Yang Lekker untuk Berbuka

Tema ini sebenernya pengen ditulis dari awal-awal bulan puasa kemarin. Tapi berhubung ngisi blog-nya juga mood-moodan, alhasil lupa dan baru ditulis sekarang deh. Gak basi lah ya wong masih pada puasa kan?

Jadi, gue pengen nulis menu favorit untuk berbuka puasa. Sebagai pemilik lidah kampung, so pasti menu favorit akoh ya gak jauh-jauh dari makanan lokal lah yaw. Makanya blog post ini tentu nggak spektakuler samsek. Wong isinya tentang makanan yang bisa dibeli di tukang jajanan di pinggir jalan situ๐Ÿ˜€

Anyway, here’s the list:

1. Gorengan

Udah lah ya, gue yakin kayaknya orang Indonesia kalo bukpus tanpa gorengan itu rasanya gak afdol bingit lah. Meski tau bahwa gorengan itu kurang sehat blablabla, tetep lah ya, menu ini duduk di peringkat nomor satu di daftar akika.

Gorengan favorit? Bakwan bulet sempurna yang atasnya ada topping udang. Hmmm lekker!

Apologi gue: bakwan kan isinya sayur-sayuran tuh. Jadi sehat lah yaaww๐Ÿ˜›

image

image

2. Lontong oncom

Entah kenapa, bulan puasa di Jabodetabek selalu dimeriahkan dengan pedagang takjilan yang salah satu menunya adalah lontong oncom. Alhasil, loncom plus sambel kacangnya pun jadi salah satu menu favorit gue dan keluarga di rumah. Padahal menu ini udah ada dari zaman jebot. Tapi pas bulan puasa, rasanya beda gitu pas berbuka pake ginian. Murce pula, di rumah gue cuma seribu sebijinya. Mantap!

3. Kolak

Terutama kolak bikinan nyokap gue yang perasaan sih tiada duanya. Untuk kolak, nyokap cuma mau pake pisang nangka karena menurutnya, rasa pisang nangka bikin kolak jadi enak luar biasa. Ada asem-asemnya dikit dan pas dengan kolak yang manis plus bersantan.

Nadira aja sampe ngefans banget sama kolak Eninnya. Nyokap pun kalo bikin kolak pasti banyak banget dan dikirim deh ke rumah gue. Azeeggg..

Oh ya, kalo makan kolak, gue gak suka banget dingin-dingin. Jadi kalo abis dari kulkas, gue rela ngangetin di kompor atau masupin ke magic jar bentar. Ini nih habit yang bikin gue gak suka kolding yang dijual di pinggir jalan. Selain dingin, rasanya juga nggak seenak kolak Mamah aku!

IMG_20150626_180105*my typical breakfasting menu: (clockwise) Pukis untuk Nadira, sambal kacang untuk makan lontong dan gorengan, cilok dari @cikahendra yang endeuuss+sambal kacangnya, risoles dan loncom, dan kolak pisang kolang kaling. Yum!*

4. Bakso/Mi Ayam

No need to explain any further because those two are some of my favorite food in the whole wide world!

IMG_20150606_162358*Bakso Erik Matraman yang legendaris, gluk!*

5. Jus Buah/Sayur tanpa Gula

Nah kalo yang ini sebenernya sih bukan kesukaan, tapi jadi kewajiban. Tiap bedug, biasanya gue minum air putih segelas. Atau kalo ada infused water ya minum itu. Trus dilanjutkan dengan minum jus segelas/sebotol gede sampe habis. Lanjut solat baru deh mengganyang goreng-gorengan, bakso, kolak, dll dsb.

Kenapa puasa-puasa minum jus? Ini adalah kiat gue supaya tetep sehat dan anti sembelit. Maklum, tiap puasa, asupan makanan kita kan dikit tuh. Minum juga dikit. Jadi gampang sembelit deh. Kalo rutin minum jus, lumayan banget ngebantu masalah BAB.

Beberapa kali gue pernah absen minum jus, terutama pas lagi bukber di luar rumah. Dan bener lho. Gue pun langsung sembelit. Ih abis itu insyaf deh. No breakfasting without fruit/veggie juice!

IMG_20150512_100452*Cucumber Mint infused water and Papaya Pineapple Kale Flaxseed Smoothie*

Yah segitu ajah dulu makanan terfavorit gue untuk bukpus. Dari tahun ke tahun biasanya mah nggak pernah berubah. Kurang inovatif ya?

Tapi menu itu gak mengikat sih. Artinya, gue damai-damai aja kalo pas bukpus makan dengan menu yang beda dari menu favorit. Apalagi gue kan sering tuh bukpus sambil liputan, pas kena macet atau ketemuan sama temen-temen. Jadi ya kudu bisa adaptasi lah ya.

So, mau makan makanan Jepang, Vietnam, Cina atau cuma makan permen sekalipun untuk ngebatalin, gue gak masalah. Cuma ada satu yang nggak bakalan gue sentuh untuk bukpus, yakni minuman bersoda.

Pada dasarnya gue emang kurang suka soda kan. Trus ngebayangin bukpus pake minuman bersoda rasanya geuleuh sendiri. Secara pas puasa, perut jadi gassy banget. Lah ditimpa soda, jadi kayak apaan tuh ya? Lieur aing.

Anyway, what’s your fave menu for breakfasting, guys? Ada yang sama kayak gue?๐Ÿ˜€

30 thoughts on “Yang Lekker untuk Berbuka

  1. Sekali lagi, hidup gorengan….๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘..termasuk golongan anti depresan…setiap abis makan gorengan,,, rasanya bahagia banget… aku juga berbuka dengan juice..supaya ndak sembeliit..dan untuk mengurangi guilty feeling…setelah makan gorengan…heheheh..dinetralisir ceu nah…

  2. Diusahakan sebisa mungkin makan buah potong sama air putih. Kalo gak ada ya gorengan tralala Mbak. Hahaha. Hawong makan buah aja langsung disambung gorengan.๐Ÿ˜›

  3. Mbak iraaa hidup gorengan ! Hahaahha asli nikmat2 nagih gt lah makan gorengan pas buka puasa.
    Kolak tuh cika malah suka sengaja dimasupin kulkas dulu mbak ๐Ÿ˜‚
    Makasi banyak mbak ira cilok cika udh dimasupin di tulisannya ๐Ÿ˜˜

  4. Gak ikut puasa, tapi ekke demeeeen banget ikut berburu kolak๐Ÿ˜€ rasanya beda aja kolak di bulan puasa, lebih enak.
    Kolak dan gorengan, demi kalian, aku rela gowes nambah 5 kilo lagi… hahahahaha…

    • Tjepi lo harus coba kolak buatan nyokap gue deh. Enaaakkk banget. Tapi nyokap selalu bikin kolak pisang+kolang kaling krn gue cuma hobi makan yang itu. Lainnya paling bikin kolak biji salak.

      Iya Tjep, lo sekarang langsing banget ih. Hebring!

  5. gorengan aq juga suka ini, ga cuma pas ramadhan aja sih *dasar emang doyan*..๐Ÿ˜€
    kalo minum selain air putih biasanya teh anget….langsung berasa anget di perut…

    • Hahaha samaaa.. Gorengan makanan yang paling susah aku hindari. Guilty pleasure bgt lah๐Ÿ˜€

      Aku malah gak suka minum teh Mbak. Paling cuma air putih thok. Gak terbiasa kali ya๐Ÿ™‚

  6. Iya Ra, gw juga suka savoury snacks gt daripada tajil manis manis kayak korma dsb. Begitu adzan lgs minum air putih sm makan savoury stuff gt.
    Maaf ya sunah yg kali ini gue gak pernah ikutin, (yakali sunah dan wajib yg lain udh dilakuin aje).
    Buat gw, tajil tuh dessert hehehe..

    • Hahaha… Idem! Gue malah paling gak demen buka puasa pake korma. Ya secara gue juga kurang suka korma. Paling top markotop buka puasa itu emang pake savoury snack sih. Ciamik lah๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s