Saat Pria Belanja di Supermarket

Perempuan dan shopping itu biasanya jadi dua hal yang tak terpisahkan. Mau belanja baju, sepatu, atau kebutuhan sehari-hari, rata-rata perempuan jagoan lah. Bahkan, belanja sering jadi aktivitas pelepas stres, makanya ada istilah retail therapy.

Gak cuma belanja kosmetik atau perawatan, belanja bulanan di supermarket pun bisa jadi terapi yang mujarab di saat stress melanda. Pilah-pilih sayur, cari deterjen yang lagi diskon, atau nimbun stok minyak goreng yang lagi promo, bikin hati tenang deh.

*pengalaman pribadi banget, sis? *

Trus gimana untuk para lelaki? Nah, belanja dan lelaki itu bukan sesuatu yang klop. Emang, ada juga cowok yang doyan shopping. Tapi kalo dari pengalaman dan pengamatan gue, rata-rata kalo doyan belanja, kaum lelaki ini spesifik banget. Misalnya, cuma doyan belanja veleg mobil aja (suami gue banget), belanja sneakers aja, belanja kebutuhan olahraga aja, gitu-gitu deh, Beda sama perempuan yang hobi belanja di berbagai lini.

Karena itu, banyak deh “kecelakaan” terjadi saat kita minta tolong kaum lelaki untuk beliin barang kebutuhan sehari-hari di supermarket atau tukang sayur. Maklum, supermarket kayaknya bukan destinasi favorit kaum pria deh. Setau gue, jaraanggg ada cowok yang hobinya belanja ke supermarket.

Salah satunya suami gue. Kalo minta dia untuk beliin sesuatu, gue harus kasih instruksi sejelas-jelasnya, selengkap-lengkapnya, kalo bisa dikasih foto gambarnya juga. Paling enak emang minta tolong dia beliin barang yang pernah gue beli pas barengan sama dia atau kegemaran dia. Misalnya saos cabe merek X, atau bakso goreng yang ada di supermarket Y. Itu biasanya capcus dibeli gak pake salah deh.

Kalo hal lainnya, ya begitulah. Kayak beberapa tahun lalu, gue minta tolong dia untuk beliin ayam di supermarket karena gue mau bikin ayam ungkep. Kebetulan, suami kalo pulang kantor emang lewat supermarket langganan. Dia pun menyanggupi. Waktu itu gue mikir, apa susahnya sih beli ayam. Kan udah jelas counter-nya, dan rikues gue untuk dipotong 12 biji juga clear. Oke sip.

Pulang-pulang, suami kasih gue bungkusan isi ayam yang udah dipotong. Pas gue buka, laaahhh koq ayam probiotik? Ini kan ayam mahal yang harganya 3x lipat ayam biasa. Saat itu, gue gak butuh ayam sehat. Yang biasa aja cukup.

Suami pun bilang “lho katanya minta ayam. Aku main ambil aja yang ada. Tapi emang agak heran sih pas bayar. Koq mahal ya.”

Note to myself: lain kali kudu dijelasin, ayam jenis apa yang harus dibeli supaya gak salah lagi beli ayamnya -___-

Kejadian kedua, beberapa bulan lalu pas gue lagi ke Jepang. Saat itu, nyokap gue kan mau bertandang ke rumah, sekalian jemput Nadira sekolah. Kalo ke rumah, nyokap itu hobinya masak. Jadi gue tinggal belanjain bahan-bahannya di warung sayur deket sekolah Nadira. Siangnya nyokap tinggal masakin deh.

Karena gue lagi ke luar negeri, nyokap minta tolong suami. Pesennya, tolong beliin sayur untuk sop. Suami menyanggupi karena mikir, halah apa susahnya sih.

Pada kenyataannya, dia puyeng. Di tukang sayur keliling mah ada sayur sop yang udah dikemas-kemas seharga sekian. Nah kalo di warung sayur, kita yang harus rikues. Misalnya, beli sayur sop 5 ribu, atau 10 ribu, sesuai kebutuhan kita. Inilah yang gak diketahui suami gue.

Alhasil, dia ambil lah wortel beberapa biji, kentang beberapa biji, kol 1 bonggol, dll dsb. Total-total belanjaannya untuk sayur sop doang sebanyak 50 ribu bok. Emak gue pun ngakak karena, sayur sop 50 ribu itu mah bisa untuk masak semingguπŸ˜€

Kejadian kayak gini rupanya juga dialami ipar gue. Suaminya ipar gue itu ternyata 11-12 sama abang iparnya, yakni suami gue. Ipar cerita, suatu hari dia minta tolong suaminya beliin ikan salmon di supermarket untuk anak mereka yang masih bayi. Kebetulan si suami lagi ke mal yang ada supermarketnya. Ipar gue gak bilang secara spesifik berapa banyak salmon yang dia minta. “Tapi kan si Mas tau, gue kalo beli ikan salmon paling cuma sepotong karena cuma untuk anak gue selama seminggu,” katanya.

Pulang-pulang, si Mas bawa 4 potong ikan salmon. Ipar gue antara mau ketawa dan kesel. Banyak banget ya bok! *mabok salmon*

Kali kedua, ipar gue udah belajar dari kesalahan. Oke, dia titip belanjaan sama suaminya secara mendetail dan sejelas-jelasnya. Pulang-pulang, semua barang yang dia titip sukses sesuai rikues. Tapi koq bon belanja masih tetap mahal, ada apa? Rupanya si Mas beli segala macem barang lain yang gak ada di list. Mumpung diskon, katanya.

Hahahaha..

Kata suami gue, para pria melakukan ini karena “kita tuh mau melakukan yang terbaik untuk keluarga, tapi kurang pengetahuan.” Jadinya ya gitu dehπŸ˜€

Ada yang punya pengalaman sama? Kalo iya, toss dulu ahπŸ˜†

16 thoughts on “Saat Pria Belanja di Supermarket

  1. Samaaaaaa mbakkk.. Suamiku jg gt, dimintain tlg beli ayam, belinya ayam yg mihil. Bsknya minta beliin pospak, dia beliin yg merknya sama tp beda tipe, hadeuhhh hahhahaa

  2. hahaha. foto yang di bawah itu bener banget. hihihi. gua selalu kudu telpon kalo disuruh belanja ke supermarket. tapi lebih karena catetan nya kurang lengkap. misalnya disuruh beli jeruk atau beli susu… nah gak dikasih tau belinya berapa biji.πŸ˜›

    gua kalo udah ke supermarket gitu suka gak tahan diri untuk gak beli buah2an kalo pas lagi murah kayak peaches, plums, strawberries… kalo udah ke bagian buah2an kan jadi wangi banget tuh, langsung pengen beli macem2. trus yang ada sampe rumah diomelin belinya kebanyakan, buah di rumah masih banyak, trus akhirnya gak sempet makan udah keburu rusak. hihihi.

  3. Tooosss mba Ira.. Baru kejadian.. Suamiku selalu yang belanja sekarang dan aku kasih list lengkap plus wanti2 jangan beli yg ga ada di list. Titip beli merica putih bubuk dibeliinnya merica hitam. Pas ke supermarket lagi minta beliin yg kebeli malah bubuk bawang putih T_T

  4. TOOOSSSSSSS !!!
    sama pol mbak,hadehh mreka itu klo ga ditulis jelas bisa kacau,maunya nitip brg promo yg ada dibeliin harga biasa,ibu2 kan meskipun sribu rupiah bedanya ttp heboh,hahaha

  5. hahaa… aq juga pernah kayak kejadian kayak gitu mba. aq nitip beliin cabe rawit yang oren2 merah buat numis karena suami pulangnya nglewatin tukang sayur. eehh begitu nyampe cabenya kok ya yg ijo2 buat ceplusan gorengan, udah gitu belinya banyak banget pula. jadi badmud masaknya wkwkwkwkk….

  6. Sama banget mba Ira.. pernah nitip melon sama suami, karena dia lg di PIM.. pulang2 bawa melon orange yg harganya 70rb donk.. padahal biasanya ga pernah beli yg mahal itu.. pas protes ke suami, bilangnya gini : loh katanya nitip melon ya adanya cuma itu doank, ntr kalo ga dibeliin marah lagi.. pernah juga nitip pampers di supermaket A karna lg promo, pulangnya dibeliin dr supermaket B yg ga promo.. dan alesannya sama kalo ga dibeliin ntr marah.. haha.. besok nya kalo nitip diceritain deh sedetail2nya sampe harganya pun di kasih tau biasanya berapa.. hihihi

  7. Nitip Tas cantik dengan foto dan merk spesifik ke kakak gw waktu dia ke US.. Terus yg di beliin sama dia tas yang laki banget cuma yg sama warnanya dengan alasan “yang itu kecil ringkih nanti barang2 kamu ga muat, lagian ini pasti lebih bagus kan lebih mahal”
    Padahal kan bukan masalah harganya tapi mau modelnyaa yg gw naksir banget πŸ˜…πŸ˜…

    Sama setiap ke duty free airport biasanya isinya bapak2 bingung milih kosmetik titipan yang kurang spesifik 😜..

  8. Kalo si Bubu mah luwes banget Ra disuruh ke supermarket. Malah kayaknya lebih sering dia yang tugas belanja mingguan daripada gue. Tiap pulang kantor dia mampir dulu ke supermarket buat belanja bahan makanan. Harga2 pun lebih tau dia mana yang murah mana yang mahal, apalagi buat item macam ayam, daging.. LOL.

    jadi kalau dia ke supermarket, gue cukup kasih tau item2 yang gue mau, dateng2 pasti beres deh.. Laki gue emak2 banget yaaa.. hahahaha

  9. Hahaha yayang juga kayak poto di atas Ra, kalo ke spm dia kupandu pake telpon. pokoke masuk ke spm langsung deh dia nelpon dan kupandu masuk ke lorong ini dulu, berhenti beli ini dsb dst kalo gitu sukses dia belanja super cepat dan semua barang sesuai target karena eikeh inget (hampir) semua letak barang di spm dan speknya. Dan dia bilang “Cepat banget selesai belanja, tapi kalo kau yg pergi kok lama selesainya?” hahaha ya kan emang kalo cuma capcus belanja yg kita perlu mah bakal cepet tapi kan naluri perempuan meski udah jelas beli ini itu ya tetep seneng ya liat minyak goreng ini kmrn rame di medsos emang kenapa ya, sayur ini kayaknya bagus (lalu letakkan lagi), coklat ini lagi diskon mahalam mana sama beli yg merk ini sebiji ya dsb dst ye kaan hihi.

  10. Sebenernya di rumah gue yang tugas grocery shopping tuh Mikko tapi tetep aja loh masih suka salah2, gak pernah apal, dan belinya tuh kaya robot jadi kalo ditanya ambil dimana, harga berapa, jawabnya pasti gak tau dan gak inget. Pokonya benci amat lah dese sama kegiatan shopping2an ini. Segitu bencinya kalo ada barang yang gak ketemu bukannya nelpon gue kek ya, sama doi mah diskip aja dengan senang hati. Trus sampe rumah barang titipan gue bolong2. Mau bikin terong balado, terongnya dapet tapi cabenya lagi ga ada. Lha terus aku apain terongnya? *banting*

  11. Emang yak bener nih kalau nitip belanjaan ke cowo harus detail bgt bgt, kalau bisa range harganya , merk, sampe timbangan nettnya T.T hahaha
    Dulu pernah aku lagi sakit bedrest nitip pangbeliin beberapa barang ke minimarket ke koko aku, aku bbm’in butuh tissue ,dll tapi karena lagi ga fokus ga tulis merknya. dibeliinlah tapi beda merk dan banyak bgt jumlahnya , untungnya sih bisa dipake, katanya itung2 nyetok hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s