Harta Gono Gini Pacaran

Berhubung gak lahir dari keluarga konglomerat, gue suka heran kalo baca berita tentang artis-artis yang kasih/dapet kado mahal ke pacarnya. Misalnya, Kylie Jenner yang dapet kado mobil seharga US$200,000 dari pacarnya, Tyga. Padahal Tyga sendiri lagi bokek berat dan nebeng tinggal di rumahnya Kylie. Pas mereka putus, gak ngerti deh tuh nasib mobilnya gimana 😀

Atau Jessica Simpson yang kasih kado kapal speedboat seharga US$100,000 ke pacarnya, Tony Romo. Pas mereka putus,  Jessica bilang kapalnya boleh disimpan, gak usah dibalikin lagi.

Kalo versi lokal, ada kisah selebgram Rachel Vennya. Sebelum akhirnya nikah kan, dia sempet putus tuh sama lakinya. Padahal dapet kado mahal-mahal dan macem-macem pula. Gue langsung mikir, itu kado-kadonya diminta balik gak ya? Tapi kayaknya sih nggak ya, wong pas mereka balikan lagi, Rachel langsung dikasih mobil bok.

Seumur hidup, gak pernah ada cowok yang kasih mobil ke gue 😦

*maap curcol sejenak*

Maksud gue, kalo barang-barang mahal itu diberikan dalam ikatan pernikahan kan jatuhnya jadi harta gono-gini ya. Jadi bisa dimasukkan ke tuntutan pas cerai. Nah kalo masih pacaran kan gak ada klausul hukumnya. Jadi tinggal kerelaan dan kepasrahan hati deh.

Anyway, beberapa hari lalu, gue ngobrol sama temen-temen kantor. Topiknya tentang harta gono gini pas pacaran. Kalo selebriti atau orang kaya mah, kado atau barang bersama gak bakal diminta ya pas putus. Wong duit segudang gitu lho, gengsi amat lah yaw kalo abis putus trus minta barang-barang dibalikin.

Nah, kalo orang pas-pasan kayak kita, gimana? Di bawah ini ada beberapa cerita, salah satunya, ehm, gue sendiri :D. Cekidot:

1. Tragedi Kulkas

Temen gue, sebut aja Doni, cerita tentang kasus temennya dulu, sebut aja Rio, waktu mereka sama-sama baru mulai jadi karyawan. Suatu hari, Rio nawarin Doni untuk beli kulkas. Karena gak butuh, Doni pun menolak. Trus Rio curhat deh.

“Gini Don, kulkas ini punya pacar gue. Waktu beli dulu, gue ikut nyumbang setengah harganya. Nah sekarang kan kita putus, gue minta dia balikin duit gue. Jadi, kulkasnya kudu dijual nih. Lo bantuin gue lah,” kata Rio.

Doni pun garuk-garuk kepala. Yaelah, ini koq punya temen begitu amat? Kalo menurut Doni mah, meski sesungguhnya butuh, mbok ya gak usah kayak Rio gitu yang sampe nuntut duitnya balik. Gengsi cuy!

2. Tabungan Dibawa Kabur

Temen lain, sebut aja Neneng, cerita tentang temennya, Ria. Waktu pacaran, Ria dan kekasihnya udah punya komitmen untuk nabung bareng. Ceritanya udah serius gitu pacarannya.

Tapi suatu hari mereka putus. Ndilalahnya, tabungan bersama dibuat atas nama sang pacar. Dan sang pacar main kabur gitu aja, gak mau bagi isi tabungan ke Ria.

Ria pun curhat ke Neneng. Dia bingung, gimana cara minta uang bagiannya yang ada di sang mantan. Apalagi, si mantan ini bener-bener kabur dan sulit dihubung lagi. Dengernya aja bikin bete yak, karena koq ada ya orang kayak gitu? Zzz..

3. Pesangon Putus Cinta

Nah ini gue sendiri nih, jadi bakal agak panjang ceritanya 😀

Waktu baru kerja dulu, gue punya temen kantor yang udah berkeluarga dan lengkap punya rumah, mobil, motor. Namanya Mbak Yuni.  Gue tanya, koq bisa sih gitu. Meski sebagian kredit, tapi canggih juga yekan.

Trus Mbak Yuni jawab, dia dan suaminya udah mulai nabung bareng dari zaman pacaran. Uang itu kemudian dipake untuk DP rumah. Begitu nikah, mereka tinggal nyicil bulanannya dan beli isi rumh plus yang lain-lainnya.

Gue pun terinspirasi, trus cerita ke pacar gue saat itu. Si pacar yang emang orangnya serius, langsung oke kalo kita ikutin jejak Mbak Yuni dan suami. Kami pun ke bank untuk buka tabungan. Secara hukum, gak ada kan joint account untuk orang yang masih pacaran. Jadi kami memutuskan untuk buka tabungan atas nama gue, tapi buku tabungan dipegang dia, tanpa ada kartu ATM. Jadi, otomatis, gak ada satupun di antara kami yang bisa ambil isi tabungannya.

Tabungan bersama ini berlangsung selama beberapa tahun lah. Pas gue udah ngerasa hubungan kami susah dilanjutkan, gue bilang ke pacar untuk ambil isi tabungannya dan bagi 2. Gue lakukan ini untuk jaga-jaga. Karena hawa-hawanya hubugan kami udah gak enak, mending urusan “gono-gini” diselesaikan sebelum hubungannya beneran jadi aneh. Yawdah, sebelum resmi putus, tabungan pun kami bagi 2. Lumayan deh, putus cinta dapet pesangon! Jadi ada biaya untuk jajan kan qaqaaaa… 😀

Yah begitulah kisah tentang harta gono-gini pacaran kali ini. Ada yang pernah ngalamin juga kah?

Gue nih, pas cerita soal pesangon putus cinta ke suami, langsung diketawain bok. Katanya “Idih, pacaran koq udah mikirin nabung bareng. Padahal kalian masih umur 20-an kan waktu itu? Ngebet banget kawin sih.” Ih kampretos!

BTW, buat yang pacaran, inget-inget pesan ini ya:

Advertisements

19 thoughts on “Harta Gono Gini Pacaran

  1. Mba iraaaaa… Kau mengulik kenangan burukkuuu.. hahaha

    Punya mantan dulu antik bgt, kita pacaran mayan lama dan orgnya emg posesif absurd gt. Slama pacaran segudang deh brg2 pemberian, tmsk komputer. Nah pas putus ak balikin lha tu dg kesabaran pribadi tanpa diminta.. eh tnyt, stlh balikin tu komputer dy malah mnt balikin meja komputer jugak! Plus jgn dibayangin meja komputer yg hits2 yaa.. meja nya itu cm dr kayu bentuk Kotak tok.. itu pun jg bikin sendiri dr kayu bekassss 😂😂😂😂😂😂

  2. Hahahahahaha kocak ih. Btw untung banget dulu pas wisuda ga foto bareng mantan pacar, jadinya foto wisuda masih bisa dipajang sampe sekarang yekan 😜
    Ga pernah balikin dan minta dibalikin soal harta gono gini sih. Dan untungnya aku dulu pelit banget, jadi ga sampe buka tabungan bersama ato ngasi2 barang yang mahal2 gitu. Pikirku, masih pacaran juga….iihhhh 😜😜

  3. Huahahaha mba yg tabungan dibawa kabur itu kejadian di temen SMA aku.

    Ceritanya dia pacaran sama kakak kelas, mereka buka tabungan bersama tuh. Kalau pengakuan temen sih pacarnya yg paling banyak isi. trus pas si kakak kelas kuliah diluar kota buku tabungannya diserahin ke temen aku. Tau2 mereka putus pas zaman aku kuliah. Isi tabungannya dikuras sama temen aku dan si kakak kelas gigit jari.

    Alesan temen aku sih pelajaran krn cowoknya selingkuh. Hahahaha..

    Eh si kakak kelas itu angkatan mba ira lho. Hahahaha

  4. Buahahahahaha….jadi inget ama pak suami jaman pacaran di tahun ke 4 pas ada rencana nikah. Nabung bersama di account dia. Eh 6 bulan menjelang nikah kita putus…balikin lah duitnya kan..dipakailah hura2 sama gue (critanya pelarian krna putus)…eh trus 4 bulan kemudian kita jadian lagi dan akhirnya merencanakan pernikahan lagi utk 4 bulan kemudian..lalu gigit jari karena duitnya wes entekkk 😂😃😃

  5. Yg tragedi kulkas gue bingung mbak, kalo cwenya balikin duit Rio separuhnya = bayar full donk? Kan separuhnya udah bayar di awal. Nah ngapain repot2 Rio jual 😂 jd hak milik cwenya aja sekalian

    • Lho kan beli kulkasnya patungan. Misalkan, harga kulkas 2jt, patungan sejuta-sejuta. Skrg kudu dibagi 2, jd kulkasnya kudu dijual dulu. Gue malah gak ngerti yg lo maksud itu kyk gmn 😅

  6. Trus kalo nama di skripsi gimana kak? ga terhapus tuh sepanjang sejarah ahhahhaha

    btw ternyata yang kita follow di IG pun serupa ya ahahahhaha, kadang mikir ini gaya pacarannya Rachel Venya lebih lebihin orang yang uda nikah *kemudian sirik 😆

  7. hahaha..berhubung eike kere dr dulu, ga ada harta gono gini pacaran..tapi yg syedih tuh klo udah pacaran, dateng ke nikahan kakaknya,foto bareng keluarga besar (berada di tengah2), dipajang di rumah ortunya, ndilalah putus… (ini kejadian sungguhan)..

  8. Mbak Ira aku ngakak baca postingannya… pernah ngalami yang mirip cerita kulkas ini tapi sama ex-flatmate bukan sama pacar. Terus soal foto, makanya foto wisudaku nggak banyak yang dipajang habisnya mayoritas sama mantan hahaha

  9. Hahahahhahaa.., dulu suami pas baru-baru kerja ngajuin ide nabung bareng (kita pacaran dr kuliah soalnya).

    Langsung gue tolak mentah-mentah untuk menghindari resiko gak jelas di kemudian hari kalo hubungan gak lanjut.
    Kl emang niay serius, kita nabung masing-masing ajalah. Hahahaa

    Ini efek liat tante yg nabung bareng ama pacar, pas putus si pacar minta dibalikin tabungannya. Wkwkkwkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s