Diet Oatmeal, Siapa Takut?

Ngomongin oatmeal atau selanjutnya gue bilang oats aja ya, banyak yang ngeluhin rasanya. Ada yang bilang kayak dedak alias makanan unggas lah. Ada yang bilang menjijikkan lah. Pokoknya macem-macem deh.

Gue sendiri udah lamaaaa mencoba makan oats. Dulu-dulu waktu remaja, gue taunya oats itu ya dimakan sebagai sarapan aja. Dimasak pake susu dan dikasih pisang, udah deh enak. Atau kalo nyokap, suka dikasih jambu biji yg diblender. Intinya, oats pasangannya cuma susu dan buah-buahan, dimakan pas sarapan. Titik.

Trus, pas gue lagi semangat-semangatnya nurunin berat badan 4 tahun lalu, gue iseng-iseng browsing dan baca-baca berbagai sumber. Salah satunya bilang, oats bisa lho dijadiin sumber utama karbo pengganti nasi. Kalo makan oats, perut jadi lebih kenyang dan gak mudah lapar.

Selain itu, oats juga punya healthy benefits yang banyak. Kayak yang ditulis di wikipedia, oats dikenal bisa nurunin kolesterol dalam darah karena mengandung beta-glucan. Trus, para atlet pun banyak yang milih oats karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat mudah larut. Inilah yang bikin perut jadi gak gampang laper dan bikin kadar glukosa darah lebih stabil. Bubur oats juga mengandung vitamin B lebih banyak dibandingkan bubur lainnya.

Okesip, dapet bekel itu, gue tambah mantep ya. Tapi, cara makannya diapain dong? Masa sehari 3x makan oats pake susu dan buah. Eneg qaqaaa.. 😦

Berkelana lah gue ke berbagai website. Salah satunya nemu thread Diet Oatmeal di FD. Baca testimoni para pelaku diet oatmeal lain, gue jadi cemungudh banget. Trus di websitenya quaker oats juga nemu variasi olahan oats yang tampak lezat. Dari bubur ayam, bubur manado, dll dst. Langsung deh mulai, seperti yang pernah gue ceritain dulu di sini.

Gue biasa pake oats yang quick cooking karena setelah gue uji coba, yang biru ini teksturnya lebih kasar, jadi lebih menyerupai bubur nasi/nasi lembek. Kalo yang oats instan, teksturnya halus banget euy. Biasanya, oats gue masak pake air + garam, atau pake kuah sayur. Bisa kuah sayur  bayam, kuah sop, dst. Abis itu tinggal dikasih lauk deh. Intinya sih, dimakan kayak nasi biasa atau jadi bubur gitu.

img_20170128_103540_907

*merek sengaja di-cut supaya gak disangka iklan 😀 *

Kalo makan di luar pun, gue selalu bawa oats instan sachetan. Jadi kalo mau makan, gue minta air panas ke waiter, trus nyeduh oatsnya deh. Bahkan dulu makan Soto Betawi Mamat aja pake oats, hahaha.. Rasanya mah tetep enak lah ya :D.

Hasilnya, lumayan sakseis bok. Perpaduan diet oatmeal plus pilates 2x seminggu plus olahraga di rumah tiap hari bikin berat gue turun 10kg, body fat turun, dan lingkar badan gue turun banyaaakk banget. Jins gue aja turun 2 size. Hepi banget dong ya!

Tapi ya gara-gara terlalu gampang puas, alhasil begitu bodi melangsing, gue balik gragas deh. Jarang makan oats lagi, wiskul melulu pula. Sekarang pas berat dan body fat gue naik, baru mulai panik. Makanya gue mencoba makan oats lagi nih. Udah beberapa bulan ini gue beralih dari nasi hitam/umbi-umbian dan balik lagi ke oats.

Apa sih efek oats yang bisa dirasakan langsung?

Kalo menurut gue, efek yang paling kentara adalah urusan BAB. Aselik sumpaaahhh… Urusan ke toilet jadi super lancar! Bahkan saking lancarnya, sehari bisa lebih dari 2x BAB bok 😀

Dan, teksturnya BAB-nya juga jadi lembut. Jadi bener-bener solusi untuk yang sering sembelit euy.

Terus, seperti yang ditulis di atas, makan oats itu bikin kenyang lamaaa. Perut juga gak jadi begah atau eneg. Beda banget kalo makan nasi atau mi yang gampang kenyang tapi gampang laper lagi. Ini semua karena karbohidrat kompleks yang ada di dalam oats ya. Sementara, mi dan nasi kan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna.

Oats juga punya indeks glikemik rendah, sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bandingkan deh sama nasi putih atau mi yang tinggi indeks glikemiknya. Nah berhubung gue parnoan banget sama diabetes, sutra lah ya, oats is the answer!

Oh ya, gara-gara gue sering posting bekal makan siang ke kantor yang isinya oats, sekarang jadi banyak yang ikutan juga lho ganti nasi dengan oats. Rata-rata yang udah nyoba sih pada bilang enak dan gak berasa aneh. Ttau-tau berat badan udah turun aja.

img_20170214_122948_839

*contoh bekal gue beberapa hari lalu. Buah naga dan pir untuk sarapan. Trus lunch-nya ecletic banget, campur2. Ada oats tabur bumbu nasi ulam, balado tongkol, martabak tahu, dan selada siram saus kewpie. Meriah yak 😀 *

Untuk gue sendiri, so far sih berat badan belum berkurang signifikan ya, baru 1-2kg gitu lah. Kayaknya gue emang lagi hit a plateau nih, stuck di BB segini aja. Butuh usaha lebih banyak lagi euy.

Anyway, ada yang udah pernah coba ganti nasi/karbo dengan oats juga kayak gue? Semangat bareng-bareng yuk kita. Ganbatte!!! 😀

img_20170121_135309_397

*oats tabur cakalang pampis dan buah pisang (dimakan terpisah ye) sebagai post-workout meal gue. Enaaak!*

Advertisements

13 thoughts on “Diet Oatmeal, Siapa Takut?

  1. saya mbak. Udah tiap hari juga aku posting di IG: imeldasutarno. Sekarang malah udah 3x sehari makan oatsnya, sarapan-lunch-makan malam. Semuanya pake lauk khas indonesia. Udah ga berasa hambar,langu, dedek dsb dsb, karena udah terbiasa. Kalo aku tujuannya buat nurunin kolesterolku yg tinggi. Mugi2 berhasil, amiiin. Thanks udah menginspirasi mbak

  2. Gue masih menganggap padanan oats = yg manis2 makanya gue blender bareng pisang/pepaya/alpukat/semangka buat jd smoothies. Ga pake tambahan gula sih. Gak kebayang itu oats dicampur teri balado 😂

  3. Duta oat ya mba? 😂

    Berkat postingan mba, jadi terbuka nyoba2 variasi mkn oat juga lho.. makasi ya.. Sebelumnya cuma oat instan langsung campur susu/coklat jadi macem energen gtu aja 😂

  4. Gara2 postingan mbak ira, Aku nyobain makan oats pake sayur asem dan enyaaaak ternyata. Dan sekarang mau nyobain rutin demi BAB lancar hahahah, sapa tau bonusnya langsing 😂😂😂

  5. Hai mba Ira, aku suka banget baca blog dan ngikutin IG-nya mba Ira.
    Kalau oats, aku pernah makan dan ga sering sih. Bagiku ya enak2 aja. Pertama kaki makan oats soale liat oats di rumah masih sisa jadi sayang kalau dibuang.
    Salam buat Nadira ya mba :))

  6. Pertama kali ikut diet oatmeal dari suami yg udh hampir 8 bulan ga makan nasi, biasanya dia makan pengganti karbonya cuma pake oats dan pale lauk biasa. Sedangkan aku cuma bertahan 2 bulan, hehe 😂 tapi lumayan loh 2 bulan diet oats turun 2-3kg, olahraga pun jarang banget.

  7. Mba Ira, dulu kenal oats dari temen seruangan. Dia bilang sarapannya cukup pake oats & abon. Akupun ikut nyoba, lumayan banget lah itu, hihihi..Tapi sayang gak bertahan lama. Baca postingan ini jadi pengen ikutan makan oats lagi deh, ahahaha. Semangat mbaaa!

  8. Dulu pas hamil kedua, 5th lalu, aku kena diabetes kehamilan. Jadi sempet makan oats terus menerus buat nurunin berat. Aku ga bisa makan oat dicampur ama yg manis2 atau buah, jadinya ya pake lauk pauk biasa kayak mb ira hehhee toss ah ! Skr jadi keingetan udh harus hidup sehat lagi, mulai nge-oats lagi aaah..TFS mb ira, salam kenal 🙂

  9. Aku juga sama, kenal oats dulu ya buat yang manis2 aja. Oma dulu suka makan oats pakai susu kental manis. Kalau nge lauk pakai oats kayaknya masih berasa aneh… hehehe. Tapi kesukaanku kalau pagi, minum smoothie pasti aku campurin oats. Jadinya memang lama kenyangnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s