Pengalaman Jadi Sistagram Ala-ala

Haloohhh apa kabar semua? Kayaknya cukup lama ya gue gak bikin posting-an di blog. Sampe dikomplain beberapa orang via DM bok hahaha.. 😀

Maklum, sekarang gue lagi merintis karier sebagai sista Instagram (sistagram). Jadi tiap hari kerjanya ngurusin rekapan order mulu. Belum lagi kudu kerja, urus anak, masak, olahraga dll. Jadi blog pun agak-agak terbengkalai.

Nah postingan ini terkait dengan pengalaman gue sebagai sistagram amatir. Duluuuu banget gue pernah nulis posting-an tentang tingkah laku pembeli yang selalu minta diperlakukan sebagai raja. Waktu itu, gue belum jadi sistagram ya. Jadi gue nulis berdasarkan pengamatan, observasi, curhatan temen-temen yang punya OLS dan empati. Bahkan, waktu itu gue sempet alergi banget kalo disuruh dagang di OLS.

Kenapa?

Soale gue khawatir gak kuat ngadepin customer yang suka ajaib, seperti yang bisa dibaca di komen-komen di postingan tadi, hahahaha… Lah wong dengerin curhat atau bacain komen di online shop doang aja, gue suka esmoni. Gimana kalo ngadepin sendiri?

Ealah, beberapa bulan lalu, gue akhirnya kejeblos juga deh jadi sistagram khusus jualan tupperware, bantuin temen. Untuk meminimalkan pelanggan-pelanggan ajaib, gue mencoba low key aja. Gue cuma promo akun @mbaksisshay di blog dan Instagram gue sendiri.

Trus, gue gak pake hestek-hestek clickbait kayak #jualtupperware, dll. Sebab, kalo pake hestek-hestek gitu, audience-nya lebih luas dan orang-orang iseng atau sesama pedagang juga ikutan nanya-nanya. Daripada ngabisin waktu ngelayanin orang yang cuma hit n run, mending gue gak pake hestek. Gue fokus sama follower gue di IG dan pembaca  blog gue aja lah. Sukur-sukur ada yang rela promosiin dari mulut ke mulut.

Emang sih jadi sempit banget jangkauannya ya. Tapi ya itu tadi, daripada audience gede, tapi yang beli dikit, dan banyakan yang cuma iseng daripada yang beli, mending audience sempit tapi 70% beneran beli. Jadi quality over quantity gitu lah ceritanya hahaha.. *sotoy amat lo Ra* Ini juga gue sesuaikan dengan kondisi gue yang masih jadi kuli tiap hari di kantor plus ngurus anak.

Dan alhamdulillah, so far belum ada customer Tupperware gue yang ngeselin parah *knock on wood*. Yah, hit n run mah sering. Demanding juga. Nanya produk A-Z tapi belinya justru yang lain juga ada. Atau nanya “ini produknya asli atau palsu ya sis?”. Buat gue itu mah masih kategori biasa ya. Masih bisa di-handle lah.

Bahkan di antara customer-customer gue, rata-rata repeat order. Lebih dari 50% lah. Lokasinya juga dari macem-macem daerah, Aceh sampe Kalimantan. Jadi cukup diverse lah.

Dan mereka itu banyak banget yang manis-manis dan jujur kacang ijo. Pernah nih, temen gue yang bagian packing salah kirim paket. Orderannya 1 pack, eh yang dikirim 2 pack. Kalo customer-nya gak laporan, gue gak tau lho. Alhamdulillah banget, Mbak customer mau repot-repot kirimin balik ke gue. Ofkors gue tau diri, transfer ongkirnya jadi lebihan dari yang seharusnya. Lafff banget deh!

Kasus ongkir juga sering bikin gue terharu. Sebagai sistagram abal-abal, gue sering salah tuh ngitung ongkir. Apalagi gue kan cuma bagian seller ya. Packing dan ekspedisi urusan temen gue. Jadi gue pun sering salah hitung.

Dan ini berusaha gue infokan ke customer. Kelebihan ongkir, meski cuma 3ribu, pasti gue kabari dan tawari refund. Atau, gue kasih diskon di next order. Kalo kekurangan ongkir akibat gue salah hitung, gue infokan juga tapi gak gue minta transfer. Biasanya gue charge nanti di next order. Itupun kalo di atas 10 ribu or 20 ribu ya. Kalo cuma 5 ribu, biasanya gue ignore.

*untung keciiiiil gpp yang penting customer hepi 🙂 *

Etapi dengan treatment gini, banyak customer yang maksa untuk transfer kekurangan ongkir secepatnya. Atau pas next order, ingetin gue untuk jangan lupa charge mereka dengan kekurangan ongkir sebelumnya. Ih gue sering terharu sendiri lho. Punya customer koq manis-manis amaatt.. *lopelopelope*

Lucunya, gue malah kena pengalaman kurang enak pas dagang di akun instagram personal. Jadi ceritanya, temen TRX gue, Mbak Sara, kan punya bisnis makanan dan cemilan sehat. Produk unggulannya bernama Cranberry Trail Mix (CTM), yang isinya campuran kacang almond, pumpkin seed, sunflower seed, raisins, cranberry, apricot, dll. Rasanya renyah, gurih, manis, dan asam, gak ngebosenin gitu.

*lah jadi iklan gini 😀 *

Trus abis coba, gue posting di IG. Eh tau-tau banyak yang minat. Yawdah gue buka PO iseng-iseng deh. Ternyata peminatnya cukup membeludak. Padahal awalnya gue nyangka paling cuma 20 bungkus aja nih yang laku. Sampe sekarang, total hampir 200 bungkus kali yang udah kejual. Mbak Sara sampe setres gue terorin mulu karena produksi barangnya terbatas. Bahkan gue harus senggol bacok sama toko-toko organik dan supermarket premium yang jadi loyal customer dia.

Waktu mulai iseng jual CTM, gue optimis lah, customer gue pasti manis-manis semua. Di akun @mbaksisshay aja manis, di akun personal pasti lebih manis dong yaaa. Apalagi tujuan utamanya juga kayak mak comblang gitu. Ada yang pengen coba, dan gue kenal yang bikin, yawdah dijodohin lah. Gitu doang sih. Trus gue gak promo samsek. Cuma bikin posting-an selintas iklan di IG atau instastory kalo barangnya ready. Bahkan temen gue yang follow gue pun sampe gak ngeh kalo gue jual CTM ini, hahaha..

Dan emang bener, customer-nya manis-manis, mirip sama customer Tupperware. Jadi gue pun hepi.

Sampe beberapa hari lalu, ada customer yang agak kasar. Emang gue yang salah karena lupa kirim orderannya dia. Gara-garanya, dia minta kelanjutan komunikasi dilakukan via Whatsapp. Sementara gue ngurusin orderan biasa lewat DM atau line. Yang ada jadi ketelisut deh.

Gue udah minta maaf, dia malah kasih reply gak ngenakin. Karena saat itu gue abis kena macet 1 jam (naik motor bok, mau nangis banget deh!), basah kuyup keringetan, sambil deadline pula, gue pun agak kurang bisa kontrol emosi. Jadi gue ikutan emosi juga dan langsung mutusin untuk refund. Sebab, gue males kalo diomelin berkepanjangan sama si Mbaknya lagi. Eeeh si Mbak juga tambah emosi, walaaahh.. Seumur-umur, baru nih ngalamin diomelin orang gak dikenal via Whatsapp gini 😀

Pas ngobrol-ngobrol sama beberapa temen sesama sistagram, menurut mereka pengalaman kurang enak gue tadi mah cuma seujung kuku dari apa yang mereka pernah alami. Ada temen gue, seorang owner OLS beauty, sampe diancam sebuah akun IG yang memajang daftar OLS “berbahaya”. Gara-garanya, temen gue ini ngejutekin seorang customer pas nanya-nanya.

Si customer gak terima, terus laporan ke akun IG blacklist OLS tadi. Dia laporan, temen gue itu gak sopan tralala, gak pantas jadi sistagram dan akun jualannya patut di-suspend. Dengan kata lain, temen gue harus mau manis-manis ke customer. Kalo gak mau, namanya akan disebarin sebagai sistagram yang harus di-blacklist.

“Gak cuma diancem, gue bahkan udah di-message sama owner akun IG daftar OLS blacklist itu. Gue dinasehatin supaya ramah, helpful blablabla sama customer. Kalo gue gak mau gitu, nama gue bakal diposting di IG-nya sebagai akun OLS sistagram yang harus di-blacklist. Hellaaawww.. Itu owner akun IG gak tau masalah sebenernya, pake sok nasehatin gue. Gak tau apa dia kalo orang yang ngaduin itu nanya-nanyanya ribeeeeet dan jutek banget? Lagian, itu ownernya juga masih anak kemarin sore yaoloh. KZL banget ih. Langsung gue block aja. Makanya akun IG dagang gue gembok supaya gue gak ribet ketemu orang-orang kayak gitu,” kisahnya.

*yang kenal orangnya pasti cekikikan bayangin ekspresi muka Mbak sistagram satu ini pas cerita 😀 *

Temen gue yang lain juga mengalami banyak hal-hal ajaib meski baru merintis karier di dunia sistagram. Dia punya OLS makanan yang juga digembok. Jadi yang beli sama dia ya orang-orang yang follow dan dapet rekomendasi dari orang lain.

“Ada yang order ke gue, trus udah gue kirim. Eh tiap hari gue diteror karena barangnya belum nyampe-nyampe. Bahkan gue sampe dituduh nipu segala. Buset deh, masa 50rb gue nipu sih Mbak. Kalo mau nipu ya lebih gede doongg. Ini ternyata masalah ada di ekspedisinya. KZL gueeee,” curhatnya.

Ada juga customer yang neror dia setiap hari selama seminggu karena barangnya belum datang. Padahal di tracking resi, udah terkirim. Setelah temen gue diceramahin, dimarahin, tralala, baru ketauan kalo barangnya udah dateng di rumah si customer dari kapan tau. Trus sama ART-nya dimasukkan ke kulkas tanpa sepengetahuan si majikan.

Zzzz…

Yah, emang gak gampang ya jadi sistagram. Butuh kesabaran ekstra dan hati seluas samudera. Apalagi kalo mau sukses dan jadi OLS besar ya, yang kayaknya dalam waktu dekat, belum jadi target gue. Tapi buat gue, pengalaman-pengalaman itu cukup berharga sih sebagai pelajaran hidup. Meski kalo bisa memilih sih, yang rese-rese dan ribet mending gak usah dialami lah, hihihi 😀

P.S: ojo baper ya dengan meme ini 😛

2 thoughts on “Pengalaman Jadi Sistagram Ala-ala

Leave a Reply

