Tentang Ngeblog

Awal minggu ini gue kan off kantor karena Nadira abis sakit. Jadi gue izin gak masuk kerja supaya bisa stay di rumah. Kalo-kalo dia sakit lagi, gue bisa langsung cus jemput gitu. Minggu lalu dia terpaksa istirahat di rumah karena kena muntah-muntah dan diare. Poor lil’ thing😦

Nah sendirian di rumah, gue jadi punya banyak waktu untuk nonton TV. Bisa deh menguasai remote controlπŸ˜€ Pas lagi liat MTV, eh ada program berjudul Fashion Blogger. Gue jadi penasaran, kayak gimana sih acaranya. Maklum, meski punya blog dan suka nulis, gue sesungguhnya rada gaptek plus jarang begaul di blogosphere. Gak usah internesyenel, yang nasional pun paling cuma itu-itu aja yang gue tauπŸ˜›

Sepanjang nonton acara itu, gue yang ternganga-nganga sendiri. Wow, hebat amaaaaatt ya fashion blogger internesyenel yang bener-bener serius menekuni bidangnya. Sampe punya tim sendiri yang terdiri dari creative director, photographer, etc. Dapet pinjaman baju dari desainer dan merek-merek kondang. Dapet undangan dari fashion week seantero dunia. Intinya, glamor banget lah.

Sama halnya kalo gue liat beauty blogger, travel blogger, food blogger, IT blogger dan beberapa blogger yang mengkhususkan diri pada satu genre tertentu. Kayaknya asik ya, apalagi biasanya mereka emang expert di bidang masing-masing. Jadi terarah gitu fokus blognya.

Mikirin ini, gue jadi merenung. Lah blog gue spesialisasinya apa ya? Fashion udah pasti nggak secara gue gak fashionable samsek. Beauty blogger juga nggak, wong gue ngereview makeup cuma sekali-sekali doang, itupun murahan semua 🙈 Untuk disebut sebagai travel bogger, atau food blogger, juga boro-boro. Gue doyan makan dan traveling, trus sesekali menulis tentang itu di blog ini. Tapi jumlahnya gak signifikan untuk bisa menjadikan gue seorang travel blogger or food blogger.

Kalo gue liat-liat, blog gue isinya macam supermarket. Sagala aya deh hahaha.. Soale, pertama kali bikin blog, tujuan gue cuma untuk nulis sesuka hati. Sehari-hari, kerjaan gue emang berhubungan dengan tulis menulis. Tapi menulisnya kudu dengan pakem dan aturan. Padahal, sebagai orang yang hobi mengobservasi sekitar, berandai-andai, berimajinasi dan juga hobi nulis bebas, gue butuh wadah untuk itu. Alhasil, ya gue bikin blog deh.

Terus terang, gak nyangka banget kalo proyek iseng-iseng gue ini ternyata koq banyak yang baca. Koq bisa ya? Isi blog gue juga ya gitu-gitu aja. Curhat lah, review lah, mengenang masa lalu lah, perasaan gak spekta gitu kaaann..Β  Mana gue selama ini gak pernah promosi di socmed. Paling cuma share link ke twitter aja.

*Kalo menurut bagan di atas, gue masih tipe no 1 ya. Kalo kamu yg mana?*

Nah, beberapa waktu lalu gue sempet ngobrol di whatsap group bareng geng ibu-ibu ambisius untuk urusan blogging (lirik #TimSayah). Saat itu kami lagi ngobrolin tentang how to monetize your blog, naikin popularitas, bla-bla-bla. Dari perbincangan itu, gue dapet kesimpulan bahwa sharing link ke seluruh jejaring socmed adalah salah satu cara yang ampuh untuk menaikkan hit stat dll dsb. Kalo makin populer, sebuah blog akan dengan sendirinya menarik pihak yang ingin masang sponsored post. Hasilnya, money money money.

Ini tentu sesuatu yang ngebingungin buat diri gue. Kenapa? Here’s why:

1. Gue gak suka promosiin blog sendiri di FB *no offense ya buat yang hobi* Yah pernah sih gue share beberapa kali link blog di FB. Itupun misalnya untuk menjawab pertanyaan temen gue soal bekel Nadira, les tari, dll dsb. Kalo untuk share link di FB setiap gue bikin postingan baru, gue ngerasa koq malu bingit qaqaaqq. Abis di FB banyak yang kenal in real life sih. Ada sepupu, sodaranya suami, tante dan om, temen sejawat, temen kantor, bos, ex gurunya Nadira, dll dsb. Meski terkesan bergaya ekstrovert di segala suasana, deep down inside gue pemalu lho. Mental gue bukan mental seleb. Gue suka gak tahan kalo tiba-tiba temen kantor gue komen sesuatu yang gue tau itu tulisan gue di blog. Ih rasanya malu amaaatt.. :oops:😆

2. Meski nerima sponsored post, gue gak mau sembarangan *belagu yeesπŸ˜› *. Maksudnya, gue oke asal produk/jasanya oke di gue. I need to have an experience with the product first before I write about it. Terus terang, bikin sponsored post itu susahnya ajegile. Kudu semedi lama supaya nulisnya gak berasa kayak advertorial. Daaann kadar kesulitan akan lebih tinggi kalo kita tidak menyukai produknya. Bcoz, it means we have to lie, right? Jadi, buat gue sih mending gak usah lah daripada nyusahin diri sendiri.

3. Sejujurnya, gue seneng kalo liat hit stat tinggiπŸ˜€ Kan berarti blog gue ada yang baca hehehe.. Tapi, gue gak serta merta nge-push diri untuk posting apaan aja, setiap hari, cuma untuk ngejar hit stat. Buat gue, hit stat ain’t nothing but a number. Dari ngeblog, gue banyak dapet hal-hal lain yang IMHO, lebih berharga. Kayak teman baru, info baru, dll dsb. Buat apa gue posting hal-hal yang kurpen dan nggak gue banget cuma buat naikin hit stat?

4. Kalo menurut para blogging expert, kita kudu menciptakan a certain image untuk blog kita. Pencitraan gitu. Lah gue, pencitraannya apa ya? Ibu soleha udah pasti gak. Jago masak boro-boro. Mungkin si jago makan deh tuh yang paling cucok hahahaπŸ˜€

Jadi ya gitu. Sampe saat ini, ngeblog masih tergolong hobi buat gue. Belum kepikiran untuk dikelola secara serius banget sampe harus pake strategi A-Z. Buktinya, theme dan lay out blog ini aja masih pake template yang ada. Padahal kalo menurut para blogging expert, kudunya ditangani serius. Kalo bisa beli domain sekalian supaya lebih bergengsi.

Tagging, categories, keyword juga sami mawon. Manalah aku paham. Sesuka-suka hati aja bikin tag. Maklum aku mah anaknya gaptek ceunahπŸ˜₯

Anyway, kembali ke soal kategori blogger, kalo menurut thread di forum FD ini, rupanya gue dan beberapa blogger lain kayak Bebe, Rika dan adik gue dimasukkin ke kategori mommy blogger. Bacanya ke-GR-an sendiri sambil mikir, wah serius nih ada yang beneran baca dan suka sama blog gue?πŸ™‚

Tapi di sisi lain aku cedih. Soale aku pengennya dianggap sebagai teenager blogger, sekelas Evita Nuh dkk. Sesuai usia lah yaw. Berarti besok-besok ganti ah topik ngeblog-nya. Mau ngobrolin PR sekolah aja yah… *umpetin KTP*

40 thoughts on “Tentang Ngeblog

  1. Mba Iraaa.. suka deh dgn postingan ini.. sptnya menyampaikan isi hatiku yg paling dalam.. kadang suka takjub dgn para blogger yg tiap hari bikin postingan.. saya bikin postingan seminggu sekali aja udah luwarbiyasak hehe..

    Btw aku jg share blog-ku ke fb.. soalnya fb-ku udah fb orde baru jd temennya dikit hehhee..

    • Hahaha.. Toss dulu dong kita! Gue sebenernya sih sering banyak ide. Tapi pas pengen ditulis, suka lupa lah, gak ada waktu lah, banyak kerjaan lah, males lah. Makanya saluut sama yg ngeblog tiap hari berarti gak nemu obstacle kayak kita ya bookkπŸ˜€

  2. Aku buat blog, justru terinspirasi ama blog Ira, udah baca blog Ira sejak 3 tahun lalu, dan suka banget sama tulisan Ira yg apa ada nya, dan selalu meracuni daku…hehehe..akhirnya memutuskan mulai nulis blog juga 4 bulan lalu…dan tujuan utamanya, supaya bisa koment…hehehe

    • Ya ampun Mbak, aku bacanya jadi speechless nih. Terharu sekaligus ke-GR-an sendiri hahahaha.. Btw blog-nya seruu.. Aku barusan ngintip, waahh asiknya sering traveling ke berbagai negara. Iri deh!πŸ™‚

  3. Menurutku kelebihan blog mba irra tuh yah.. Kalo blogger2 lain banyak nulis soal hal yg baru dialami, misalkan jalan2, perkembangan anak, review produk dll

    Kalo mba irra bisa nulis sesuatu yg simpel misalkan tukang sayur, tapi selalu dikemas menarik, dan tiap baca pasti ada hal2 yang bikin cengar cengir bahkan cekikikan wkwkwk

    Yang pasti blog ini salah 1 blog kesayanganku yang selalu kuintip 1-2 hari sekali hihihi

    • Halo Mbak FloπŸ™‚

      Wah baca komennya Mbak ogut jadi cengar-cengir sendiri nih. Gile, inget aja aku pernah nulis tentang tukang sayur! :)))

      Makasih udah mampir ya Mbak. Jangan kapok meski aku suka nulis aneh-aneh hahahahaπŸ˜€

  4. Kirain termasuk lifestyle Blogger. Hehe.
    Tp sebenernya buat kita kita, para Blogger yg Just doing it for fun (Dan dikit dikit For money kalo dpt sponsor hehe) sebenernya gak perlu dikotak kotak in pake tipe Blogger ya. Just Blogger aja. πŸ™‚

    Emang yg profesional tuh pada niat banget ya sampe ada team nya segala…

  5. Aku malu bgt loh kalo ada kenalan tiba2 bilang, “mba kan blogger ya?” Haaa?updatenya percaturwulan sekali doang sungguhlah bikin aku malu kalo disebut blogger wakakkaaπŸ˜€
    Betul tuh aku jg suka blog mba Ira krn gak melulu bahas yg br dialami, tp bisa bahas apa ajaa in a fun way ^^

  6. aku bikin blog cm buat nulis2 semauku aja mba ira hahah sama biar bisa komen di blogger2 kondyang macam mbaira dkkπŸ™‚ malahan aq maunya orang-orang in real life aq gatau hahha abisan malu aja nti dikomenin atau dibahas dalam kehidupan nyata hahhahhah

  7. Samaaa… gw pun jga ga suka masukin link postingan blog terbaru di sosmed, karena ya itu gw ga mau dan malu kalau ada keluarga atau teman kerja yang baca. Mau di private-in blognya tapi garing amat ya ga ada yg komen. serba salah ya jadinya. hihihi..

  8. Hahahaha. Umpetin muka tunjuk tangan πŸ‘ sebagai yang suka update postingan blog di efbi. Hahahaha. Baca postingannya mommy blogger seneng kok. Kalo isinya pe er mah yang ada pengen komen rumuz ngerjainnya kalo pe ernya matematika Mbak Ira. πŸ˜€

  9. Gw barusan liat Ra yang acara fashion blogger. Uedaaan luar biasa sekali dedikasinya. Tapi buat mereka hasilnya setimpal juga kali yah. Bisa diundang event ini itu, ketemu tokoh2 fashion dunia dll.

    Kalo gw sendiri sih masih termasuk yang tipe pertama kayaknya. Yang blogging karena hobi tapi tetep seneng kalo ada yang mau sponsorin. Muahahahaha..

    • Makanya Be, gimana gue sebagai blogger cupu gak shock nonton acara Fashion Blogger. Macam rakyat jelata ketemu Syahrini dehπŸ˜›

      Ayo Be, tebarin kode dimana-mana dong. Mumpung masih di Jakarta dan belum mudik nihπŸ˜‰

  10. baca blog mba Ira ini malah bikin hepi.. isinya hepi2 semuaa (baca: seringan soal makanan soalnya 😁).

    apalagi blog saya yah… ngisinya seingetnya aja.. blogger macam apa dong sayah πŸ˜…

  11. Pingback: Blogger Kagetan | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

