Ketring Abal-abal ala Ibu Ira

Kayak yang kemarin gue cerita, Nadira kan sekarang udah SD nih ya. Trus sekolahnya yang full day pula. Masuk jam 6.45 pulang jam 14.00. Jadi butuh asupan makan dan minum yang cukup. Apalagi mengingat anak gue lemes kalo kurang makan, persis kayak bapaknya *kalo ginian buang bodi ke suami deh๐Ÿ˜› *

Pas masih masa orientasi siswa baru, gue iseng nanya-nanya ke bagian Tata Usaha. Eh, ternyata ada beberapa supplier di sekolahnya Nadira yang nyediain katering untuk makan siang anak. Gue pun sangat tertarik. Apalagi pas ngobrol sama ibu-ibu lain yang juga kerja. Rata-rata milih katering supaya gak rempong sama urusan perbekalan anak. Paling kita cuma nyiapin bekal snack aja untuk istirahat pertama.

Trus alasan lainnya, supaya bekal anak masih fresh atau hangat karena biasanya supplier katering anter bekalnya mendekati jam makan siang. Iya juga sih, gue pikir. Kalo gue bawain bekal dari rumah, pasti gue siapin sebelum berangkat sekolah kan. Jadi pas lunchtime, udah dingin dong ya.

Gue pun langsung ribeett banget pilah-pilih supplier mana yang kira-kira pilihan menunya cucok sama selera anak gue. Minta daftar menunya lah. Fotoin contoh menu hariannya lah. Rempong deh.

Pas udah yakin bakal milih supplier katering Ibu X, gue cerita ke suami. Eh dia malah bilang:

โ€œKamu yakin mau ikutin Nadira katering? Inget lho, biar sesederhana apapun, bekal bikinan ibu rasanya pasti lebih enak deh. Soalnya selain bikinan sendiri yang sesuai sama selera anak, di situ juga ada doa dan cinta ibu untuk anaknya. Kan kamu sendiri yang bilang gitu dulu. Tapi kalo kamu gak mau, ya gpp. Aku mah gak maksa.โ€

Trus, anaknya pun gue tanya mau katering yang mana, jawabnya “gak mau ah. Mbak Dira mau bawa masakan ibu aja.”

Kesannya gue jagoan masak banget ya. Padahal sehari-hari gue paling males masak. Cuma rutin ungkep ayam doang tiap wiken. Setiap hari tinggal bikin sayur bayam, sop, bayam, sop, gitu-gitu mulu. Oh sama goreng telor deh, hahahaha..๐Ÿ˜€ Abisan, tiap bikin masakan yang agak kreatip, yang makan bapaknya doang. Anak gue seleranya, ya itu tadi. Bayem, sop, ayam goreng, telor. Sampe boseeennn bikinnya.

Gara-gara rikues anak dan bapak itu, yawdah gue terpaksa deh mendirikan Ketring Ibu Ira, sebuah ketring abal-abal untuk bekal Nadira ke sekolah *lebay amat Mbak*ย  As usual, persiapannya rempong sendiri. Browsing menu-menu lah di internet, cari-cari inspirasi dan ide lah ke gugel dan instagram, dll dsb. Trus bikin daftar menu seminggu untuk snack+lunch bocah, sambil nyontek menu katering di sekolah.

Kenyataannya mah, banyakan improvisasinya. Semua disesuaikan dengan rikues Nadira, mood dan stok bahan di kulkas๐Ÿ˜›

Oh ya karena dua minggu lalu Nadira sempat absen sepekan karena kena HFMD, jadi baru mulai Senin kemarin Ketring Ibu Ira beroperasi. Gue pun sok-sokan ikutin gaya katering di sekolah Nadira yang gak hanya menyediakan nasi+lauk pauk+sayur. Tapi juga sediain dessert/buah.

Hasilnya, gini nih:

Senin (10/8)

Snack: Puding Coklat Oreo + Kraft Kejucake + Yakult

Lunch: Nasi Goreng Sosis + Jeli + Apel Potong

IMG_20150810_093918

Selasa (11/8)

Snack: Honey Poppies + Ultra Low Fat Chocolate Milk

Lunch: Nasi Kuning + Abon Sapi + Ayam Goreng Suwir + Pisang Potong + Jeli

IMG_20150811_063010

Rabu (12/8)

Snack: Roti Selai Srikaya + Bengbeng + Buavita Apple Juice

Lunch: Nasi + Tumis Bayam + Ebi Furai + Apel Potong

IMG_20150812_070400

Kamis (13/8)

Snack: Roti Ovomaltine + Biskuit + Yakult

Lunch: Nasi + Tumis Bayam + Chicken Tofu + Pisang Potong + Jeli

IMG_20150813_081843

Jumat (14/8)

Snack: “Pizza” Makaroni Keju + Puding Coklat Oreo + Buavita Apple Juice

IMG_20150814_071029

Tentang isi bekalnya, gue mau cerita ya. Gue dan suami kan gak pengen ngebiasain Nadira jajan. Dia boleh jajan cuma kalo pas pulang dijemput papanya, neneknya atau gue. Jadi sehari-hari dia emang gak kita kasih uang jajan samsek.

Padahal, kelas dia berlokasi deket kantin. Trus temen-temen sekelasnya banyak yang kecil-kecil udah dikasih duit jajan sama ortunya (kayak gue masih kecil dulu sih hihihi๐Ÿ˜› ).

Yang ada anak gue ngences kan ya bok. Nah supaya gak ngenes-ngenes amat nasibnya, tiap hari di bekelnya gue selipin snack yang bisa dibeli di warung. Kayak bengbeng, biskuit, yakult, buavita, gitu-gitu deh.

Trus berhubung Nadira cuma demen bayam dan wortel, sayurnya ya gitu-gitu mulu jadinya. Next week sih gue pengen eksperimen pake sayuran yang digoreng tepung kayak tempura gitu. Nyontek menunya katering di sekolahan nih. Kata si owner katering (yang merupakan temen gue), menu sayuran goreng tepung itu favorit anak-anak banget. I’m sooo gonna try it ah!

Meski di foto bekel keliatan porsinya gede, aslinya nggak lho. Nasi paling gue masukin maksimal 5 sdm munjung aja. Sayur bayam juga gue bikin cuma 1,5 genggam yang diiris halus. Ayam cuma 1 potong. Apel cuma 1/2 buah. Sesuaikan sama kemampuan makan anak aja sih ya intinya.

Ini pun Nadira masih suka gak habis jadi dilanjutin makannya di rumah. Soale meski doyan makan, dia mah suka gak konsen makan di skul rame-rame sama temen-temennya. Plus, dia itu tipe yang kalo makan gak segabrukan banyak. Butuh beberapa tahap supaya semua bekalnya habis.

Sementara kalo ikut katering, gue malah khawatir bakal mubazir karena gue liat, porsinya gede-gede banget. Dan kalo katering, gak bisa sisa makanannya dibawa pulang karena kotak makannya dikumpulin lagi sama petugas. Ih sayang banget kaannn.. *emak-emak medit*

Setelah gue jalanin seminggu, ternyata gak rempong-rempong amat koq bikin bekel anak sendiri kayak gini. Secara isinya gak kreatip-kreatip amat juga kan yaaa. Alias yang gampil bin simpel bingit gitu. Yang penting, usahain sebelum bobo, kita udah tau yang mau dijadiin bekel itu apa.

Untuk nasi kuning misalnya, bikin aja dari malem. Jadi pagi-pagi tinggal dimasukin ke dalam tempat bekel. Begitu juga dengan nasi putih. Gue mah lebih milih masak nasi malem-malem sebelum bobo daripada pagi2 rempong baru masak nasi dan setres karena nasinya gak mateng-mateng *ternyata lupa mencet tanda “cook” karena mata masih sepet T__T*

Untuk sayur, dari malem udah disiapin deh. Misalnya mau bikin sop, dirajangin aja semua bahan. Jadi pagi2 tinggal cemplungin semua. Untuk lauk, gue mah pilih yang siap digoreng/panggang/kukus semua. Makanya nyetok segala ebi furai beku beli di supermarket, chicken tofu, sosis, dll. Untuk ayam, gue ungkep ayam seminggu sekali pas wiken. Nugget dan somay juga dibikin pas wiken. Aman lah yaw.

Untuk roti, gue juga nyetok beberapa jenis isiannya kayak selai srikaya, ovomaltine, nutella, mesis dan susu kental manis. Tinggal ganti-ganti deh isinya. Trus supaya agak kece, dibentuk-bentuk aja pake sandwich cutter yang simple.

Begitu juga dengan snack kayak biskuit, yakult, bengbeng, oreo, dll. Nyetok aja yang kemasan kecil-kecil buat selipan di kotak snack. Untuk puding, jeli dan cupcake, gue bikin seminggu sekali. Cupcake bisa gue bikin agak banyak trus taro di freezer jadi bisa dimakan lagi kapan-kapan. Kalo puding dan jeli, gue cetak di kemasan kecil-kecil, kalo bisa pake cetakan bentuk lucu-lucu.

Nah buat pengaturan di dalam kotak bekal, gue suka banget sama cetakan silikon yang bisa berubah fungsi jadi tempat sayur/buah/dll di dalam kotak bekal. Karena dia elastis, jadi gampang diatur deh. Kalo gak, gue juga suka sama alat perbentoan yang semacam mangkuk kertas lapis plastik dengan gambar yang lucu-lucu. Dia bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. Tapi hati-hati ya kalo perabotan ini dicuci sama ART yang gak paham. Bisa-bisa dianggap kertas bekas pakai yang langsung dibuang ke tempat sampah *curcol๐Ÿ˜ฅ *

IMG_20150814_151823*yang pink di kanan atas itu sandwich cutter, gampil dan ringkes dipake. Yang ada gambar2nya mangkok dari kertas lapis plastik yang reusable. Sementara mangkok2annya adalah silicone cups yang bisa untuk baking juga*

Soal kotak bekal, nah di instagram banyak yang nanyain nih. Kebetulan pas ultah kemarin, ada temen skulnya Nadira yang kasih kado rantang Frozen (hai Nana dan Didi, makasih ya kadonya, kepake banget!). Pas dapet itu, langsung gue simpen karena lucu banget. Dan bener kan sekarang kepake bener nih buat bekel Nadira sehari-hari. Kecil, ringkes, dan bisa dimasukin ke dalem tas pula. Suka deh!

Karena kado, gue gak tau ya belinya dimana. Tapi kemarin iseng search di instagram pake hestek #jualrantang, nemu lho. Silakan search sendiri ya temen-temen๐Ÿ™‚

PhotoGrid_1439556745877

Anyway segitu dulu kali ya sharing dari Ketring Ibu Ira Abal-abal ini hahaha.. Doakan supaya akoh tetap konsisten dan cemungudh untuk bikinin Nadira bekal. Mudah-mudahan ketringnya on terus, dan cuma libur pas ibu ketring tugas ke luar kota/negeri aja ya๐Ÿ˜›

Untuk beberapa resep foolproof, gue share di postingan terpisah aja deh ya. Supaya gak kepanjangan dan malah bikin ngantuk yang baca๐Ÿ˜€

37 thoughts on “Ketring Abal-abal ala Ibu Ira

  1. Hihi samaa syasya juga ga ikutan catering. Istirahatnya juga 2x. Snack dibawa dr pagi tapi untuk makan siang aku anterin krn pas anak SD makan siang bersamaan dengan jam pulang anak TK. Jadi sambil jemput Umar aku anter makan siangnya Syasya.

    Btw Nadira jam masuknya pagi bangeet.. berangkat dr rumah jam brp mba?

    • Gue pengennya sih gitu juga Del, apa daya tak bisa karena kudu ngantor, hiks..

      Nadira masuk 6.45, tapi jam pelajaran pertama mulai jam 7 sih. Dari rumah berangkat jam 6.30. Untung lumayan deket, jadi gak terburu2๐Ÿ˜€

  2. Semangat mbaa.. Ak nlh skrg lg melempem nih semangat utk bekalin mknan anak ke daycare lg drop sjk lebaran..huhuhu. Pdhl di daycare dpt mkn tp curiga porsi lauk cm ala kadar nya doang *curcol*
    Anyway ak jd dpt ide nih gr2 postingan mba ini.. Thx mbaa ๐Ÿ˜Š

    • Ini juga baru mulai Mbak, makanya masih semangat. Dulu pas Nadira TK juga rajin gini di awal, trus lama2 males hahaha.. Mudah2an sekarang bisa konsisten ya Mbak, gak gampang nyerah lagi kayak dulu. Barengan yuukk๐Ÿ™‚

  3. Baca semua isi postingannya akhirnya rasa penasaran terjawab, rantangnya beli di mana. Hahahaha.๐Ÿ˜›
    Mbak Ira, itu pake rantangnya kehangatan makanan masih terjagakah?

  4. mantappp bekelnya dan pastinya yang nyiapiinya ya Mba. Jadi keinget nyiapin bekal sarapan buat sendiri dan suami gak istiqomah2 amat, liat ini jadi termotivasi. Btw klo pisang uda dipotong2 gitu trus dimakan siang apa gak lonyot2 mba?

  5. super keren deh ibu satu ini. smangat mbak.terusin ya kateringnya๐Ÿ˜€
    smoga nti klo anakq skolah aq bs gitu jg,amin hihihi
    btw brokoli goreng tepung itu lho enaaakk..krenyes-krenyes..hmmmm

  6. Mbak ira coba follow @gengbekel di IG. Lumayan banget, buat inspirasi dan menambah motivasi kalo lg males ngebekel huehuehuehue

  7. Mungkin bisa diselipin messege kicik : selamat makan,.Nadira…

    Pasti anaknya makin happy…

    Update menu menu lain ya ra…buat contekan akoh.

  8. Pingback: Resep Snack Foolproof untuk Bekal | The Sun is Getting High, We're Moving on

  9. Iraaa…ini mah abal-abal tapi cakep. Gue pas kecil ya, dibawain roti pake meisjes aja sama nyokap lalu dipotong bentuk segitiga, itu udah seneng banget. Terus pas gedean isinya ganti telor dadar. Sementara temen2 gue pada jajan di kantin, gue dibawain roti tuh berasa ada kebanggaan loh, depsite kadang kepingin juga nyobain jajanan kayak mamee atau anak mas hihihi. Apalagi pas gedean lagi, dibawain nasi sama lauk, guru gue aja suka nyomotin! Terus bilang, seneng ya Mon (dulu gue dipanggil Monic), mamanya selalu bawain makanan enak-enak. Sebagai anak tuh banggggaaa….

    • Nah Le, gue ngebekelin Nadira gini juga salah satunya karena gue waktu kecil gak pernah dibekelin nyokap. Paling top cuma roti+SKM or telor rebus pas TK. Pas SD gak pernah lagi, cuma dikasih duit jajan doang. Makanya gue iri tuh liat iklan di TV yang anak dibekelin makanan lezat bgt sm ibunya sampe bikin satu sekolah ileran. Itu nasiblo pas sekolah dulu ya Le? Hahahaha..

      Ih kebayang deh Ebiten nanti pas SD dibawain bekelnya kayak apaan tau. Secara emaknya doyan dan hobi masak kaaannn..

  10. baru aja mau nanya beli rantang bekelnya di mana…๐Ÿ™‚ thanks infonya yaaaa.. selama ini baru bikin bekel snack aja karena anaknya masih TK dan jam belajarnya jam 7.30 ampe 10.00 jadi belum mesti bekelin makanan berat.. tapi entar kalo udah SD mesti siap-siap juga yahhh, tadinya kebayang mau ketring, tapi mengingat dalam bekal ada cinta dan doa ibu…. tampaknya bekel ajalah..

    oya, mau nanya.. itu rantangnya bisa bikin makanan tetep anget?

    • Iya Pit, search aja pake hestek itu. Kmrn ada yang nemu tuh di IG.

      Rantangnya gue belum jelas sih anget/gak karena kudu gue test drive sendiri. Kalo tanya sama Nadira jawabannya geje euy.

  11. mba iraaaaa…aku padamu banget daaaaah urusan masakmemasak utk anak(dankeluarga)..makasih yaa udah jd moodbooster utk maju teruuus kateringin 2 anak cowo disiniiii *padahalsiymakirit :p๐Ÿ˜€

  12. Pingback: Tentang Ngeblog | The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. Pingback: Selera Nusantara | The Sun is Getting High, We're Moving on

  14. Pingback: Nadira dan Uang Jajan | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

