Holiday Project #2: Baking Lebaran Cookies

Kayak yang gue cerita sebelumnya, di liburan Nadira kali ini, ceritanya gue pengen punya proyek ala-ala buat dia. Dan berhubung minggu ini lemes, banyak kerjaan, plus besok akik mau ke luar kota, jadi pas lagi libur pun males banget deh ke mana-mana.

Padahal udah niat mau ngajak naik city tour bus dan ke planetarium. Gagal deh 😭

Nah kemarin, pas lagi off, gue akhirnya ngajak Nadira bikin kue Lebaran, deh. Dia mah excited banget, secara paling hobi gangguin kalo gue lagi masak di dapur. Kali ini gangguinnya dikasih izin. Biasanya kan diusir-usir terus hihihiπŸ˜€

Sesuai kue favorit Nadira, kali ini kita bikin Putri Salju. Dia cuma gue kasih tugas nyari cookie cutter dan bantuin nyetak-nyetakin kue aja nanti. Itupun hebohnya luar binasa.

Tempat mainannya diobrak-abrik karena, cookie cutter yang dia mau adalah cookie cutter mainannya yang berbentuk lopelope. Trus tiap 5 menit sekali nanya, udah boleh nyetakin belum. Padahal gue masih sibuk nimbang bahan-bahan, mixer adonan, dll dsb. Zzz…

image

*Neng, serius amat Neng?*

Oh ya, berhubung gue bukan well-organized mom, bahan-bahan kue pun ada beberapa yang gak lengkap.Β  Untung gue hobi eksperimen. Jadi deh beberapa bahan gue substitusi dengan yang ada di lemari. Ada yang beda tipis, ada yang beda banget. Kayak kacang mede gue ganti pake keju, hahaha 😅

Hasilnya?

Asli sempet deg-degan, takut udah capek-capek bikin tapi gak enak. Ternyata, omagaahh endeus berat!

Sesungguhnya, gue paling males makan kue Putri Salju kalo dapet kiriman parsel. Abis rasanya ngebosenin sih. Nah, kue abal-abal bikinan gue kemarin ternyata enak lho. *eh muji diri sendiri gak bikin batal puasa kan?*

Dan ini bukan cuma menurut gue. Suami juga bilang gitu. Katanya “Putri Salju ini seru karena ada asin dan kriuk-kriuknya, tapi ada manis dari gula bubuknya. Paling tinggal bentuknya aja yang dibenerin.”

Hahaha.. Kampret! Tapi gue sadar diri sih. Kue dan makanan bikinan gue mah edible selalu. Tapi untuk penampilan, eerr.. Mending gak susah diliat deh. Hancur mulu! 😩

Anyway, buat yang mau iseng bikin, ini resepnya ya. Aslinya gue nyontek dari resep NCC yang gue obrak-abrik sesuai stock bahan di rumah.

Oh ya, IMHO nih, Putri Salju adalah kue kering yang gampil banget di bikin. Cocok deh untuk yang baru belajar baking, atau dipraktikkin bareng anak-anak. Selamat mencoba!πŸ™‚

image

*adonan yang mau masuk oven (kiri) dan baru keluar dari oven (kanan). Yang ngetawain pantatnya bisulan! 😎*

Kue Putri Salju Keju

Bahan-bahan:
200 gram Margarine
50 gram butter (biasanya gue bikin komposisi 50:50 untuk margarine dan butter. Tapi karena butter tinggal dikit, ya gini deh. Hasilnya kue jadi lebih kokoh)
200 gram tepung terigu
50 gram tepung oat (terbuat dari quaker oats yang gue blender sampe halus. Rencananya gue pengen pelan-pelan naikin komposisi oat-nya supaya kuker jadi gluten free *sok sehat yak 😝 *)
80 gram gula halus (kalo gak ada, gula pasir diblender bisa kok)
80 gram keju, diparut

Taburan:
Gula halus
Gula donat/icing sugar

Cara membuat:
1. Mixer gula dan campuran margarine+butter sampai pucat.
2. Masukkan campuran terigu+oats, aduk.
3. Masukkan keju parut, aduk.
4. Simpan di dalam kulkas minimal 30 menit (adonan ini lembek banget. Kalo gak dimasukkan ke kulkas bakal susah dicetak).
5. Bentuk sesuai selera (kalo gue, ambil adonan secukupnya untuk dicetak, sisanya masuk kulkas supaya gak lembek).
6. Panggang selama 20 menit hingga matang.
7. Panas-panas, gulingkan ke atas gula halus sampai terbalut rapi. Lalu gulingkan di gula donat.

14 thoughts on “Holiday Project #2: Baking Lebaran Cookies

  1. Salam kenal Mba Ira, saya suka baca blog Mba Ira nih, seneng bacanya hehe. Seru ya mba baking sama anak. Kemarin-kemarin baru coba buat. Niat mau buat chocolava jadinya brownies karena kelamaan di oven hehe. Sukses MbaπŸ™‚

    • Hahaha.. Tapi Nadira mah suka nervous kalo ditanya orang baru. Yang keluar dari mulutnya pasti cuma “liburan di rumah aja”. Kasian deh emaknya yg udah bikin holiday project kyk giniπŸ˜€

Leave a Reply

