Murka karena Bekal Anak

Di Instagram, nyaris tiap hari gue posting bekal-bekal sekolahnya Nadira dengan hestek #ketringibuira. Bahkan pernah gue tulis kisahnya di sini nih. Tujuannya sih cuma buat catatan pribadi dan share sama sesama ibu-ibu atau gadis-gadis (ceileh) yang minat pada dunia perbekalan. Lumayan buat saling tukar ide yekan.

Meski gue ngerasa bekalnya Nadira garing setiap hari, ternyata feed back yang gue dapet rata-rata lumayan positif. Bilang gue kreatif lah, menunya looks delicious lah, macem-macem deh. Tentu aja gue hepi dan kadang GR sendiri hahaha ๐Ÿ˜€

Tapi tau gak, dunia nyata itu lebih kejam daripada dunia sosmed, seus. Meski menurut followers gue, bekalnya Nadira itu keliatan enak, belum cencu dia beneran makan seluruh isinya sampe habis lho. Yup, anak gue emang reseeeee dan picky eater banget. Jadi suka bikin gue emosi jiwa deh, terutama untuk urusan bekel-bekelan ini.

*anak gue bangeett… Tiap ke resto, kudu cari yang nyediain menu nasgor, ayam goreng atau telur dadar untuk dia. Kalo gak ada, terpaksa beli di luar dulu T_T*

Gue udah berusaha banget ngikutin kemauannya dia. Demi menyukseskan program makan sayur, gue bawain dia sayur di dalam berbagai kamuflase, kayak omelet gulung isi sayur-sayuran, atau nasgor/migor/nugget yang isinya sayur cincang.

Buah juga gitu. Gue pilihin sesuai yang dia suka, yaitu pisang, lengkeng, apel dan anggur. Kalo nekad bawain di luar itu, pasti BHAY, gak dicolek samsek.

Cemilan juga gitu. Gue sesuaikan dengan seleranya, yang berarti no pizzas, no burgers, no hotdogs. Maklum anak gue anak Jawa banget. Sehari sebelumnya pun urusan menu gue ajak diskusi dulu, supaya dia tau bakal dibawain bekel apa besoknya.

Nah, apakah dengan ngikutin kemauannya dia, berarti seluruh bekel dihabiskan sampe tuntas?

Belum cencu Kakaaakkk… Bahkan beberapa kali sisanya masih banyak. Alasannya pun macem-macem. Rata-rata sih karena pengen ngobrol dan main sama temen-temennya. Jadi dia keburu-buru makan trus gak habis. Atau kelamaan main dan ngobrol, jadi cuma sempet makan secomot aja. Atau, yaaa karena kurang suka.

Awalnya sih cuma gue kasitau baik-baik. Tapi lama-lama karena berulang-ulang, gue pun murkaaahhhh banget! Bahkan kalo kata suami, gue itu murkanya kadang keterlaluan dan lebay kalo urusan anak gak habisin bekal.

Heh, gimana gak murka? Udah capek-capek bangun pagi untuk masak, ngabisin waktu malem/wiken untuk bikin stok cemilan dan lauk, yang disesuaikan selera anak, trus gak dimakan. Itu rasanya KZZZZLLLLL banget tauukkkk!

Pernah nih saking murkanya, gue berhenti bawain bekel untuk Nadira, dan dia gue ikutin ketring sekolah selama beberapa hari. Pas kebetulan menu ketringnya pun yang bertolak belakang sama favoritnya dia. Isi menunya macam yang salad sayur gitu, atau sayur berkuah-kuah yang dia kurang suka.

Dengan cara ini, gue pengen dia tau bahwa, dia itu beruntung masih dibikinin bekel sama ibunya. Artinya, bekel bikinan ibunya itu masih bisa disesuaikan dengan selera dia. Kan kalo ikut ketring sekolah, menu yang dikasih yang sesuai jadwal, gak bisa ditawar-tawar lagi. Jadi kalo udah dibawain bekel sama ibunya trus masih gak dihabisin juga, mending gak usah makan aja sekalian, hihihi.. *awas ada emak galak ๐Ÿ˜€ *

Alhamdulillah, cara itu cukup sukses. Bekelnya sampe sekarang emang tetep gak selalu habis sih. Tapi begitu sampe rumah, dia selalu berusaha ngabisin bekelnya, sampe butir terakhir. Kalo misalnya dia dijemput ipar dan stay di rumahnya dulu, Nadira selalu minta sisa bekalnya untuk nggak diapa-apain supaya bisa dihabiskan di rumah. Bahkan meski sisanya cuma sepotong omelet atau sebiji lengkeng, pokoknya gak boleh dibuang.

“Iya, nanti Mbak Dira harus makan sampe habis supaya ibu nggak marah,” katanya.

Hahaha.. Ini gue jadi pengen ketawa sekaligus sedih karena, begitu kuat ya berarti impresi yang gue tinggalkan di Nadira soal Ibu Marah VS Bekal. Bener kayaknya kata suami gue, “kamu lebay banget ih marahnya kalo urusan bekal gak dihabisin.”

Hihihihi..

Ada yang ngerasa senasib? Yuk toss dulu kita!

Advertisements

12 thoughts on “Murka karena Bekal Anak

  1. Aku sampai kerja gini masih dibawain bekel kak.. meski ya seringnya bikin sendiri, tp kalo udh kesiangan itu selalu dibeliin nasduk/ bakwan2 an sm emak.. dan rasanya meski kdg males ngabisin kalo udh di tmpt kerja nyemil, pasti saya abisin..krn ngerasa bgt effortnya emak dan diri sendiri untuk beli atau bikin sendiri itu gede… iyap, masak subuh2 itu capek. Hahha. *anak meloow*

  2. Iyalah marahnya sampai lebay, soalnya nyiapin bekel itu kan butuh perjuangan lahir & batin yg kadang suami/anak ga paham T.T
    Caranya Mbak Ira oke punya ih buat dicoba besok kalau aku punya anak hahahaha (visioner). Mbak Ira ada rencana ga tuh buat bikin Nadira ga picky eater lagi? Apa biarkan kelak waktu yg menjawab? *tsaaaaah*

  3. Hahahhaa I feel you mba Ira. Si kakak G sampe gue laporin ke gurunya…ga usah bolehon dia main kalau ga abis bekalnya hahahha jahat amit yeee…lagian gurunya kan temen eike juga yak. Lol..abis kan kzl bangun subuh2 dan proses masaka memasak itu kan capek cynn..๐Ÿ˜‚

  4. Tapi beneran kreatip deh Mbak โ˜บ๏ธ
    Ingatan aku duluuu kl dibawain bekal oleh Mami ya — tahun 1990an nih — indomie goreng (smp berbentuk kotak makan, gr2 seharian d kotak hahaha), nasi plus nugget, nasi plus chicken stick, nasi plus oseng sayur dan nasi plus daging ham. Yang lain2nya lupa dibawain apa aja. Kalo aku nggak doyannn makanan yg udh dingin, makanya bekal yg dulu gak doyan. Sampe pernah waktu TK nggak boleh pulang krn nggak ngabisin bekal (si mie goreng dingin yg udah berbentuk) pdhl udh uek uekk gt makannya

  5. ๐Ÿ˜† kirain Nadira ga picky mba, emang ya bikin lelah hayati klo emak uda capek masak trus ga gitu disentuh sama anak (plus suami) gue pun suka murka dan merepet kek petasan renteng

  6. Ini kerjaan gw tiap hari, semua guru tk nya dr playgroup-tk B skrg udah gw wanti2 buat mandorin anak gw makan bekel, gw malah lebih kejem lagi pernah 2 hari g gw bawain bekel sama sekali di tas nya tapi gw titipin bu guru, jd ceritanya itu makanan dikasih bu guru gitu…efektif g? Lumayan deh 2-3 hari abis beneran tapi abis itu kumat lagi tapi skrg agak mending misal gw bawain roti tawar 2, paling nggak dia makan 1 atau 1,5 deh tapi gw ogah bereksperimen lagi udah patah hati jd gw bawain yg standar aja aneka ager2&pudding, roti tawar aneka isi, atau kue2 yg dia pilih sendiri

  7. Aku mah barusan murka gegara anak makan lamaaa bangettt…. Semanngkok nasi pake sayur sop n kering tempe gak abis2 padahal udah 3 JAM… Bocah masih 3,5 taun siih, tp kweezeeeel bangett

  8. Saya mba Ira. Tapi bukan bekal, karena si bocah 3 taun belom sekolah. Lebih ke makanan sehari-hari biasanya. Kalo udah capek-capek masak trus pas disuapin dia ga mau. Padahal sebelum masak udah tanya dulu mau dimasakin apa. Byuuuhh rasanya kezeeeeelll. Bisa beneran marah itu saya.

  9. Hai. Saya pendatang baru. Suka sama gaya menulis mbaknya. Kalau anak saya Alhamdulillah gak picky eater. Apa aja ditelen. Ha-ha-ha. Tapi ini menurut saya berhubungan sama gene-nya, maksudnya, apakah mbak Ira picky Eater juga? Jadinya menurun ke anaknya.
    Kalo saya mah tong sampah, apa2 masuk aja. Ha-ha-ha. Makanya anak saya gitu juga kali ya

  10. hihihi..baru baca..

    dulu aq gak tau kenapa ibuku suka murka kalo pulang sekolah sore2 aq suka gak makan makanan yg dimasak ibuku di rumah.. ternyata rasanya masak terus gak dimakan rasanya pedih yaaaa.. wkwkwkwk

    rifa ikut katering di sekolah.. Alhamdulillah bisa request menu kalo misal menu esok hari gak cocok sama anaknya.. untuk bekal, aq biasanya bawain bekal snack aja buat dimakan pas istirahat pertama.. ya emang gitu jadinya, disesuaikan dengan kesukaan bocah daripada pedih hatiku.. *halah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s