Anak Sentimental (2)

Setahun lalu, gue pernah nulis postingan berjudul sama. Isinya tentang Nadira yang sentimental banget karena gue lagi sering ke luar kota. Nah di postingan ini, gue mau cerita hal yang sama sih basically.

Jadi, minggu kemarin gue seminggu penuh ke Polandia. Ini pertama kalinya gue pergi jauuh banget dari rumah. Dari jauh-jauh hari, gue udah kasitau Nadira, sesuai SOP yang selalu gue lakukan sebelum pergi dines ke luar kota/negeri.ย  Gue jelasin, Polandia adanya di Eropa sebelah mana. Trus beda waktunya berapa lama. And so on and so on.

Begitu sadar kalo Polandia itu jauh beeng dari Jakarta, langsung cedih deh dia. Tiap malem terjadi perbincangan ini:

N: Ibu kerja aja, nggak usah ke Polandia.

I: Lho, Ibu ke Polandia kan kerja. Bukan jalan-jalan.

N: Iya, maksud Mbak Dira, Ibu kerja di kantor aja. Nggak usah ke Polandia. Jauh soalnya.

Hihihi..

Next time, dia bilang gini “Semoga pesawat Ibu rusak. Jadi ibu gak bisa berangkat ke Polandia.”

Halaahh…

Terus, pas hari H gue berangkat, Minggu (27/10), seharian dia murung. Pesawat gue berangkat jam 7 malem, jadi gue berangkat dari rumah jam 3 sore. Nah, sekitar siang-siang pas gue lagi ribet ngurusin koper, terdengar suara tangisan Nadira. Gue bingung, ada apa. Pas gue deketin, dia lagi dipeluk papanya sambil nangis kejer.

“Ini aku sengaja suruh nangis untuk ngeluarin semua sedihnya sebelum kamu berangkat. Kalo gak diginiin, nanti sedihnya berlarut-larut,” kata suami.

Pas gue peluk, nangisnya tambah sedih. Itu berlangsung sekitar 10 menitan lah. Tapi lumayan, setelah reda, kondisi Nadira jadi lebih tenang dan lebih ceria. Sepanjang perjalanan ke bandara, dia minta dipeluk dan dipangku sama gue. Tapi pas sampe bandara, santai aja ngelepas gue. Gak pake acara drama-dramaan. Alhamdulillah.

Saat transit pertama di KL, gue sempetin whatsapp call sebelum Nadira tidur. Ealaahh kata papanya, Nadira malah galau dan mewek. Gue pun jadi khawatir karena Seninnya, dia mulai UTS. Kalo sedihnya berlanjut kan nanti dia gak konsen ulangan๐Ÿ˜ฆ

Untung kata suami sih, Nadira gpp. Mellow-nya cuma malam itu aja. Tiap malam kerjanya ngitung berapa hari Ibu bakal pulang. Di hari pertama gue tinggal, dia langsung gambar ini nih:

IMG_20150929_094415

Di Polandia, jadwal gue lumayan sibuk. Dari pagi sampe sore liputaaann mulu. Alhasil gue baru bisa balik hotel sekitar jam 5-6 sore. Ini bikin ribet untuk telponan sama Nadira karena beda waktunya kan 5 jam. Di Polandia masih sore, di Jakarta udah bed time. Yah, gue pun cuma 1-2 kali aja whatsap call dan video call sama Nadira via hape bapaknya. Sisanya paling gue dapet update-an tentang dia via nyokap, suami or ipar gue.

Long story short, sampe deh waktunya gue pulang. Setiba di Jakarta, suami dan Nadira janji jemput. Begitu liat gue, muka Nadira kayak lampu bohlam baru dipasang. Terang benderang bok. Langsung peluk gue dan minta dipangku sepanjang perjalanan (dan akoh langsung encok secara dese berat yaaa). Tapi sebelum itu, dia kasih gue amplop. “Ibu buka dong, trus baca ya. Tadi Mbak Dira bikin bareng Kakak Tiara (anak sepupunya suami)”

Pas dibuka, isinya kayak gini:

IMG_20151004_135213

“Selama ibu di pesawat tadi, Mbak Dira doa ‘Ya Allah semoga pesawat Ibu gpp supaya Ibu selamat sampe Jakarta,'” katanya.

Hatiku pun langsung meleleh :’)

Sifat Nadira yang sensitif, sentimental, mellow nan melankolis ini sering bikin teman-teman dan sodara gue terpana. Soale, gue kan gak kayak begitu sama sekali, hahahaha..๐Ÿ˜€ Kalo gue analisa sih, kayaknya ini nurun dari suami gue yang, meski berpenampilan Rambo, tapi hatinya Rinto bingit deh. Plus, pas hamil dulu, gue sering mewek dan lebih sensitif karena kudu tinggal di rumah mertua.

Sifat Nadira ini juga sering bikin suami gue serta kakek nenek dan tante-tantenya jatuh iba. Tiap gue ke luar kota/negeri, mereka otomatis memberi Nadira segudang perhatian. Tiba-tiba aja lah Nadira dibeliin baju renang baru sama ipar gue. Atau dibolehin makan junk food tiap hari sama bapaknya. Intinya, dia jadi dibolehin melakukan berbagai hal yang biasanya dilarang selama gue ada. Plus, dapet banyak freebies pula๐Ÿ˜€

Gue pun jadi rada khawatir. Jangan-jangan nanti ini anak malah girang nih tiap gue pergi. Soale, dia bakal dapet banyak banget kemudahan dan kesenangan sebagai kompensasi absennya gue.

“Nggak lah Lieb. Buat dia, kehadiran kamu itu nomor satu. Jadi makanan, barang2 dll mah cuma pengganti temporer aja. Percaya deh sama aku,” kata suami.

Mudah-mudahan yaa kalo gitu. Tapi di sisi lain, jadi bingung nih. Apa kabar dengan rencana gue kuliah/ikut short course di luar negeri ya? Melihat begitu tinggi attachment Nadira ke gue, tambah gak tega deh akoh ninggalin dia untuk kuliah lagi. Wong ditinggal seminggu aja reaksinya gini, gimana setahun coba๐Ÿ˜›

One more thing, gue cukup hepi karena Nadira bisa mengekspresikan perasaannya dengan terbuka, lewat tangisan, kata-kata maupun gambar. IMHO ini bagus untuk melatih dirinya untuk identifikasi perasaan dan jujur terhadap diri sendiri maupun orang di sekitarnya. Jangan kayak gue yang cuma bisa mengekspresikan perasaan lewat tulisan doang, hehehe..๐Ÿ˜€

PhotoGrid_1444281315434*yang hepi bingit karena ibunya udah balik*

26 thoughts on “Anak Sentimental (2)

  1. Meleleh banget bacanya Mbak Ira. Kebayang itu senengnya. Saya juga lagi berusaha menenang nenangkan anak yang lagi ditinggal luar kota ama emaknya.

  2. Sebagai sesama ibu dari anak yang sentimental bin sensitif gue juga suka ngerasa kalo sifat anaknya ini gara2 gue sensi banget pas hamil. Jadi merasa bersalah gitu, deh. Kalo udah bosen nyalahin diri sendiri gue balik nyalahin suami, kenape juga pas gue hamil gak dibikin seneng terus-terusan selama 9 bulan

  3. Mbak diraaaa…hihihi emg ya sengomel2nya ibu ttp yg paling no 1 buat anaknya..ini aq jg lg mikir gmn nti ninggal naira pas melahirkan.krn kami br pisah sekali pas aq dinas kluar kota.smg smua baik2 aja ya

  4. Ini percis kek anakku yg pertama deh mba Ira. Pas aku ama suami ke Samosir 4 hari, si adik nangis2 di bandara sedangkan si kakak tampangnya cool abis. Nah besokannya si kakak baru nangis2 dan ampe munti2 demam…tiap kutelpon dia malah nangis dan munti2…pokoknya mellow abis deh..ga ngaruh dibeliin mainan dan baju baru. Ternyata emang bener harus disuruh nangis skalian kek Nadira nangis ama bapaknya sebelum mba Ira pergi. Jadi lepasin aja semuanya daripada entarnya begitu kan…

    Nadira so sweet banget btw…pake tulis2 kartu

    • Yaampuunnn kasian si kakak. Bener tuh Jo, mungkin si kakak pengen sok kalem dan berani jd ditahan sedihnya. Yg ada malah sakit ya๐Ÿ˜ฆ

      Besok2 disuruh mewek aja dulu kyk Nadira. Mudah2an sukses๐Ÿ™‚

  5. nadira pinteeer.. anakku juga kaya begitu mba.. padahal kalo ditinggal dinas kan sehari dua hari doang…tapi dramanya udah dari jauh2 hari.. hahaha

  6. setuju sama Mas Adi #eh Mbak. Aku juga anak tunggal kan, jadi semua mainan dll yang dikasih cuma temporer aja kok. Kalo ada Mamah, semua juga dilempar kok, balik maning ke Mamake. Kalo soal sensitif, semua anak tunggal pasti punya rasa sensi berlebihan kalo ditinggal orang tua. Umur segini, di pabrik boleh rambo, sampe rumah ga ada Emak langsung mutung eyke…

    • Gue kemarin cerita komenlo ke Mas Adi, Ra. Dia bilang “ya emang gitu koq. Gak usah Nadira yang sendiri, aku aja yang anak sulung tetep ngerasain hal yg sama.” Dan setelah dipikir2, gue jg gitu sih hhehehe. Moms mean a lot to us, right?๐Ÿ˜€

  7. Keren banget Nadira bisa ekspresif lewat gambar๐Ÿ™‚ Saya mau ekspresi lewat gambar seumuran Nadira jadinya malah benang kusut biasanya, hehe. BTW, kalau mau sekolah ke LN cari aja yang bisa bawa keluarga (biasanya buat beasiswa S2 ke Australia yang bisa ), beberapa temen saya juga begitu saat kuliah lagi (ajak anak-suami). Buat si anak ini jadi pengalaman berharga, tapi buat suami mungkin rada sulit yah, musti meninggalkan pekerjaan sementara, tapi kalau pekerjaannya bisa dilakukan jarak jauh beruntung banget.

    • Nah suamiku tuh ogah Mbak kalo diajak ke luar negeri ikut istri. Selain karena kerjaan yg gak bisa ditinggal, dia kan juga gak doyan traveling. Jadi dia sih dukung aku kuliah lagi dan bersedia jagain Nadira di Jakarta. Tapi akunya yg berat kaann, hiks๐Ÿ˜ฆ

Leave a Reply

