Komunikasi Oh Komunikasi

Orang-orang yang kenal gue in real life maupun hanya di medsos, pasti mengira bahwa gue ini orang yang terbuka, gampang berkomunikasi dan gak segan-segan mengungkapkan perasaan. Anggapan itu gak salah ya. Gue emang cukup terbuka orangnya, nggak hanya ke teman-teman lama, tapi juga ke teman baru. Gue juga suka bercerita, sharing info macem-macem, gitu-gitu deh. Makanya gue puya blog 😀

Tapi tau gak sih, untuk urusan mengungkapkan perasaan, sebenernya gue bukanlah orang yang bisa dengan santai melakukannya lho. Gak usah ke orang-orang yang hubungannya biasa aja atau kurang akrab. Ke orang terdekat kayak suami pun, gue sering memendam perasaan *ceileh bahasanya 😀 *

Jadi, kalo ada ganjalan di hati, gue bisa tahan-tahan sampe lamaaaa tanpa diomongin ke suami. Di permukaan, hubungan kami keliatan normal-normal aja. Ngobrolin soal anak, isu politik, ekonomi, sosial, blablabla. Tapi di dalam hati, gue menyimpan ganjalan yang bikin gue ngerasa ada jarak sama dia.

Untunglah, suami gue sensitifnya beda tipis sama test pack. Dia bisa tuh sensing kalo istrinya ini lagi punya ganjalan di hati. Yah mungkin juga karena muka gue jadi agak-agak kurang ceria, trus porsi cerewet gue gak seperti biasanya ya, hahahaha..

Kalo udah gitu, biasanya dia interogasi gue dan begitu keluar semua ganjalan dan uneg-uneg, jadi lega deh. Trus suami kembali pusing deh dengan segala kebawelan gue 😀

Makanya gue ngerasa related banget pas dapet undangan untuk dateng ke acara MommiesDailyxSariwangi minggu lalu. Ceritanya, Sariwangi lagi bikin kampanye #BeraniBicara gitu. Kampanye ini diluncurkan sebagai bentuk komitmen SariWangi mendorong terbentuknya keluarga harmonis melalui komunikasi efektif. Jadi SariWangi mengajak masyakat Indonesia untuk mengungkapkan isi hati mereka kepada keluarga.

Yawdah, cus langsung dateng ah!

Apalagi, di acara itu, ada Mbak Ratih Ibrahim yang ngetop banget sebagai psikolog. Menurut Mbak Ratih, memiliki pembicaraan yang mendalam di keluarga termasuk hal-hal yang sulit diungkapkan, dapat membangun relasi yang hangat dan intim, membuat keluarga lebih bahagia, dan mencegah adanya resiko depresi pada seseorang.

Orang tua,  khususnya ibu, juga punya peran penting dalam keluarga sebagai fasilitator untuk memulai percakapan. Ibu memiliki peran sebagai emotional supporter dalam memberikan dukungan dan kehangatan di keluarga.

Gue pun berasa kayak ditampol sama coach muaythai deh. Lah gimana gue bisa jadi fasilitator keluarga, wong gue nya justru yang paling sering memendam ganjalan di hati? Padahal harusnya gue dong sebagai ibu yang bisa jadi jembatan antara anggota-anggota keluarga lainnya.

Alhasil, sepanjang acara, gue berusaha dengerin petuah dan advice dari Mbak Ratih seputar komunikasi dalam keluarga ini. Apalagi, gue tuh sebenernya pengen Nadira nanti bisa terbuka ke gue dan papanya.

Jadi, kelak, gue gak perlu repot-repot memaksa Nadira ngomong, atau menyelidiki pake detektif pribadi segala, untuk tahu kisah-kisah keseharian dia. Karena, dia akan cerita sendiri ke gue atau papanya, dengan suka rela. Just like I did and still do with my mom.

Dari kecil, gue selalu suka cerita ke nyokap tentang apapun yang gue alami. Mulai dari temen, guru, supir angkot yang tadi gue temui, hingga pas udah gedean, pacar/gebetan gue. Makanya nyokap berusaha percaya sama gue karena tanpa diinterogasi pun, gue akan cerita macem-macem ke dia. And it’s exactly what I expect from Nadira *crossing fingers*

Dan buat gue, komunikasi itu emang penting karena tanpa komunikasi yang lancar, segala hal yang ada akan “mampet” kan? Hubungan keluarga maupun pasutri bisa hambar dan dingin kalo gak ada komunikasi yang baik di antara para anggotanya.

Ah, bernas banget deh sharing-nya Mbak Ratih dan juga Mona Ratuliu sebagai brand ambassador barunya Sariwangi kemarin. Kalo kata anak kaskus sih, nice info Gan! 😀

Terima kasih Sariwangi dan MD yang udah ajak ikutan ke acara itu. Happy maksimal! 🙂

*acara penuh info bernas, makan-makan enak, ketemu geng heboh, plus dapet hadiah. Super yay!*

Leave a Reply

