Gampang Kebeles Pipit

*judul sengaja disamarkan supaya gak kegugel yang aneh-aneh πŸ˜€ *

Sebelum nikah dan punya anak, gue udah masuk golongan yang beseran, alias gampang kebelet pipis. Tiap minum banyak, pastiii pengen pipis melulu. Apalagi kalo ke lokasi yang suhunya dingin. Hadeehh bawannya mau pipis melulu.

Setelah melahirkan, beseran ini lebih parah sih. Untungnya gak sampe ngompol di celana hahaha… Tapi kalo gue olahraga yang high impact alias banyak luluncatannya, dijamin abis itu langsung kabuurr ke toilet untuk pipis.

Awalnya gue kira itu normal ya. Apalagi gue kan dulu melahirkan secara normal. Jadi otot-otot di bawah sana mungkin udah sedikit melemah.

Tapi ternyata, kondisi itu gak normal lho. Bahkan banyak kasus di mana ada yang lebih parah dari gue. Banyak yang tiba-tiba pipis pas lagi ketawa, angkat beban, olahraga bahkan lagi having sex. Kondisi ini pun punya nama medis, yaitu Stress Urinary Incontinence.

Kebetulan, beberapa minggu lalu, gue diundang RS YPK Menteng, Jakarta untuk dateng ke acara seminar tentang Stress Urinary Continence. Gue langsung semangat deh datengnya karena emang beneran penasaran. Penyebabnya apa, dan yang terpenting, apa sih solusinya. Lelah kan daku kalo tiap abis jumping jack di sasana Muaythai trus langsung ngibrit ke toilet. Malu sama pelatihnya qaqaaaaΒ  T_T

Menurut dr Budi Iman Santoso, SpOG (K) yang jadi pembicara dalam seminar itu, SUI diderita 1 dari 3 perempuan lho. Gue langsung ngerasa lega karena banyak temen hahaha…

SUI biasanya terjadi akibat otot dasar panggul yang memanjang, melemah atau bahkan rusak. Faktor lain yang dapat mempengaruhi adalah sebagai berikut:

  1. Β Obesitas
  2. Riwayat operasi panggul
  3. Cedera pada syaraf
  4. Kehamilan atau jumlah persalinan
  5. Batuk lama
  6. Merokok

Bookkkk nomor 1, 4 dan 6 daku pernah semua. Pantesaan beseeerrr T_T

Trus kata dr Budi, gangguan dasar panggul ini perlu penanganan yang tepat. Soale, kalo dibiarin, bisa mengganggu kualitas hidup. Secara psikologis malu dan gak pede lho kalo lagi ketawa-ketawa eh tiba-tiba ngompol. Kayak Mbak Nunun6 itu lho, yang kalo di OVJ lagi ketawa-ketawa tiba-tiba ngompol. Atau bagi yang udah merit, bikin gak pede kalo lagi ML tau-tau ngompol. Kan ngerusak mood banget.

Sayangnya, sampe saat ini informasi mengenai gangguan dasar panggul masih belum banyak dipahami oleh masyarakat dan kerap dianggap normal, khususnya pada wanita lanjut usia.

*ouch daku tertohok!*

“Inkontinensia urine merupakan kondisi di mana seseorang tidak bisa menahan buang air kecil setelah melahirkan. Sebenarnya kondisi ini memang bisa dialami pada pria maupun perempuan. Namun memang lebih cenderung lebih banyak dialami perempuan yang sudah aktif secara seksual. Kecenderungan ini juga bisa dialami oleh wanita pasca melahirkan,” jelas dr Budi.

Untuk meningkatkan kualitas hidup, dan mencegah terjadinya gangguan yang bisa terjadi lantaran adanya gangguan pada organ panggul, dr. Budi menerangkan bahwa perlu dilakukan skrining dengan prinsip cepat, sederhana dan bukan diagnostik.

Ada beberapa jenis tindakan yang bisa dilakukan di RS. YPK Mandiri, yaitu tidakan non bedah dan tindakan bedah. Tindakan non bedah yang bisa dilakukan dengan femilift laser vaginal rejuvenation, femilift SUI, femilife labia brightening, femilofe labia tightening, uroste. Sedangkan untuk beda etestika nisa dilakukan dengan vaginaplasti, hymenoplasti, reparasi fistula, PRP,labio reduktion mayora, dan beberapa tindakan lainnya.

Hmmmm mendengarnya saja aku jadi tertarik yhaaa… Apalagi setelah buka curhat session ACKC tentang sex life beberapa waktu lalu ada yang nyaranin laser Miss V segala. Uwoowww…

*duh belum sempet ditulis pula tuh notulensi sex life, menyusul yaawww*

Tapi selain tindakan bedah, ada juga terapi lain yang bisa dilakukan sendiri. Yaitu:

  • Perubahan gaya hidup

Lebih ke poin obesitas gitu sih. Soale, kalo BB turun niscaya dorongan SUI akan mereda.

Salah satu contohnya bisa dilihat di video di bawah ini. Atau search sendiri di youtube deh. Banyak koq.

  • Gunakan Pessarium

Pessarium ini sejenis cincin gitu deh yang dibongkar pasang secara berkala. Rada ribet sih menurut gue πŸ˜€

Nah, untuk tau kita mengidap SUI atau seberapa parah SUI yang kita idap, lebih baik periksa aja ke dokter langsung. Daripada tebak-tebak buah manggis trus coba pengobatan-pengobatan yang geje yekan.

Saat ini, Klinik Uroginekologi Center RS YPK Mandiri udah punya alat yang mendukung pemeriksaan gangguan organ panggul. Di antaranya, USG Pelvik dan Transperineal, Perineometri, Portascan, Uroflowmetry, Urodinamic, Histerescopy Office/Sitoscopy dan Femilift.

Semua dokter yang menangani adalah dokter SpOG yang sudah sub spesialis. Jadi beneran ahli ya. Btw, dr Budi kemarin cerita, Nunun6 ternyata jadi salah satu pasiennya lho. Dan setelah 3x berobat, sekarang udah gak beseran lagi deh.

Fiyuh, glad to hear it Mbaaakk!

Advertisements

4 thoughts on “Gampang Kebeles Pipit

  1. Eh baru tauuu. Akupun beseran mba, mana ga bisa ga banyak minum alias gampang haus jadi hidup tuh ribet sama urusan BAK dah. Mungkin udah waktunya cek up ya πŸ˜„

  2. Ini yang aku juga rasain mba sekarang ga bisa nahan pipis lama-lama pasti langsung keluar, apalagi kalo lagi batuk parah pasti pas batuk bersamaan dengan pipis juga *sigh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s