Suka Duka Jadi Biker

Gak terasa udah tiga tahun gue beraktivitas dengan mengendarai motor kemana-mana. Awalnya dulu bermula dari sekadar keinginan. Begitu ada rezeki, beli motor, trus keterusan deh sampe sekarang.

Selama tiga tahun ini, gue naik motor untuk berbagai aktivitas. Tiap hari sih untuk ke kantor ya. Trus juga untuk jemput Nadira sekolah pas gue lagi off di weekdays. Ditambah dengan keliling cari tukang sayur, beli Mi Bangka, jajan bakso, gitu-gitu deh.

Selama itu, pasti banyak suka dukanya dong ya. Berikut ini gue tulis deh pengalaman pribadi gue.

+ Hemat

Terus terang, hemat ini adalah faktor utama gue memutuskan untuk naik motor seperti yang pernah gue bahas dulu. Soale kalo dihitung-hitung, ongkos naik angkot/ojek online/dst, jika dibandingkan naik motor, lebih mahal lho.

Gini deh, gue jabarin pengeluaran gue untuk bidang transportasi sehari-hari ya. Dulu, pas masih naik ojek + angkot, dalam sehari gue bisa spending 50 ribu lebih. Itupun cuma dari rumah – kantor – rumah. Kalo tiba-tiba ada liputan, atau gue ada janji, atau harus mampir ke suatu tempat sepulang kantor, tentu ongkosnya nambah, kan?

Nah kalo naik motor, pengeluaran gue cuma untuk bensin dan parkir aja, plus service maintenance secara berkala. Untuk bensin, gue habis 20r-25rb per minggu. Itupun gue pake bensin Shell V Power atau Pertamax Plus/Turbo. Kalo gue pake BBM subsidi, pasti jadinya lebih murah lagi kan?

Untuk parkir, biayanya juga murah. Di parkiran kantor, biayanya cuma seribu per jam. Sehari biasanya gue bayar gak sampe 10 ribu. Bandingkan dengan biaya parkir mobil yang mencapai 4rb-5rb per jam. Jauh kan?

Biaya service maintenance juga murce. Ganti oli di bengkel langganan, gue cuma keluar uang gak sampe 200rb. Trus, pernah nih motor gue mogok dan harus diganti macem-macem. Gue udah deg-degan banget takut boncos. Pas ditotalin, eh cuma 700rb? Mayaaann banget! Suami gue aja kaget karena kalo mobil yang begitu, bisa habis jutaan kali.

Kalo dihitung-hitung secara kasar, selama tiga tahun ini, gue udah menghemat sekitar 20 jutaan bookkk! Kalo dikurangi dengan uang yang digunakan untuk beli motor = 15 juta, artinya gue menghemat 5 juta, plus punya aset motor sendiri pula!

Hepi!

+ Cepat

Nah ini alasan kedua gue kenapa beli motor dulu. Kan dulu tiap hari gue naik ojek ya untuk berangkat kerja dengan alasan lebih cepat daripada angkot. Setelah itu dipikir-pikir, kenapa gak bawa sendiri aja? Toh sama aja antara ngojek dan bawa motor sendiri.

Dan bener banget sih. Dari rumah gue di Jakarta Timur ke kantor di Jakarta Selatan, tiap hari gue “cuma” butuh 45 menit lah di perjalanan. Buat warga Jabodetabek, ini mah lumayan cepet ya karena macetnyaaa dimana-mana bok. Sementara kalo di daerah, 45 menit bisa nyampe luar kota kali, hahaha…

Perbandingannya, kalo bawa mobil sendiri, bisa kena 1,5-2 jam di jalan. Kalo naik angkot, minimal bisa kena 2 jam. Jadi 45 menit udah terhitung cepat lah ya.

+ Praktis

Karena kerjaan dan aktivitas gue punya mobilitas tinggi, naik motor itu menyenangkan banget, lho. Gue bisa kemana-mana dengan capcus, gak perlu ribet. Dari kantor, gue mau nge-gym atau les Prancis, misalnya, gak perlu nunggu angkot, ojek, etc. Gak perlu keluar ongkos lagi, paling cuma bayar parkir aja.

Begitu juga kalo gue mau beli sesuatu, terutama di warung atau pedagang kaki lima. Tinggal melipir dikit, gak perlu turun dan parkir. Cuuss langsung beli dehπŸ˜€

+ Cocok dengan Hobi Gue Berkelana

Gue tuh hobi banget berkelana alias muter-muter keliling blusukan ke jalan-jalan atau daerah yang belum pernah gue lewati. Dulu sih hobinya pake bis ya. Sekarang pake motor.

Kalo naik mobil, kan susah bok. Kalo jalannya sempit, kalo jalannya buntu, dll, gimana coba? Kalo naik motor kan, semua masalahnya gampag diatasi. Tinggal muter balik, beres, yekaaann…

+ Lebih Gampang Cari Parkir

Selain mahal, tau sendiri ya masalah parkir di Jakarta adalah, kapasitasnya. Ngeselin kakaaakk.. Apalagi kalo ke mol atau perkantoran. Masya Allah, mencari parkir itu lebih susah daripada nyari jodoh!

Kalo untuk motor, hamdalah lebih gampil. Mungkin karena motor lebih kecil ya, jadi bisa diumpel-umpelin gitu kayak lap kotor. Trus, di berbagai lokasi, kayak di sekeliling mol, perkantoran, terminal atau stasiun kereta, banyak rumah penduduk sekitar yang disulap jadi lokasi penitipan motor.

Gue sih lebih suka parkir di sini karena gak terlalu ribet dan so far aman-aman aja. Biasanya di penitipan motor gini, biayanya digetok sekian sekali masuk. Jadi buat yang parkirnya lama, lebih untung.

Kalo mobil, bikin penitipan mobilnya agak susah karena butuh lokasi lebih luas ya.

Nah, setelah bahas positifnya, yuk kita longok negatifnya. Kira-kira gini nih menurut gue:

– Capek banget

Sumpah deh, naik motor itu bikin badan lelaaaaahhhhh dan capeeeeeekk banget! Apalagi kalo abis gym yang bikin LMZ, trus pulangnya gue harus kena macet, yasalaaammm.. Kaki gue serasa ager-ager karena kelamaan nopang motor sambil kepanasan pake helm+jaket😦

Kalo naik mobil kan pas kejebak macet, bisa ngelurusin kaki. Trus karena posisi kursi mobil yang nyaman, badan bisa menyender. Kalo naik bis/kereta juga gitu. Meski berdiri misalnya, kan gak harus nopang motor yang berat itu tuh.

Belum lagi risiko masuk angin yang jauh lebih besar karena pengendara motor itu terpapar angin secara langsung. Apalagi kalo bawa motornya diforsir banget sampe kecapekan. Kemarin bahkan sempet viral tuh posting-an seorang dokter tentang pasienya yang merupakan pengendara ojek online. Katanya, kondisi kesehatan pasien itu jelek banget ternyata karena dia sangat memforsir diri demi mendapatkan pemasukan besar😦

-Rentan Celaka

Kalo naik mobil, misalnya kesenggol, yang lecet adalah bodi mobil. Begitu juga naik angkot atau kereta. Sementara kalo naik motor, cuma kesenggol dikit aja, jika kita gak hati-hati, bisa jatuh dan menyambung ke masalah yang lebih besar.

Bahkan gue pernah jatuh sampe lebam-lebam kaki dan tangan, plus jins + jaket robek, gara-gara ngerem mendadak di jalanan yang licin.

Makanya banyak yang bilang, naik motor itu kayak main akrobat. Harus menyeimbangkan badan dan kendaraan supaya gak mudah oleng. Harus fokus dan konsentrasi supaya gak membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Sayangnya, meski udah tau naik motor itu potensi kecelakaannya gede banget, banyak yang menyepelekan safety riding saat mengendarai motor.

Contohnya, naik motor tanpa helm, sambil bawa barang yang super gede dan merepotkan, atau gak paham rambu-rambu lalu lintas. Semacam ibu-ibu naik matic itu lah, yang kasih sen kiri tapi belok kanan, zzz..

Tapi yang paling bahaya menurut gue adalah membiarkan anak-anak di bawah umur naik motor. Udah tau kendaraan ini potensi celakanya tinggi, eh ortunya kasih izin. Itu sama aja mengirim anak ke kamar mayat atau ke BUI deh😦

*wahai ibu-ibu pengendara matic yg hobi seruntulan, perhatikanlah tips naik motor di atas!*

-Minim hiburan dan interaksi

Kalo naik mobil, pas sendirian bisa nyetel musik, radio, bahkan bisa sambil nonton TV/video or mainan hape di kala macet. Kalo ada teman atau keluarga di mobil, bisa ada teman ngobrol. Pas laper juga bisa sambil makan atau ngemil apa kek gitu. Gak jarang ada yang sambil makeup-an lah, atau bahkan ganti baju sambil nyetir.

*temen gue banget nih, sambil nyetir dari Fatmawati ke Kuningan, dese ganti baju, dari rok dan blus ke kaos + jins, plus makeup-an juga. Gue aja ngeliatnya terbengong-bengong kagum*

Sedangkan kalo naik angkot or kereta juga sama aja. Bisa sambil buka2 sosmed, chatting atau baca buku.

Nah, kalo naik motor, mana bisaaa???

Paling mentok yang gue lakukan adalah pasang earphone di sebelah kuping dan dengerin radio supaya gak garing kena macet di jalan. Kalo telepon masuk, gue pilih minggir dulu supaya bisa konsentrasi dengernya dan gak ganggu lalu lintas.

Mau ngobrol sama teman yang nebeng, susah cyin. Sebab, omongan kita maupun dia gak bakal kedengeran 100%. Trus, capek juga kan teriak-teriak sambil mangap. Yang ada masuk angin deh😦

Meski begitu, belakangan ini banyak gue temui orang yang cuek ngobrol pake hape sambil nyetir motor sampe kedengeran kalo ternyata dia lagi berantem sama pacarnya. Atau pas macet, ada yang nyanyi jejeritan sampe kedengeran ke motor-motor sebelahnya. Kalo yang lucu-lucu gini sih gpp ya. Tapi nyebelin kalo yang sampe bikin macet karena sibuk telepon/sms-an dan jalannya pelan. Atau bikin tabrakan sesama peotor. KZL!

*JANGAN DITIRU!!!*

– Kehujanan dan kepanasan

Selain bikin pegel, motor juga bikin pengendaranya terpapar cuaca luar secara langsung. Kalo lagi panas, kena matahari langsung. Kalo lagi musim hujan kayak sekarang, ya basah kuyup juga secara langsung.

Makanya di motor gue, gue selalu sedia jas hujan lengkap, sendal jepit, payung dan plastik untuk cover tas. Soale kalo hujan, gue gak suka berhenti neduh. Gue lebih suka pake jas hujan dan cusss lanjutin perjalanan.

Kalo pas musim panas, baju kadang sampe basaaaahhh begitu sampe kantor karena kepanggang matahari sambil macet-macetan. Aduh Mak, kalo udah kayak gini rasanya kayak abis sauna aja deh. Untung alis tetep paripurna, jadi gak ancur-ancur banget lah penampilan eikeh!

– Didiskriminasi

Perlakuan diskriminatif sering nih dirasakan para biker, terutama biker yang motornya bukan motor sport or moge kayak gue. Kalo ke mal dan gedung-gedung perkantoran di tengah kota, biasanya ribeeett banget nyari parkiran karena di gedung-gedung itu, lokasi parkir motor ditiadakan atau hanya khusus untuk pegawai.

Trus, motor juga dilarang masuk ke lobi, atau bahkan cuma berhenti di areal deket-deket lobi. Berasa abang bajaj dah ogut😦

Oh ya, lady biker juga sering dipandang sebelah mata karena bajunya lecek, keringetan dan gak sefeminin orang2 yang naik mobil/taksi. Kalo ini, gue sih pasrah ya. Sebab, untuk dandanan naik motor, gue emang berprinsip harus senyaman mungkin. Jadi, lo gak bakal mungkin ketemu gue pake rok atau dress saat naik motor. Apalagi yang melambai-lambai dan berumbai-rumbai gitu. Salah-salah bukannya kece tapi malah nyangkut kan repot cyin.

Jadi, ya dandanan gue sehari-hari lebih casual sih. Atasan + celana + sepatu keds aja. Plus jaket, masker penutup hidung dan mulut, dan sarung tangan. Semua gue pake supaya menahan debu, asap dan sinar matahari. Jadi, muka dan badan gak kusam-kusam amat gitu hehehe..πŸ˜€

img_20161013_154421

*plus jacket, helmet, gloves and mask, then I’m ready to go!*

– Suami gak paham motor

Nah ini nih yang nyebelin juga. Suami gue gak paham motor dan gak bisa nyetir motor. Jadi pas motor gue bermasalah, gue bingung minta tolong sama siapa.

Kayak waktu itu, gue pulang malem sama adik gue. Eh tiba-tiba motor gue mogok. Dibantuin supir Gojek, satpam gedung daerah setepat, gak nyala-nyala juga. Akhirnya kami titipkan motor di gedung kantor temennya adik gue. Besoknya baru motor gue ambil dengan minta bantuan office boy kantor. Soale percuma juga sih minta suami dateng, wong dia gak ngerti apa-apa.

Tapi ini bikin gue mandiri sih. Gue bisa isi angin ban sendiri di pom bensin, gak usah minta tolong mas-masnya. Kalo ban bocor atau mogok, ya dorong sendiri ke bengkel or penambal ban terdekat. Lumayan, hitung-hitung olahraga lah hahaha…

– Rentan jadi korban kejahatan

Dibandingkan pengendara mobil, pengendara motor kayaknya lebih sering jadi korban kejahatan deh. Masih inget begal meneror Jabodetabek beberapa tahun lalu? Masih ada juga modus orang mencuri motor yang macem-macem itu tuh.  Mulai dari pake cairan setan, kempesin ban, sampe angkut motor orang pake mobil pick up. Serem deh.

Untuk yang ini, gue mengantisipasinya dengan pake asuransi. Yaabis, kalo motornya hilang, untuk beli lagi kan kudu nguras tabungan cyin. Jadi daripada-daripada, mending diamanin lah.

– Gak bantu program pemerintah

Ini bikin sedih sih. Sebagai pecinta lingkungan, tadinya gue pengen ke kantor naik sepeda. Tapi ngeliat betapa horornya lalu lintas Jakarta yang amat sangat tak bersahaba untuk pengendara sepeda, gue jadi mikir 1000x.

Naik motor sebenarnya adalah langkah egois masyarakat Jakarta yang nambah-nambahin kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas. Yang penting cepet, yang penting hemat, gitu kan? Kalo langkah gak egoisnya, ya naik angkot atau kereta. Dengan berkurangnya populasi motor di jalanan, diharapkan kemacetan dan kesemrawutan berkurang.

Tapi ya jujur nih, naik angkot emang jauh lebih mahal sih daripada naik motor. Di poin pertama udah gue jelasin kan hitung-hitungannya. Apalagi kalo naik motor matic kayak gue. Udah hemat, cepet lagi.

Dari sisi lingkungan, motor nambah polusi udara ya😦 Ini nih yang belum gue temukan solusinya, hiks😦

*apa beli motor listrik ini aja ya?*

Kalo diliat-liat, koq naik motor lebih banyak duka daripada sukanya gini ya? Hahahaha.. 😂

Tapi so far, gue gak terlalu masalah sih dengan panas, hujan, polusi, dll dst. Karena yang penting buat gue adalah cepat dan hematnya, hehehehe..

Suami pernah underestimate kecintaan gue pada motor akan berubah kalo tingkat ekonomi kami meningkat jauh dari sekarang. Maksudnya, kalo mobil kami udah nambah jadi 4 atau 5, mungkin gue akan beralih ke motor.

Ya ofkors tidak lah ya. Gue baru akan berhenti naik motor kalo Jakarta udah gak macet. Atau kalo gue punya helikopter pribadi dan helipad di rumah gue *ngayal babu sore-soreπŸ˜€ *

 

6 thoughts on “Suka Duka Jadi Biker

  1. Mantan biker mau komen dulu ah. Hahaha bener banget kalau kehujanan tuh sedihh…pernah gue lupa masukin jas hujan krma lagi hujam mulu kan jd pas dikeringin lupa masukin ke jok motor. Hiksss hidup dramatis bener rasanya krna mau berhenti juga ga ada tmpt yg layak berhenti…alias sepi banget. Tapi naik motor itu asik banget kok…sekarang terpaksa nyetir karena udah bawa dua anak ke sekolah..

  2. Aku waktu pertama kali pindah ke Jakarta uda langsung bawa motor sendiri dong, Mbak. Motornya dikirim dari Medan lagi. Sukses lah itu yg namanya melanglang buana sampe masuk bunderan HI plus hampir ditangkep polisi. WakakakkkkπŸ˜€

    Tapi seru kan yaaaaa.. Aku lebih seneng naik motor karena lebih hemat en gak repot kalok mau mampir mampir.

  3. gak sangka klo mba ira biker juga. wkwkwk… gimana tuh mba biar kulit muka tetap kinclong meski jd biker? *oot, tapi serius*

    sejak kerja aq juga jd biker krna alesan kepraktisan. gak perlu ribet nyari tebengan atau ojek. apalagi klo mesti pulang agak malem dr kantor. trus kalau mau mampir2 lebih gampang juga. sedihnya sama sih kalau ujan dan puanaaas dan dpt diskriminasi di tempat2 yang agak wah. huhuu… dikira biker itu ndak punya duit apa. hahahaa….

  4. Bener banget, selama Jakarta masih macet, emang enakan naek motor deh.. Gapapa panas2an plus dibela2in keringetan banjir yang penting cepet nyampe… Bisa gila naik mobil apalagi jam pulang kantor plus ke daerah sudirman.. dadah babay, pantat ampe pegel2, belommm aja nyampe hahaha

  5. Duh sebagai anak daerah, aku sering banget tuh ngedapetin manusia manusia yang mainan HP waktu naik motor kayak di gambar dan aku sebel!!! Soalnya aku setipe, paling banter make earphone sebelah dan begitu ada panggilan/notif ya ke pinggir bentar hehe. Moga aja, lama lama populasi yang kayak di foto itu punah ya, karna bahaya banget kan huhu.

  6. aku juga motorist kak, tapi dibonceng suami, sih. mayan banget bisa memotong waktu tempuh meskipun risikonya badan lodoh begitu sampe rumah.

    soal yg naik motor sambil jejeritan nyanyi, dulu waktu kuliah orang yg gue tebengin tipenya kaya gitu. lha dese enak pake helm full face, gue yg dibonceng yg mesti menanggung malu diliatin orang x))))

    btw kak Ira tetap keche kok abis motoran *saksi setelah 2 kali janjian di bangi hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s