Don’t Judge a Book by Its Cover (2)

Dulu pernah bikin postingan dengan judul yang sama, tapi temanya beda banget. Jadi ini bukan sekuelnya ya๐Ÿ˜€

Untuk urusan masak dan bikin kue/cemilan, gue mulainya emang telat sih. Baru pas Nadira mau MPASI lah gue grabak-grubuk belajar masak. Sebelumnya cuma bisa masak indomi, telor, air dan nasi doang๐Ÿ˜€

Sekarang, masak jadi salah satu me time gue. Seneng aja gitu nyobain resep baru, terutama untuk kue-kue dan cemilan. Kalo untuk masak hidangan utama atau sehari-hari, gue suka rada males. Soale, gue masih agak musuhan sama ulekan. Alhasil sampe saat ini pun belum khatam-khatam nih bikin sambel yang endeus๐Ÿ˜€

Kalo menurut suami, Nadira, keluarga dan teman-teman sih, hasil masakan gue lumayan lah. Mungkin gak selevel chef kenamaan, tapi minimal bisa dimakan gitu hahaha.. Maklum, gue kan sebenernya tipe yang cukup picky untuk urusan makan. Kalo makanan itu gak enak, gak akan gue makan kecuali terpaksa. Jadi, kalo masak sendiri pun, pasti bakal bolak-balik gue cicipi supaya taste-nya oke. Alhasil, the worst critic of my homemade food is myself.

Oke, untuk rasa masakan, hasilnya not bad. Tapi untuk penampilan masakan, gue melambaikan bendera putih deh. I suck at food styling. Masakan gue jaraaang banget yang cakep penampakannya.

Pertama kali bikin biskuit untuk MPASI Nadira dulu, hasilnya mirip sama tempe goreng tepung bok!๐Ÿ˜€ Terus sok bikin cupcake untuk ultah pertamanya. Hasilnya, seadanya banget. Untung ketolong sama sprinkle warna-warni hasil beli di toko bahan kue๐Ÿ˜€

Padahal, saat itu, gue niat banget lho mau bikin birthday cake yang kece. Sampe beli buku tentang dekorasi kue pake buttercream. Trus tiap hari di kantor kerjanya melototin tutorial menghias kue. Hasilnya mah, tetoott! Tetep aja aneh bin ajaib. Untung Nadira bukan anak visual. Jadi cuek aja dia makan itu kue, hihihi..

Waktu itu gue pikir, ah ini pasti karena gue baru belajar masak, jadi wajar deh hasil masakan gue cupu-cupu banget penampilannya. Mungkin kalo udah lebih lama lagi bisa masaknya, bakal lebih cakep lah. Kayak quote ini nih:

Eh ya Allaaahhhh… Ternyata kagak sodara-sodara! Sampe sekarang, koq penampilan masakan gue tetep ancur kayak dulu ya? Mana gue gak punya bakat fotografi pula. Jadi kalo tiap motretin masakan, abis kelar foto trus liat hasilnya, ngakak sendiri karena cupu bener๐Ÿ˜€

Contohnya gue kan sering bikinin Nadira nugget sendiri. Karena males nyetak-nyetak, gue potong-potong biasa aja, yang penting kotak. Eh baru kemarin gue sadar, lah kenapa nugget bikinan gue kayak tahu goreng?๐Ÿ˜€

IMG_20160725_062411

*yang di atas nasi itu nugget ya, bukan tahu goreng๐Ÿ˜€ *

Untuk roti juga gitu. Selama ini gue selalu bikin roti dalam bentuk roti sobek. Kesannya kreatif ya, padahal sih karena gue gak bisa bentuk-bentuk roti yang cantik. Jadi supaya simple, rotinya diisi, dibulet-bulet, trus disusun di loyang, deket-deketan. Pas mateng, jadi deh roti sobek๐Ÿ˜€

Untuk bekal anak juga idem. Gue sampe pernah ikut kursus bento 2x demi bisa mbekelin Nadira makanan yang cakep. Hasilnya? Gak sakseis tuh. Untuk ini, kebetulan anaknya emang yang rikues sih. “Bu nasi Mbak Dira gak usah dibentuk-bentuk. Sosisnya juga. Biarin gitu aja, supaya gampang dimakan.”

*menatap bento tools yang udah dibeli dengan nanar*

Kalo gue pikir-pikir, kelemahan gue untuk urusan penampilan makanan ini berhubungan erat dengan kelemahan gue dalam urusan makeup. Tau gak sih, sampe sekarang, gue cuma bisa gambar alis dan eyeliner plus pake lipstik doang bok. Untuk foundation dan eyeshadow, nyeraaahhhh! Sedangkan blush on, cuma pulas-pulas dikit pake kuas. Yang penting gak kemenoran kayak Jeng Kelin lah. So, you’ll never find any contouring products inside my makeup pouch. Kagak bisa pakenya ogut๐Ÿ˜ฆ

Kenapa gitu? Mungkin karena eyeshadow itu kan ribet ya, detail bener. Begitu juga foundation, ada trik-trik tersendiri supaya flawless, gak kayak penghuni Taman Lawang. Skill gue minimalis banget untuk urusan detail-detail gitu. Sama kayak saat harus menghias kue atau membentuk cookies, pake eyeshadow dan foundation masih jadi PR banget.

Jadi, kalo suatu saat gue pamer foto masakan yang kece, atau foto selfie dengan makeup flawless plus smokey eyes yang perfect, jangan ketipu. Itu pasti bukan bikinan gue sendiri!๐Ÿ˜†

14 thoughts on “Don’t Judge a Book by Its Cover (2)

  1. Masih kece kok punyamu mba… tapi Nadira lucu juga ya..ga uaah dihias2 ma biar gampang makannnya… hihi kadang sayang dimakan ya. Sama deh dulu sempet rajin ngebento skarang mah boro2…pagi2 dah kayak tukang warteg gue…masak dan masuk2in ke lunchbox anak dan suami..๐Ÿ˜‚

    • Hahahaha… Gue dulu sempet jd tukang warteg kayaklo, Jo. Soale suami bawa bekel jg. Sekarang suami dapet ketring di kantornya. Hamdalah, pensiun dini deh jadi Mbak wartegnya๐Ÿ˜€

  2. Ah, yang penting kan rasanya enak..! Soal make up, samaan kita. tapi sy gak bisa (gak berani pake Eye liner takut ke colok mata) lagian kalo untuk sy pribadi ya gak apa apa gak bisa (belum bisa) make up yg sempurna kan yg penting gak polos telanjang gitu wajahnya, eh lagian juga sy kan bukan sosialita bin selebriti yg memang punya kewajiban (dan uang berlebihan) untuk tampil sempurna ๐Ÿ˜„
    Well, just be my self the rest I don’t care ๐Ÿ˜…๐Ÿ™ˆ

  3. Aku juga kurang banget nih dalam masalah kreativitas masak memasak. Walaupun belum punya anak, tetapi aku suka terkagum-kagum pake banget lho kalo lihat ibu-ibu yang bisa kreatif bikin bento yang lucu-lucu buat anaknya๐Ÿ™‚ Jadi kepikiran kalo aku udah punya anak nanti, kayaknya bakal nyerah duluan deh untuk urusan bento ini๐Ÿ˜€

  4. Mbak Ira, salam kenal. Tiap mbak ira posting bekal Nadira di IG saya kagum lho. Saya jadi terinspirasi bikin sajian kaya mba ira, simpel tapi sehat. Udah gitu rapi. Ini saya jadi kepingin tos karena saya juga lemah buat urusan hias menghias makanan soalnya hehehe

Leave a Reply

