Anak Sakit Tetap Sekolah?

Banyak ortu yang keukeuh anaknya tetep sekolah meski lagi sakit karena berbagai alasan sbb:

1. Gak mau ketinggalan pelajaran.
2. Supaya anak disiplin/menjaga rutinitas harian anak.
3. Sayang dong udah bayar SPP mahal tapi anak libur terus.
4. Di rumah gak ada yg jagain.
5. Supaya ada aktivitas krn kasian anak di rumah mulu pasti bosen.
6. Dll.

image

Sejujurnya, gue pun ada lah perasaan seperti di atas. Misalnya yang nomor 4. Maklum gak ada ART cyin hahaha.. 😅

Selain itu, karena sekarang Nadira udah SD, alasan nomor 1 juga jadi sedikit concern untuk gue. Sebab gue tau bgt rasanya ketinggalan pelajaran gara-gara sakit dan absen sekolah. Beteee banget pasti. Temen-temen sekelas udah ngerti pecahan, tapi karena gue sakit dan absen, jadi ketinggalan deh *curcol*

Tapi, gue berpikir dari sisi yang lain. Kalo gue maksa anak yang sakit untuk tetep sekolah, kemungkinan akan terjadi beberapa akibat sbb:

1. Anak trauma sekolah.
Lagi lemes, pusing dan butuh istirahat tapi dipaksa sekolah itu gak enak tau. Kita yang tua aja kalo lagi flu berat tapi harus kerja, rasanya teler bgt kan? Pasti ngomel-ngomel koq bos tega banget sih sama anak buah. Dll dsb.

2. Menulari anak-anak lain di sekolahnya.
Ini nih yang sering gak dipahami oleh ortu lain *lirik MIL sendiri*.  Sekuat apapun effort yang kita lakukan sbg ortu untuk menjaga kesehatan anak, tetep gak guna kalo ada temen sekelasnya yang lagi HFMD tapi tetep masuk skul, yekan? Belum lagi kasus penyakit lain yg gampang nular kayak sakit mata atau diare. Pengen jitak ortu-ortu yang inconsiderate ini deh!

3. Ngerepotin guru.
Jadi guru untuk pendidikan usia dini itu luar biasa ribet ya. Karena mereka gak hanya bertugas mengajar materi skul, tapi juga sekaligus membantu pembentukan kepribadian anak, dll dsb. Nah, kalo ditambah ngurus anak yang sakit, kasian kan. Konsentrasinya buyar dan susah fokus.

4. Merampas hak anak lain untuk belajar.
Baca point no 3 dan 4 di atas ya.

Jadi, ya begitulah. Dari PGTK, prinsip ini gue terapkan ke Nadira. Hasilnya, langsung diprotes MIL yang berprinsip, anak sakit gpp sekolah supaya belajar disiplin. Maklum, tiger mom level super hehehe… 😅

Sekarang pas Nadira SD, masih tetep gue terapkan konsep ini sih. Alhasil, semester pertama kemarin aja dia izin sakit sampe 7 hari karena 2x sakit. Yang pertama karena HFMD. Yang kedua karena muntaber.

Untunglah, ketakutan gue akan point no 1 gak terjadi. Nilai rapor Nadira lumayan lah. Gak malu-maluin. Jadi semua protes MIL bisa dibungkam deh 😁

Oh ya, selain mengisolasi anak sendiri pas sakit, gue juga bikin pengumuman di Whatsap Group ibu2 temen sekelas Nadira. Bukannya lebay pengen dikasih ucapan semoga cepet sembuh. Tapi gue kasitau supaya ortu lain waspada dan perhatikan anak masing-masing.

Karena, bisa jadi Nadira tertular dari temen sekelasnya. Dan, bisa jadi pula masih ada korban tertular lainnya. Pada umumnya, sekolah jadi tempat penularan penyakit paling sering karena aktivitas anak-anak berpusat di situ. 5 hari seminggu atau lebih, kurleb 5-8 jam perhari.

Oh well that’s just my 2 cents. Untungnya, setelah baca kanan kiri, salah satunya di sini, opini gue ini ternyata gak salah-salah banget.

So mommies what do you usually do when your kids are sick? Do you allow them to go to school or not? Share yaaa๐Ÿ™‚

image

34 thoughts on “Anak Sakit Tetap Sekolah?

  1. Kalo mnr ku ya harusnya sakit jgn masuk sekolah (sama kayak kalo kita sakit jgn masuk kantor) krn bikin sakitnya menyebar kalo nular. Apalagi anak2 yg lebih sering ketularan akibat apa2 suka dipegang. Masalah ketinggalan pelajaran, pasti bisa dikejar, lha ada org yg kuliah ketinggalan 2 thn aja bisa nyusul kok masak ini masih pendidikan dasar dan cuma bbrp hari ga bisa dikejar.

    • Bener Nop. Makanya gue gemes banget dulu di TK Nadira, ada anak kena HFMD eh masuk sekolah demi bisa ikut acara kartinian. Yang ada abis itu, langsung mewabah di skul deh, ZZZ..๐Ÿ˜ฆ

  2. Aku larang masuk, mbaaaa. Pusing dikiit aja aku larang. Kalo takut ketinggalan pelajaran dll, biasanya aku kirim WA ke wali kelasnya. Nanya, tadi diajarkan materi apa saja? Trus, aku deh yang jadi guru pengganti

    • Nah itu tuh bener Mbak Nurul. Kmrn juga Nadira aku gituin sih, meski ngajar anak sendiri itu koq perjuangannya warbiyasak ya. Lagi sehat aja tantangan, gimana pas dia lagi sakit yg lbh rewel? X_X

  3. Luke belum sekolah sih…hahahaha, jadi ya bolos ama emaknya sekalian hahaha. Jadi inget ya waktu masih sekolah dulu…kalau sakit tapi tetep masuk tuh bawaannya pengen lipet kaki, angkat di kursi trus sandarin kepala di meja…zzzzzzzz๐Ÿ˜€

  4. Kalo anakku krn sehari2 di daycare jd dg terpaksa ak ttp masukin daycare mba kl sakit..huhuhuhu. Emang sih merasa bsalah sm anak2 lain, tp gmn juga ya.. Tp terkecuali kl anaknya udah lemes atau panas tinggi gak mgkn juga ak bw ke daycare. Kadang kl skt di rmh tu malah kebawa2 manja, kl di daycare krn bnyk tmn, bnyk kegiatan jd keringetan dan lupa skt..sorenya jg segeran.. *emak egois* *maapkeun*

  5. Bener, mendingan emang kalo anak sakit jangan dipaksa masuk. Selain kasihan dan anak anak trauma, gak enak juga kan kalo nularin anak lain. Baru kemarin keponakan ketularan sakit mata dari temennya di sekolah. Gemes deh, harusnya orang tua yg anaknya sakit mata lebih considerate ya๐Ÿ˜ฆ

  6. Tergantung sakitnya klo aku mba iraa, anakku sekolah tk dideket kalimalang yg debunya lagi betebaran gegara diuruk jadinya memicu alergi debunya kambuh. Jadinya meler & batuk, bukan meler batuk sampai gimana juga sieh, cuma batuk sekali sekali atau tau tau meler githu. Awalnya gak aku sekolahin karna pikir emang flu bukan alergi, seminggu masuk seminggu enggak berlangsung 3 bulanan tuuh kaya githu, alhasil ketinggalan pelajaran banget, plus anaknya jadi nyaman dirumah, susah disuruh sekolah. Sekarang aku tetep sekolahin, secara batuk & melernya cuma diskul dirumah enggak, plus karna alergi jadi gak nular anak anak lain. Klo aku ikutin prinsip anak sakit gak boleh sekolah, bisa bisa anakku gak sekolah sampe kalimalang selesai di bangun dong. Jadi liat liat sakitnya juga sieh.

    • Nah iya kalo gitu kyknya gpp deh. Di link yg aku sertakan kyknya ada ttg kapan anak harus izin gak sekolah dan kapan tetep bs masuk. Jd gak pukul rata kalo sakit dikit hrs absen gitu, cmiiw.

  7. Aku bu guru ikut komen ya

    Sering case anaknya dah muntah dari rumah tp ttp diskolahin…akhirnya sampe skolah makin parah. Huhuhu…

    Kita kalau anaknya nyampe kelas, pas mereka greet kita, skalian raba tangannya or dahinya demam apa nggak. Lalu ukur suhu dan kita suruh dijemput kalau emang diatas 37.

    • Nah kan, ayo ibu2, ini bu gurunya komen niihhh..๐Ÿ™‚

      Iya setuju Jo. Bahkan dulu pas SARS mewabah, di Spore anak yg temperatur tubuhnya di atas sekian, disuruh pulang kan. Drpd nularin temen2 sekelasnya. Kalo di sini cm bbrp skul kayak skul lo aja ya yg nerapin itu.

  8. dirumah aja….kita aja yg udah gede sakit disuruh kerja rasanya gimana gitu..apalagi anak2 ya..eh tapi aku pernah cacar baru beberapa hari dirumah disuruh boss masuk kerja ada kerjaan urgent, sekantor gak ada yg mau deketin..setelah kerjaan kelar pas cacarnya mau mengering, minta libur seminggu sama big boss dengan alasan takut nularin teman2.alhamdulillah gak ada yg ketularan diktr..

  9. kalo saya mah anak sakit ya ga sekolah sampe dia sembuh, lagian masih kelas nol kecil ini๐Ÿ˜€ makanya sebel banget sama orang tua yang ngebiarin anaknya tetep sekolah walo sakit/belum sembuh bener, kan jadi nularin ke anak-anak lain.. malah pernah ada tuh yang bikin penyakit mewabah satu sekolah kudu diliburin seminggu, cuma gara-gara ga tega denger anaknya ngerengek pengen sekolah padahal masih sakit..

    itu juga makanya kalo anak saya sakit, saya selalu pasang pengumuman di grup WA sekolah, supaya juga ibu-ibu lain tau anak saya sakit apa, jadi kalo yang merasa menulari semoga sadar huehehehehehehe…๐Ÿ˜€

    • Nah itu, di TK-nya Nadira dulu pernah wabah HFMD gara2 ada ortu yg ngizinin anaknya ikut acara di sekolah padahal lagi HFMD. KZL banget deh, karena meski Nadira gak ketularan, tapi temen2nya banyak yang kena.

  10. Menurut gw juga seharusnya ga masuk ya Ra kalo anak lagi sakit yg punya potensi nular ke yg lain. Tapi kl berdasarkan cerita temen2 gw yang udah nitip anaknya ke daycare/tk.. Yg sakit tetep aja masuk loh. Jadi kalo anak masuk dagis, udah harus siap tiap bbrp minggu sekali anak sakit karena ketularam temennya. Trus sampe rumah nularin ibu bapak dan adeknya.. Abis itu muteeeer aja terus.

    • Iya emang gitu Be di sini. Kalo di luar mungkin lebih ketat ya, tapi kalo di sini mah susah. Gue sempet mikir positifnya, imunitas anak jadi teruji dengan ketularan sakit di saat kecil gini. Tapi kalo nular bolbal ke seluruh keluarga, dan gak sembuh2, ya puyeng juga kaan๐Ÿ˜ฆ

  11. Tergantung kadar sakitnya, Ra. Ada sekolah yg emang kalau sakitnya kayak flu gitu2 (doang), mendingan tetep masuk, kayak sekolah gue dulu, or else ketinggalan pelajarannya malah bikin sakit lebih parah huahahahaha. *ini ga becanda*. Tapi kalau pas TK or SD, kayaknya mending lindungin temen-temennya juga secara imun anak yg msh kecil-kecil itu kan beda ya sama org dewasa.

    • Kalo udah gede kayak SMP-SMA sih emang biasanya tetep sekolah Le, meski lagi sakit dikit. Kalo sampe harus istirahat atau opname, baru deh izin. Karena kalo udah gede gitu, anak biasanya mulai takut ketinggalan pelajaran dan ketinggalan ranking. Gue dulu pas kena tifus zaman SMP malah nangis disuruh istirahat sm dokter karena takut nilai turun, hahaha..

  12. Sama kl lg sakit jgn dikasih main keluar rumah dulu…..ada tuh anak tetangga sakit cacar msh pada bopeng sebadan, malah asik melenggang main2 ke rmh orang. Issshhh….langsung gw usir suruh pulang.

  13. Alasan no. 3 nggak berlaku di sekolah Keenan, Ra. Baru aja 2 minggu lalu diomelin gurunya sebab Keenan nggak masuk hampir seminggu karena batpil. “Now we have to start all over again because he was absent too long,” katanya. Bisa dimaklumi sih, karena dia baru mulai sekolah awal Januari jadi baru mulai settle. Tapi kan kasian liat anak belum 3 tahun batpil harus sekolah, mana tiap hari lagi hihihi.

  14. Oh, pas telpon ngabarin ke sekolahnya kalau Keenan sakit dan nggak masuk, kepseknya malah bilang, “Oh, itu biasa, anak baru masuk sekolah emang biasa kena batuk pilek. Nggak apa-apa. Nanti juga lama-lama kebal sendiri.” Mantaaap :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s