Road Trip Magelang-Solo-Cirebon (2)

Oke mari kita lanjut dari posting-an sebelumnya ya.

• Hari 2 (10/12/2019)

Borobudur

Maksud hati sih pingin lihat sunrise di Borobudur. Kayaknya keren dan kece gitu yekan. Apalagi candi tersebut emang udah buka dari jam 5. Jadi cucok lah yaw.

Namun apa daya, bodi gak kuat cuy. Alhasil, berangkat jam 7 aja lah ke Borobudurnya. Belum mandi pula, sengaja karena pasti bakal keringetan lagi. Yang penting udah sikat gigi, cuci muka, pake sunblock dan tetep wangi lah yaw dengan deodoran dan parfum hahaha.

Untuk tiket, gue udah order dulu di Traveloka. Harga on the spot Rp 50 ribu/orang, di Traveloka jadi Rp 47 ribu/orang, dan anak-anak disc 50%. Kebetulan gue punya voucher Traveloka Xperience Rp 100 ribu. Jadi total gue cuma bayar gak sampe Rp 20 ribu deh πŸ˜€

Dari hotel, kami jalan kaki ke Borobudur. Setelah nukerin tiket, jalan sebentar eh nemu aneka transportasi untuk ke kaki candi. Suami keukeuh naik ini karena, “supaya hemat tenaga nih, nanti di candi naik-naiknya capek lho.” Berhubung gue emang belum pernah ke Borobudur, ya gue manut deh.

Kami naik bis mini yang disebut Tayo, seharga Rp 15 ribu/orang. Ada juga kereta mini, golf cart, sepeda, dll. Kalo mau gratis, jalan kaki aja. Menurut gue sih sebenernya enak aja ya jalan kaki, apalagi kalo rame-rame. Cuma ya emang rada jauh.

Kebetulan, pagi itu Borobudur lagi rameee banget sama rombongan aneka sekolah yang pada study tour. Dan namanya bocah ya, buset deh. Perasaan yang belum mandi gue, tapi yang bau keti koq mereka sih. Zzzzz… 😷

Sebelum naik ke atas, gue memutuskan untuk minta difotoin sama jasa foto keliling yang ada. Gpp lah untuk kenang-kenangan. Apalagi, bagusnya Borobudur (dan juga Prambanan), semua jasa yang ada dikelola secara profesional. Artinya, harga yang ditawarkan seragam dan gak main digetok asal-asalan.

Tarif untuk foto, Rp 30 ribu/foto yang dicetak. Gue minta 2 foto dicetak, total jadi Rp 60 ribu. Selain itu, gue juga minta tolong difotoin pake hape. Nah untuk ini mah gratis kata masnya.

Keuntungan pake jasa fotografer keliling gini, mereka tau spot-spot foto mana yang cakep meski lokasi lagi penuh. Kekurangannya, ngarahin gayanya suka yang eeerrr norce gitu deh. Pegangan tangan lah, nunjuk lah. Gue berasa kayak lagi prewedding jadul πŸ˜€

Oh ya, hasil foto dan biayanya dibayar pas di pintu keluar. Biasanya sih si fotografer bakal kasih kartu namanya supaya kita bisa kontak dia sebelum cabut.

Nah di lokasi Borobudur kan ada beberapa turis asing tuh. Yang ada mereka kena “jackpot” nih, ditodong foto bareng sama bocah-bocah yang pada study tour. Gue pun ngakak keinget temen gue si Ully yang punya suami bule. Tiap suaminya ke Indonesia dan diajak berwisata, pasti deh dia mendadak jadi seleb karena diajak foto bareng melulu πŸ˜€

Lagi asik-asik ketawa gitu, eh tiba-tiba ada bocah-bocah SMP/SMA deketin gue.

“Kak, boleh foto bareng gak, Kak?”

Begitu kata mereka.

Gak cukup 1 jepretan, ini malah nambah bok.

Duh adik-adik, tau aja sih kalo Kakak ini kembarannya Dian Sastro, wkwkwkwk..

*untung pas gue diajak fotbar gak sempet difoto sama suami. Mokal aing!*

Aseli, kejadian ini bikin suami dan Nadira ngakak kenceng. Kata suami “karma tuh kamu tadi ngetawain bule-bule yang diajak foto.”

Huh, bukannya ngakuin kalo istrinya kayak Dian Sastro gitu kek. KZL.

*sumpah ya ini bocil-bocil pada hobi banget poto sama bule πŸ˜€ *

Kelar naik-naik candi, di pintu exit, gue liat ada penyewaan andong dan VW Safari. Nah, di komen Instagram, ada beberapa yang rekomen naik VW keliling desa di kawasan Borobudur. Aha, langsung aja gue tanya biayanya. Tarifnya Rp 150 ribu untuk 30 menit, maksimal 5 orang. Nanti driver-nya akan ngajak kita keliling ke beberapa lokasi, termasuk peternakan madu dan foto-foto dengan background Pegunungan Menoreh.

Kalo mau lebih lama, bisa tambah biayanya dan bakal diajak ke tempat lain kayak perkebunan kopi luwak.

Waw I’m sold! Langsung deh kami bayar dan naik. Suka banget gue karena pengalaman ini emang seru sih.

Kelar semuanya, kami balik ke hotel untuk sarapan, mandi, leyeh-leyeh bentar, dan beres-beres. Trus lanjut check out dan cari makan siang.

Hasil rekomendasi temen-temen di IG untuk wiskul Magelang sih buanyaaakk banget. Tapi rata-rata lokasinya jauh dari hotel. Yang paling deket dan menurut gue paling menarik cuma Mangut Beong. Yawdah kami pun memutuskan untuk ke situ.

Mangut Beong ini terbuat dari ikan beong alias ikan lele gedeee banget yang hanya ada di Kali Progo, Borobudur. Buat gue sih enak, tapi cita rasanya beda dengan masakan mangut yang biasa gue makan di Semarang, Yogya, atau kawasan Pantura lainnya. Sebab, mangut di sini pake ikan segar. Sementara mangut-mangut yang lain rata-rata pake ikan yang diasap terlebih dahulu.

Di restoran ini, selain ikan beong, ada juga ikan patin dan beberapa ikan lain yang dimasak mangut. Trus ada juga masakan lain kayak ayam goreng, khusus untuk yang gak suka pedes. Nasinya bisa diambil sendiri, trus untuk sayur, mereka menyediakan sayur daun singkong.

Overall gue cukup suka sih sama mangutnya. Tapi rasanya gak terlalu unik karena justru mirip dengan sayur daun singkong yang biasa nyokap masak.

Kelar dari mangut, kami pun lanjut ke tengah kota untuk berkunjung ke Museum Diponegoro dan Museum Sudirman.

Selengkapnya di-post terpisah aja ya πŸ™‚

One thought on “Road Trip Magelang-Solo-Cirebon (2)

1. Pingback: Road Trip Magelang-Solo-Cirebon (3) | The Sun is Getting High, We're Moving on