Review: Cosmos Blenz CB802

Gue pernah cerita gak sih kalo gue ini cinta banget sama sambel? Eh pernah ya, bahkan pernah nulis di blog bahwa sambel adalah diet crasher terbesar gue. Diet gue bisa berantakan kalo ketemu sambel, hahahaha..

Sayangnya, gue musuhan banget sama yang namanya cobek + ulekan. Dari dulu, tiap ngulek sambel, pasti berasa kayak latihan beban 20 kg. Beraatt shaayy. Makanya gue berusaha cari alternatif supaya gak ngulek.

Cara yang paling sering gue lakukan adalah pake blender. Tapi karena nyambelnya dikit, gue pake wadah mill, alias blender yang wadah kecilnya itu lho. Awalnya sih oke. Gue mau bikin bumbu halus, pake mill. Mau nyambel, pake mill. Begitu trus untuk urusan masak.

Tapi jadi rada ribet pas gue mau ngegiling oat untuk bikin Banana Cake with Oats and Chocochips, atau gula halus untuk bikin kue kering. Soale, blender gue adalah blender standar yang 1 paketnya berisi 1 gelas blender gede + 1 wadah mill. Gue khawatir, kalo oat gue jadi bau sambel, atau gula gue jadi bau bawang kalo digiling pake mill yang biasa gue pake untuk giling bumbu-bumbu dan sambel. Bisa sih beli wadah tambahannya, tapi kudu ke toko elektronik besar yang super lengkap dulu ya. Dan tentunya, nambah biaya untuk beli wadah lagi agak bikin turn off gak sih.

Makanya pas dapet informasi tentang Blender Cosmos Blenz B802, gue berbinar-binar banget. Gimana nggak? Jarang-jarang lho nemuin blender yang sepaketnya berisi lengkaaappp banget dengan harga yang super affordable? 1 paket Cosmos Blenz ini berisi 1 plastic goblet ukuran 1,2 liter + gelas ukur, filter, wet mill, dry mil, dan chopper.

Plastic gobletnya berbentuk standar kayak goblet di blender-blender lain. Tapi yang bikin gak standar adalah, Cosmos Blenz menyertakan filter segala. Jadi kalo kita mau bikin susu kedelai, susu almond, jus sayuran, dst, filternya bisa langsung dipasang dan membantu menyaring ampas-ampasnya. Gak perlu repot nyaring, tinggal diminum atau dimasak lagi deh.

Jika di blender biasa kita cuma dapet 1 mill, di Cosmos Blenz kita dapet 2 lho, dry dan wet mill. Paham banget deh Cosmos sama perasaan ibu-ibu males ngulek dan marut kayak gue hihihi.. ๐Ÿ˜€ Dry mill bisa dipake untuk menggiling biji-bijian, beras, dll. Nah kalo wet mill kan bentuknya rada panjang, jadi bisa untuk menghaluskan bumbu-bumbu, aneka sambal, bahkan untuk makanan bayi. Cucok kan untuk buibu yang masih punya baby dan mau MPASI. Jangan contoh gue dulu yang sok-sokan menghaluskan MPASI Nadira secara manual pake saringan. Encok kakaakkk ๐Ÿ˜ฅ

*atas: dry mill, bawah: wet mill*

Nah, masih ada 1 lagi tambahan di Cosmos Blenz, yakni chopper. Bisa dibilang, chopper ini semacam food processor mini. Sesuai namanya, chopper bisa dipake untuk menggiling daging sapi/ayam/ikan, umbi-umbian kayak ubi atau kentang, dsb.

Sebagai orang yang dari dulu pengen punya food processor tapi gak beli-beli karena mihil, ofkors gue langsung jatuh hati lah yaw sama Cosmos Blenz. Apalagi, blender terbaru dari StarCosmos Indonesia ini gak cuma menang banyak-banyakan fitur. Tapi dia juga dilengkapi dengan teknologi terkini.

Cosmos Blenz dipasarkan dengan hestek #BlenderPintar. Kenapa? Karena blender ini emang pintar, gak ngerepotin pokoknya. Blenz Technology-nya mengatur supaya blender berhenti sejenak sebelum kemudian nyala lagi supaya semua bahan yang digiling, jadi halus.

Gini deh gampangnya. Kalo lagi ngeblender, kadang-kadang kita harus matiin blender dulu, trus kocok-kocok atau aduk-aduk gelasnya supaya yang di bagian atas turun kan? Nah kalo pake Cosmos Blenz, gak perlu kocok-kocok. Blendernya akan berhenti sendiri setelah 40 detik menyala.ย  Selama beberapa saat, dia berhenti supaya bagian atas turun sendiri dan menyatu dengan bahan-bahan di bawah. Setelah itu, blendernya nyala lagi deh. Jadi cukup aman dan gak ngerepotin plus bisa ditinggal-tinggal yekaann.

Trus, Cosmos Blenz ini lumayan hemat listrik sih. Dayanya 250 Watt, dengan tegangan 220 volt / 50 Hz.

Anyway, begitu barangnya dateng, gue langsung cemungudh kan nyobain macem-macem menu. Karena dari dulu obsesi terpendam adalah bikin pempek pake food processor, akhirnya yang gue coba ya itu.

Tapi pas banget di rumah gak punya stok ikan. Browsing-browsing, eh ketemu resep Pempek Dos Ny. Liem di blognya Mbak Endang Just Try and Taste. Pempek ini gampang, simple dan enak dibikin meski tanpa ikan.

Pertama kali coba, agak gaptek juga gue. Pake acara kurang kenceng nutup tutup chopper-nya jadi telurnya ngalir ke luar hahaha.. Percobaan kedua, udah lumayan OK lah. Mulus semuanya. Ih happy!

Besok-besok masih buanyaaaakkkk resep makanan yang bakal gue coba nih pake Cosmos Blenz. Yang udah di daftar sih ada Otak-otak Ikan kesukaan Nadira, Susu Kedelai Homemade, Pempek Ikan beneran, Sambel ala Bu Rudy, Kulit Pie (dulu sempet nyoba pake blender, gak gerak bok. Kudu pake food processor dah emang!), Nugget, Burger, Fish Burger, daaann masih banyak lagi.

*laper bayangin semuanya ๐Ÿ˜€ *

Oh ya untuk yang mau coba resep Pempek Dos Ny Liem, berikut ini resepnya ya. Silakan coba ๐Ÿ™‚

Pempek Dos Ny. Liem
(sumber: blog Just Try and Taste)

Bahan:
250 ml air (bisa juga pake kaldu ikan/udang supaya pempeknya berasa ada ikannya)
2 sdt garam
1,5 sdt kaldu bubuk (gue: kaldu jamur)
125 gram terigu serba guna (gue: Segitiga Biru)
2 butir telur
200 gram tepung sagu/tapioka/kanji/tepung kentang (gue: tepung sagu tani)

Cara membuat:
– rebus air, garam dan kaldu hingga mendidih.
– kecilkan api. Masukkan terigu dengan tangan kiri, aduk cepat dengan tangan kanan. Aduk hingga adonan kalis (gak nempel di panci) dan matang. Diamkan sejenak hingga hangat.
– masukkan adonan terigu ke food processor (atau mixer juga boleh), tambahkan telur. Proses hingga rata.
– tuangkan adonan yang rata ke mangkuk. Beri sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga gak lengket.
– bentuk adonan sesuai selera.
– didihkan air, rebus hingga matang. Tiriskan.
– goreng hingga matang. Sajikan dengan cuko.

Cuko
Saus cuko:
– 200 gram gula merah
– 100 gram gula pasir
– 500 ml air
– 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa

Bumbu yang dihaluskan untuk saus:
– 8 siung bawang putih
– 5 cabai rawit merah
– 3 cabai merah keriting
– 1 1/2 sendok makan ebi kering
– 1/2 sendok makan garam

Cara membuat
– Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus dan garam. Masak hingga mendidih.
– Matikan api dan masukkan cuka ke dalamnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan cuka dan gula jika rasanya kurang pas.
– Saring saus dan buang ampasnya.

6 thoughts on “Review: Cosmos Blenz CB802

  1. “Sebagai orang yang dari dulu pengen punya food processor tapi gak beli-beli karena mihil”—-> saya banget mba! Aduh, postingannya Mba Ira racun bangeeettt, saya jadi langsung ke yutub channelnya cosmos, dan sukses tambah mupeng.

Leave a Reply

