Cuti = Nguprek di Dapur

Ceritanya, seminggu kemarin gue cuti Lebaran yang tertunda. Sekalian Nadira minggu pertama back to school gitu. Gue pun bertransformasi dari ibu-ibu ke kantor naik motor matic jadi ibu-ibu anter jemput anak naik motor matic.

*tapi gak nyetir pelan-pelan di tengah jalan koq. Tenang aje 😎*

Trus selama cuti ngapain aja selain anter jemput anak sekolah? Itu pertanyaan suami banget deh, secara dia tau gue ini orangnya bosenan di rumah hihihi..

Awalnya sih gue punya rencana ambisieus untuk nge-gym tiap hari supaya bodi kayak Agmon. Rencananya, abis anter jemput Nadira sekolah, tiap sore gue bakal titip dia ke rumah ipar dan mertua trus cuss nge-gym sampe malem. Sekalian hajar sisa-sisa lemak Lebaran yekaann..

Ealaahh rencana tinggallah rencana. ART ipar gue belum balik. Lah gak enak kan gue nitipin anak secara dia aja punya anak 3. Akhirnya batal deh plan nge-gym. Bhaayyy bodi ala AgmonπŸ˜₯

Akhirnya beralih lah gue ke plan B, yakni bereksperimen dengan resep2 yang gue copas dari socmed dan blog. Dari zaman baheula, gue emang hobi ngumpulin resep dari internet. “Kliping”-nya gue simpen di notepad Blackberry dan hape. Belakangan, koleksi resep nambah drastis setelah gue follow akun-akun Instagram dan FB spesialisasi resep dan tutorial masak-memasak (yang keliatannya) gampil.

Sayangnya, dari ratusan resep itu, cuma beberapa aja yang pernah dicoba. Soale, di hari-hari biasa, gue lelah banget untuk bereksperimen di dapur. Jadi yang dibikin itu-itu melulu. Pas wiken, banyak agenda juga. Anter Nadira les piano lah, les tari lah, arisan keluarga lah, dll dsb *sok sibuk*. Alhasil “klipingan” resep-resep di notepad dan screen capture pun tak kunjung dicoba.

Nah, selama cuti, gue pun berusaha merealisasikan resep-resep itu, tentu sambil disesuaikan dengan rikues Nadira dan papanya. Berikut ini adalah resep-resep yang gue coba ya:

1. Risoles Mayones

Ini bukan pertama kali bikin karena duluuu pernah gue bikin sekali. Tapi abis itu gak pernah lagi karena, lelah qaqaaq. Capek bener bikin kulitnya satu-satu.

Edisi perdana, gue bikin pake resep kulit yang beredar di milis NCC. 1 resep jadinya cuma dikit, sekitar 12 lembar kalo gak salah. Kulit risolnya juga tebel-tebel. Alhasil pas makan, 1 risol pun udah eneg karena magtig banget. Nadira dan papanya sih hepi dan doyan ya. Sampe-sampe Nadira rikues Risol Mayo lagi.

Untuk edisi kedua, gue bikin dengan resep kulit yang beda. Kali ini nyontek dari resep ibu2 teridola sedunmay yakni Mbak Astri Nugraha.

Nah, yang ini endeus banget nih. Dadarnya bisa tipis-tipiiisss banget. 1 resep di gue sih bisa menghasilkan 35-an pcs kulit risol ya.

IMG_20160720_171501

Awalnya adonan agak kurang meyakinkan karena encer beneeer. Tapi justru itu yang bikin dadarnya bisa tipis-tipis. Highly recommended deh!

Resepnya ini ya:

Bahan:
340 gram tepung terigu
400 ml air
500 ml susu (bisa susu cair, atau campur susu bubuk+air)
4 telor, kocok lepas
1 sdt garam
10 sdm minyak/margarin cair

Cara membuat:
– Campur semua bahan hingga rata.
– Saring sambil ditekan-tekan hingga halus.
– Buat dadar di teflon tipis-tipis.

IMG_20160721_133028

*stok Risol Mayo yang cuma bertahan selama beberapa hari. Yaeyalah, suami tiap makan langsung 2 biji. Nadira juga. Gue pun cuma kebagian dikiitt T_T*

2. Puding

Ini mah cemplang-cemplung jadi ya. Semua orang pasti bisa laahh πŸ˜†

Kebetulan di lemari punya puding instan Haan rasa susu/coklat putih kalo gak salah. Bosen kalo dibikin gitu doang. Gue pun sok berkreasi dengan bikin puding itu sesuai tata cara di kemasan. Lalu taro di loyang dan dikasih oreo yang udah dipotong-potong. Biarkan dingin di dalem kulkas sampe set.

Terus, gue bikin puding coklatnya yang kemudian dituang di atas puding tadi. Tadaaa.. Jadi deh puding cookies cream and chocolate. Untuk vla-nya, pake instan aja deh. Males bikin from scratchπŸ˜€

IMG_20160721_115118

*ini puding ya sodara-sodara, bukan salmon atau steak!*

3. Onde-onde

Ini adalah cemilan favorit suami. Tiap ke mana pun, pasti dese nyomot Onde-onde.

Kebetulan pas belanja di Tip Top, gue nemu kacang hijau kupas dan wijen. Cuuss langsung dibeli demi kemaslahatan cemilan.

Eyaelah, ribet amat ternyata ya bikin Onde-onde. Kulitnya mah gancil. Tapi isinya itu lhoooo.. Kacang ijo kudu direndem 1 jam, dikukus, diblender, dimasak lagi, baru bisa jadi isi Onde-onde. Untung 1 resep jadinya banyak. Bisa buat isian bakpao, roti goreng dll juga yekan.

Resepnya boleh nyontek dari blog ini. Buat yang gak bisa browsing karena minim kuota internet, gue tulis ulang deh di bawah ini ya.

Onde-onde

Bahan:
250 gram tepung ketan
50 gram kentang kukus haluskan (gue ganti pake ubi karena gak punya kentang)
65 gram gula halus
1/2 sdt garam
175 ml air hangat
Wijen untuk pelapis
Minyak untuk menggoreng

Isi:
75 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam (trust me, meski keliatannya dikit banget, kalo udah direndem, kacangnya ngembang dan jadinya banyak banget bok!)
100 ml santan (gue pake Kara yg kecil, trus dicampur air sampe 100 ml)
50 gram gula
1 lembar daun pandan (karena malem2, takut ke halaman sendirian untuk ambil daun pandan hihihi… Akhirnya gak pake tapi diganti sama 1 sdt vanilla bubuk aja)
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Isi: kukus kacang hijau. Angkat, blender bersama santan.
2. Tambahkan gula, daun pandan dan garam. Masak sampai diaduk hingga kalis. Angkat, dinginkan.
3. Kulit: campur tepung ketan, kentang, gula halus dan garam. Aduk rata.
4. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.
5. Ambil adonan kulit, pipihkan. Isi dengan adonan kacang hijau, bentuk bulat. Celup air lalu gulingkan di wijen.
6. Goreng dalam minyak dingin yang dipanaskan dengan api kecil hingga mengapung/matang.

IMG_20160723_110037

4. Pisang Bolen

Nah ini udah diidam-idamkan sejak lama. Bahkan beberapa tahun lalu udah sempet beli puff pastry siap pakai, tapi sampe expired tetep dicuekin di freezer. Malesnya gak abis-abis euy.

Beberapa bulan lalu, gue beli lagi puff pastry yang sama. Dan baru kesampean bikin Pisang Bolen kemarin. Lama banget yak jedanya hahaha..

Ini gampil banget lho, aselik. Cuma gilas dikit, isi, lipet, tempel, oles, panggang. Kelar deh. Dan sebagai fans Pisang Bolen asal Bandung, gue cukup puas dengan hasilnya. Suami pun doyan banget (yaaa dia pemakan segala sih, jadi agak susah percaya sama review-nya).

Menurut gue, kuncinya cuma 1, yakni pilih pisang yang enak dan mateng. Sebab, cita rasa Pisang Bolen ini emang ditentukan dari pisangnya. Kalo pisangnya sepet, yaaa gak enak lah. Puff pastry-nya sendiri sih cuma memegang beberapa persen poin aja. Oh ya, untuk percobaan ini, gue pake puff pastry merek Edo. Biasanya ada di supermarket, di bagian freezer bareng roti mantau, pizza dough, gitu-gitu deh.

Resepnya ini ya. Untuk tutorialnya bisa dicontek di blog ini nih. Lengkap deh!:

Pisang Bolen

Bahan:
1 bungkus puff pastry, keluarkan dari freezer, buka bungkusnya diamkan sekitar 10 menit
Pisang uli/nangka/tanduk dikukus sampe matang (kalo pake pisang raja gak perlu dikukus)
Keju cheddar dipotong memanjang seukuran 1 ruas jari
Coklat/meises secukupnya
1 kuning telur dikocok lepas untuk olesan

Cara membuat
– Potong-potong puff pastry. Kalo merek Edo, bentuknya itu lembaran persegi panjang yang dilipat-lipat jadi 4 bagian. Kemarin gue potong jadi 4 bagian. Lalu 1 bagian itu dipotong-potong lagi jadi 4. Total ada 16 pcs.
– Gilas pinggir-pinggir puff pastry.
– Isi dengan pisang dan keju yang sudah dipotong sesuai panjang puff pastry, juga mesis. Lalu lipat seperti amplop (bagian kanan kiri ke tengah, bagian atas bawah ke tengah).
– Olesi dengan kuning telur. (option: beri taburan keju parut/mesis)
– Panggang selama 40 menit

IMG_20160724_102023

5. Macaroni Schotel

Resepnya udah pernah gue posting sebelumnya di sini. Ah ini mah gampil banget. Semua orang pasti bisa laahhπŸ™‚

IMG_20160724_102152

6. Chicken and Broccoli Nugget

Ini juga gampil karena tinggal cemplang-cemplung. Gue yakin lah, semua orang pasti bisa bikin nugget sendiri. Yekaaannn… Cuma ya masalah klasik gue satu. Bentuknya suka ajaib!πŸ˜€

IMG_20160725_062411

*itu nugget ya yang di atas nasi, bukan tahu goreenggg*

Gara-gara proyek masak melulu itu, tiap hari ada aja yang gue kerjain di dapur. Sampe stok telor tiris gara2 gue jadiin kue dan cemilan mulu πŸ˜‚

Meski capek karena kudu masak plus cuci piring juga (maklum gak punya ART), gue hepiii banget. Baking ini lumayan jadi pelepas stres dan rekreasi dikit buat gue. Nadira dan papanya juga hepi karena stok cemilan aman terkendali 😁

Gue pun sempet mikir, kayaknya indah banget nih hidup kalo bisa masak dan baking tiap hari kayak gini. Tapi terus reality bites. Duit buat beli bahan-bahan baking darimana cuyyy???

HAHAHAHAHA..!!!

Siakek ye, nasib kelas menengah ngehek banget dehπŸ˜€

Lagi pula, gue gak terlalu yakin bakal betah sih di rumah masak-masak melulu. Kemarin kan cuma seminggu ya, jadi masih honeymoon phase sama dapur. Kalo lebih dari itu, mungkin bakal mulai puyeng. Gak bisa traveling gratis, gak bisa ketemu temen-temen, gak bisa diskusi ipoleksosbudhankamnas di kantor (ciyeh sok pinter banget sis) dll dsb. Trus yang ada suami stres deh karena istrinya crankyπŸ˜€

Oh well, nikmati hidup aja dulu lah. Yang pasti, lumayan nih seminggu kemarin rutin bikin cemilan. Jadi minggu ini, stok untuk bekelnya Nadira aman. Bangun tidur kesiangan pun gak terlalu ribet nyiapin bekel karena ada stok di kulkas. Yay!πŸ˜€

12 thoughts on “Cuti = Nguprek di Dapur

  1. Aq kemaren juga nyobain bikin risol mayo, mba ira. Tapi kulitnya diganti pake kulit lumpia yg beli jadi, pemalasan soalnya klo bikin sendiri. Namanya jadi gnti lumpia sosis mayo deh…

Leave a Reply

