Curhat Orang Mediocre

Dari kecil, gue selalu ngerasa bahwa diri gue itu biasa-biasa aja. Mediocre gitu. Atau kayak lagunya Fetty Vera, “yang sedang-sedang sajaaa..”

*ketauan deh selera asalnya, dangdut shay 😀 *

Otak, gak bego-bego banget sih, tapi pinter-pinter banget juga kagak.

Muka, gak jelek-jelek banget sih, tapi kece juga kagak.

Bodi, gak gendut-gendut amat sih, tapi langsing juga kagak.

Urusan kerjaan, gak bapuk-bapuk banget sih, tapi sukses juga kagak.

And so on, and so on.

Dan ya, buat yg minderan kayak gue, gue ngerasa jadi orang yang biasa-biasa aja itu adalah pilihan aman. Biasanya rasa aman itu baru terancam pas ketemu orang-orang yang sukses atau lebih hebat lah. Misalnya temen kuliah yang jadi PhD dengan beasiswa penuh, teman yang sekarang penghasilannya ratusan juta perbulan, dst.

Gak hanya di dunia nyata, di dunia maya pun gue sering gitu. Sering lho gue stuck ngeblog gara-gara minder. Apalagi kalo abis blogwalking ke beberapa blogger di dunia maya. Langsung berasa remah rengginang lorjuk tuh biasanya.

Seperti diketahui bersama, blog gue isinya geje, banyakan curhitsnya. Nah kalo gue nemu blog yang isinya membahas sesuatu dengan analisa tajam, atau pengalaman pribadi yang spekta, biasanya setelah itu, ide-ide ngeblog di otak langsung mampet semua. Hahaha..

Belum lagi ketemu blogger yang jago banget SEO, ngulik keyword supaya statnya tinggi, atur strategi tema-tema supaya blognya menarik dan rajin nulis. Trus juga rajin promo blog, di medsos atau ke sesama blogger lain. Esumpah, mindernya kebangetan deh gue.

Di dunia medsos lain kayak Instagram juga gitu. Gue saluutt banget sama yang isi IG-nya konsisten dan indah dipandang mata. Ada yang konsisten upload resep-resep atau masakan-masakan yang fotonya cakep-cakep banget. Atau dunia per-makeup-an dengan tampilan kinclong. Atau foto selfie or OOTD tapi diatur sedemikian rupa sehingga menarik mata. Meski sambil megang produk sponsor (krim pembesar p4yud4r4 atau obat kuat yang gak matching), yang penting OOTD lah 😀

Pas liat IG feed gue sendiri, bujubuneng. Isinya geje bangeeett hahahaha… Kadang posting resep, kadang posting bekal, kadang posting makanan, kadang posting foto OOTD, kadang posting foto sama teman-teman, kadang posting foto rekomendasi. Sumpah gado-gado banget, persis kayak blognya. Udah gitu, dari penampakan juga gak indah karena foto seada-adanya. Kadang fokus dan terang, kadang buram 😀 Trus gak ditata rapi dengan tone warna yang senada. Jadi tabrak lari aja gitu.

Kalo abis kepoin IG orang-orang yang kece-kece, trus followernya ribuan bahkan jutaan, ya gitu, langsung minder. Isi IG gue udah gak indah, kurang berfaedah pula. What a joke lah 😀

Apalagi kalo dateng ke event bareng sama seleb blog atau selebgram yang heits banget. Rasanya gimanaaa gitu 😆

Kayak beberapa hari lalu nih. Gue ceritanya diundang ke sebuah event terbatas oleh sebuah produk rumah tangga. Gue sih hepi-hepi aja dateng karena kebetulan yang undang itu ramah dan udah follow gue di IG cukup lama.

Pas dateng, ternyata produk itu juga ngundang beberapa instagrammer/blogger lain yang seleb beneran. Ebuceett gue langsung minder mendadak! Kan ceritanya cuma berlima nih yang diundang. 3 orang lainnya adalah food blogger/instagrammer yang isi IG-nya berfaedah banget, saling kenal plus sering di-endorse macem-macem brand masak-memasak. Sementara satunya adalah selebgram hijaber kondang yang juga sering diendorse macem-macem gitu.

Pas ngobrol-ngobrol sama orang brand-nya, kan kita-kita ditanya tuh “Mbak udah biasa di-endorse apa aja?”. Yang lain jawab A-Z. Nah gue bingung deh. Secara gue jarang terima endorse-an kan. Duh langsung khawatir, ini pihak brand jangan-jangan nyesel deh ngundang gue karena “Ih Mbak Ira ini jarang di-endorse, berarti gak laku dan gak berfaedah ya”. Mwahahaha.. 😆

Untunglah para food blogger/instagrammer itu manis-manis dan humble-humble banget. Jadi keminderan gue bisa berkurang dikiitt lah. Walau tetep sih, pas tukeran akun IG, gue bolak-balik bilang “maaf ya Mbak-mbak, akun IG ku gak berfaedah karena isinya geje gak kayak akun IG dirimu. Jadi gak usah di-folbak juga gpp.”

Jadi ya gitu deh nasib jadi orang mediocre. Kumpul sama food blogger/instagrammer, gak pede ngaku-ngaku sebagai bagian dari mereka karena kemampuan masaknya biasa-biasa aja, cuma jago ngunyah doang. Kumpul sama beauty blogger/instagrammer, sama aja karena gue pake makeup gak jago, istilah-istilah kecantikan juga minim tau. Kumpul sama travel blogger/instagrammer pun podo wae karena hobi traveling sih iya, tapi kesempatannya ya cuma gara-gara gratisan tugas dari kantor 😛

Nah tadi pas browsing-browsing tentang mediocre, nemu quote ini nih. Dibaca-baca dan dirasa-rasa, kayaknya bener juga ya. Boleh lah yaw dipejeng di sini untuk nyeneng-nyenengin hati 😀

😀 😀 😀

Anyway, met Lebaran ya mentemen. Met mudik buat yang mau mudik. Met liburan buat yang mau jalan-jalan. Minal aidin wal faidzin, taqabbalallahu mina waminkum. Happy holiday, guys! :*

13 thoughts on “Curhat Orang Mediocre

  1. Halo mbak Ira, aku belum lama jadi follower mbak Ira. Di instagram karena pak William Wongso juga follow instagram mbak ira. Tapi selebihnya, setelah liat isi instagramnya, lebih seneng lagi karena, mungkin karena seperti yang dibilang di quote di atas. Dan kayaknya mbak Ira asyik. Salam kenal aja deh.

  2. Tidaaaak…. Aku tak sepakaaat… Fans yang tak relaaa…. hahahaha. Mbak Ira bukan mediocre, Mbak tuh sincere & humble… yang justru jarang ada lagi di dunia perblogan apalagi di ig. Tulisan lo bagus, lucu, hidup, gak dibuat-buat. Good crafting laah… That’s why I love it!

  3. gua juga mediocre. sebagian besar manusia kan mediocre ya. yang penting walaupun mediocre harus tetep pede lah. at least kita bukan failure kan… 😛

  4. Mbak iraaaaaaaaaaa.. terlalu sempurna itu seperti ga napak tanah mba.. Bidadari bidadari gitu deh..
    in my opinion, you are sincere and humble deh mba…

  5. aku tetap suka tulisan-tulisanmu Mbak Iraa…
    tapi emang akupun gampang jiper kalau lihat tulisan-tulisan orang di blog yang kece dan niat banget!! Apalah blog ku yang remahan rengginang ini.
    btw met lebaran mbak..met kumpul-kumpul sama keluarga besar 🙂

  6. Mbak Iraaa… kenapa minderan begonooohh. menurutku sosmed ataupun blog itu ngga mesti spekta apa gimana cem kembang api perayaan akhir taun, tapi yang penting menyenangkan dan nyaman dibaca, tidak terasa ‘memihak’ atau ‘condong’ kepada sesuatu supaya yang baca juga bisa merasa “wah blog ini gue banget, bacanya jadi enak”, tapi bisa nambah wawasan juga.
    aku juga medioker, dan rasanya sih nggak ada yang salah dengan itu. kalo ngga ada medioker, kaum sukses kan jadi kurang mentereng bukaann?? *merasa penting

  7. Kok sama sih mbaa, semakin kesini ku juga semakin merasa biasa-biasa saja.
    Haduuuh itu kok samaan sih mba, IG aku isinya juga amburadul ga ada nichex suka-suka aja mau uplod apapun ikut suasana hati. Ups blog juga udah lama ga diupdate, hehe

Leave a Reply

