:

“Salad by irrasistible, fresh from my own backyard.”

Terus gue sering rutin update proses berkebunnya, nyiram, buang hama, dll dst di medsos. Gue kebayang pasti ini akan jadi hal yang menarik di samping produknya itu sendiri.

Makanya gue seneng banget dengan konten yang diangkat di channel Youtube-nya Ninja Xpress itu. Video tadi adalah episode perdana dari seri Berguru alias Belajar Ragam Usaha Baru. Gue pun gak sabar nungguin konten apalagi yang akan muncul di episode-episode selanjutnya.

Siapa tau bisa untuk jadi ide bisnis yekan. Lumayan untuk nambah-nambah penghasilan 😉

Untuk yang penasaran juga, cuuss tonton aja videonya di sini. Trus jangan lupa like and subscribe supaya gak ketinggalan episode berikutnya. Gue sih udah tadi 😀

Oh ya, kalo ada ide-ide atau permintaan tema, boleh lho. Langsung aja ditulis di kolom komentarnya. Lumayan kan, hari gini dapet ide-ide bisnis menarik, plus tips dari ahlinya, gratis pula! Aman juga karena tetep jaga jarak, cuma lewat layar monitor doang.

Seru ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s