Untung Gak Lahir Sekarang

Kemarin, timeline FB gue rame sama foto anak-anak SMA yang baru kelar UN. Selain coret-coretan, mereka juga heboh pawai tanda bersuka ria.

Yang paling mencolok buat gue adalah baju seragam mereka. Kemejanya ketat-ketat merecet, bahkan ada yang dimodif jadi crop tops. Trus roknya gak cuma mini. Beberapa panjaaangg tapi belahannya tinggi banget.

Screenshot_2016-04-12-11-52-09_com.facebook.katana_1460436784836

Dan, ciwi-ciwi SMA ini cantik-cantik banget. Riska pernah share beberapa akun instagram anak SMA yang, Masya Allah, warbiyasak kecenya. Keliatan banget bahwa tiap hari mereka kudu ngeblow rambut dulu dan pake riasan no makeup look untuk ke sekolah doang.

Liat foto-foto itu, gue pun bersyukur. Allah baik banget sama gue karena gue lahir jauh lebih cepat dari ciwi-ciwi generasi sekarang. Kalo gue lahir bareng mereka, duh suram deh dunia persilatan, eh percintaan. Dapat dipastikan, gue bakal jadi jomblo kronis karena, lah mana ada yang mau sama akooohhh… Kalah saing intinya, sis!😥

Terus teringat lah gue akan masa SMA gue yang penuh kecupuan. Boro-boro ngeblow rambut sebelum sekolah, laaahh berangkatnya aja kudu ngejar-ngejar angkot dan metromini dulu. Berebutan, berdiri dan sering berantem sama kenek karena duit kembalian kurang😦

Bahkan, pas kelas 3 SMA, gue lebih pilih naik kereta bareng temen-temen gue yang cowok-cowok. Dan kita gak duduk manis di dalam gerbong. Gue diajak nangkring di pintu terluar kereta, nemplok macam Spiderman.

So kebayang yaaa… Kalo gue ngeblow rambut, kagak ngaruh sampe sekolah pasti udah rusaaakkk…

Untuk makeup, paling mentok cuma bedak aja ya sis. Maklum, BB cream belum ada. Lagian perasaan gue sih, guru-guru zaman dulu lebih ketat untuk urusan makeup. Temen SMA gue dulu ada yang tiap hari pake foundation tebel macam penganten, plus maskara dan lipstik warna bibir gitu. Kalo ke-gap guru, langsung ditegur dan dimarahin deh.

Untuk perawatan supaya kinclong dan mulus, juga boro-boro. Wong zaman sekolah adalah zaman jahiliyah untuk dompet gue. Bokek mulu tiap hari. Duit pun boleh minta sama ortu dengan audit super ketat. Nggak bisa beli macem-macem juga kan.

Jadi, ya gitu deh. Beda zaman, beda penampilan banget. Apalagi gue kan dulu sekolah di wilayah Jakarta Timur yang emang kurang gaul. Rumah di Bekasi pula. Tambah katro banget yak hahahaha..😀

Kalo anak-anak di wilayah Jakarta Selatan, Pusat atau Barat, pastinya lebih trendi dari gue dulu. Ini gue sadari pas mulai sok gaul zaman SMA, main-main ke Melawai, PS, dll. Trus minder sendiri ngeliat anak-anak SMA di daerah sana kece-kece amat.

Makanya kalo ada temen SMA yang nge-tag foto zaman sekolah dulu di FB, rasanya pengen ambles ke bumi deh. Mokal aing shay!

*tutup muka pake selampe*

Ada yang merasakan apa yang aku rasakan? Atau jangan-jangan temen-temen di sini semuanya keren dan cling dari lahir ya?😀

56 thoughts on “Untung Gak Lahir Sekarang

  1. Aku kemaren malah sempet liat ada yang coret2 di rok cewek2 itu tapi persis dipantatnya. Trus yang nyoret + ttd atau apalah itu temen2 cowoknya sambil tangannya nemplok pas gitu di pantat. Ngeliatnya langsung miris hahaha. DUlu baju dicoret rasanya ketakutan. Takut gak lulus trus gak dibeliin baju baru haha.

    Zaman emang berubah.

  2. Sama Mba Ira. SMA tahun 1998 saya masih cupu banget. Tapi kayaknya temen-temen yang lain juga nggak ada yang dandan menor macem anak sekarang. Baju putih standar sama rok selutut plus sepatu sporty warna item. Kalo ada yang cem-macem bisa kena sama guru BP. Tapi rasanya jaman itu indah bener yak, hehhe, jadi kangen

  3. aku pun begitu, pas SMA muka pun berminyak, rambut dikuncir aja gitu. tapi jadi ngeri sih kalau lihat anak2 sekarang, secara anak aku cewe, mudah2an ntar pas dia udh gede ikut arus yang bener, amiinn.. Ngeri kalau ngeliat anak2 jaman sekarang iihh…

    • Hahahaha.. Koq sama sih, sama2 cupu😀

      Iya nih Mbak, aku jg deg2an nanti zaman anak kita gimana ya. Duh mudah2an kembali gayanya ke zaman dulu aja deh, gak macem2😦

  4. Ternyata masih jaman ya coret coretan pas lulus sampe skrg… Gak kreatif anak anak skrg ya… Hahaha :p

    Yg cakep mungkin yg emang keliatan di foto foto yg tersebar di media doang kali ra. Kalo lu samperin ke sekolah sekolah dijamin pasti isinya gak yg cakep cakep doang lah… :p

    • Masih banget Man. Kayak gak ada kegiatan lain aja ya zzzz😦

      Yg cupu emg masih ada sih. Tapi kayaknya populasinya lebih sedikit dibanding pas masa gue dulu hehehe😀

  5. Hehehe keinget dulu jaman SMA udah pontang panting belajar. Akibat dipaksa masuk sekolah unggulan padahal otak pas pas an. Boro2 inget bergaya, sibuk cyiiin😀
    Lagian jaman anak kos, duit pas2an, daripada buat gaya mendingan buat makan hehehehe

  6. Aku sungguh ngeri liat ciwi ciwi SMA jaman sekarang. Yang aku heran, di sekolah kenapa dibolehin pake seragam kek gitu, pake make up pula… Dulu ada temen sekolah yang bikin alis ala bulan sabit aja udah ditegor abis2an sama guru, pake rok mini juga udah disetrap di lapangan disuruh ganti rok seragam yg agak panjang (di TU ada stok rok seragam sekolah yg bisa dipinjam untuk kondisi darurat). Lah ini pake rok panjang tapi belahannya juga panjang… alamak X_X

    • Ideeemm.. Gue jg penasaran, ini bocah2 sekolahnya dimana sih. Koq boleh2nya ke skul pake makeup tebel, dll dsb. Zaman gue dulu bisa disuruh pulang sama guru BP bookkk..

  7. itu roknya dikasi belahan gitu baru aja apa pas masih belajar bisa pake belahan gitu ya??
    ya ampun kirain sekarang udah jaman canggih gini sudah gak ada lagi lulus coret2an..ternyata masih ada…

    kalau pas anak lulus sd sih prangtuanya yang disuruh ambil amplop…jadi gak ada kayak gitu….

  8. Dulu SMA… ya gimana mau dandan gaya, masuk 6.30, jam 6.15, bayangkan 15 menit udah harus kelar mandi sama sarapan. trus ngebut naik sepeda ke sekolah, sebelum 6.30 udah harus masuk gerbang, kalo nggak, gerbang udah dikunci. Repot, mau pulang lagi dimarahin nyokap, bolos main tapi main ke mana, wong kotanya cilik,,, hahahaha….

    • Hahahaha.. Idem Tjep. Untuk bangun tidur aja udah effort banget deh buat gue dulu. Belum lagi berjuang menembus macet. Trus di skul juga sepi cowok ganteng. Jadi tambah males deh dandan2an😀

  9. Oh skripsi dicoret dosen itu rasanya sesek banget mak. Hahaha.. Kemaren di timeline fb liat foto2 kaya gitu langsung mikir, nanti anakku sekolahin di mana ya yg ga kaya gitu temen2nya..

    • Yang pasti di sekolah Katolik ngetop kayak Sanur or TarQ gak bakal boleh Nin. Atau sekolah2 negeri yg berprestasi jg gak bakal gini. Mungkin bocah2 tengil ini SMA-nya di sekolah swasta abal2 kali ya. KZL liatnya😦

  10. Ira, jaman dulu sy sekolah SMEA, ada guru agama yg rajin razia rok pendek/rok ketat/kemeja ketat, kalo ada yg pake model begitu langsung digunting di depan kelas kemudian di suruh ganti pake baju yg disediakan sekolah sambil kemudian ortunya dipanggil ke sekolah.
    Dari semua kelakuan pelajar jaman dulu sampe jaman sekarang, yg lebih miris lagi kalo ada anak anak yg berasal dari keluarga ekonomi minim yg semangatnya begitu membara ikut ikutan gaya & kelakuan yg gak pantes begini… Duh, ortu cari uang susah eh, anaknya malah lagunya gak tahu diri ya.. Emang deh, sebagian anak jaman sekarang udah ga ada rasa prihatin, disiplin & menjaga perilaku yg pantas. Semoga kelak nanti anak anak kita jauh dari perilaku seperti itu ya 😃

    • yg lebih miris lagi kalo ada anak anak yg berasal dari keluarga ekonomi minim yg semangatnya begitu membara ikut ikutan gaya & kelakuan yg gak pantes begini… Duh, ortu cari uang susah eh, anaknya malah lagunya gak tahu diri ya..

      Banget Mbaaakk.. Apalagi kalo ikut2an tawuran, narkoba dll, padahal ibunya jd tukang cuci, bapaknya jd tukang bersih2. Pengen aku tampol itu bocahnya!

  11. IMHO Mbak, *tanpa bermaksud rasis atau apa ya* sekolah Katolik adalah yang paling ketat lho soal coret2 beginian. Di SMA ku dulu yang katolik sih ada anceman ga langsung, kalo corat-coret, Ijazah bs ga keluar, karena kata Suster kepala, masih banyaaak yang ga bisa punya seragam. Lagian, situ yakin lulus??

    Peraturan pake baju juga ketat mampus, padahal SMU ku bukan yang ngetop gimana banget. Ikat pinggang, kaus kaki, sepatu sekolah, sepatu OR semua harus semerk dan beli di sekolah. Kalo gak, silahkan pulang. IMHO harganya juga masih make sense kok, biarpin kaga ada fashionnya sama sekali.

    Anyhow, cuma inget pesen Mamah dulu “awas kamu ya coret2 baju, nyari duit aja belum becus, jait baju apalagi. Ntar kalo bs nyari duit mau kamu bakar tuh baju baru Mamah diem!!”

    • Ya bener tuh kalau di sekolah katholik apalagi di bawah naungan kesusteran ketat bgt aturannya, rok harus 5 senti bawah lutut, asli deh , pake iket pinggang baju harus dimasukkin rapi hahaha , jd kangen jaman sekolah

    • Oh iya Ra, bener banget. Makanya gue pengen nyekolahin Nadira nanti di Sanur or TarQ. Supaya disiplin gitu. Yah mudah2an bisa masuk deh soale tesnya sendiri kan susah ya bok🙂

      Hahaha itu pesen nyokaplo mirip kayak omongan nyokap gue ttg rokok deh. Dulu gue gak boleh ngerokok karena masih kuliah. Pas udah kerja, nyokap gak pernah bawelin lagi karena gue kan beli pake duit sendiri😀 Untung skrg udah insyaf😀

  12. hahaahahahahahah kayaknya aku mah di jaman apa aja dan di mana aja (gak tau kalo tadi lahir di UK ya, di sini kuliat cewek cewek afro rambutnya macam disasak pede pede aja) tetep cupu Ra kacamata tebel sama rambut bakat mengembang gini jerawatan pulak (pantes dulu mamakku takut aku lama kawin ihik), di Medan juga aku dulu gak gawul lah. Yang deg degan dulu pas mau UMPTN temenku bilang jangan Bandung “Kasihan kau nanti Ndang di sana, tukang satenya aja kayak Nike Ardilla, bakalan gak punya pacar deh kau,” oh Tuhan sukurlah aku masuk jurangmangu huahahaha

    • “Kasihan kau nanti Ndang di sana, tukang satenya aja kayak Nike Ardilla, bakalan gak punya pacar deh kau,” oh Tuhan sukurlah aku masuk jurangmangu huahahah

      😆😆😆😆

      Tiap lo komen tentang masa-masa SMA dan kuliah, pasti gue bacanya ngakak parah deh Ndang. Abis ceritalo itu selalu kocak dan kebayang, penuh derita. Macam Betty LaFea jadinya hahahaha.. Tapi gpp, yang penting skrg kan kece berat qaqaaaaa😀

  13. hahahahahay, dulu pas aq masih jadi ciwi SMU, muka belang bontang, jidat item kena matahari.. wong mainnya basket di lapangan, atau gak paskibra. Pake bedak juga bedak bayi yang tahan dimuka cuma 15 menit, pas naik bis juga luntur kena keringet. Rok harus dibawah lutut, wajib pake kaos dalem dan gak boleh ketat bajunya. Mau masuk mall gak boleh, karena ada larangan “anak sekolah pake seragam gak boleh masuk!”
    Pas liat foto2 dulu idihhhh.. muka beminyak2 hahahay. Beda banget ya ama ciwi2 SMU sekarang yang pergi dan pulang sekolah masih tetep fresh mukanya dan wangiiiiiiiiii. Apa mereka mandi dulu ya di sekolah? entahlaaaah😛

    • PERTANYAANNYA SAMA BANGET SAMA GUE!!! Gue juga ngebatin gitu bok pas lia. Lah UN aja baru kelar, nilainya belum ketauan, udah pede banget nih bocah2 main coret2an. KZL liatnya!

  14. Mbak Ira, SR ikutan komen boleh yaaa hihihi
    Jaman aku dulu pas lulus ya coret-coretan juga sih, tapi ya dipilih-pilih siapa yang yang boleh coret seragam, kalau dirasa ngga terlalu bermakna dalam hidup (tssaaah) ga aku suruh nyoret wakakakak. Lagian dulu rasanya kita coret-coretan itu, bukan langsung di baju yang dipake di badan, tapi bawa satu baju seragam yang udah jelek, nah itu yang dicoret-coret. Jadi baju yang dipake tetep bersih, pulang ke rumah ga diinterogasi😀😀 .. Tapi emang anak SMA sekarang gaya banget sih ya, kasian anak orang yg hidupnya pas-pasan yang benteng pertahanannya kurang kokoh, kebawa arus pasti😀

    • kasian anak orang yg hidupnya pas-pasan yang benteng pertahanannya kurang kokoh, kebawa arus pasti

      Nah itu dia, makanya sediihh.. No wonder skrg banyak anak SMA yang nyambi jadi PSK segala. Tujuannya cuma untuk memenuhi lifestyle. Miris deh😦

  15. Ahahahaha naik keretaaaaa…parah banget ya mba. Di dalem aja kaki ga napak, turun dr kereta baju basahhh ky abis disiram keringet. Kapok judulnya! Hahaha.

    Naik metromini, anak sekolah disuruh berdiri. Bayar cepek mau duduk?

    Etapi d angkatanku mulai ngetrend rok bego tuh, dan baju ala ala junkies. Tapi teteup sih ga ada yg berani pake rok pendek. Kalau coret2 kayaknya ga ada deh, soalnya pas hari kelulusan pas kampanye partai merah. Di meja piket aja tas dicek ada spidol/pylox atau ga. Jadi aku ga coret2.

    Mulai liat anak sma gaya pas aku kuliah d bandung, beda bener yaaa dengan anak2 sekolahku. Hahahaha. Tapi ya anak sekarang memang jauh lebih banyak gaya.

    • Eh lo pernah naik kereta juga yak? Hahahaha.. Hadeh itu penuhnya udah kayak kaleng sarden. Tapi enak gak pake macet, jadi cepeettt😀

      Pas gue dulu kayaknya sempet ada coret2an tapi biasa2 aja sih. Lebih memorable pas coret2an di buku tahunan hahaha..

  16. Kalau aku malah ngiri sama anak-anak sekarang. Aku dulu pakai rok minian dikit (suwer dikiiitttt aja) langsung dipanggil kepala sekola dan dikasih rok pengganti yang panjang abis😐.
    Tapi jaman dulu selain duit jajan mepet juga belom banyak makeup2an sih ya. Aku kok nggak inget merk perawatan kulit hits jaman SMA. Pol mentok Belia sama Clean n Clear😀

    • Samaaa! Aku ingetnya cuma Belia, Puteri (yang iklannya KD), Clean n Clear dan Biore.

      Skrg mah, wuidihhh.. Mau produk apaan aja, dari negara mana aja, ada. Bikin iriiii dan ngerasa beruntung gak lahir skrg. Kalo lahir skrg, bisa gak laku bok hahaha😀

  17. Huaaaa.. Keluar juga tulisan ini Mbak Iraaa.. Hahahaha,… Sempet geleng-geleng kepala deh. Jaman saya dulu dari ratusan anak sesekolahan cuman ada 1 yang gayanya begini banget. Jaman 16 tahun lalu di Surabaya dan ybs jadi kembang sekolah banget. Itupun udah bikin cowok-cowok pada *ilang sinyal. Gak kebayang kalo saya se jaman sama mereka deh. Hahaha.. (>.<)
    Etapi temen saya juga bajunya gak seketat ini dan belahan roknya juga masih gak tinggi banget jugak sih

  18. Halo tante/mbak Ira. Duh aku bingung mau panggil apa hehe. Biasanya SR nih, tp karena bahas ini aku jadi ingin komen hahaha.
    Aku lulus SMA 2011, dari SMA negeri di Jaktim. Pas zamanku dulu sih hits nya nge-lawan peraturan rok sekolah, jd yg sekolahnya diwajibkan pake rok rempel pada pake span, trus yg harus pake rok span jd pakai rok rempel (duh jelek amat rebel nya haha). Kalau baju pada dikecilin trus ga pake kaos dalem dan bh nya warna-warni biar nyeplak:/ gila banget, tapi semua itu jd semacam patokan it-girl gitu ckckck. Untung aku nggak gitu kalau ngga sekarang nyesel. Seingetku dulu pas abis UN, polisi patroli ke sekolah-sekolah hahaha dan udh ada sosialisasi sebelumnya. Nah liciknya, anak-anak gaul ini ganti cara selebrasi, gak pake konvoi dan coret2an, tp bikin party di club malam gitu, sampe segala ada undangan ‘vip guest’ buat after party khusus buat pentolan2 paling gaul setiap sekolah. Kalo ga salah tahun lalu sampai masuk berita deh ada acara semacam ini yg diprotes sekolah gara-gara nyatut nama sekolah dan video promo nya di upload di youtube, masuk berita deh hahahahaha.
    Aku sih dulu nggak mau ikutan karena waktu itu selebrasinya road trip ke pantai di garut. Tapi adik aku yg baru lulus dapet undangannya nih. Lagi bingung gimana jelasinnya kalau hal-hal yg kayak gt gak guna tp tanpa seperti ngelarang-larang. Soalnya dari pengamatanku teman2ku yg pergaulan SMA-nya kayak gitu rata-rata they’re going nowhere, sampai sekarang socmed-nya cuma penuh sama selfie dan foto di club, sementara yang biasa aja sekarang udh s2 di luar, atau ngejar passion mereka. Emang gak semua sih, tapi aku lihat itu di teman-temanku sendiri. Tapi adikku tidak mau dengaaar haha susah😦
    Maaf yaa panjang sekali komennya😦 tp ya semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat yg sudah jadi orang tua. Soalnya dulu temenku ada yg pacaran udah sosor-sosoran tapi kalau pergi ke acara-acara semacam itu sama pacarnya kadang disetirin sama………..ibunya.

    Pusing aku.

    • Halo Gaby,

      Jangan panggil Tanteee.. Gue berasa tuwir banget soale, hahahhaa. Panggil Mbak aja, gpp koq🙂

      Hmm.. Untuk adiklo itu emang agak susah ya. Karena di umur segitu, biasanya jiwa rebellious lagi keluar. Dan solidaritas ke temen lagi tinggi2nya, plus pengen eksis juga. Jadi kalo lo larang, pasti gak bakal ngaruh sih karena dia akan tambah penasaran.

      Menurut gue, bolehin aja, tapi tetep harus dikontrol. Bokap nyokaplo minta untuk ajak adik ngobrol dari hati ke hati, kayak yg nyokap gue lakukan dulu. Dulu sih gue sering clubbing dll pas udah kerja, tapi karena nyokap bolak-balik negesin bahwa “Mama udah kasih kepercayaan sama kamu, tolong jangan diciderai kepercayaan ini ya.” Alhasil gue gak tertarik untuk macem-macem, entah itu drugs, mabok atau lainnya.

      Jadi intinya sih, tanamkan rasa percaya ke adiklo. Biasanya sih kalo gitu, Insya Allah dia gak akan sampai hati melukai rasa percaya itu. Gutlak yaaa🙂

  19. Jaman aku dulu udah rok ngatung sih tapi gak seketat sekarang. Sama krn dulu alaz*r jd baju otomatis dikeluarin sama kacing buka dua 🙈 Kan ketutup jilbab hahhaha.. Tapi rambut sama make up mah boro deh.. Pake lipgloss agak kinclong dikit aja di ceng2in..
    Btw jangan salah mba iraa, gw pernah liat kok anak sma dengan rambut badai di metromini.. Gw selalu penasaran itu ga kepanasan yaa? Rambut panjang terurai ga dikuncir..
    Dulu aku pas ada pengumuman lulus baru bawa baju paling lusuh buat di ttd sama temen2 bajunya ga dipake.. Lah ini baru selesai uan udah pada coret2 konvoi gt..
    Sama pikiran kita alhamdulillah ga seangkatan sm merekaa aku papasan di mall sama anak sma aja suka minder hahahha

  20. Foto terakhirnya bikin ngakak!!!😆

    Aku juga bangga lahir di tahun ’90an mbak, maap2 aje ye anak(-anak) cwe zaman skrg survival kitnya kurang. Lah gimana mau bertahan hidup kalo kadang2 keluar rumah teriak “panas” pdhl aktivitas memang kebanyakan di luar rumah hmmm

  21. Ya mbak beda bgt sama jaman SMA. anak jaman SMA skrg, kece dan gaul abis kaya artis deh, pas jaman SMA ku gaul itu ya dari merk tas atau sepatu gt, kaya trend nya billabong roxy , rambut bayo (bonding), udah deh, teteup gaisa makeup di skolah. apalagi pp pake kendaraan umum, pagi2 udah ribet ngurusin ngejilid makalah dll . Makanya ngeliat anak SMA skrg sumpah aku ngerasa minder deh, makeup dan perawatan rambut mereka udah jago, lah kenal full makeup ajah jaman kuliah😀

  22. Kalo sekolahnya di sekolah gue, mau dari 50 tahun lalu sampe sekarang juga sama, Ra. Sama cupunya. Boro-boro muka pake make up, bisa dihajar sm kepsek hahaha. Jaman kita dulu juga mulai parah gini kok, ketat-ketat, mini-mini. Intinya mah dari jaman ke jaman, orang kegenitan tetep aja kegenitan.

  23. idem mba.. aku juga generasi jadul🙂 saking jadulnya klo liatin fotonya sekarang aku kok culun banget yaa hahaha
    btw, salam kenal ya🙂 I love your writing style🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s