Sabtu Ceria ke Pabrik Ultra Jaya

*judulnya rhyme banget yak๐Ÿ˜€ *

Kalo ditanya, apa minuman terfavorit gue, jawabannya banyaakk banget. Tapi salah satunya adalah susu Ultra rasa Stroberi. Dari kecil, ini minuman kesukaan banget deh. Kalo sakit, gue pasti susah makan tuh. Nah, nyokap biasanya nyogok gue pake susu ini supaya perut gue ada isinya.ย  Sampe gede, susu ini tetep jadi kesayangan. Flavornya itu lho yang enak banget kayak es krim tapi gak giung. Gue pernah nyoba merek UHT lain, tetep belum dapet yang sama rasanya.

IMG_20150822_130734

Makanya pas gue diajak sama Tetra Pak dan Mommies Daily untuk ikutan acara “Factory Visit ke Pabrik Ultra Jaya bersama Tetra Pak” di Padalarang, Bandung, gue langsung super excited. Gimana nggak? Selama ini susu Ultra kan fave gue dan juga suami + Nadira. Diajak ke pabriknya plus liat cara bikinnya pasti seru. Gue juga bisa tanya berbagai hal yang selama ini pengen gue tanyain seputar Ultra, langsung ke sumbernya.

Sabtu pagi, gue udah nongkrong di KM 19 Tol Cikampek bareng adik gue dan IndahKur. Yaabes lebih deket ke sini kan daripada kudu ke Markas FD di Kemang. Toh rute ke Bandung lewat sini juga.

Kita rame-rame naik bis bareng rombongan. Berhubung gue naiknya di tengah jalan, kehabisan hadiah deh. Padahal anggota rombongan yang ikut dari awal pada senggol bacok demi dapetin hadiah lucu-lucu. Ngapain sih? Ternyata cuma main games Tap and Grow yang gampil itu. Bisa didonlot di Play Store dan cara mainnya gampil bgt. Nadira aja sampe demen mainin bok. Jadi deh kalo di rumah, hape gue dikuasai dia untuk mainanย  -__-

Begitu sampe di pabrik, kita semua amazed sendiri. Wah luas banget yaaa pabrik Ultra. Rapi, bersih, dengan sanitasi terjaga pula. Yang lucu, pas lagi antri di toilet, tiba-tiba ada yang manggil-manggil gue.

Mbak Ira ya?

Iya Mbak. *muka bingung*

Aku Lies Mbak, pembaca blog Mbak.

Oh. Halo Mbak Lies.. *malu-malu kucing karena sambil disorakin Indah, Sally, Mira, dll dsb*

Aku baca di agenda hari ini ada factory visit dari Mommies Daily. Pas aku cek datanya, ada nama Mbak. Makanya aku kejar supaya bisa kenalan langsung. Aku kerja di Ultra Jaya sini.

Ya ampun Mbak Lies, aku jadi terharu, hihihi..

Yah begitulah. Seru juga ya ngeblog-ngeblog gini. Suka ketemu kejutan di mana-mana๐Ÿ˜€

IMG_20150822_133452*foto bareng Mbak Lies dipajang ah. Sukur-sukur next time ogut bisa dapet diskonan susu Ultra๐Ÿ˜€ *

Anyway, sebelum mulai factory visit, kita dikasih banyak penjelasan tentang Tetra Pak dan pabrik Ultra Jaya. Isi penjelasannya banyak menjawab beberapa pertanyaan yan sering berseliweran di benak gue maupun teman-teman, di antaranya ini nih:

– Susu Ultra diproduksi dengan teknologi UHT yakni dipanaskan selama 4 detik dengan panas 140 derajat Celcius. Dengan ini, bakteri-bakteri patogen mati namun zat gizi tidak hilang karena pemanasan hanya dilakukan sebentar. Rasa susu pun relatif tetap sama dengan susu segar.

– Kemasannya terdiri dari 6 lapis lho. Proses pengemasan susu Ultra (dan juga minuman lain yang diproduksi Ultra Jaya) juga menggunakan teknologi terkini. Semua dikemas dalam kemasan aseptik yang membuat susu dan minuman awet tanpa zat pengawet tambahan.

– Semua susu Ultra dibuat dengan susu dari peternak lokal di Pulau Jawa. Jadi buat yang lagi pengen support local products, ya minumnya kudu Ultra lah yaaa..

– Semua susu Ultra diberi tanggal kedaluwarsa 10 bulan setelah diproduksi. Sebenernya sih menurut Pak Manajer Pabrik, susu tetap akan steril selamanya asal kemasan tidak rusak. Tapi untuk menjaga kualitas, PT Ultra Jaya kasih batasan kedaluwarsa 10 bulan saja.

– Saat kemasannya belum dibuka, susu Ultra gak perlu ditaro di kulkas atau ruang berpendingin. Tapi juga jangan terlalu lama diletakkan di bawah paparan sinar matahari langsung.

– Nah kalo udah dibuka, supaya kualitasnya tetap prima, susu harus ditaro di dalam kulkas dan segera dihabiskan:

  • maksimal 2 jam (kemasan kecil).
  • maksimal 3-4 hari (kemasan 1 liter).

– Untuk varian rasa, masih didominasi sama Plain dan Coklat makanya sampe dibikin dalam beragam size, dari 125 ml sampe 1 liter. Untuk rasa stroberi kesukaanku, rata-rata yang suka anak-anak jadi dibikinnya dalam kemasan personal. Sementara untuk rasa Mocca, emang jarang ada di pasaran karena hanya dibuat sebanyak 1 persen dari total susu yang diproduksi.

– Meski belakangan ini ada pro kontra soal susu sapi, gue sih masih ngerasa minum susu itu baik ya. Makanya Nadira kalo mau beli minuman di supermarket, daripada yang geje-geje, mending gue beliin susu UHT. Untuk tahu lebih lengkapnya, liat infografis ini deh:

IMG_1935

Dengan ilmu tadi, lanjut deh kita keliling-keliling pabrik. Dan yah, namanya juga ibu-ibu ya. Keliling pabrik suka gak fokus semua. Apalagi pas liat kotak-kotak reject yang gak lolos QC. Maunya diraup dan dibawa pulang semua deh๐Ÿ˜›

Setelah keliling pabrik, perjalanan masih lanjut dengan acara demo masak bareng Chef Norman Ismail. Sebagai orang yang kuper sama TV lokal, gue masa baru tau lho ada chef yang ganteng gini tapi sayang anaknya lima hahaha.. Dan gue liat ibu-ibu lain sama-sama tersepona semua. Sampe gak ada yang berani nanya. Malu-malu kucing ya Mbaknya?๐Ÿ˜€

IMG_20150822_145025*wow steaknya terlihat lezat yaaa… (fokus ibu-ibu, fokus!!!)*

Setelah Chef Norman demo masak Overnight Oats, Spaghetti Carbonara dan Steak, giliran kita-kita disuruh masak. Dari mulai di bis aja, IndahKur dan adik gue udah nemplok ngecup supaya bisa segrup sama gue. Padahal apalah aku ini, hanya remah kerupuk udang doang. Kalo masak kudu pake contekan. Kalo gak pake contekan, langsung LMZ kak๐Ÿ˜ฆ

susu ultra cooking competition*muka-muka setrez karena kompornya cuma 1*

Tapi yah buat seru-seruan emang asik sih. Meski gak menang kan yang penting bisa foto bareng Chef dapet pengalaman baru๐Ÿ˜€

bareng chef norman*rezeki gadis (?) soleha gini nih, bisa fotbar sebelahan sama Mas Chef*

Ah menyenangkan banget deh trip kemarin. Selain fun, dapet ilmu baru, bareng temen-temen yang heboh, eh pulangnya dapet goodie bag isi susu Ultra pula. Nadira (dan bapaknya) pun hepi. Langsung diembat semua, zzz..

Kalo ada acara gini lagi, aku diajak yaaaa… *kirim kode ke Tetra Pak*

susu ultra factory visit

25 thoughts on “Sabtu Ceria ke Pabrik Ultra Jaya

  1. Cieeee.. Mba Iraaa.. Femeeezzz.. #kabursebelumditimpukkardussusu

    Jadi susu yg ga lolos QC ada yg berhasil diamankan ga mak? ๐Ÿ˜‚
    Chef Norman ni kece.. Suka liat di kompas tv kayanya. Kirain masih single.. ๐Ÿ˜

    Mba Lita kocak gayanya yg foto sama chef itu. Beneran kakak adek kaya masih gadis semuaa.. ๐Ÿ˜

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s