Resep Pekan Ini: Bolu Pisang Ketan Hitam

Wiken lalu, gue ke Puncak bareng sodara-sodara dari nyokap. Tujuannya sih cuma kumpul-kumpul nyewa villa gitu. Seru-seruan lah, sambil mengenang momen masa kecil.

Dulu, alm Aki gue punya villa di Cisarua, yang bisa dipake anak cucu dan sodara-sodara sepuasnya. Kami sering menghabiskan akhir pekan atau masa liburan panjang di sana. Gak ngapa-ngapain sih. Cuma nginep di villa, berenang, dan main-main. Sebelum Aki meninggal, villa itu dijual dan sekarang, kami berusaha meneruskan tradisi itu dengan nyewa villa yang banyak bertebaran di Puncak.

Nah, kalo ke Puncak, gue selalu beli pisang Ambon yang dijajakan keliling oleh penjualnya, warga lokal daerah Puncak. Soale pisangnya cakep-cakep dan harganya relatif terjangkau. Jadi maruk deh gue, beli 2 sisir pisang Ambon padahal di rumah cuma ada tiga orang.

Meski Nadira dan bapaknya doyan banget sama pisang, tapi tetep aja jumlah yang gue beli kebanyakan. Alhasil, di hari Rabu, pisang-pisang itu udah mulai berwarna coklat. Di hari Kamis, udah coklat semua kulitnya.

Biasanya, pisang Ambon yang kematengan gini gue olah jadi Banana Oat Cake yang resepnya pernah gue share sebelumnya. Kali ini, gue bosen banget bikin itu lagi. Liat notepad dan browsing-browsing, eh ketemu resep Cake Pisang Coklat Ketan Hitam di blog ini. Keliatannya endeus ya bok, secara gue ngefans banget sama Banana Cake dan Bolu Ketan Hitam. Nah ini perpaduan keduanya, jadi penisirin akoh!

Untung warung sayur deket sekolah Nadira jual tepung ketan hitam. Begitu semua bahan siap, langsung dieksekusi deh.

Hasilnya, enaaakkk! Legit dan lembut banget deh. Laafff!

Oh ya, resep ini masih pake sedikit tepung terigu. Next time kayaknya gue mau meniadakan terigu dan mengganti dengan tepung ketan hitam semua. Bahkan di beberapa blog lain, ada yang ganti terigu dengan tepung beras. Jadi bener-bener cuco’ buat yang butuh resep gluten free *lirik Kakak Indah*.

Anyway, ini resepnya ya. Gue modifikasi dikit dari resep yang gue contek. Selamat mencoba!πŸ™‚

IMG_20160902_104715

*maap potonya kurang kece, gak jago motret soaleπŸ˜› *

Bolu Pisang Ketan Hitam

Bahan :
200 gr margarin
125 gr gula pasir (bisa juga diganti dengan gula palem)
200 gr pisang Ambon, dihaluskan (gue pake 3 buah pisang Ambon ukuran sedang supaya lebih berasa pisangnya)
4 butir telur
50 gr tepung terigu protein sedang
125 gr tepung ketan hitam
25 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder
Cara membuat :
– Kocok margarin dan gula palem halus sampai lembut. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
– Masukkan pisang ambon. Kocok rata.
– Tambahkan sisa tepung terigu, tepung ketan hitam, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
– Tuang di loyang yang sudah dioles margarin dan ditabur tepung.
– Oven sekitar 40 menit dengan suhu 180 derajat celsius sampai matang

2 thoughts on “Resep Pekan Ini: Bolu Pisang Ketan Hitam

Leave a Reply

