Review: Kiko Matte Muse Lipstick

Tadinya mau nulis sesuatu yang rada serius tapi trus pusing sendiri. Jadi untuk menghibur diri dan hati, mari kita posting yang enteng-enteng aje ye.

Kali ini, gue mau bikin review lipen terbaru di deretan koleksi lipen yang akoh punya. Namanya Kiko Matte Muse Lipstick. Lipen ini hasil belanja pas ke Polandia bulan lalu, yang bikin gue ikrib sama Jeng Marta van Warszawa sang SPG Kiko Cosmetic.

Gue tau merek Kiko dari adik gue. Kebetulan dia punya lipen Kiko yang dia cintai banget. Kiko atau kepanjangannya Kiko Milano adalah produk kosmetik aseli Italia yang harganya murah meriah. Meski begitu, kualitasnya oke punya cing. Dia gak cuma bikin makeup tapi juga skincare yang rata-rata ciamik.

Makanya di jagat perkosmetikan, Kiko banyak dipuja-puji sama para makeup lover. Review-nya pun bertebaran. Sayangnya, rata-rata review ditulis dalam bahasa Italia. Yah, dulu gue cuma belajar bahasa Italia satu semester doang. Jadi mana paham juga isi review-an yang pake bahasa Italia gaol itu kan, hiks… 😨😨😨

Anyway, kayak yang gue ceritain di postingan kemarin, ceritanya gue dan adik gue buka PO Kiko Matte Muse Lipstick. Kenapa milih varian yang itu? Soale si Matte Muse ini varian terbaru dari Kiko. Kayaknya mereka mau ikutan ngeluncurin liquid matte lipstick kayak yang dilakukan produsen kosmetik lainnya. Dari baca-baca review sih, katanya oke banget. Jadi meski belum pernah ngejajal, kita pede aja lah buka PO. Dan peminatnya lumayan banyak. Gue aja sampe kaget lho, juga hepi ding 😚

Di gerai Kiko Cosmetic di Warsawa, gue akhirnya nyobain si Matte Muse ini untuk pertama kali. Warnanya mah cuma dikit, baru ada 6. Trus, Matte Muse ini masuk ke edisi Midnight Siren yang merupakan limited edition. Jadi kalo gue duga sih, liquid matte lipstick Kiko ini diluncurin secara terbatas, mungkin sekalian tes pasar kali ya.

wpid-img_20150929_184948.jpg*nomor 1-6 dari kiri ke kanan*

Here’s my take on the lipsticks:

1.Aplikatornya jempolan.

Aplikatornya sangat user friendly, pas di tangan dan di bibir. Jadi saat mengaplikasikan lipstik ke bibir, gue gak ngerasa susah meratakan dan memulas lipstick sampe ke sudut-sudut bibir. So far, ini aplikator liquid lipstick terfavorit gue deh. Gak usah pake brush bisa rapi jali!

2. Tekstur lipsticknya gak terlalu cair, dan gak terlalu kental. Jadi pas lah.

Gue sebel kan kalo tekstur liquid lipstick yang terlalu cair karena biasanya hasilnya patchy, kering dan warnanya tipis samar-samar. Kalo tekstur yang kental, biasanya susah diratain. Nah si Matte Muse ini perfecto. Bibir pun jadi gak kering deh.

3. Keringnya lama.

Menurut gue, lipen ini mirip kayak lipen sejuta umat, Borjuis Rouge Velvet Edition (BRVE) ya. Setelah diaplikasikan ke bibir, butuh waktu beberapa saat untuk lipennya set dan kering. Jadi di awal-awal, hasil Matte Muse bakal keliatan kayak lipstick glossy gitu. Ini keliatan di foto swatches yang gue iseng bikin di toko. Karena males nunggu lama, gue pake lipen, foto, apus, pake lagi, begitu trus. Alhasil bibir gue keliatan glossy dan kayak pake lipgloss karena Matte Muse-nya belum kering.

PhotoGrid_1447056317168*masih keliatan glossy-glossy gitu yah*

4. Warnanya opaque bingit.

Suwer deh, ini lipen dalam satu kali sapuan, langsung nutup warna bibir banget. Lopelope abis! Kalo dibandingin sama BRVE yang punya tekstur sama, wah jauh lah. BRVE mah IMHO warnanya kurang opaque. Supaya opaque kudu dilapis beberapa kali. Nah kalo Matte Muse sekali pulas langsung joss gitu *halah bahasanya*

5. Tahan lama tapi gak bikin bibir berasa terlalu kering.

Ini gue udah uji coba di tengah udara Warsawa yang bersuhu 5-15 derajat maupun di tengah udara Jakarta yang suhunya manteng di atas 30 derajat. Tetep deh Matte Muse juara. Luntur sih tetep ya, apalagi kalo udah dipake makan minum. Tapi palingan di bagian bibir yang kena makanan/minuman langsung. Bahkan tadi gue baca testimoni pengguna lipen ini di website Kiko, dia klaim Matte Muse tahan sampe 10 jam 😱

6. Susah didapet.

Sampe sekarang, Kiko Milano ini cuma baru buka toko di Eropa. Jadi baru bisa beli kalo ada yang buka PO atau ada sodara/kenalan yang ke Eropa dan bisa dititipin *ssst… Inget etika nitip yee*

7. Harga murmer

Di Kiko online shop versi UK, harga Matte Muse sekitar 6.90 GBP, atau sekitar Rp 140 ribuan. Kalo di sista-sista Instagram, rata-rata dijual di atas Rp 170 ribu.Β Harga ini tentu lebih murah daripada BRVE yang harganya di atas Rp 200 ribu kan. Menurut gue sih, untuk kualitas, mending Matte Muse ya. Sayang, pilihan warnanya cuma dikit.

Ya intinya, gue suka banget sama Kiko Matte Muse. Pas di Warsawa kemarin, gue cuma sempet beli sebiji yang nomor 06. Maklum, keribetan sama titipan, jadi gak fokus sama diri sendiri.

Untunglah beberapa minggu lalu temen geng arisan, Rindy, buka titipan terbatas khusus Kiko karena sohibnya lagi ke Eropa. Yawdah gue titip aja yang nomor 05. Ini ngikutin saran Asia, SPG Kiko di Warsawa yang gue akrabin selain Marta. Asia bilang, Matte Muse 05 itu lipen HG-nya dia. Warnanya mirip 06, tapi lebih pink dan lebih light.

Untuk warna 01-04,Β  gue belum terlalu minat beli. Abis warnanya pinky dan merah doang. Mungkin kalo kelak Matte Muse nambah koleksi warnanya, baru deh akik mau nambah lagi 😎

Sebagai penutup, mari kita tampilkan poto akika dengan lipen Matte Muse no 05 dan 06 ya. Silakan di-skip kalo gak mau eneg 😆😅😝

PhotoGrid_1447056003426*kiri no 05, kanan no 06. Gak ada yang diedit supaya warna keliatan, yang berakibat jrewi ikut eksisπŸ˜₯ *

23 thoughts on “Review: Kiko Matte Muse Lipstick

  1. mbak kalo dibandingkan ama purbasari color matte bedanya gimana?
    sungguh aku tak paham membedakan lipstick 25 rebo dan 150rb.

    kemaren beli yang BRVE tapi bikin bibirku kering

    • Hihihi.. Mbak Doena jujur amat sih. Jd inget meme lipen 50rb vs 500rb 😁 Kalo menurutku, dari tekstur, jenis dan tingkat ketebalan warna emg beda. Jd gak bs dibandingin apple to apple. Tapi personally, aku lebih sering pk purbasari krn cepet aplikasinya. Kiko (dan liquid lipstick pada umumnya) butuh ketelatenan spy rapi di Bibir. Utk tekstur sih, Kiko beti sm BRVE. Cuma kiko lbh tahan lama drpd BRVE maupun purbasari.

  2. Pingback: Review: My Current First Cleansers | The Sun is Getting High, We're Moving on

  3. dear mba iraaa…apakabr??
    kern2 yach mba warna-nya…. btw kalo utk face mjd fresh n cerah ada ngga mba dr merk tsb…
    thanks a lot mba….

    foto2 makin keceh dech,,,ahayyy

Leave a Reply

