Pencuri Foto di Medsos

Hidup di era digital itu kadang menyenangkan, kadang menyebalkan. Menyenangkan karena mau cari apapun tinggal klik situs pencari. Dari nyari data penting, teman lama, atau stalking mantan, bisa cuuss langsung lah.

Nah, menyebalkannya adalah, banyak terjadi pencurian karya. Kalo zaman dulu kan, pencurian karya atau hak cipta biasa dilakukan dengan membajak melalui foto kopi, menggandakan tanpa izin, dll. Kalo sekarang mah, gancil bener. Tinggal copy paste tulisan. Atau, save as foto, lalu di-publish di tempat lain.

Untuk artikel, gue pernah mengalaminya beberapa waktu lalu. Kisah selengkapnya bisa disimak di sini ya. Sekarang, artikel contekan itu udah dihapus setelah gue bombardir komplen di comment box-nya. Namun, meski diganti artikel baru, tapi tetep aja sih menurut gue itu mah nyontek. Wong tema artikel dan poin-poinnya ngambil dari tulisan gue koq. Cuma gue males aja sih ngelanjutin lagi. Cukup tau aja lah kalo web itu tukang nyontek.

Usai tulisan, eh sekarang foto gue dicuri juga.

Ceritanya, tadi pagi, tiba-tiba Fitri whatsapp. Dia kirim foto screencap, dan bilang: “ini kayaknya foto kamu deh Ra.” Pas gue liat, lah iya, ini kan foto bekelnya Nadira yang tiap hari gue upload dengan hestek #ketringibuira. Kenapa jadi nyasar di akun IG orang?

img-20160928-wa0002

Oke, gue tegur lah baik-baik. Gue komen di foto itu: “Mbak, setahu saya ini foto-foto bekal anak saya yang saya jepret setiap pagi dan posting di akun saya. Kenapa tiba-tiba Anda posting di sini tanpa izin?”.

Beberapa jam kemudian, gue cek akun itu. Eh, gue gak bisa liat postingan-postingannya. Gue tanya sama temen-temen, ternyata gue di-block! Soale mereka masih pada bisa liat foto-foto di akun itu. Hahahaha…

img_20160928_153949

*IG si Mbak yang gue liat dari akun instagram gue. Akik di-block cyin*

Kalo kata temen-temen gue sih, foto gue yang dia curi udah dihapus sekarang. Jadi, mungkin dia ngerasa masalahnya udah kelar dengan menghapus foto curian dan nge-block gue.

Wow, sopan banget ya si Mbak ini. Gak pake permisi nyolong foto orang. Ditegur, gak minta maaf. Ujung-ujungnya malah main nge-block. Warbiyasak deh kelakuan masyarakat digital masa kini X_X

Setau gue, kasus begini klasik banget ya di dunia Instagram dan socmed. Terutama yang fotonya apik-apik dan artistik. Entah itu food blogger, beauty blogger atau blogger biasa yang hobi fotografi.

Rata-rata pencuri foto di IG itu adalah pemilik online shop yang malas memotret barang. Jadi, mereka nyolongin tuh foto-foto di IG orang lain. Banyak banget beauty blogger yang ngalamin kayak gini.

Gue sendiri sebelumnya pernah mengalaminya dengan swatches lipstick Purbasari. Ada OLS yang ambil foto swatches gue, dan posting di IG-nya. Trus ada temen yang ngeh itu muka gue, dan nge-tag gue. Si owner OLS pun minta maaf dan minta izin. Karena respons-nya baik dan dia sopan, gue pun gak melanjutkan masalah.

Tapi ada juga orang yang nyolong foto cuma demi panen pujian dari follower-nya. Gue tadi pagi baru ngeh pas liat curhatnya seorang selebgram masak-masak di IG. Dia curhat bahwa fotonya dicuri oleh seseorang. Pas dicek, akun IG si pencuri rupanya hanya sebagai kedok eksistensi dia. Pencitraan supaya orang-orang nyangka dese jago masak, gitu. Jadi semua komen temen-temennya di-reply seolah-olah dia beneran yang masak semua makanan yang ada di foto. Padahal, foto-fotonya hasil nyolong bok -_-

Dari yang dialami temen-temen dan gue barusan, rata-rata pencuri foto itu lebih galak dari pemilik foto aslinya. Bahkan, bisa lho mereka nyolot marah-marah pas ditegur baik-baik. Atau ya kayak yang gue alami, mereka main nge-block aja.

Anyway, sesungguhnya, hingga saat ini, gue masih bingung sih, kenapa foto gue dicolong ya? Sebab, foto-foto gue kan gitu-gitu doang. Maklum, gue gak berbakat sama sekali urusan fotografi. Fotonya terang dan gak blur aja, gue udah bersyukur. Gue pun bukan tipe orang yang rajin motret pake-pake props foto atau ngatur-atur objek foto supaya kece kayak blogger-blogger dan selebgram pada umumnya. Modal gue cuma kamera hape, yang sekarang sering hang pula *curol*

Trus, rata-rata yang dicolongin kan para selebgram yang follower-nya puluhan bahkan jutaan orang. Lah gue mah apa atuh hanya remah rempeyek. Tsk tsk tsk.. Si Mbak salah cari target nihπŸ˜€

12 thoughts on “Pencuri Foto di Medsos

  1. Foto dagangab aq jg pernah dicolong mba ira, dan parahnya utk ngejaring like n komen biar dikira dagangan dia laris. Ih sebel banget, skrg mw foto dagangan atau foto pribadi klo gak lupa aq ksh watermark.

  2. Foto mbak terang, backgroundnya juga bersih jadinya tampak jelas gitulah. Oke kok mbak fotonya. Aku jadi inget dulu mbak tere, blogger juga, fotonya diambil orang. Padahal mbak tere cuma motret gelas dipinggir jendela dengan pemandangan apartemen gt. Sama yang nyolong dikasi kepsyen macem dia yang motret gt. Pas ditegur dia malah marah dan bilang kalo foto di sosmed itu berarti milik umum, bebas dipergunakan. Waktu itu baca komen dia kek gt, aku cuma bisa geleng geleng. Wc umum yang milik umum juga masih bayar, kenapa foto di akun pribadi bisa seenaknya dicomot aja. Ckckckckck. Pengen beken kok males

  3. Ira, aduh parah banget ya masyarkat digital model begini.. bisa dicuri begini apakah karena IG gak digembok ya..?
    tapi,,kalo IG kita gembok kemudian kita posting foto pake # apakah orang bisa cari dan curi dari search #
    Btw, foto pakai watermark kalo dari hape gimana caranya ya..?
    *Jadi resah, foto di IG sy mah biasa biasa aja tapi kalo baca cerita ttg pencurian foto..aduh ikutan kesel deh..

  4. kalo liat IG nya kynya dia nyolong ide sih aslinya..bingung mau bikin menu apa buat dijual…dan ini nemu ide menu bekal anak2 dan udah ready sm foto2nya… dan saya skrg jg deg2an ini krn brg pesanan di IG tak kunjung ada kejelasan..tktnya tuh IG jg foto2nya main ambil punya IG orang lain dan ternyata dia cuma reseller entah tangan ke berapa….😦

  5. Saya pernah alamin ini…. tapi bukan dicolong penuh, dikrop, ditulis-tulisin! Terus ada temennya komen. “Foto lu bagus, bolehlah join ntar.” Ish, makin gedek. *bahasa apaan* langsung saya komen, sekalian mention itu temennya yang komentar. Ga lama kemudian udah diapus tanpa babibu errrr

  6. Fotonya lumayan bagus kok, Mbak heheheπŸ™‚

    Itu dia hal yang sampe sekarang masih menyebalkan dari pencurian foto. Padahal udah di watermark, tapi akal dia bisa lebih banyak lagi.

    Ada blogger terkenal bilang dia ga pasang watermark di fotonya karena udah tau resikonya bisa saja diambil orang. Justru nanti orang yang mencuri yang akan rugi.

    Yahh tapi namanya dicuri suka kesel juga ya hehehehe. Didiemin juga bikin gondok.

  7. salam…prihatin atas kasusnya, kalau dilihat fotonya bagus dan “mentah” mba…alias memang seperti baru. kunci dari para pencuri gambar umumnya adalah cari gampang dan sifat malas, kalau pakai watermark memang kalau niat banget bisa aja dihapus, tapi sifat watermark itu mempersulit…apalagi ygsusah di apus…nah biasanya sih para pembajak ini melihatnya sudah malas duluan…tapi memang watermark kdg mengurangi estetika….ya…tapi daripada nantinya kesal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s