Mecin Oh Mecin

Pas lagi browsing-browsing beberapa hari lalu, gue nyangkut di artikel ini dan ini. Isinya mirip lah, kira-kira tentang apakah sebetulnya MSG berbahaya atau hanya sekadar mitos. Karena penasaran, gue baca sampe habis deh.

Inti artikel itu sih sebenarnya sama dengan apa yang pernah gue baca tentang MSG atawa mecin sejak bertahun-tahun lalu. Meski dituding sebagai biang penyakit, kebodohan, penyimpangan kepribadian, dll dsb, sesungguhnya belum ada hasil riset yang jelas-jelas bilang bahwa MSG itu berbahaya. Kalopun ada, biasanya hasil risetnya itu dilakukan dengan memberi tikus/hewan lain MSG dalam dosis yang luar biasa gede dan gak masuk akal.

Bahkan ditengarai, isu MSG ini sebenernya ada muatan politisnya segala. Rempong yes?

Baca itu gue pun manggut-manggut sambil bernafas lega. Maklum yah shay, gue termasuk salah satu orang yang gak bisa kebal kalo diajakin makan makanan ber-MSG. Gue sulit banget menolak tawaran snack penuh mecin macam ciki or citato, atau makanan di resto Chinese food yang menjadi cikal bakal munculnya istilah Chinese Restaurant Syndrome untuk menyebut sindrom keracunan MSG. Juga jajanan-jajanan kaki lima yang biasanya bertabur MSG.

Untuk anak, gue juga gak mengharamkan makanan ber-MSG. Nadira udah kenalan sama fried chicken resto maupun fried chicken franchise lokal sejak umur 3-4 tahun. Snack-snack ber-MSG juga dia suka. Indomie juga doyan, gara-gara bapaknya pernah kasih itu pas gue lagi ke luar kota, zzz…

Tapi semuanya gue tetep batasi sih. Gak boleh tiap hari makannya yang mecin-mecinan. Maksimal seminggu sekali aja.

Kenapa gue bolehin? Yaabes gue juga suka, kak. Kayaknya gak fair aje kalo gue ngelarang anak, padahal gue-nya asik-asik melakukan itu hahaha..๐Ÿ˜€

Trus, gue teringat masa kecil dulu. Menurut nyokap, waktu kecil gue itu susaaahhh banget makan. Picky eater abis deh. Cuma satu yang gak pernah gue tolak, yaitu indomie rebus + telor *tutup muka*

Sampe-sampe, bokap yang super khawatir bawa gue ke dokter anak dan menanyakan, apakah ada yang salah pada diri gue. Jawaban dokter gini: “Anaknya sehat-sehat aja koq. Mie instan itu gpp dimakan, asal nggak setiap hari. Jangan lupa untuk berikan protein seperti telur, serta sayuran supaya gizinya terpenuhi.”

Trus, gue juga hobi banget makan Chiki, terutama rasa ayam. Saking hobinya, makan nasi pun lauknya Chiki juga *ampuni Ira Ya Allah*

Alhamdulillah, pas gede, gue gak jadi bloon-bloon amat. Padahal stereotipenya, kebanyakan makan mecin itu bikin bloon kan yaaa… Dan gue masih hidup sehat walafiat nih meski waktu kecilnya dulu cinta mecin.

Apologi gue lainnya, kayak yang ditulis dalam artikel di link di atas, “If MSG is so bad, why doesn’t everyone in Asia have a headache?”.

Bahkan, kalo diperhatiin lebih lanjut, orang Jepang dan Cina pinter-pinter lho. Padahal dari kecil mereka udah dijejelin mecin. Kesehatan orang Jepang, yang notabene merupakan negara penemu MSG komersil pertama, cukup prima. Tingkat obesitas anak-anak sekolah di Jepang hanya meningkat sebanyak 0,1%ย  pertahun dalam kurun waktu 1976-2000. Artikel lengkapnya bisa dibaca di sini .

*perubahan tingkat obesitas di anak usia sekolah pertahunnya di beberapa negara dunia. Sumber: International Journal on Pediatric Obesity*

Selain itu, MSG sendiri banyak terkandung secara alami di berbagai bahan makanan kayak keju, tomat, dan rumput laut. Bahkan, ASI pun ada MSG-nya.

Alasan-alasan tadi, pengalaman pribadi serta artikel di link di atas cukup membuat gue lega lah. Waktu awal-awal Nadira lahir, gue emang rada ekstrem menjalankan policy no MSG di makanan yang dia asup. Tapi semakin dia gede, gue semakin lenient.

Apalagi, dari berbagai jurnal dan artikel kesehatan yang gue baca (plus pengalaman pribadi), cmiiw nih ya, yang lebih bahaya justru gula. Banyak penyakit yang bersumber dari gula, terutama diabetes. Banyak anak kecil yang kena diabetes dari usia dini karena kebanyakan minum susu yang mengandung gula tinggi maupun jajan makanan bergula tinggi.

Jadi, kalo belanja di supermarket, terus terang gue rempong banget bacain kadar gula di makanan yang mau gue beliin untuk Nadira. Untuk MSG, ya sekali-sekali gpp lah. Kan asik bisa ngemil ciki bareng ibu dan anak, hahaha๐Ÿ˜€

Anyway, tulisan ini murni pendapat pribadi gue sebagai orang yang awam dengan bidang kesehatan ya. Kalo menurut temen-temen gimana?

39 thoughts on “Mecin Oh Mecin

  1. Kayaknya sedikit micin sih oke lah mba. Kayaknya kepinteran nya anak tergantung dia rajin/engga nya belajar dan tergantung yang ngajarin๐Ÿ˜€
    Gue sih gak bisaaa hidup tanpa micin mba, iiih gak enak banget tuh. Asal gak lebay, rasanya sih kita perlu menikmati hidup toh?๐Ÿ˜‰

  2. mbaaaa… akupun suka makan chiki rasa ayam PAKE NASI… hahahaha
    aku juga suka citato,,, tapi kenapa yaaa abis makan langsung pusing… hahaha
    tapi tetep dibeli seminggu sekali buat temen nonton TV kalo libur dirumah.

  3. Aku juga selalu masak diberi micin atau royco,dan sejak kecil masakan mama selalu ada micin nya, sama kayak Ira, justru lebih takut gula, suamiku lidahnya sangat sensitif ama gula yg ada dimasak kan. Krn menurut pakem nya yang manis tuh kue bukan sayur asem atau tumis kangkung, jd deh aku batal ganti micin dengan gula garam,…dan setuju deh ama pendapat dikoment sebelum, boleh micin asal jangan kebanyakan. Makan tanpa micin membuat depresi,,, bener khan…untung nya aku ndak doyan cemilan sebangsa ciki dkk juga indomie dkk, tp syusyah pantang kastengel yg renyah…n dark coklat yg pake gula…lha podo wae..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    • Kalo aku, kaldu2an diganti pake kaldu jamur Mbak. Itu lumayan sih. Kalo royco kan asin ya. Kalo kaldu jamur gak asin, cuma enhance flavour dan kasih rasa enak gitu. Mereknya Totole.

  4. Iraaaa, aku waktu kicik gak picky eater aja kalo ada indomie telur jelasss milih indomie telur, itu dulu menu di rumah kami pas tanggal tua Ra, indomie telur pake nasi dibagi sekeluarga, tiga hari berturut turut tanggal menuju gajian makan malamnya pasti itu hahaha. Ya jangan jangan kalo dari kecil kau makan makanan organik kau udah jadi pengganti Sri Mulyani, Ra ihik. Aku sih pecinta kripik/chips dan segala jajanan bermecin-berminyak dan hail to chinese food, tapi kalo ke anak emang gak pernah sengaja beliin si cecikian dan indomie (anyway, aku tak menganggap chinese food (yg gak halal) mecinan tuh, sorry ya kita denial tingkat tinggi menurutku kalo masakan udah ada babinya gak usah dimecinin —–>padahal katanya udah berbabipun tetap dimecinin hiks), Ra, ahahaha bukannya curang tapi ya itu ngejaga karena di luar rumah biasanya semua aturan makanan kulonggarkan. Indomie di rumah is no, tapi aku bilang kalo ke rumah ompungnya/tulangnya atau temen bapakmamaktetangga ditawarin indomie, ya silahkan makan. KFC juga gitu. Nah di siniiii, setiap makan keluar ya Burger King dan KFC dan MacD. Karena itu yang paling murah kakaaak hahaha jadi emang tak konsisten sungguh menyesuaikan keadaan

  5. Sama Ra. Suami gw lebih rempong urusan gula drpd msg. Apalagi baru aja dia ntn dokumenter ttg gula. Beuh langsung deh razia gula di seluruh rumah ๐Ÿ˜ž. Samapun buat makanannya Jo. Waktu pulkam kmrn, ribet banget nyari bubur bayi yg kadar gulanya rendah. Yg lain mah ga diliat. Yg penting gulanya berapa gram. Lol

    • Ih emang bener koq Be. Di berbagai penelitian, yang lebih jahat itu emang gula dibanding mecin. Paradigma mecin jahat itu katanya bikinan orang2 bule yang khawatir dgn serangan makanan dari Asia๐Ÿ˜€

  6. Intinya sih semua hal di dunia ini yang berlebihan gak bagus. Makanya harus dikontrol penggunaan msg nya.

    Tapi kalo masak ga pake msg tuh jadi kurang sedep ya makanan hahaha.

  7. kalo menurutku sih gpp asal ga berlebihan krn kan smua makanan jg kalo berlebihan pasti ga baik,hihihihi anakq pun aq kasi cemilan berMSG skali2 aja, biar perutnya terbiasa jg,takutnya klo ga prnh sama skali nti malah gampang diare kalo tiba2 makan di luar. soalnya anak tmnku gt๐Ÿ˜€

    • oiya bersambung,hahaha lupa๐Ÿ˜€
      soal gula,anakq justru g mau makanan manis.satu2nya manis yg dia mau es krim,slain itu jajanan apapun g mau manis.bahkan susu dia full cream tanpa gula.dan aq justru khawatir soal ini.kok anak kecil g mau manis.huhuhu jd bdnnya kecil๐Ÿ˜€

    • Iya Mbak. Apalagi aku bukan orang yang telaten. Kalo pergi ke mal or rumah sodara, ya makan di situ aja, males bawa bekel. Nah kalo perut anak gak terbiasa kan jadi repot emaknya, hihihi..

  8. gula+garam sbenernya yg lebih berbahayaaa…bukan promosi produk tp beneraaan org sering salah tangkap mencerna informasi2 kesehatan, kadang sediiiih hehehe

    • Iya bener Nin, dari berbagai jurnal dan literatur kesehatan pun isinya emang gula dan garam yang lebih berbahaya drpd mecin. Tapi propaganda mecin itu jahat lebih kuat tertanam kayaknya ya.

  9. aku juga suka mecin2an, aduuh kalau ada lidi2an, basreng, maicih suka gak nahan buat nyomot. bahkan jaman piyik dulu pernah nyemilin sasa. nah kalau skrg setiap masak mesti pake royko,, cuma 1 bungkus yang harganya 500perak itu bisa buat 2 minggu bahkan lebih.

    • Astagah nyemilin sasa!!!!๐Ÿ˜†

      Aku royco ganti sama kaldu jamur totole Mbak. Soale royco kan asin tuh, kalo totole nggak asin. Agak mirip sm kaldu kotaknya Maggie lah rasanya.

  10. orang jepang penemu mecin tapi belum tentu mereka konsumsi kan? mereka bikin buat di export. hahaha.

    yah yang penting emang jangan tiap hari lah. kalo sampe gak makan sama sekali juga susah kali ya, karena kan kalo makan di restoran rata2 pasti pake mecin.๐Ÿ˜€

    sebenernya mecin apa micin sih?๐Ÿ˜› *gak penting*

    • Tapi kaldu jamur/dashi yg jadi makanan sehari2 orang Jepang itu isinya mecin semua lho Man. Mecin alami emang, yang jadi sumber inspirasi si produsen Ajinomoto bikin pabrik mecin. Jadi kalo lo bilang orang Jepang produksi mecin tapi gak konsumsi, errr.. Gak juga sih. Apalagi processed food dan makanan di resto yang murmer. Silakan baca di sini deh, ada rekomendasi dari warga lokal ttg apakah makanan di Jepang mengandung MSG atau gak?

      http://www.chowhound.com/post/eating-tokyo-msg-691171

  11. bahahahak kok sama sih mba, makan nasi pake ciki…tapi aku yang rasa keju x))))
    tapi emang bener sih gak boleh tiap hari ya makannya๐Ÿ˜€

  12. Gw sempet baca buku ‘Salt Sugar Fat: How the Food Giants Hooked Us’ (by Michael Moss), di sana dipaparin bahaya dari tiga zat tersebut yang banyak ditemukan di processed food, sampai ‘jahatnya’ strategi marketing food industries dan kalo gw tangkep, gula itu emang yang paling jahat (pendapat bias sebagai fans berat MSG). Dan kalau udah ‘kecanduan’, detoks dari makanan asin itu masih lebih mudah daripada yang manis.

    Kadang udah kebayang, pas tua nanti mungkin gw ga kena diabetes tapi kenanya darah tinggi. Ya gimanaaaa, mana pulak sekarang banyak bertebaran semacem basreng, kripik setan, dkk :’)))

    • Dan gue pernah nonton film dokumenter ttg bahaya gula, diceritain oleh seorang profesor ttg eksperimennya ke tikus. Jadi, tikus2 ini udah dikasih gula dan suka banget. Dikasih kokain juga dan suka banget. Nah suatu hari, mereka dikasih dua kotak, yang 1 isi gula, yg 1 isi kokain. Mereka semua pilih yg isi gula dong. Artinya, gula itu lebih adiktif dibanding kokain. Serem banget deh!๐Ÿ˜ฆ

  13. Lebih jahat gula daripada micin sih๐Ÿ˜€
    Eniwei, kalau mamakku dulu aku gak boleh makan chiki dan sejenisnya setengah jam sebelum makan, alasan dia sih biar aku nggak kenyang duluan, padahal setengah jam sebelum waktu makan kan laper-lapernya ya… klo makan chiki bisa abis 2 bungkus, trus kenyang malah gak makan… tapi apakah masakan mamakku bebas MSG? Tentu tidak… ajinomoto idolaku-lah… hahahaha…
    Makin gede, makin banyak referensi, di situ aku tau klo MSG sebenernya cuma booster rasa aja, ngaruhnya cuma kalo kebanyakan, bikin haus dan tekak sakit. Rasa yang sama kalau misalnya kebanyakan nambahin garam+gula sebagai pengganti micin. Dan sekali lagi, menurut penelitian lho ya, gula (terutama dalam makanan kemasan udah jadi) itu lebih sulit diproses oleh tubuh ketimbang micin atau garam.

    • Hahahhaa.. Jadi sebenernya alesan nyokaplo gak kasih makan chiki bukannya krn mecinnya ya Tjep, tapi karena takut anaknya kekenyangan sblm makan nasi๐Ÿ˜€

      Iya bener, setau gue mecin kalo dlm jumlah appropriate gak bakal ngaruh apa2 sih. Kalo kebanyakan baru tuh bikin haus dan tenggorokan sakit. Gue malah pernah sampe sakit lambung gara2 pas laper, trus makan chitato dan chiki2an dalam jumlah buanyak. Rasanya gak enak banget di perut, sampe mual dan perih๐Ÿ˜ฆ

  14. Kayaknya utk segala sesuatu di dunia ini sifatnya relatif & berskala (1-10) mbak, ga langsung absolut benar (1) atau salah (0). Termasuk MSG ini. Kalo kataku sih tergantung takaran aja, jangan berlebihan. Hanya diri kita yang tahu seberapa banyak kebutuhan kita, kan. Ga cuma makanan, tidur itu baik tapi kalo kebanyakan bikin jadi malas, minum itu baik tapi kalo kebanyakan yaaa ngana pikir aja๐Ÿ˜†

  15. aku pecinta keripik2an Ra, udah dibilangin gak boleh pun tetep aja sembunyi2 makan huhaha tapi abis itu aku batuk2๐Ÿ˜ฆ sami mawon.

    Eh yang soal HD kemaren thanks ya infonya

  16. Mbak Ira, gw pecinta ciki2an and friends! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Buat anak gw lumayan kenceng pada awalnya, tapi akhirnya pas udh 3 th yaaa makan kaefci juga tuh hihihi.. Yaaabess emaknya juga suka makan, ntar dia protees gimanaaa dong.

    • Hahahaha.. Toossss ah Dil! Apalagi kalo udah sekolah, yaelah banyak banget perayaan ultah di skul yang goodie bag isinya ayam Kaefci atau McD. Gimana anak gue bisa kuat gak ikutan makan?๐Ÿ˜€

  17. Salam kenal Mba Ira, blognya asik nih. Kok aku baru nemu yaaa? Wahaha
    Sama deh tentang mecin dan MSG ini. Dari kecil Ibuku kalo masak mecinnya segambreng. Mecin yang ajinomoto itu lho Mba๐Ÿ˜„.

Leave a Reply

