Review: My Current First Cleansers

Yang baca postingan terdahulu, pasti tau kalo saat ini gue lagi praktikin cara merawat kulit the Korean way. Yakni, skin care yang terdiri dari beberapa langkah, bahkan bisa lebih dari 10 langkah sekali waktu.

Tapi, untuk urusan double cleansing, sebenernya gue udah praktikin jauh sebelum ikutan Korean skin care routine. Soale, kalo cuma pake cleansing milk/oil aja, asa kurang bersih gitu. Jadi tetep kudu dicuci lagi pake facial wash.

Nah sekarang, di meja rias, gue punya 4 first cleansers yang terdiri dari 4 varian berbeda. Ada cleansing oil, cleansing balm, cleansing water dan cleansing milk. Harga dan mereknya juga beda-beda.

IMG_20160108_175703_1452499874728

Kemarin, gue kepikiran mau bikin review iseng-iseng. Tentunya review cleansing products gak lengkap tanpa foto before after dan result-nya kan. Jadilah wiken lalu, gue iseng nyobain beberapa makeup gue dan membersihkan dengan 4 first cleansers yang gue punya.

Untuk review ini, gue pake alat uji coba berupa Kiko Matte Muse Liquid Lipstick no 06, L’oreal Gel Liner in Black, NYX Tame & Frame Brow Pomade in Chocolate, Essence long lasting eye pencil in Blue dan Kiko Intense Liquid Eyeliner Coklat. Semua produk ini waterproof ya.

IMG_20160108_175601_1452499843916

IMG_20160108_175738

*dari atas ke bawah: Kiko liquid eyeliner, essence eye pencil, NYX tame & frame brow pomade, L’oreal gel liner dan Kiko Matte Muse Lipstick*

Yuk mari kita bahas satu persatu:

1.Hada Labo Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Ukuran: 100 ml

Harga: Rp 67 ribu di Watson’s

Buat gue, ini bukanlah cleansing oil pertama. Dulu gue pernah punya Muji tapi karena waktu itu belum ngeh banget sama teknik double cleansing, gue cuma pake bentar dan hibahkan ke adik gue. Trus sekarang nyesel karena koq Muji susah didapet dan mihil yak😦

Untuk Hada Labo cleansing oil, buat gue performanya oke. Bahkan ini jadi cleansing oil favorit karena gak bikin kulit gatal/iritasi/jerawatan/berminyak/dll, bersih dalam menghapus makeup, gampang dipake, hemat karena a little goes a long way, dan harganya murmer *penting*.

Yang jadi minus cuma satu, nyarinya rada susah. Dulu, di Superindo, Care4, dan SPM lain mah available. Sekarang, kayaknya cuma ada di Watson’s deh, itupun gak semua gerai ada. Alhasil tiap ketemu, gue pasti langsung beli untuk nyetokπŸ˜€

Biasanya gue pake beberapa encrutan *bahasa apapula ini. Tapi pada ngerti kan ya?* trus taro di telapak tangan. Lalu kedua telapak diusapkan hingga cleansing oil agak hangat. Baru deh dioleskan ke kulit wajah+leher yang dalam kondisi kering (!). Lanjut di-massage selama 1-2 menit sampe semua makeup bersih.

Kemudian, berikan sedikit air ke tangan, dan usapkan ke muka. Oil akan berubah menjadi emulsi dan lanjutkan massage selama beberapa detik. Setelah itu, basuh wajah dengan air (kalo bisa sih air hangat tapi gue males, jadi pake air biasa aja). Atau bisa juga dilap pake waslap hingga bersih. Hasilnya, kulit terasa bersih tapi gak kering/ketarik gitu. Enakeun lah.

Selama ini, gue selalu pake Hada Labo cleansing oil cuma untuk membersihkan sunblock, BB cream, bedak, blush on, dan pensil alis aja. Kalo untuk eyeliner dan lipstik biasanya gue pake eye makeup remover sendiri.

Tapi dalam eksperimen kemarin, gue pake cleansing oil ini untuk membersihkan makeup mata dan bibir di tangan. Hasilnya, hilang semua. Tapi untuk Kiko Eyeliner susaaaaahhh banget! Kudu dikosrek-kosrek lama baru hilang. Kiko lipstick dalam ujicoba ini hilang. Tapi kalo in real life, di bibir agak susah hilangnya. Makanya gue tetep lebih suka pake eye makeup remover terpisah.

PhotoGrid_1452488594881

 

2. Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm

Ukuran: gue beli yang sample size, 10 ml. Yang full size sekitar 100 ml .

Harga: beli sample size di forum FD Rp 45rb. Yg full size, di sista-sista Instagram sekitar Rp 250rb – Rp 300rb.

Dari bentuknya, Banila Co ini mirip sama balsem yang suka dipake nyokap gue kalo pegel-pegel, hahaha.. Tapi begitu kita oleskan di kulit, konsistensinya langsung meleleh jadi mirip sama cleansing oil. Makanya, menurut gue, produk ini oke banget untuk dibawa traveling. Gak bakal tumpah dan bikin lengket seisi toilletries pouch kan. *menatap toilletries pouch gue yang kuyup karena ketumpahan Hada Labo Cleansing oil*

Gue naksir cleansing balm ini sejak baca-baca berbagai review para penggila Korean skincare and makeup. Trus penasaran. Tapi mau beli full size, takut gak cucok. Kebetulan, pas lagi buka-buka lapak beauty di Market Plz FD, ada yang jual sample size ready stock. Langsung deh gue beli.

Gue uji coba untuk bersihin makeup, eh oke juga cyin. Untunglah kulit gue gak sensitif sama mineral oil ya. Kalo yang sensitif, bisa jadi Banila Co clean it zero ini bikin break out karena ada mineral oilnya.

Cara pemakaiannya sama aja kayak cleansing oil sih. Di-massage ke seluruh kulit wajah dan makeup, lalu diperciki sedikit air, massage lagi, baru deh dibersihkan. Buat gue, hasil cleansing balm ini pun sama aja kayak Hada Labo cleansing oil. Sama-sama sulit menghilangkan liquid/gel liner. Makanya lebih enak pake eye makeup remover tersendiri. Hasilnya juga bikin kulit bersih tanpa berasa kering/ketarik.

PhotoGrid_1452488681163

3. Viva Green Tea Cleansing Milk

Ukuran: 100 ml

Harga: sekitar Rp 6.500

Pameo “ada harga ada rupa” menurut gue gak berlaku untuk produk ini. Lah gimana nggak? Viva cleansing milk has been around for ages and received positive reviews from beauty enthusiasts in the country. Dari zaman kecil aja, gue udah terbiasa ngeliat ini di meja rias nyokap. Gue pun pernah beberapa kali pake tiap abis dimakeup jadi pager ayu, atau acara-acara khusus.

Sekarang, variannya udah beragam jenis. Tapi rata-rata tetep oke sih. Kemarin gue pilih yang green tea karena ya cuma ada ini doang di Tip TopπŸ˜€

Gue jarang pake ini karena kurang suka efek pliket yang disebabkannya setelah gue selesai membersihkan muka. Biasanya, begitu sampe rumah, gue langsung bersihin muka pake first cleanser. Trus lanjut makan, bersih-bersih rumah dll, sebelum mandi dan cuci muka pake second cleanser. Nah, di jeda waktu antara first dan second cleanser itulah, gue ngerasa Viva bikin kulit berasa sumuk dan pliket. Hal yang tidak disebabkan oleh cleansing oil/balm/water. Mungkin karena cleansing oil/balm kan diakhiri dengan membasuh muka pake air ya.Β  Sementara cleansing milk gak.

Tapi untuk performa sih, jempolan lah. First cleanser inilah satu-satunya yang sukses menghapus Kiko eyeliner tanpa banyak cingcong. Awalnya sih kayak gak sukses ya. Tapi begitu di-swipe, cling, langsung hilang!

PhotoGrid_1452488761358

4. Kiko Cleansing Water

Ukuran: 200 ml

Harga: aduh lupa ya. Kayaknya dulu gak sampe Rp 150rb kalo dikonversi dari Zloty Polandia.

Gue baca tentang micellar water/cleansing water udah lama. Beberapa beauty expertsΒ  bilang, metode membersihkan wajah dengan micellar water adalah metode paling ciamik. Gampil, capcus, dan bersih-sih-sih. Yang awal mempopulerkan micellar water adalah para model dan makeup artist yang biasa menggunakannya dalam pemotretan atau fashion show.

Di Indonesia, merek yang heits banget adalah Bioderma dan Avene ya, cmiiw. Apalagi, micellar water ini juga lembut dan ampuh membersihkan makeup mata dan bibir yang waterproof, tanpa bikin iritasi. Laff banget deh review-reviewnya.

Pas ke Polandia dulu, sambil belanja lipen titipan, gue iseng liat-liat koleksi skincare-nya. Hasil gugling sih, banyak yang bilang Kiko skincare lumayan bagus-bagus. Nah, gue pun tertarik beli Cleansing water/micellar water-nya. Harga affordable, size pun gede. Kalo dibandingin sama Bioderma di Jakarta, waahh jauh beeng deh.

Pas gue coba sih, emang enak ya. Ngebersihinnya cukup paripurna lah, terutama untuk eyeliner or maskara waterproof. Tapi, ya jangan cuma selembar kapas dibasahin trus di-swipe-swipe aja cukup. Kalo mau bersih cling, ya kudu dilap bolak-balik sampe kulit bersih.

Metode ini, IMHO, emang enak banget dan hassle free. Trus, Kiko cleansing water ada wangi lembut yang gak nusuk hidung pula. Me likey!

Tapi, mungkin karena terbiasa ngebersihin muka pake metode massage-massage kayak cleansing oil dan milk, gue kalo pake micellar water suka ngerasa “hah koq gini doang sih?”. Jadi secara tanpa sadar, suka berasa gak bersih, hahaha.. Padahal pas gue uji coba di tangan, sekali lap, bersih semua lho!

Btw, untuk referensi, silakan baca blog-nya Caroline Hirons ini ya tentang Micellar Water. Intinya mah, jangan cuma rely on it as the only cleanser. Tetep kudu dilanjutkan dengan second cleanser, ceunah.

PhotoGrid_1452488805420

Tentunya, setelah first cleansers ini, gue lanjutin dengan second cleanser yang biasanya berupa facial wash. Currenty, I’m using 2 products from Hada Labo and 1 from Cetaphil *dipake dalam kondisi berbeda, gak tiga-tiganya dipake langsung yeee*.

Yah segitu dulu review abal-abal dari saya sebagai beauty blogger KW10. Ada yang punya first cleanser andalan lainnya? I’m open to any suggestions and recommendations, especially the cheap and effective ones *cheapskate banget ya hahahaha *

16 thoughts on “Review: My Current First Cleansers

  1. aku juga kalau untuk bersihin lipstik samma eyeliner gitu mendinng pake eye and lips make up remover sih mbak, lebih paripurna gitu bersihnya dan ga bikin kulit bibir kering

  2. Wow mamaci review nya mbak Iraaa.. Micellar water kalo aku boleh nambahin, coba yg Garnier deh.. Di indo udah ada belum ya? Tapi ini super ciamik! Udah murmer, keampuhannya sama persis sis sama Bioderma. Makanya sering dibilang ini dupe nya bioderma, dan emang dasarnya aku fans produk2 garnier sih hehehe.. Sekarang ada varian baru, garnier micellar water pure activ (utk kulit berjerawat) tapi aku blm coba sih..

    • Nah, kemarin baca2 Garnier micellar water ini katanya juara juga ya Mbak. Penasaran sih tapi so far di Indonesia blm ada euy. Kapan2 mau coba ah nitip temen yg di luar. Thx rekomendasinya yaaa..πŸ™‚

  3. sekarang mah cleanser andalan saya adalah minyak zaitunπŸ˜€ iya, yang merk bertollini itu yang buat di dapur.. hihihi.. ini cespleng banget ngangkat semua make up.. abis pake si bertollini baru deh pake pembersih…πŸ™‚ hasilnya kulit empuk kenyel-kenyel..

    • Nah, bener tuh Pit. Minyak zaitun adalah salah satu cleanser yg oke krn jarang bikin alergi. Hada Labo cleansing oil juga base-nya dari olive oil lho. Kapan2 gue mau nyobain juga aahhhh. TFS yawπŸ™‚

  4. waaah, penasaran ama yg hadalabo cleansing oil. Tapi aku malah kebalik, biasa bersihin muka pake kapas, klo cuma pijet2 pake cleansing oil malah berasa gak bersih. hehe. Cleansing water yg lagi setia banget aku pake si pixy cleansing express ijo. Gak pake alkohol, gak bikin kering, gak pedih di mata, ampuh bersihin muka, murah bingits

    • Mbak, setau aku, pixy belum ada cleansing water. Mungkin makeup remover kali ya, macam ovale yang sebelum dipake harus dikocok itu ya. Tapi itu oke2 aja sih, kayaknya bersih gitu ya MbakπŸ™‚

  5. selama ini blom pernah nyobain bersihin muka pake oil cleansing. Dan ga tau juga caranyaπŸ˜€
    Gue sekarang makenya ovale yang bengkuang, pas dipake sih emang bikin muka kayak ketarik gitu, tapi buru2 di templok ama mosituraiser biar ga kering..

    pas di review di mari, jadi pengen nyobain cleansing oil juga deh. Apa gue coba make double cleanser juga yak..#latahan

  6. Gue pake Bioderma. Biar irit gw beli yang ukuran 500ml harganya sekitar 280-an ribu. Menurut gw sih worth it banget karena ngga abis abis sampe sekarang.

  7. Aku pun double cleansing bbrp tahun terakhir ini. Skrg lg pake Muji, geday bgt yak 400 ml ga habis2. So far so good. Mau coba Hada Labo, kmrn liat di supermarket, lupa kalo ga Carrefour ya Lotte tp botolnya kecil amat yak, ga ada kemasan gedenya

Leave a Reply

