Resep Pekan Ini: Sup Iga Bakar

Ceritanya, udah 2x #TimEYD ketemuan di Bangi Kopitiam, SCBD. Dan di kedua pertemuan itu, menu makan gue sama, yakni Sup Buntut Bakar.

Awal pesen sih cuma karena gue penasaran. Eh ternyata rasanya enak banget. Jadilah di pertemuan kedua, gue order itu lagi. Dan tak tertutup kemungkinan, kalo ke situ lagi, gue bakal tetep pesen menu yang samaπŸ˜€

Rasanya emang beneran enak, tapi isinya dikit banget. Kalo gue bandingin sama Sup Buntut Bakar di Bakerzin, wah porsinya jauh. Yang di Bakerzin mah porsi gede. Yang di Kopitiam ini, cimit banget. Mana kuahnya cuma semangkok kobokan doang.Β  Udah harganya lumayan, eh porsinya dikit. KZL deh.

Alhasil, gue pun bertekad nyoba bikin sendiri. Berkat modal memori akan rasa makanan itu, gue pun berusaha mereka ulang dengan bikin sendiri di rumah. Ealah, koq harga buntut di supermarket mahal amat ya. Yang lebih murah adalah iga. Yowis lah, gue bikin aja Sup Iga Bakar. Tapi ini bisa juga sih untuk Sup Buntut.

Resepnya ngarang-ngarang sendiri dan disesuaikan dengan ketersediaan bahan di rumah. Jadi isi kuah sop cuma wortel dan daun bawang aja, tanpa kentang, dll. Bumbu iga bakar juga tanpa bawang merah karena, abis cyin hahaha..πŸ˜€

Iga gue empukin pake slow cooker idola. Gue masak pake setting-an high selama 4 jam. Sempet deg-degan takut masih keras, atau justru terlalu empuk. Eh ternyata teksturnya pas banget, empuk tapi gak kelembekan. Dagingnya masih nempel di tulangnya pula. Kece euy. Laafff!!!

Pas masak, gue pas lagi puasa bayar utang mens yang banyak banget itu. Gue pun minta suami untuk jadi guide gue mencicipi masakan. Apakah kurang asin, kurang manis, kurang gurih, etc. Alhamdulillah, pas gue makan saat buka puasa, eh rasanya enak juga. Boleh lah di-share di sini ya kakaaakk..

Oh ya ini takarannya kira-kira ya, karena sesungguhnya gue masaknya capcipcup gak ngukur-ngukur hihihi.. Jadi silakan sesuaikan lagi dengan selera. Selamat memasak!πŸ™‚

img_20161002_122803

Sup Iga Bakar

Bahan-bahan:
1 kg iga sapi, pilih yang tebal dagingnya
Air secukupnya (karena gue pake slow cooker, airnya dibikin sampe slow cooker nyaris penuh)
3 batang wortel, iris-iris.
Daun bawang, iris-iris
4 siung bawang merah dan 6 siung bawang putih, haluskan
Lada bubuk
Pala bubuk
Kaldu bubuk (jika suka)

Bumbu ungkep iga:
7 siung bawang putih, cincang kasar
1 sdm minyak wijen
6 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdm ketumbar halus
1 sdt lada hitam
Garam, gula dan kaldu bubuk (gue pake kaldu jamur)

Cara membuat:
– Rebus iga dengan slow cooker selama 4 jam dengan setting high. Bisa juga direbus dengan panci presto, atau rebus manual pake panci biasa.
– Diamkan hingga lemak-lemaknya mengapung. Ambil iga, sisihkan. Saring kaldu. (gue sisihkan sebagian kaldu dan ditaro di freezer untuk kapan-kapan bikin sop. Kaldu yang di panci ditambahi air sedikit supaya kuah sup banyak).
– Tumis duo bawang halus hingga wangi.
– Rebus kaldu, air dan wortel hingga mendidih, masukkan tumisan duo bawang. Tambahi dengan lada, pala, garam, kaldu, gula. Cicipi hingga pas sesuai selera.
– Terakhir, masukkan irisan daun bawang.

Iga bakar
– Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan iga dan sedikit kaldu.
– Tuangkan kecap manis, saus tiram, minyak wijen, ketumbar halus, lada hitam, garam, gula, kaldu. Cicipi.
– Ungkep hingga bumbu meresap dan air berkurang.
– Panggang iga di atas wajan antilengket atau bara api atau oven. Sajikan di piring, yang didampingi kuah sop.

Lebih enak sih kalo ditambahi sambal, emping, dan bawang goreng ya. Tapi berhubung gak punya emping dan bawang goreng, jadi gue skip deh. Untuk sambal, gue pake sambal Bu Rudy yang ada di kulkas. Lekker!

3 thoughts on “Resep Pekan Ini: Sup Iga Bakar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s