Nadira and Her Pet Obsession

Sejak kecil, Nadira itu sukaaa banget sama binatang. Padahal, baik gue dan bapaknya sama-sama gak suka. Awalnya gue pikir wajar karena semua anak emang suka binatang ya. Apalagi, dua pengasuh Nadira dulu sama-sama suka kucing.

Jadi deh anak gue kerjanya ngejar-ngejar kucing liar yang ada di kompleks rumah, untuk dielus dan disayang. Atau main ke rumah tetangga yang punya banyak kucing. Sempet juga dia minta kucing untuk dipiara tapi gue larang. Karena, siapa yang mau ngurusin coba?

Pas ultah ke -4, dia minta kado anak ayam ke om gue. Rikuesnya rada ajaib sih, dan bikin om gue ketawa geli. Akhirnya beneran dikasih, sekaligus 5 ekor bok. Sempet bikin gue puyeng karena bingung mikirin bakal ditaro dimana ini kalo gede. Eeehh meski disayang-sayang, anak-anak ayam itu mati satu persatu karena anak ayam gitu emang gak bisa tahan lama saat lepas dari induknya. Nadira pun sedih banget.

Pas ultah ke-5, dia minta kura-kura dan ikan ke bokap nyokap gue. Nah, ini gue bolehin karena, kura-kura dan ikan kan hewan yang low maintenance. Gak terlalu ribet untuk dipiara lah. Dua binatang itu bertahan cukup lama. Setelah setahun, ikannya mati tiba-tiba. Sedangkan kura-kura akhirnya gue hibahkan ke anaknya ART pulper karena gak ada yang urus.

Selanjutnya gue melarang dia minta kado binatang saat ultah. Sebab, gue emang gak setuju sama orang yang kasih kado binatang ke orang lain. Pet is not a gift. Sukur kalo yang dikasih emang mau ngurus dan seneng sama binatang. Lah kalo gak? Dia kan makhluk hidup juga lho.

Alhasil saat ini, di rumah binatang peliharaan Nadira tinggal seekor ikan, yang dia dapet pas perpisahan TK tahun lalu. Namanya Purbasari, diambil dari nama tokoh dongeng Indonesia yang sering dia tonton di channel dongeng Indonesia di yutupπŸ˜€

Satu hal yang selalu gue tekankan ke Nadira adalah, memelihara binatang itu butuh komitmen tinggi. Maksud gue, memelihara binatang itu artinya punya tanggung jawab. Mulai dari bersihin kandang dan kotoran, mandiin, periksa ke dokter, ajak main, dll dsb.

“Kalo Mbak Dira mau punya kucing/anjing/dll, boleh. Tapi nanti pupnya dibersihin ya. Kandangnya juga. Trus rajin dimandiin. Ibu dan Papa nggak mau karena itu tanggung jawab Mbak Dira,” kata gue dan bapaknya.

Biasanya sih pas denger gitu, dia mengkeret. Trus jadi ragu-ragu untuk pelihara sendiri.

Tapi rasa sayangnya sama binatang tetep ada. Untuk mengatasinya, biasanya gue bantu salurkan dengan main ke rumah temen atau sodara yang punya binatang peliharaan. Untuk anjing, suami ajak ke rumah tantenya yang punya anjing chihuahua. Untuk kucing, gue ajak ke rumah sohib gue, si Sly, yang punya kucing gemuukk dan lucuu banget bernama Garfie. Langsung hepi deh NadiraπŸ™‚

nadira garfie

*kata Sly, Garfie ini agak trauma sama anak kecil karena sering digangguin sama keponakan2nya Sly. Tapi sama Nadira, dia seneng banget pas dielus2 karena Nadira halus megangnya. Garfie sampe purring tanda hepi*

Nah belakangan ini, minatnya pada binatang peliharaan tambah intense. Gara-garanya sih, sekarang dia ganti tontonan dari Disney Channel dll ke National Geography dan Animal Planet. Jadi yang dipelototin gambar kucing, anjing, singa, kura-kura, dll dsb. Tiap abis nonton, langsung minta digugelin gambar-gambar binatang deh.

Beberapa waktu lalu, gue sempet cerita tentang Hachiko si anjing super setia dari Jepang. Abis gue cerita, Nadira bilang “Bu, dengernya aja Mbak Dira sampe sedih.” Langsung deh gue liatin video pendek tentang Hachiko di yutup. Kelar nonton, Nadira langsung peluk gue sambil nangis tersedu-sedu. Ah, anakku yang sensitif ini, hatinya selembut salju banget deh! :’)

Dan sekarang rikuesnya cuma satu, yakni ke Jepang supaya bisa foto sama patung Hachiko. Dikira ke Jepang kayak ke Bandung ya, Nak? Nabung dulu kiteeee X_X

Gue sih seneng ya dia punya minat tinggi terhadap binatang peliharaan. Karena gue pun sesungguhnya sukaaaaa banget liatin foto-foto anjing, kucing, dll. Tapi, karena trauma pernah dikejar-kejar anjing dan dibesarkan oleh ibu yang gak suka binatang, gue jadi takuuuut banget sama anjing. Gue bisa sampe naik ke atas meja lho kalo tiba-tiba ada anjing mendekat. Sambil jejeritan pula.

Makanya, kebayang kan kalo Nadira beneran punya anjing? Gue bisa diem terus di kamar karena takut ke luar, hahaha…πŸ˜€

Untuk sementara waktu, solusi terbaik ya ajak Nadira main ke rumah temen/sodara yang punya hewan peliharaan. Atau kayak kemarin, kita ke mal yang ada pet shop-nya. Langsung dong Nadira minta nongkrong di pet shop itu, gak mau pergi sama sekali. Mukanya hepiii dan seneeenng banget liatin anjing, marmut, hamster dll yang dijual di situ.

IMG_20160612_173250

Mungkin kalo gue bisa mengatasi rasa ketakutan gue ke anjing, gue bakal izinin Nadira punya anjing deh. Karena gue percaya, memelihara binatang itu bagus untuk perkembangan mental maupun fisik anak. Kayaknya gue bakal pilih mengadopsi hewan ya, bukan beli, sesuai saran teman-teman gue yang aktif di organisasi penyayang binatang.

Itu pun dengan catatan, Nadira harus ngurus binatang peliharaannya dan sayang bener-bener. Kalo gak bisa bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap binatang peliharaannya, ya mending gak usah.

Anyway, ada yang tau gimana cara menghilangkan rasa takut sama anjing? Mau dong dikabarin. MakasiihhπŸ™‚

15 thoughts on “Nadira and Her Pet Obsession

  1. Nadira! Kok sama sih kiteee.. Aunty juga nangis bombay nonton Hachiko hahahaha (aunty? sok keren amat!)
    Gak tau mbak gimana cara ngilangin trauma pernah dikejar anjing, di Bali banyak anjing liar tp aku masih aman sih bisa menghindari huehehe

  2. Dulu aku jg takut sama anjing Ra, skr gak lagi terutama anjing2 yg baik kayak diluar gitu. Kalau di Indonesia kan bny anjing yg suka barking dan galak hehe. Temen2 aju jg pada punya anjing jd pelan2 gak takut lagi

  3. Hai mbak Ira, kalo Nadira mau main sama anjingku boleh banget lho.. anjingku mix golden-husky, umurnya hampir 9 tahun and he LOVES making new friends. Selama ini anjingku berhasil merusak stigma anjing itu galak saking dia mah baik banget menuju culun, gak suka jilat2 pula. Hahaha.. dan temen2ku yg takut anjing habis ketemu sama Bravo jadi lebih berani deket2, sampe berani peluk2. Anaknya temenku waktu masih umur 5 bulan malah manjatin badan anjingku, and being a good boy he is, diem aja tau yang manjatin anak bayi. *ceritanya proud mommy. πŸ˜†

  4. Suami aku, dulu pernah dikejar anjing mbak pas sd. Jd dia takut banget ma anjing. Nah aku punya anjing hahahah dan aku bilang sama dia “kalo mau jadi pacarku, musti berani sama anjing.”. Belajar deh dia. Kenalan dulu sama anjing-anjingku. Sekarang malah suka banget sama anjing. Kalo kata aku, biasain dulu ada anjing di sekitar kita. Misalnya kita punya kenalan yg punya anjing yang jinak dan sabar, nah sering main2 situ aja mbak. Anjing biasanya kenalannya dengan ngendusin kita. Yang penting pas diendus kita diem aja, tenang. Ga usah buru2 pengen ngelus. Abis diendus dan dia puas, dia bakal pergi. Ntar kalo kesitu lagi, dia udah kenal ma bau kita, paling cuma menyambut pake kibas2 ekor. Baru deh dikit2 belajar ngelus.

Leave a Reply

