Better Late than Never (2)

Kalo melongok ke belakang, ada beberapa hal yang gue sesali di masa lalu. Penyesalannya bukan karena gue dulu pernah melakukannya. Tapi lebih karena gue tidak melakukannya dari dulu, saat usia masih 20-an tahun.

Hal-hal itu adalah:

  1. Mengatur keuangan
  2. Berolahraga
  3. Makan makanan sehat
  4. Merawat kulit

Nomor 1-3 Alhamdulillah udah mulai dilakukan, meski telat banget. Nomor satu pernah gue ceritain di sini. Sementara nomor 2 dan 3 di sini.

Nah, sekarang tinggal nomor 4 nih, yakni merawat kulit. Apalagi gue sesungguhnya paham bahwa, kulit itu kayak kanvas. Kalo lo pake makeup mahal tapi kulitnya jelek, hasilnya gak bakal sebagus makeup sederhana di atas kulit yang prima. Kayak quote ini nih.

Buat gue, merawat kulit ini PR banget. Dari masih ABG, sebenernya gue hobi nyoba-nyobain produk skin care remaja. Kayak produk Belia yang iklannya ada Cut Tari dan merek Putri yang bintang iklannya KD. Atau nyobain skin care punya emak gue.

Tapi terus gue ended up dengan sabun muka beli di warung or sabun bayi dan gak pake krim apa-apa lagi. Soale, dilarang bokap. Beliau khawatir kalo kulit gue bakal kayak kulit nyokap gue yang mudanya dulu hobi eksperimen skin care dan makeup. Pas dewasa, kulit nyokap pun geradakan gak mulus karena bekas-bekas jerawat di masa remajanya dulu. Jadi bokap ngelarang keras gue untuk eksperimen macem-macem sama skin care.

Jadi ya skin care gue gitu-gitu aja. Pernah iseng nyobain 1-2 produk Korea pas ke Korea dulu tapi males lanjutin di Jakarta karena harganya mihil (waktu itu belum kenal sama OLS kosmetik). Kalo kulit bermasalah, ya langsung ke dokter kulit deh karena khawatir pake skin care macem-macem.

Pernah juga pake Body Shop yang perasaan lebih efektif untuk cewek-cewek usia 20-an. FTE SKII juga pernah, tapi pas abis males beli lagi hahaha… Yang paling awet paling cuma Hada Labo, yang gue pake selama kurleb 2 tahun terakhir.

Nah, sekitar pertengahan tahun ini, gue mulai tertarik dengan Korean skin care lagi. Bukan cuma dengan 1-2 produknya aja kayak dulu, tapi dengan keseluruhan konsep perawatan kulitnya. Kenapa? Soale meski ribet bin rempong, tapi metode ini dipuja-puji para beauty blogger dunia. Gak hanya dari negara Asia aja, tapi juga dari blogger-blogger terkenal dari Amerika dan Eropa.

Yaabes, usia gue kan udah jauh dari kata muda ya, kak. Masa perawatan kulit gitu-gitu aja sih? Apalagi, kulit gue juga aslinya gak bagus-bagus amat. Kalo mau yang flawless, ya kudu dirawat dong. Usaha gitu.

Korean skin care rempong? Iyaaa, pake banget! Bayangin aja, masa merawat kulit aja sampe lebih dari 10 langkah. Bandingkan dengan skin care Barat yang cuma 3 langkah (cleanse, tone, moisturize, kayak Clinique gitu). Bahkan, artis-artis Korea kabarnya bisa pake skin care lebih dari 20 langkah setiap hari lho.

Tapi demi mewujudkan target kulit lebih bagus sebelum usia 40, gue pun menguatkan hati. Apalagi, meski berlapis-lapis, produk skin care Korea itu formulanya enteng dan gampang menyerap. Jadi gak bikin lama mengaplikasikannya.

Untunglah, niatan ini diakomodir banget sama @beningbersinar di Instagram. Awal follow, gue masih yang terbengong-bengong dengan jenis produk-produknya. Setelah transaksi lipen Kiko sama owner-nya Bening, @irawatysarah, gue akhirnya minta rekomen dia. Produk apa yang kira-kira pas buat gue.

*Kenapa gue tanya sama Ira? Silakan baca tulisan adik gue di sini, hasil wawancaranya sama Ira. Terbukti kan seberapa addict-nya dese sama Korean skin care. Plus gimana Korean skin care bikin kulitnya ciamik*

FYI, selama puluhan tahun, gue selalu merasa kulit gue itu normal to oily, acne prone dengan pori-pori menganga. Setelah ngobrol sama Ira dan baca-baca tentang konsep perawatan kulit versi Korea, ternyata kulit gue kayaknya dehidrasi deh.

Ini nih contekan dari Ira tentang Korean skin care step by step:

Screenshot_2015-11-22-01-21-15_1450424784067

Apakah gue udah melakukan semuanya? Belum lah. Bukannya males, tapi dompet yang membatasi *curcol😛 *

Lagi pula, sesuai saran Ira, untuk pemakaian produk baru, dilakukan satu persatu dengan jangka waktu tertentu. Jadi supaya ketauan kalo tiba-tiba jerawatan gak cocok, produk mana yang harus diberhentiin gitu.

Anyway, ini step by step skin care gue sampe saat ini ya. Masih jauh dari yang Ira share sih, sebenernya. Trus gak semua produk Korea juga sih. Karena Ira sendiri dan para beauty blogger luar juga memadu-padankan beragam merek. Sah-sah aja, sesuai kebutuhan dan kecocokan.

1.First cleanser

a. Eye and lips makeup remover

Gue sengaja pake pembersih makeup mata dan bibir sendiri supaya kebersihannya lebih sempurna gitu. Untuk langkah ini gue pake Maybelline Eye and Lips Makeup Remover. Menurut gue, ini jauh lebih oke daripada Body Shop punya.

b. Facial cleanser

Gunanya untuk membersihkan sunblock dan sisa-sisa makeup di kulit. Untuk sehari-hari gue biasanya pake Hada Labo Cleansing Oil karena enak diaplikasiin, bersih tanpa berasa kering, dan harganya terjangkau. Sayang, susah banget dapetin di pasaran euy. Alternatif yang gue punya untuk saat ini adalah Kiko Cleansing Water dan Viva Greentea Cleansing Milk.

IMG_20151218_081131

2. Second cleanser

Untuk saat ini, gue masih dalam edisi menghabiskan cleanser lama gue hehehe.. Ada tiga yakni Cetaphil Gentle Skin Cleanser, Hada Labo Tamagohada Cleansing Foam dan Hada Labo Gokujyun Moist Foam Cleanser. Untuk travel, pake Sulwhasoo sample size atau Hada Labo sample size juga,

Kalo menurut panduan Korean skin care sih, second cleanser ini harusnya punya pH rendah karena berfungsi menyiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya. Untung sih, pas gue ceki-ceki, ketiga pembersih yang gue punya, terutama Gokujyu Moist Foam, punya pH rendah.

Tapi namanya cewek, gue tetep kabita sama pembersih Korea asli. Ini lagi ngincer COSRX Good Morning Low pH Cleanser deh. Yang ramah di kantong aja, gak kuat kalo beli Sulwhasoo full size soale😀

IMG_20151218_081310_1450425015859

3. Booster/Pre-serum

Sama Ira gue dipilihin Sulwhasoo First Care Activating Serum (FCAS) sample size dan cocok. Enak deh, enteng, cepet terserap, wangi herbal yang manis dan melembapkan. Sayangnya, pas mau beli full size, eehh keburu titip FTE SKII sama Kiki.

Yawdah, FCAS, nanti ya kalo FTE abis baru aku beli full size-nya. Etapi, sebenernya pengen nyoba Missha First Treatment Essence juga sih. Soale banyak yang bilang itu bagus *galau sendiri*

IMG_20151218_080838_1450424950455

4. Hydrating Toner

Gue pake Shangpree Olive Virgin Toner atas saran Ira. Dan beneran enak deh. Wanginya lembut, cepet menyerap dan kulit berasa moisturized sesudahnya.

Gue juga masih nyimpen koleksi Hada Labo Lotion gue sih. Kalo di Hada Labo kan, Lotion = Hydrating Toner ya. Dan IMHO nih, emang beda rasanya. Kalo Shangpree langsung nyeresep ke kulit gitu. Kalo Hada Labo, agak lama meresapnya.

IMG_20151218_080959_1450424921529

5. Ampoule

Karena tergolong new comer di bidang Korean skin care, gue disuruh Ira pake Sulwhasoo Herblinic Ampoul. Fungsinya untuk sejenis detoks kulit gitu deh. Aslinya sih harus dipake 2x sehari, selama 5 minggu atau 35 hari berturut-turut. Untuk awal, gue diminta Ira pake selama 1 bulan dulu tanpa putus. Kalo cocok, lanjutin terus.

Tekstur Herblinic ini agak lengket, dengan wangi herbal yang manis dan enak di hidung, IMHO ya. Menurut gue, ini nih satu-satunya produk Korea paling lengket yang gue pake. Tapi gak berat koq, tetep enak-enak aja di kulit. Cuma emang butuh waktu lebih lama dikit untuk terserap.

6.Milk

Gue saat ini masih pake Hada Labo Gokujyun Milk sih. Sama Ira direkomen Scinic All in One Ampoule yang multifungsi, tapi barangnya belum ada. Rika juga nyaranin Scinic karena dia pake dan enak. Ih jadi gak sabar menanti kaann..

7. Day/Night Cream

Awalnya, Ira kasih gue 2 sample, yakni Mizon Vitalemon Calming Cream dan I’m From Vitamin Tree Watergel. Gue disuruh coba dua-duanya dan tentukan mana yang gue suka.

Meski si Vitamin Tree enak, tapi gue lebih suka Mizon Vitalemon. Formulanya kayak jeli, begitu diaplikasikan langsung meresap, bikin kulit adem, gak lengket dan ada bau lemonnya dikit. Bahkan, kalo produk-produk sebelumnya ada yang lengket (misalnya Herblinic), abis diolesin Mizon, langsung kulit berasa gak lengket lagi. Me likey!

8. Eye cream

Gue tau sih, banyak yang bilang bahwa krim mata itu cuma usaha produk kosmetik aja untuk nambah jualan produk. Bahkan dokter kulit langganan gue dulu juga bilang gitu.

Tapi, berhubung suka terintimidasi, gue pun khawatir sama kemaslahatan kulit mata gue. Lah Michelle Phan aja pake krim mata dari umur 15 tahun, makanya kece gitu. Berarti gue kudu pake lah, meski kualitas muka beda jauh😀

Untuk ini, gue direkomen produk Hera Intensive Eye Cream sama Ira. Enak deh. Wangi, cepet meresap dan a little goes a long way.

IMG_20151218_081815_1450425063215

*sesuai arah jarum jam: Mizon Vitalemon, Sulwhasoo, Missha dan OHui sunblock, Hera eye cream, Sulwhasoo Herblinic dan Hada Labo Milk*

9. Finishing steps

a. Sun block untuk pagi hari

Ini PENTING BANGET ya. Pokoknya, never leave home without sunscreen lah! Sebelum nyoba Korean skin care pun, gue udah lumayan rutin pake sunblock/sunscreen.

Sebelumnya, gue pake sunblock Wardah. Dulu sih gue gak ngerasa ada masalah ya dengan sunblock ini. Tapi begitu nyoba Kiehl’s Ultra Light UV Defense dan Missha All Around Safe Block, langsung ganti deh hihihi..

Soale, Kiehl’s dan Missha gampang banget terserap kulit, bikin kulit gak berminyak dan gak lengket. Plus broad spectrum pula, sampe SPF 50, sementara Wardah cuma sampe SPF 30.

Selain itu, gue masih punya Sulwhasoo dan OHui sih. Belum dijajal nih, jadi belum bisa review. Gue juga naksir sama Biore Aqua Sunscreen. yang belum sempet kebeli.

b. Sleeping mask untuk malam hari

Saat ini gue lagi pake COSRX Rice Mask, share in jar dari Ira juga. So far so good sih, gak lengket, gampang terserap dan bikin kulit kenyal. Begitu abis, gue masih ada Donkey Sleeping Mask, share in jar lagi dari Ira.

Rencananya sih mau beli full size COSRX. Kalo Donkey oke, mau beli juga ah. Begitu juga dengan sleeping mask lain *pusing sendiri*

Oh ya selain yang di atas, gue suka nambahin produk-produk ini secara berkala:

  • Exfoliation

Gue pake Alpha H Liquid Gold yang menurut Ira sih jauh lebih bagus daripada Sunday Riley Good Gene. Fungsinya mengangkat sel-sel kulit mati yang mengendap di kulit. Sederhananya, kalo menurut beauty blogger ini,  Alpha Liquid Gold ini metodenyanya ibarat nyuruh kulit nge-gym. Kerja keras dengan hasil yang glowing.

Cuma penggunaannya emang harus hati-hati ya. Kulit harus dalam kondisi gak dehidrasi atau kelelahan pas pake ini. Kemarin, gue nekat pake pas di Wakatobi yang notabene kulit gue terpapar sinar matahari gila-gilaan. Yang ada pulang-pulang, nongol jerawat sebiji.

Sekarang gue lagi istirohat dulu pakenya. Nanti begitu Herblinic abis, baru deh pake lagi. Untuk metode penggunaannya, cuma pake kapas dan di-swipe gitu. Untuk beginner, dua hari sekali selang-seling selama dua minggu. Selanjutnya, seminggu sekali boleh lah. Untuk lebih lanjut, silakan gugel yaa🙂

  • Jerawat

Nah ini baru banget dateng, COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid. Gue beli ini gara-gara jerawat kasus Alpha Gold plus purging pake Herblinic. Belum bisa kasih review karena baru mau dicoba ntar malem hehehe… Tapi kalo menurut review beautyblogger ini mah, COSRX Whitehead ini juara lah! Gak cuma untuk jerawat or whitehead tapi juga angkat sel-sel mati di kulit.

IMG_20151218_081500

  • Sheet Mask

Di Korea, gak sedikit lho cewek-cewek (dan cowok) yang sheetmasking tiap hari. Soale, sheet mask kasih hasil nyata sih. Abis sheet mask-an, kulit berasa kenyal dan moisturized banget. Empuk-empuk gimanaa gitu.

Sayang, harga sheet mask koq lumayan amat ya sis. Jadi daripada kantong bolong, sheet mask-nya seminggu sekali aja lah.

IMG_20151218_081920_1450425149322

*pas bongkar laci meja rias, nemu ini. Harta karun!*

Tuh, gak banyak-banyak banget kan skin care gue? Masih jauh lah ya sama Ira atau fans Korean skin care veteran. Aku mah apa atuh, cuma remah rempeyek dibanding mereka😛

Tapi so far, hasilnya lumayan sih. Temen kantor gue aja bilang kulit gue lebih cerah. Gue sendiri sekarang jadi seneng ngaca dan tepok-tepok karena terasa lebih halus *pelan koq tepoknya, kalo kenceng mah sadomasokis😛 * Padahal ini mulainya baru sekitar 3 minggu lalu lho. Mudah-mudahan semangat terus ya, mohon doa restu!

Proses pake skin care-nya juga gak ngerepotin koq. Cepet karena semuanya cepet menyerap. Kayak yang Rika bilang, sekalian bisa me time!😀

Next time harus melengkapi rangkaian skincare step by step ah. Sapa tau kalo gue pake 20 langkah skincare tiap malem, muka gue berubah jadi sekece Kim Tae Hee yaaa😛

*ya ampun kulitnyaaaa… Pengen elus-elus deh!*

P.S: Kemarin lupa kan nulis ini. Untuk pagi, gak semua step di atas gue lakukan. Yang gue lakukan adalah step nomor 2, 3, 4, 5, 7, dan 9 a. Untuk malem, lengkap semua ya, kecuali 9a.

31 thoughts on “Better Late than Never (2)

  1. Tiap ngeliat produk korea, cuma bisa ngeliat doang. Kulit aku mah kulit dokter mba. Ga bisa eksperimen kanan kiri karna gampang banget jerawatan hiks…padahal sesekali kan pengen nyobain:/

      • Iyaaa bener. Ke dokter kulit tuh udah mahal, antrinya naujubillah deh. Bisa dari subuh. Untung beli obat atau cream nya sih bs lebih cepet. Sekali pake obat/cream dokter suka susah pake cream lain. Kalo kayak erha yg di mall juga bs beli sih mending, kalo cuna ada di dokter nya aja ya peer banget hahahahah

      • Iya, dulu di dokter kulit langganan gue mau cuma beli obatnya pun tetep antri plus diperiksa dokter. Kan bokek plus lelah ya kak. Untunglah skrg bisa beli obatnya aja. Tapi ya tetep males krn antri lagi, antri lagi😦

  2. Aku jg lg ngrawat ni,smnjak hamil n lajiran,th yg lalu kulit jd jeleeeek bgt…skrh ud sbulanan treatment,tp pake yg base oil…cocok satu dan mnjadi maniak,beli lg botol2 oil yg manfaatnya beda2…en tiap hari sblm kerja maskersn putih telor hihi n bikin toner diy sff..plus sbulan skali facial microderm….yuk mari ngrawatttt spy tuanya kinclong

  3. Susah ih ngafalin urutannya mbak! Hehehe. Bikin video tutorial plis biar kita lebih ngerti😛 (pembaca rese). Kalo cleansing oil aku masih trauma nih, soalnya abis pake cleansing oil SKII malah break out parah, mgkn salah aplikasiinnya apa gmn ga ngerti huhu. Btw aku pake sheet mask tony moly jg enak!

    • Hihihi.. Aku mah cuma remah rempeyek kak. Baru belajar juga. Kalo bikin video tutorial langsung ditoyorin yang udah jagoan deh hahaha.. Coba aja search youtube “korean skin care routine”. Udah banyak yang di-share lho. Kalo SKII gak cocok, cobain aja produk2 Korea. Banyak yang lbh bagus lho🙂

    • Hihihi.. Jgn patah semangat pit! Mulai dr yg basic dulu aja. Utk pagi, cuma cuci muka, toner, moisturizer dan sun block. Malemnya double cleansing, toner dan krim malem. Cobain aja pk Hada Labo yg gampang ditemuin. Ada trial set nya jg koq. Lumayan utk mulain kan. Cemungudh! 👏

  4. Mbak Ira, aku kebetulan pake Alpha H Liquid Gold juga. Dari awal sampe sekarang aku pakenya dua malam sekali. Ternyata nggak tepat ya mba? Apa karena kandungannya terlalu keras? Aku juga ngerasanya sih di kulitku kurang ada perubahan signifikan setelah pake selama dua bulanan😦

    • Iya Mbak Riri, aku pakenya dua malam sekali, selang seling selama dua minggu pertama. Abis itu cukup seminggu sekali atau dua kali aja. Kalo keseringan nanti malah overexfoliate ya cmiiw.

  5. mbak Ira, salam kenal…kulit wajahnya bagus kok…aku melihatmu langsung di MKG pas ngantre tiket nonton (starwars?) barengan mbak Lita, Langit dan Nadira..
    #ga berani nyapa#SR#lah

    • Halo Mbak Fiska,

      Iihh kenapa gak disapa? Pasti menghibur banget deh, secara waktu itu gagal nonton The Good Dinosaur krn sold out tiketnya. Aww makasih ya pujiannya, aku GR. Next time bersua, sapa kita yaaa🙂

  6. Sulhwasoo bagus ya mba Ira? Aq klo produk korea baru nyoba Secret Key Starting Treatment Essence, sama masker dari Etude. Saking banyaknya produk korea ane jadi bingung sendiri, hahahaha.. Padahal udah suka Korea dari jaman kapan, tapi baru tertarik sama skin care-nya pas 30 *telat yee*😀

    • Bagus, dan Sulwhasoo ini masuk kelas premium. Jd harganya mihil bgt. Tapi emang kalo untuk yang masih muda atau kulit berminyak banget, dia bakal terlalu rich krn fokusnya untuk kulit aging or dry gitu. Kalo etude lbh ke umur 20-an deh kalo gak salah. Masih banyak produk korea lain yg bagus2 dan ramah di kantong. Di antaranya COSRX, mizon, dan benton. Cobain deh! *tebar2 racun😀 *

  7. Pingback: Review: My Current First Cleansers | The Sun is Getting High, We're Moving on

  8. wah, aku juga lagi perawatan pake acids step aha dan bha. tapi beberapa blogger bilang aha dulu karena bersihin bagian luar alias exfoliate permukaan baru bha. eh snail lady bilang bha dulu baru aha. puyeng aing. jadi aku pakenya selang seling dah sekarang aha besok bha daripada ketuker. favorite ku cosrx sama mizon.

    • Ih emaangg rempong ya urutan AHA dan BHA ini. Tapi kmrn gue baca2 ternyata gpp sih kalo ketuker2, atau sehari-sehari kayak yang kamu lakukan. Asal jgn overexfoliate aja. Itu baru gaswat krn kulit bisa ngamuukkk..

      • beneeer. yang namanya perempuan suka usil ada yg review bagus pengen coba. kemaren aku coba natural toner pake acv eh ngamuk langsung nih kulit. baru tau kalo acv tuh juga exfoliator. sul first activating serum nya favorit ibuku tuh dulu aku juga pake tapi sekarang lagi cintrong sama brtc first essence.

  9. Mb…saya tertarik kg ingin ganti skincare ke korean skincare. Byk yg bilang CosRX bagus. Pengen beli essence dan Rice Mask nya. Tp ragu2 kehalalannya. Klo mb tau bs tlg kasih tau saya produk CosRX yg halal. Terima kasih

    • Mbak kalo mau yg halal dan bersertifikasi, lebih baik pakai Wardah, Sariayu dll aja yang memang sudah punya sertifikat halal. Sebab, jangankan COSRX, brand SKII, Estee Lauder, Paula’s Choice, dll pun gak jelas kehalalannya karena memang dibuat oleh orang luar. Sori gak bantu ya🙂

  10. Mbak saya tertarik dgn produk CosRX. Tp ragu dgn kehalalannya. Pengen coba essence dan rice mask nya. Klo mb tahu produk CosRX yg halal..tlg diinfokan y. Terima kasih

  11. Halo Mba, seneng bgt nemu blog km!seakan dpt pencerahan hihi. Mba,boleh dong dishare skin care sewaktu hamil. Pasti berguna bgt. Nuhun ya Mba🙂

  12. Pingback: Menuju #Kinclong2016 | The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. Pingback: #MenujuKinclong2016 : Travel Edition | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

