#MenujuKinclong2016 : Travel Edition

Salah satu hobi gue adalah traveling. Alhamdulillah, pekerjaan gue sebagai jurnalis mengakomodir hobi itu. Jadi ya lumayan lah ya, bisa jalan-jalan gratis, dan dapet pengalaman baru di tiap trip.

Saat ini, gue kan lagi punya program memperbaiki tata cara merawat kulit demi #menujukinclong2016 ya. Tentu aja, segala perabot skincare pun tak boleh dilupakan selama traveling. Tapi, biasanya gue gak melakukan ritual sepanjang biasanya selama plesir sih. Jika biasanya kalo malem ada 13 steps, pas travel paling cuma 7-8 steps lah.

Apalagi kalo traveling dengan agenda yang padat merayap. Daripada gak dapet momen sunrise misalnya, lebih baik nge-cut skincare routine kan? Yang penting, dua hal esensial gak boleh lupa, yakni double cleansing dan sunblock.

Untuk membawa produk-produknya, gue memilih tiga metode ini selama travel. Here they are:

IMG_20160311_074225_1457676027142

*produk-produk yang gue bawa pas ke Belitung kemarin, untuk nonton Gerhana Matahari Total bareng beberapa blogger. Will write about the trip, ASAPπŸ™‚ *

1.Pilih travel size atau trial kit

Skincare travel size biasanya mirip-mirip sama trial kit. Rata-rata dikemas dalam kemasan plastik macam botol atau jar yang bisa ditutup kembali. Jadi bisa dipake ulang untuk lebih dari 2 trip yang pendek-pendek. Tiap kemasan berisi 5-30 ml, sesuai jenis produknya.

Favorit gue adalah starter kit Hada Labo. Harganya murce, sepaket cuma 30ribuan. Eh isinya lengkap pula untuk basic skincare. Mulai dari face wash, lotion (hydrating toner) hingga milk (moisturizer).

Jadi, starter kit-nya Hada Labo ini selalu hadir di dalem toilletries pouch gue yang khusus untuk traveling. Sebelum gue mulai program sadar skincare pun, starter kit ini udah siap sedia tiap gue traveling. Enakeun sih, gak rempong dan gampang dibeli dimana-mana. Plus, kebetulan cocok pula di kulit gue.

Oh ya, starter kit Hada Labo gak hanya cocok untuk dibawa saat traveling. Sesuai namanya, starter kit ini juga pas untuk mereka yang pengen ngejajal dulu sebelum membeli.

2. Bawa dalam kemasan kecil-kecil

Ini biasanya untuk produk kecintaan yang gak ada travel size/trial kit/sample size-nya. Jadi terpaksa deh dikemas ulang dalam jar/botol plastik. Jangan lupa dikasih label nama supaya gak lupa isinya apaan.

Kalo gue, suka gak sempet beli kemasan plastiknya. Trus gue dayagunakan deh kemasan-kemasan travel size/trial kit yang isinya udah abis. Gue cuci bersih dan kocok dengan air panas lalu dikeringkan, dan isi deh dengan produk baru. Again, jangan lupa dikasih label supaya gak lupa isinya apa.

3. Beli sample size

Ini sesungguhnya adalah cara yang cihuy banget. Soale, sample size skincare biasanya berisi produk sedikit-sedikit, yang tujuannya emang buat contoh. Jadi si pemakai bisa ngerasain produk untuk waktu pendek, sebelum memutuskan untuk beli atau gak. Tiap kemasan dikemas higienis. Kalo mau pake, tinggal robek kemasannya, dan dipake deh.

Tapi, kalo untuk short trip yang less than a week, kadang nyebelin juga kalo bawa sample size, terutama yang kemasannya sachet-an. Bukan apa-apa, sayang banget jika masih ada sisanya.

Kayak kemarin nih pas ke Belitung, gue kan bawa sample size Skinfood Black Sugar First Serum. Karena cuma 3 hari 2 malem, satu sachet gak habis. Trus gue bawa balik ke Jakarta. Begitu sampe rumah, isinya udah tumpah ruah sampe gak ada yang tersisa di sachet-nya. Hiks.

Selain itu, saat ini, banyak sample size skincare yang berisi produk palsu. Kenapa? Sebab peminatnya banyak. Terus, memalsukan skincare dalam sample size itu jauuuhh lebih gampil dibanding memalsukan skincare dalam full size. Soale, mereka cuma modal cetak sachet aja kan. Kalo bikin produk full size yang palsu lebih rempong karena harus bikin botolnya dan kemasannya sedetil mungkin.

Gue sih masih punya beberapa stok skincare dalam sample size di lemari. Tapi kayaknya kalo udah abis, gue males beli lagi deh. Serem ah, mending pake kemasan isi ulang atau beli trial kit di supermarket aja.

IMG_20151218_081815_1450425063215

*contoh sample size Sulwhasoo Herblinic dan Missha + sulwhasoo Sunblock*

Yak segitu aja yang bisa gue tulis tentang skincare selama traveling. Ada saran lain kah? Mau dong dikasitau. MakasiihhπŸ™‚

 

6 thoughts on “#MenujuKinclong2016 : Travel Edition

  1. Hai Ira, pas banget! Hari ini kita pada liburan jadi semalam sy packing ini itu. Pas lg packing skincare; sy pas ada juga itu hada labo yg starter pack! Utk cleaner lotion sy bawa sm botolnya krn size nya OK gak gede banget & sekalian bisa dipakai utk bersih2 sun block fullbody, sedangkan utk cairan toner, sy tuang 2 toner di 2 botol kecil nya Bodyshop yg sebelumnya udah dibersihkan. Sy ga bawa cream cream yg ribet sih cukuplah paket yg hada labo hydration gitu & tak lupa sun block. Thanks Ira! πŸ˜ƒ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s