Menuju #Kinclong2016

It’s been 3 months since I started using and practicing Korean skincare routine, religiously. Just like I wrote before, skincare was not really my thing, back then. And how I wish I could change it now that I know how awesome the result is if you’re taking a really good care of your skin.

When I first started, I tried to keep my expectation low. Gak ngarep banyak lah. Apalagi, pengetahuan gue akan skincare sama minimnya sama pengetahuan gue tentang financial. Pertama mulai ikutan, pasti nyontekin ritual orang mulu dehπŸ˜€

Di sinilah fungsi gugel amat membantu. Banyak review para beauty blogger/instagrammer kondang yang bisa diandalkan, asal kita rajin baca-baca. Mereka juga baik banget karena suka nulis skincare routine, dan produk-produk apa yang bagus untuk pemula. Contohnya, go check Amal’s blog here . Hati-hati keracunan yaπŸ˜€

Plus, gue juga punya beberapa temen yang khatam banget soal skincare dan sangat membantu. Jadi lumayan kan ada hotline tanya-tanya kalo cluelessπŸ™‚

Oh ya, seperti layaknya newbie, pasti pengennya ngelengkapin semua koleksi yang direview para beauty gurus yekaann. Padahal, berat di ongkos dong cyin. Dikit-dikit belanja, dikit-dikit belanja, bisa bolong kantong.

Sampe sekarang gue juga masih gitu sih. Tapi lama-lama tau selahnya juga. Intinya mah pengendalian diri aja kali ya. Jangan tiap kali ada produk baru, langsung dibeli. Boncos juga kalo gitu. *lirik antrean skincare yang belum dicoba*

IMG_20160205_113055

*dua dari empat produk di atas belum dicobaΒ  X__X *

Awalnya, berhubung gak terlalu ahli di bidang perskincare-an, gue suka bingung apakah semua rutinitas perawatan kulit ini ngaruh/gak sama kulit gue. Mungkin karena gue ngaca tiap hari ya, jadi kurang notice perubahan yang ada di kulit.

Makanya gue suka kagum sama para beauty blogger yang ngereview produk A/B/C setelah beberapa saat dan menuliskan efeknya dengan detail. Gue mah cuma paham kalo produk X bagus/gaknya berdasarkan jerawat yang dihasilkan setelah gue pake. Kalo gak jerawatan, berarti cocok. Kalo jerawatan, berarti kagakπŸ˜€

Untuk mengatasi itu, gue terinspirasi metode ala-ala beauty blogger kawakan. Yakni, gue beberapa kali motretin kondisi kulit gue as a reminder.Β  Entah dalam kondisi jerawatan maupun lagi dalam kondisi lumayan.

Nah, kemarin pas buka-buka hape, gue baru sadar bahwa gue punya foto pipi kiri gue saat lagi ada cystic acne alias jerawat batu, sun spots, dll dsb, tanggal 11 Des 2015. Waktu itu gue motret karena mau konsultasi ke @irawatysarah via whatsap dan minta saran produk yang kudu gue beli di lapaknya, @beningbersinar.

Setelah liat foto itu, gue ngaca dan perhatiin kondisi pipi kiri gue lagi. Wah, koq lumayan berubah ya kalo dibandingkan dengan foto yang gue jepret bulan Desember tahun lalu. Gue foto lah pipi kiri gue sekarang, dan jembrengin sebelahan sama foto pipi kiri dua bulan lalu.

Wow, magic! Begitu ditaro sebelahan, langsung keliatan bahwa mukjizat itu nyata. Meski bekas jerawatnya gak hilang 100% (masih ada noda dikit) tapi kondisi kulit gue sekarang jauh lebih baik. Pori-pori keliatan rapet kayak perawan, sun spots pada mulai menghilang, PIH memudar, dan warna kulit jadi lebih terang. Happy!

PhotoGrid_1456194624427

*kemarin di Instagram dan Facebook kebetulan gue salah posting foto. Hahaha.. Maaf ya, aing salah motret pipi. Tapi tetep aja, IMHO, foto yang bener tetep menampilkan hasil perawatan kulit rutin*

Kalo ada yang tanya, produk apa aja yang dipake? Uhmmm, lumayan lah. Sebagian pernah di-posting di sini. Seiring berjalannya waktu, gue nambahin beberapa produk. Di antaranya adalah serum OST C20 (brightening), Mizon AHA/BHA Toner (regenerating skin) dan Tosowoong Propolis Ampoule (hydrating and soothing). Masih ada lagi sih tapi gue lupaπŸ˜€

Kuncinya apa supaya dapet kulit yang lebih baik? Menurut gue sih cuma satu, yakni konsistensi alias ketelatenan. Kalo lo pake produk yang mahalnya luar biasa tapi pakenya sekali-sekali doang, ya gak bakal ngaruh kali ya. Lebih baik pake rangkaian produk affordable namun berkualitas kayak Hada Labo yang dipake secara konsisten dan rutin.

Trus gimana kalo males? Ya monggo aja. Your skin, your decision. Tapi kalo kulitlo keriput dan kering, kusam, atau justru jerawatan gak kelar-kelar, jangan ngeluh ya. Ibarat kata, pengen langsing tapi koq tiap hari makan fast food dan males olahraga. You’ll get what you deserve, ok?

Just like Caroline Hirons said:

If you would spend more on shoes, handbags, lipstick, jeans or fashion in general than you would on high quality skincare – you will be a sixty year old woman (or man) with a vintage wardrobe and a face like an alligator.

Sekian postingan siang ini. Sebenernya nulis ini sebagai self note. Sehingga, jika suatu hari nanti mulai males-malesan merawat kulit, gue harus baca ini dan jadi inget lagi kenapa gue mulai rajin merawat kulit. Adios!

 

17 thoughts on “Menuju #Kinclong2016

    • Mulai dari double cleansing dan sunblock, Jo. Itu dulu awalnya, abis itu baru pake toner dan pelembab. Selanjutnya baru deh merambah ke yg lain2. Btw, kalo mau, gue saranin sih beli trial setnya Hada Labo dulu. Murce koq, cm 30rb-an isinya face wash, toner (disebutnya lotion) dan moisturizer (disebut milk). Kalo sunblock, wardah lumayan oke dan murmer, atau Biore Aqua oke tuh. Gutlak ya!πŸ™‚

  1. Akupun keracunan HadLab berkat blog mu Mba ☺ tp sygnya di kulit ak yg badak ini gak bpengaruh, pdhl smp nambah essence nya yg ktnya ciamik. Bgitu liat foto hsl compare mu ini lgsg gedebugan ambil notes trus ngelmu ke beningbersinar.. Alhasil pusing πŸ˜…

  2. Akoh mau kulit kinclong kek kamu mba… Aku dr tahun lalu udah double cleansing, pake moisturazer dll dsb keknya ga ngepek poripori jadi rapet deh. Dark spot asa makin keliatan. Mungkin salah step or ga cocok kali ya mba produknya. Aku campur2 sih produknya ada hadalabo, tbs, sama l’oreal. Udah berniat nanti abis lahiran mau coba produk yg mba pake, mudah2an bisa jadi kinclong kaya mba jugak hihihi

    • Amiinn. Tapi emang semasa hamil kan kulit suka bermasalah karena hormon. Meski ada juga yg jadi kinclong karena hormon juga. Jadi pasrah aja deh, yang penting bersih dan dirawat ya maakk. Sehat2 terus sampe brojol yaaaπŸ™‚

  3. Pingback: #MenujuKinclong2016 : Travel Edition | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

