Hilangkan Bentol dengan Cara Alami

Ngomongin nyamuk kayaknya gak abis-abis deh rasa kesel gue. Soalnya, selain ganggu dengan bunyinya yang nguing-nguing, dan bisa menjadi perantara penyakit mematikan, nyamuk juga bikin gatel dan bentol yang merusak pemandangan.

Gue pengalaman banget lah dengan gatel dan bentol karena digigit nyamuk. Untung sih, tipe kulit gue bukan yang sensitif banget sama gigitan nyamuk. Jadi bekas gigitannya nggak sampe bikin kulit luka dan meradang. Tapi tetep aja nyebelin karena bekas-bekas merahnya buanyaaak dan kalo garuknya over excited, bisa menimbulkan luka yang agak lama sembuhnya.

Berbekal pengalaman dan hasil tanya kanan kiri, akhirnya gue dapet beberapa cara menghilangkan bentol atau bekas gigitan nyamuk. Yang gue pilih adalah cara-cara alami sehingga relatif aman untuk kulit bayi, anak-anak maupun mereka yang berjenis kulit sensitif.

Beberapa pernah gue praktikkan sendiri, tapi beberapa lagi saran dari temen-temen yang kayaknya menarik karena gampil bingit. Here they are:

1.Minyak Kayu Putih/Telon/Tawon

Ini biasanya gue olesin kalo gigitan nyamuk baru aja terjadi, masih fresh gitu. Jadi masih gatel banget kan yaa. Minyak kayu putih cukup sukses mengurangi rasa gatal sehingga keinginan menggaruk pun lumayan hilang. Paling joss sih menurut gue kalo pake minyak tawon. Apalagi kalo yang asli dari Makassar tuh. Mantep!

2. Kentang

Kentang bagus untuk menghilangkan bekas luka karena memiliki kandungan potassium serta vitamin C yang dapat mengobati bekas luka. Gue inget banget, waktu kecil dulu, tiap ada bekas luka atau ada bekas gigitan nyamuk yang parah, pasti disuruh nyokap untuk kompres bekas lukanya dengan irisan kentang. Lumayan mujarab sih sehingga bekas-bekas lukanya bisa ilang.

Bahkan kalo gak salah, metode ini juga cucok deh untuk mereka yang mau memutihkan kulit atau menghilangkan flek-flek bekas jerawat di muka. Cuma maskeran dengan potongan kentang secara rutin, muka pun bakal lebih cerah nan flawless.

3. Lidah Buaya

Kandungan aloesin pada lidah buaya memiliki sifat anti radang sehingga baik untuk menyembuhkan luka. Gel lidah buaya juga bisa dibikin sendiri. Tinggal ambil satu tangkai lidah buaya, potong-potong dan ambil gelnya. Trus langsung deh dioleskan pada bintik merah bekas gigitan nyamuk/serangga.

Menurut gue sih, paling enak kalo lidah buayanya disimpen dulu di kulkas. Jadi dingin-dingin gitu kan. Rasa gatal dan cekit-cekit sakit pada bekas luka pun bisa diredam dengan lendirnya lidah buaya yang multikhasiat itu.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang putih dan bawang merah memiliki kandungan anti bakteri yang ampuh mengobati luka, termasuk luka merah akibat alergi atau gigitan nyamuk. Caranya mirip sama kentang sih. Tinggal belah bawang merah atau bawang putih, kemudian oleskan pada kulit bayi secara perlahan.

Kekurangan metode ini cuma satu, bau bok. Hehehe…

5. Lemon

Jeruk lemon udah lama dikenal sebagai salah satu bahan yang efektif untuk memutihkan kulit. Ternyata bisa juga untuk menghilangkan bekas luka atau gigitan nyamuk lho. Caranya juga mudah. Ambil satu buah lemon, belah dua dan peras airnya. Kemudian celupkan kapas pada air lemon dan oleskan pada kulit. Karena air perasan lemon ini bersifat basa, Insya Allah nggak bikin kulit terasa perih.

Anyway, meski udah dapet ilmu menghilangkan bentol dan bekas gigitan nyamuk pada kulit, gue tetep percaya pada pameo โ€œLebih baik mencegah daripada mengobatiโ€. Makanya di rumah, gue lebih suka mencegah kehadiran nyamuk. Kemarin gue sempet bahas beberapa cara yang gue gunakan untuk mencegah nyamuk. Salah satunya ya ofkors, pake Baygon Liquid Elektrik dong ya.

Kenapa? Ya karena simple, aman dan nyaman. Gak pake repot, tinggal colok, kelar. Listriknya juga irit dan gak bakal membebani tagihan bulanan or ngabisin token.

Ada yang punya tips lain untuk mengurangi bentol dan bekas gigitan nyamuk kah? Kasih tau dong di komen di bawah. Makasiihhh…๐Ÿ™‚

22 thoughts on “Hilangkan Bentol dengan Cara Alami

  1. Baru tahu yang irisan kentang euy Mbak Ira. Kapan-kapan coba ah.. ๐Ÿ˜€ soalnya kalo digigit nyamuk kalo belom berdarah garuknya belom puas rasanya. ๐Ÿ˜€

  2. Untuk mengurangi/mencegah nyamuk sy setiap hari pake obat nyamuk bakar yg ditaruh di belakang rumah dan di indoor garden. Selain itu ada juga sy tanam daun serai/daun sereh yg secara teratur di pangkas agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Disini para tetangga bilang, menanam daun serai lumayan membantu utk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Batang serai yg dipangkas secara teratur membuat nyamuk ogah masuk karena udah mencium aroma serai. Untuk mencegah gigitan nyamuk (khususnya buat anak2) biasa kita oleskan mosquito repellent yg natural terbuat dari ekstrak daun serai – biasanya ada tuh di Pharmacy Shop ๐Ÿ˜Š

  3. kalo utk mengurangi /menghilangkan rasa gatal setelah digigit nyamuk sekaligus mencegah bentol merah meradang kita disini biasa juga pakai minyak saodah (minyak sawdah terbuat dr ekstrak biji saodah/biji wijen hitam) itu khasiatnya sama ampuh dgn minyak tawon – kangen minyak tawon, jadi inget masa kecil ๐Ÿ˜Š

  4. pake irisan sereh mbak ira, di bagain batang putihnya diiris tipis2 (macem bikin sambel matah). Bahkan aku skrg kalo ngepel suka ditetesin minyak sereh dulu di air rendeman pel-nya. it really works.

  5. Minyak tawon juara deh yah… Dirumahku selalu ada tuh minyak tawon…

    Jaman aku kecil, nenekku suka gosokin bekas gigitan nyamuk (yg udah pada item2) pake kayu pohon kawung (pohon aren) yg dibakar trus arangnya dijadiin serbuk…
    Itu bekas campak juga bisa hilang loh.. Digosok2 doang selama beberapa hari.. Tapi ya di kota mah kayaknya ngga bakalan ada ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s