Q&A with Jeng Bening Bersinar (part 2)

Nah, setelah part 1-nya kemarin, kuy sekarang dilanjutkan dengan part 2-nya. Sssttt… Ada tips untuk newbie di dunia skincare lho. Cekidott 😉

Btw, jawaban-jawaban Jeng Bening gak ada yang gue edit samsek ya. Dia nulis begitu, ya gue posting begitu, apa adanya. Oh ya, dia ini orangnya penuh ekspresi kalo ngomong, dan hobi sarkas pula. Jadi bayangin lah jawaban-jawabannya itu diucapkan penuh ekspresi dan sarkasme hahahaha 😀

9. Apa produk yang paling laris di BB? Kira-kira kenapa bisa gitu?

Secara kuantitas adalah produk2 yang spesialis penangkal jerawat. Karena gue Ratu Jerawat yah, jadi produk2 andalan semua sudah dijajal di kulit rewel ini.

Tapi sebenarnya yang dahsyat itu yang produk2 premium. Yang rata2 harganya > 800rb, merk2 aneh2 yang jarang orang tau tapi memang kualitas premium. Nah itu justru yang suka rebutan karena pembeli sudah teredukasi dengan baik, paham bahan baku, khasiat dan yakin akan kualitas produknya (tentunya gemar baca & cek2 review/info). Karena banyak yang tau juga bahwa gue nggak akan sedia barang mahal yang kualitasnya nggak setimpal.

Kalau harus ditentukan nama produknya, itu yang susah. Karena mau laku gimana juga, kalau gue udah bosen, atau mulai jadi produk mainstream semua lapak sedia dan perang harga, disitu waktunya gue beranjak ke merk/produk lain.

10. Sebaliknya, apa produk yang paling susah dijualnya? Kira2 kenapa bisa gitu?

Tiga besar produk paling nggak laku :

  • Cream
  • Eye Cream
  • Cleansing Products yang mahal.

Cream : orang pada paranoid sama kata2 pelembab apalagi dalam bentuk Cream.

Padahal justru kulit yang kekurangan kelembaban itulah yang jadi berminyak (jangan heran)

Jadi mau berminyak gimanapun tetap butuh pelembab! Inilah sebabnya gue nggak bosan2 bikin penyuluhan pentingnya menjaga kelembaban kulit.

Eye Cream : kurang lebih sama seperti Cream, pokoknya takut pliket dan nggak nyaman serta tambah jerawatan.

Cleansing Products mahal : yah susah kalau perbandingannya dengan Biore, Senka dkk. Padahal cleansing products yang baik itu yang menentukan skincare lanjutannya akan bisa diserap maksimal nggak, bahkan menentukan kesehatan kulit, serta menghindari dari berbagai masalah kulit itu diawali dengan cleanser yang bagus. Jarang drugstore cleanser bisa memenuhi kebutuhan kulit tanpa menimbulkan masalah.

11. Banyak produk yang lo jual kemudian dijual juga oleh lapak2 lain. Bahkan hashtag yang lo create #kinclongunited dipake oleh sebuah lapak online. Belum lagi istilah2 lain yang lo ciptakan. Kesel, sebel atau justru seneng karena selalu jadi pionir di lapak skincare online?

KZL lah. Gue yang capek mereka yang nanggok. Tapi minimal gue cukup puas bahwa gue sudah memulai ini semua sebelum segalanya jadi hype : merawat kulit, rajin pakai skincare, eksperimen & belajar, bahkan mencetuskan berbagai jargon dan kampanye hal2 yang dulu masuk sebagai “unthinkable” jauuuuuuhh sebelum semua itu jadi trend (facial oil untuk mengurangi kulit berminyak? Nggak mungkin!) heheheh.

I always tell my kids : copying is for bills and school handouts only. Manusia mah wajib kreatif, bukan meniru.

12. Banyak yang pas ke Korea pengen beli skincare yang ada di BB trus gak nemu. Bahkan di toko2 kosmetik/dept store di sana, produk2 yang ada di BB jarang keliatan. Yang banyak ya produk2 ngetop2 doang. Itu gimana caralo bisa begitu ya?

Gue juga heran, jujur. Seolah2 kebanyakan waktu luang untuk riset produk ya?

Tapi mending gitulah daripada sibuk ngurus urusan orang lain hahaha.

Biasanya akibat baca satu hal, kemudian klik link lain – baik ingredients maupun merk, apapun keywords nya. Klak klik klak klik biasanya sambung menyambung kemudian cari brand/produk terkait, gitu2lah. Kalau penjelasannya menarik ya langsung beli, cobain, dan selanjutnya disediakan supaya banyak yang bisa ikut menikmati hasilnya. Kalau indie products harus ditelusuri perusahaan dan contact dan nggak semuanya mau jual barang jumlah banyak atau dikirim ke luar Korea. Jadi prosesnya emang panjiyanggg.

13. Apa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh follower BB?

Produk apa yang paling bagus buat…..(jerawat/newbie/flek/kusam/blablabla)

14. Selama buka toko BB, apa sih pengalaman paling ngeselin yang pernah lo rasakan?

Betapapun ngeselinnya, langsung hapus sama bahagia kalau denger ada yang masalah kulitnya jadi beres atau minimal mereda, bahkan bantu untuk mengurangi depresi & self-care self-respect yang meningkatkan self-esteem serta lebih pede menghadapi dunia lah.

ITU TUJUAN GUE BIKIN BENINGBERSINAR.

Bukan buat beli Ferrari (eh apaan?)

15. Sebaliknya, apa pengalaman paling berharga/bikin haru/bahagia yang lo dapet karena BB?

Nah udah dijawab diatas.

Saat lo tau bahwa lo punya sedikiiit andil dalam memperbaiki hidup orang yang sedang kesusahan atau sakit berat, itu hal besar lho. Apalagi buat gue yang nggak ada ilmu/bakat bermanfaat lainnya.

*FYI, ada seorang pelanggan BB yang sakit lupus dan hancur rasa pedenya karena penyakitnya itu bikin penampilannya drop. Tapi setelah baca-baca dan ngikutin skincare routine ala BB, kulitnya membaik sehingga rasa pede bertambah dan dia ngerasa dunia gak lagi against her. Cmiiw ya *

16. Sekarang perawatan kulit jadi trend tersendiri di dunia kecantikan. Sementara BB udah buka lapak sejak trend itu belum ada. Gimana lo melihatnya?

Yang namanya trend itu naik turun. Tapi semoga ilmu dasarnya tetap nempel & diamalkan supaya bisa aging gracefully. Semoga saat udah nggak trend lagi, gue juga udah bosan ngurus skincare. Jadi siap untuk move on ke kerjaan/interest lain.

17. Terakhir, apa pesan untuk para newbies yang baru ingin belajar tentang merawat kulit?

Sabar, kenali kulit sendiri, dan harus banyak penasaran. Jadi amati kulit masing2, tiap bangun tidur, pulang kantor, gimana kemajuannya, apa aja yang dipakai, apa reaksinya, bisa nambah/kurangi apa.

Kulit butuh waktu untuk memperbaiki diri, dan jangan pernah abai pakai SUNBLOCK! Flek yang sekarang ada, itu sudah terjadi saat kita masih remaja. Begitu 10 tahun kemudian naik ke permukaan sebagai Flek, it’s already DONE. Udah nggak bisa diapa2in. Maka pencegahan dini itu kunci, dan perawatan sejak muda. Sederhana tapi konsisten. Nggak usah mahal2 asal cocok! Dan selalu usahakan belanja di beningbersinar yaaaa #ad #spon #iklanlayananmasyarakat #iradutabelanja

Yak sekian Q&A dengan tentang lapak BB kali ini ya. Kalo ada yang mau tau lebih dalam tentang ihwal gimana Jeng Bening tertarik sama dunia skincare bla3x, bisa baca posting-an adik gue di sini, yang ditulis tiga tahun lalu.

Yang benci, sebel, KZL atau malah ngefans sama Jeng Bening, boleh menumpahkan uneg-uneg di kolom komen di bawah ya. Meski gue sering gak sempet reply, tapi pasti dibaca deh. Lumayan kan daripada dipendam nanti jadi bisul hahaha 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s