AADC (Ada Apa di Cirebon)

Beberapa waktu lalu, seorang temen gue, alumni Komunikasi UI ’96, posting foto-foto reuni 20 tahun KomUI di Instagram. Gara-gara itu, gue dan temen-temen kuliah pun gak mau kalah.  Emang sih, tahun ini kita belum genap 20 tahun. Tapi, seru banget pastinya bikin kumpul-kumpul bareng temen-temen seangkatan kayak dulu lagi.

Ribet deh di WhatsApp Group bikin wacana A-Z untuk kumpul-kumpul. Padahal, kita semua sadar kalo angkatan kita itu dari dulu paling susaaahh kumpul dengan formasi lengkap. Padahal, anggotanya cuma 30 orang saja. Waktu awal masuk FSUI dulu, kita ada 35 orang sih. Tapi di tahun ke-2 tersisa 30 orang karena ada yang DO, keluar, dll dsb.

Cuma seiprit gitu aja susaaaah banget ngumpulinnya. Zaman kuliah dulu, angkatan kita kayak terbagi 2. Ada yang hobi nongkrong di Kantin Sastra (Kansas) setelah kuliah, ada yang  lebih suka langsung pulang ke rumah. Jadi pas kuliah aja suka mencar-mencar. Lah, gimana pas abis lulus?

Apalagi, temen-temen kuliah gue ini canggih-canggih amat. Pada go international semua macam Agnez Monica. Ada yang jadi dosen di Amrik dan Oz, ada yang kuliah S2-S3 di berbagai negara, ada yang jadi Kepala Jurusan di universitas ternama di Indonesia, ada yang jadi diplomat, pokoke macem-macem lah. Bener-bener sakseis bikin gue ngerasa kayak remah rengginang banget😥

jakul

*foto-foto di kampus jelang lulus. Gak semua ikutan nih. Oh ya, meski Fakultas Sastra didominasi cewek, angkatan kita tetep ada cowoknya kooqqq..*

Enivei, sekitar 1-2 minggu lalu, Ratih menyodorkan ide untuk plesiran rame-rame ke Cirebon. Entah ada keajaiban apa, tiba-tiba banyak yang respons mau ikutan. Total-total, ada 7 orang lah yang konfirm ikut. Ini terhitung banyak bok, secara kita seangkatan cuma 30 orang yekaann😀

Ratih langsung order tiket KA Argo Jati, Rani order mobil elf untuk transportasi di Cirebon, dan mereka berdua bikin itinerary-nya. Gue dan yang lain tinggal menikmati deh hahaha.. *pemalas*

Di hari H, dari jam 3 pagi WA Group udah ramee sama reminder untuk bangun. Padahal kereta kita baru jam 6.40 aja gitu, ZZZ… Tapi ini justru membuktikan kalo kita bener-bener cemungudh untuk berangka plesiran.

Di Stasiun Gambir, pas kita jalan di peron, tiba-tiba ada yang manggil gue. Rupanya, ada temen sesama wartawan yang mau naik kereta yang sama.

Temen: Ra, kamu ke Cirebon juga?

Gue: Iya Mas.

Temen: Liputan Diana Pungky kan?

Gue: Hah, liputan? Nggak koq, ini sama temen-temen kuliah. Emang acara apa si Diana?

Temen: Dia buka salon di Cirebon. Gue diundang ke sana. Gue sangka lo juga.

Gue:😀

cirebon 1

*hikmah ketemu temen di Gambir: ada yang dimintai tolong untuk motretin😀 Oh iya ini dari kiri ke kanan: Fathona, Ratih, Isti, Ira, Rani, Sly dan Lany*

Ternyata, kerandoman pagi itu gak hanya berhenti sampai di sini. Di dalam kereta, pas baru duduk, tiba-tiba orang di depan gue manggil. “Ira kan?”

Pas gue liat mukanya, lhaaa… Itu Marsha temen kampus, yang angkatannya setahun di atas kami. Dia juga mau ke Cirebon untuk jalan-jalan. Pas ngobrol-ngobrol, Marsha bilang trip ke Cirebon ini nggak pake plan dan itinerary. Jadi main go show aja. Langsung deh kita tawarin untuk bareng jalan-jalannya. Toh, mobil elf yang kita sewa juga gede, kapasitas 16 orang. Marsha dan temennya langsung setuju. Lumayaaan, tambah banyak tambah seru yekaann..

Perjalanan mulai, sibuk deh gosipan, cerita-cerita nostalgia dan ofkors foto-foto dong ah😀

IMG-20160521-WA0003

*di belakang Lany itu ada artis David Chalik yang sekarang alih profesi jadi ustaz dan aliimm banget. Biarpun temen2 serombongannya pada sibuk ngobrol, dia asik sendiri mengaji. Hebat!*

IMG_20160521_073949

*sengaja fotonya dipajang di sini supaya anak buah mereka pada tau kelakuan bos-bosnya kayak gimana kalo di luar kantor😆 *

Gak lama, datanglah Mas Pramugara Kereta (Mas PK) yang nawarin nasi goreng kereta legendaris dalam berbagai rasa, serta F&B lain. Awalnya gue rada heran, ini si Mas koq lama banget berhenti di bangku gue dan Sly. Ngajak ngobrol kita lah, nawarin macem-macem lah. Padahal di bangku penumpang lain gak gitu-gitu amat. Tapi gue pikir he’s just trying to be nice ya. Jadi yowis lah.

Ternyata gak juga. Menurut Sly, si Mas PK ini, tiap lewatin kita selalu lempar senyum ke arah gue. Padahal gue-nya gak ngeh karena lagi sibuk ngobrol, liat-liat pemandangan di luar atau buka hape. Setelah berkali-kali bolak-balik dan senyumannya gak gue respons, dia akhirnya nekad ngajak ngobrol Sly:

Mas PK: Mbak, itu temennya siapa ya? Koq mukanya saya kayak kenal gitu.

Sly: Sodara Mas kali? Bentar saya tanyain ya. *colek gue* Ra, ra, lo kenal Mas ini? Katanya dia kenal lo.

Gue: *melototin muka si Mas PK* Masa sih Mas? Maaf ya, saya koq gak kenal. Maaf lho.

Mas PK: Oh gitu ya Mbak. Tapi muka Mbak familiar banget deh.

Sly: Oohhh emang temen saya ini artis sih Mas. *bercanda*

Mas PK: Nah, bener kan! Pantesan daritadi saya akrab sama muka Mbaknya. Aduhhh.. Ada artis! Mbak, namanya siapa ya?

Sly: Mau tanda tangannya nggak? Kalo mau, inget namanya dulu dooong.

Mas PK: Aduhh saya mau banget tanda tangannya. Bentar ya saya inget-inget dulu.

*hening sejenak*

Ohhh yaa.. Ini Mbak Rieke ya? Rieke Dyah Pitaloka???

Sly: Ah 100 Mas. Iya ini Mbak Rieke.

Mas PK: *muka berbinar-binar penuh harap*

Gue & Sly: *ngakak sampe mules*

IMG-20160521-WA0007

Pas turun dari kereta, gue sangka si Mas PK udah lupa. Tapiiii ternyata Isti cerita. Pas dia lewatin si Mas PK, dese lagi asik gosip sama temennya sesama pramugara.

“Bok, bok tadi di gerbong kita ada artis lhoo.. Iyaaa.. Rieke Dyah Pitaloka! Yang itu tuh orangnya!” *sambil nunjuk gue*

Ealaaahhhh…😆😆😆

Alhasil sepanjang trip di Cirebon, gue ganti nama jadi Rieke deh😆

Padahal mirip darimana coba ya? Hubungan sama Rieke juga gak ada, selain bahwa dia itu kakak kelas gue di kampus, beda jurusan hahahaha😀

Keluar dari stasiun, mobil elf carteran udah dateng. Daann.. Mobilnya keren! Muka kita semua pun gembira karena elf ini edisi yang lumayan baru ya, cmiiw. Kayak gini nih penampakan mobilnya.

IMG_20160521_132639
*Lany jaim dikit dong spy gak ketauan kalo lo KW-nya Bu Ahok! 😂*

Supirnya pun baik, ramah dan helpful. Tiap kita berhenti di satu lokasi, dia pasti bakal sigap keluar dan bukain pintu. Berasa rombongan socialita banget gak siihhh..😀

Pak Supir ini juga cukup banyak pengetahuannya seputar Cirebon. Mulai dari jalanan, lokasi-lokasi wisata, sampe rumah makan yang oke. Ciamiks lah ya.

Di itin yang dibikin Rani dan Ratih, harusnya kita sampe sekitar jam 10-an. Tapi jadi molor sejam lebih karena katanya sih, ada jalur kereta yang terganggu. Alhasil begitu sampe Cirebon, kita pun kelaperaan banget. Langsung deh minta ke lokasi Nasi Jamblang.

Tanya Pak Supir, lebih oke mana Nasi Jamblang Pak Dul atau Ibu Nur? Menurut dia dua-duanya oke. Tapi Ibu Nur lebih banyak lauknya. Denger itu cuuss langsung deh kita minta dianter ke sana. Untunglah saat itu masih jam 11.30, jadi meski udah mulai rame warungnya, tapi masih belum terlalu antre lah.

Karena gue sebelumnya pernah ke Nasi Jamblang Bu Nur, gue langsung kasih kisi-kisi lauk apa yang oke, tata cara makan dan bayarnya gimana, dll ke temen-temen. Jadi begitu sampe gak pake bingung yekan. Untuk gue sih, lauknya template, yakni balakutak alias sotong yang dimasak sama tinta itemnya. Trus gak kelupaan ampas kecap atau tauco dan tempe goreng, pleus pepes jamur. Tempe gorengnya ini keliatan standar ya, tapi rasanya dong, beuuhhh endeus marendeus!!!

cirebon nasi jamblang

IMG_20160521_120951

*suasana antrean pas jam 12-an. Hamdalaaaahh kita udah kelar!*

Sambil nunggu yang belum kelar, kita leyeh-leyeh di halaman warung makan. Apalagi pengunjung udah tambah banyak jadi suasana tambah crowded. Sambil nunggu, eeehh ada pemandangan tukang es krim duren. Langsung tergoda beli deh. Es krimnya rasa duren, plus ada tambahan 2 mata duren dan topping sirup Tjampolay. Lekkeeerrrrr!!!

cirebon2

*muka-muka kekenyangan dan kepanasan yang langsung sumringah liat es krim duren. Photo by: Sylvia Masri*

cirebon es krim duren

Setelah kenyang, baru deh hasrat wisata ke tempat bersejarah muncul. Kita melanjutkan perjalanan ke Keraton Cirebon. Untuk HTM-nya perorang dikenakan biaya 20rb. Tapi di dalamnya, kita masih dimintai sumbangan sukarela di berbagai titik. Menurut gue, ini agak gimana gitu. Soale gue lebih seneng HTM mahal di depan, tapi di dalam gak ada kayak gini-gini. Mana orang-orangnya minta sumbangannya agak vulgar dan suka setengah maksa pula. Jadi berasa yaaa gitu deh. Maaf ya kalo ada yang tersinggung😦

Di sini, ada lokasi beberapa sumur yang dipercayai bertuah. Awalnya gue cuma becanda lho, ngajak temen-temen untuk mandi di situ supaya ngalap berkah. Ternyata, beneran bok! Ada rombongan ibu-ibu yang sampe antre untuk cuci muka di sumur itu. Pas gue tanya untuk apa, jawabannya “Supaya niat dan keinginan kita bisa terkabul, Neng.”

Nyesel gue gak ikutan cuci muka. Siapa tau keinginan gue untuk bisa belanja tanpa perlu repot-repot melototin price tag, bisa terkabul ya!

cirebon keraton

cirebon keraton2

*gak ikut cuci muka ngalap berkah, foto-foto aja deh. Sapa tau kecipratan juga. Photo by: Sylvia Masri*

Untuk agenda berikut gue sambung di posting-an berikutnya besok ya, supaya gak terlalu panjang di sini. Stay tuned!🙂

13 thoughts on “AADC (Ada Apa di Cirebon)

  1. eh mbak riekeee hahaa bener juga mirip.. enihwei, komUI 96 ini senior2ku mbak, angkatan paling kompak emang mba. dari ospek prasar, mereka semua ikut.. dann.. angkatan yg paling cakep cowoknya ( yg cuma segelintir) ..*ceritanya gosip lintas jurusan*

  2. Iraaa, seru banget! Yang di sini cuma bisa ngiler lihat foto2nya! Seneng banget kayaknya ya! 😄🎉 Reuni 20 tahun, tahun depan ya? Gue pengen ikutan! Semoga ada waktu dan rejekinya, ya! 🙏🏼 Ps. Remah rengginang dari Hongkong? Ente pan blogger ngehits idola ibu2 masa kini, Ra!

    • Yaoloh Ully, jauh amat level gue sama lo yg S3 di amrik trus skrg jadi dosen di sonooo… Berasa kayak debu2 intan bgt ini😥

      Pokoke lo balik kita kudu ketemuan ya. Sambil makan2 pastinya, gak afdal kalo gak pake makan😀

    • David Chalik kayaknya gak dirusuhin si Mas PK karena dia khusuk bgt ngaji dan dieeemm aja sepanjang jalan. Makanya mungkin si Mas mengalihkan fokus ke Mbak Rieke KW10 ini utk ditanya2in, hahahaha😀

  3. Pingback: AADC (Ada Apa di Cirebon) part 2 | The Sun is Getting High, We're Moving on

  4. wah asik bgt ih kayanya, jadi pengen trip juga hehehe,, btw salah fokus langsung merhatiin bener ga mbak ira mirip mbak rieke (yg artis), ada miripnya kok mbak beneran, mantab nih mas PK bikin penasarannya hahaha,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s