Let’s Go on A Train Ride!

Liburan kenaikan kelas kali ini bikin galau banyak ortu dan anak. Maklum, liburnya barengan sama bulan puasa. Males banget rasanya puasa-puasa trus plesiran. Mana musim panas pula. Terlalu capek nanti keringetan dan haus. Mau renang, takut ketelen airnya. Plus wisata mana enak tanpa wiskul. Ya gak?

Alhasil, banyak yang mati gaya, termasuk Nadira dan gue. Apalagi, Ramadan kali ini adalah pertama kalinya gue ngajarin Nadira puasa sampe Magrib. Jadi kayaknya gak tega gitu ngajak dia plesiran macem-macem.

Tapi di sisi lain, kayaknya koq kasian juga kalo anaknya ngedekem di rumah aja selama liburan. Mana ini kan liburan terakhir dia sebelum jadi anak SD. Dan seperti kita ketahui, jadi murid SD itu udah lebih serius jadwal sekolahnya. Gak bisa bolos-bolos lagi demi untuk ke Kidzania, berenang dll kayak waktu TK dulu. Jadi gue pun feel guilty banget, hiks😦

Kemarin, pas kebetulan gue off 2 hari, gue akhirnya punya ide untuk ngajak Nadira plesiran naik kereta. Gue emang udah janji sama dia untuk naik kereta sejak lamaa banget. Tapi gak sempet-sempet diwujudkan karena waktunya gak matching plus ehm agak males aja gitu. Kebayangnya KRL Jabodetabek masih kayak zaman gue kuliah dulu yang ada kambing lah, tukang tahu lah, pengemis lah. Jadi rada-rada bikin zzz gitu kan untuk jalan-jalan bawa anak.

Tapi demi menyenangkan anak, gue pun menguatkan hati. Boro-boro pake itin kayak ibu-ibu lain yang well-organized, gue plesiran naik KRL ini cuma modal tekad dan Bismillah aja. Kita naik KRL dari Stasiun Buaran yang paling dekat dari rumah. Pikir punya pikir, gue pilih ke Stasiun Kota aja deh. Kemana tujuan berikutnya nanti, diputuskan belakangan.

IMG_20150630_113324

Dari Buaran ke Kota, gue kena biaya Rp 12 ribu/orang. Sebenernya sih cuma Rp 2 ribu biayanya, tapi harus deposit Rp 10 ribu untuk kartu single trip. Biaya segitu didasarkan tarif dasar yakni Rp 2 ribu untuk 25 km awal, dan Rp 1ribu untuk tiap 10 km berikutnya. Ih murce ya?

IMG_20150702_135803*belum sempet nge-refund kartu ini kemarin nih karena antre banget. Padahal lumayan 4 kartu = Rp 40 ribu*

Gue sengaja pilih siang hari karena menghindari jam orang berangkat/pulang kerja. Males ya bok bawa anak kalo harus umpel-umpelan kayak ikan sarden. Dan bener sih pilihan gue berangkat jam 12-an. KRL kosong banget. Pas awal naik, kita emang gak dapet duduk. Tapi begitu kita masuk KRL, petugasnya langsung minta orang-orang yang duduk untuk kasih kita kursi karena ada anak-anak di bawah umur.

Nice!🙂

Sampe stasiun Kota, gue kasih Nadira pilihan. Mau ke Bogor nggak? Kalo ke Bogor nanti bisa lewat sekolah ibu lho. Eh dia malah minta ke sekolah gue. Mau liat rusa katanya. Oke deh, dari Kota gue beli refill kartu Single Trip tadi dengan tujuan UI Depok. Biaya dari Kota – UI Depok kena Rp 3 ribu.

IMG_20150630_123317

Sampe di UI, langsung kuciwa karena koq rusanya gak ada? Areal rusanya juga jadi gak terawat gitu, beda sama waktu 2,5 tahun lalu kita ke sana bareng bonyok dan adik gue.

IMG_20150630_134144IMG_20150630_134358*sibuk celingak-celinguk nyariin rusa. Gue bilang mungkin rusanya lagi puasa jadi lemes. Eh dia bilang “rusa itu animal, Bu. Mereka gak puasa. Mungkin rusanya lagi makan sekarang”. Oke deh*

Sebagai pelipur lara, akhirnya gue ajak Nadira keliling kampus naik bis kuning yang ramah lingkungan. Ih terharu akoh. Bis kuning sekarang koq cakep amat kayak bis eksekutif gitu. Pake AC, jok empuk dan gak burik. Beda bener sama bis kuning busuk di zaman gue kuliah dulu😛

Abis itu, kita balik, naik KRL tujuan ke Buaran, transit dulu di Manggarai. Sebagai hadiah, dari stasiun Buaran, gue ajak naik angkot untuk beli begor fave-nya di Bebek Kaleyo. Baru deh pulang. Dan bener lho, dengan aktivitas plesiran gini, Nadira malah lupa sama puasa. Sesekali sempet sih ngeluh haus, tapi Alhamdulillah, puasanya pol sampe Maghrib🙂

Malemnya gue watsapan sama adik gue, ngajak Langit ke rumah. Sebab, besoknya gue rencana mau ngajak Nadira ke perpustakaan Pemda DKI di TIM Jakarta yang lagi heits banget di sosmed. Udah fixed rencananya, pas bocah-bocah kumpul, Nadira pamer ke Langit bahwa dia kemarin abis naik kereta blablabla. Langit pun iri. Alhasil, rencana ke perpus diganti dengan.. Plesiran naik KRL lagi😀

IMG_20150701_123909

Awalnya gue pengeen banget ke Serpong. Maklum, gue kan hobi banget tuh berpetualang nyobain transportasi umum yang jalurnya belum pernah gue jajal. Tapi kata nyokap, khawatir penuh atau kelamaan secara kita gak mudeng jalur situ. Jadi yowis, dari Buaran gue beli tiket ke Bogor aja deh. Seinget gue, jalur ke arah Bogor dulu lumayan indah dipandang.

Bocah-bocah mah girang banget. Tapi begitu separo perjalanan, mulai deh pada bosen. Plus, sekarang jalur menuju Bogor isinya bangunan semua. Gak ada indah-indahnya yak😀

PhotoGrid_1435823071848IMG_20150701_132356PhotoGrid_1435823269695

Di Bogor, tadinya pengen gue ajak ke Kebun Raya segala. Tapi kok udah jam 15.30? Khawatir kejebak macet di kota orang, akhirnya kita  cuma beli roti unyil di stasiun, isi tiket trus cus naik kereta balik ke arah Tebet. Supaya gak pada cranky, gue ajak naik KRL dari gerbong paling belakang dan jalan teruuuss ke gerbong paling depan. Langsung deh pada ketawa-ketawa.

IMG_20150701_145456

Dan KRL dari Bogor ini kosong banget. Alhasil, Nadira dan Langit pun berasa kayak di rumah sendiri. Tidur selonjoran lah, main lari-larian lah. Lumayan, gak bete jadinya.

Dari Tebet, kita janjian bukber sama adik gue di Kokas. Naik angkot, taksi atau ojek kan standar ya. Gue ajak aja bocah-bocah ini naik bajaj. Lebih cihuy kan?

IMG_20150701_163554*selfie gagal karena geter-geter naik bajaj*

Yak, untuk kedua kalinya, Nadira pun sakseis puasa sampe Maghrib, tanpa rempong. Gue pun jadi mikir, kegiatan apa lagi ya yang bisa dilakukan selama liburan ini,? Oh ya, kalo plesiran, gue maunya cuma naik kendaraan umum. Sensasinya lebih menarik karena jarang kan. Plus sekalian memperkenalkan anak ke transportasi umum di Ibukota gitu, gak naik mobil/motor pribadi mulu. Yah, mentok-mentok kalo gak ada pilihan lain, naik Uber or Gojek lah😛

Di daftar gue sih ada ini nih:

1. Ke perpustakaan Pemda DKI yang kemarin batal (dari rumah enaknya naik KRL, turun di Cikini, cus naik bajaj. Deket!)

2. Ke planetarium yang lokasinya deketan (my daughter is an astronomer wannabe. Dia hobi banget nanya tentang tata surya, dll dsb. Sampe bikin emak bapaknya pening karena nanya-nanya nonstop)

3. Bikin kue lebaran (rikues Nadira: kue Putri Salju, rikues Langit: nastar)

4. Naik bis tingkat wisata sekaligus naik ke puncak Monas (dari rumah bisa naik busway/KRL)

5. Ke Ragunan (tapi pulangnya rempong karena busway yang ke situ cuma dikit, macet pula, zzz)

6. Ke Taman Mini (tapi rempong kalo gak bawa mobil yak)

Anyway, untuk liburan bocah, ada ide lain kah yang bisa gue tambahin ke check list? Minta masukannya dong mentemen. Mamaciihhh *smooches*

P.S:  Gara-gara plesiran 2 hari naik KRL, gue jadi tertarik banget dengan moda transportasi ini. Soale kayak abis oplas deh, keren dan ciamik dibanding dulu. Nggak cuma penampilannya aja, tapi servisnya juga oke. Will write about this in the next blog post ya🙂

34 thoughts on “Let’s Go on A Train Ride!

  1. Ke taman mini bawa mobil dari buaran bukan nya gampang ya ra?!
    Lu tinggal keluar di pintu ceger, deket banget ke taman mininya. Cuma kalo sore arah balik buaran yang macet.

  2. Waaah Mbak Ira, seru banget, padahal kalo mau ke Serpong pemandangan masih banyak ijonya, apalagi kalo diterusin ke ujung banget. Dan dari tanah abang luruuuus aja. Hihihi.

  3. Wii serru…

    Saran aku mba beli kartu e-money atau flazz card aja. Bisa dipake comm line juga busway. Jadi ga ribet nuker2 kartu yg antriannya panjang.

    Nah kalo mau k serpong dr tanah abangnya agak2 ribet kl mau pindah jalur. Naik dulu trus turun lagi. Kalo puasa lumayan bikin haus pas siang2.

    Nadira main kerumah syasya yuuk..disini lg bikin kue lebaran lhoo..

    • TFS ya Del. Gue malah gak tau kalo bisa pake kartu-kartu itu. Padahal asik ya, jadi gak rempong kalo mau plesiran naik KRL atau busway.
      Waahh serunya bikin kue lebaran. Mood gue blm ngumpul nih, masih males2an hahaha😀

    • Iya naik KRL lebih menyenangkan dibanding busway ya. Jadwalnya relatif lebih tepat waktu, frekuensi lebih sering, dan kapasitas penumpang lbh banyak. Kalo busway antrinyaaa gak tahan deh. Mana suka kebakar/kecelakaan pula😦

  4. Mba ira, naik commline kalau bukan jadwal orang berangkat/pulang kantor emang seru mba. Kalo barengan wuidih kayak pepes, apalagi keretanya telat #curcol

    Liburan anaknya patut di coba buat sepupu yg masih kecil2, seru banget kayaknya nyobain moda transportasi.

  5. dilema emak2 yg anaknya lagi libur sekolah tapi di sisi lain juga lagi ngajari mereka puasa..😦 aq juga jadinya maju mundur mau ngajak anak2 jalan2 takutnya ntar ga kuat puasanya dan malah batal di tengah jalan..tapi kasian juga liburan cuma di rumah..
    seru ya jalan2nya Nadira…ini aq pgn ngajakin anak2 naik bis wisata tapi ga berangkat2..😀

    • Idem Mak! Kmrn2 males karena gue juga pengennya leyeh-leyeh aja di rumah sih. Hahaha.. Emang butuh tekad yg kuat kayaknya😀

      Bis wisata pengen juga tp belum sempet2 nih😦

  6. Gue cuma mau bilang, salut sama anak-anak ini yang puasanya penuh. Walaupun naik KRL itu fun, tetep aja kan cuaca panas. Dan mereka bisa tahan itu hebat banget! Pasti di jalan juga lebih keekspose sama jajanan dll. Bravo buat Nadira dan Langit.

    • Iya Le, justru lebih enak diajak beraktivitas, main-main, atau jalan-jalan karena fokus perhatiannya teralihkan. Kalo cuma diam di rumah nonton TV, malah kerasa laper katanya hehehe😀

  7. Hai mba.. Naik KRL memang seru bgt, anakku juga ketagihan. Apalagi emaknya, drpd naik kereta di mall yg 40rb, mending naik KRL yg cuma 2rb.. Hahahahhahaha *emak medit*. Btw, saran aja, kalo mmg mau ke planetarium, mendingan pagi sebelum jam 10 or weekend. Karena untuk perorangan hari biasa ga bisa kecuali sore *cmiiw*. Kalo pagi bisa ikut barengan sama rombongan yg dateng hari itu. Soalnya kemaren pengalaman udah dateng jam set 10 ga bisa masuk krn rombongannya udah pada masuk jam 9. Selamat jalan2 yaa !!! :))

    • Hahahaha.. Ih bener banget tuh! Di mal kelilingnya pun membosankan. Ini kereta beneran pemandangannya lebih variatif, experience-nya lebih nyata pula kaann. Plus murce bok!😀

      Wah makasih Mak ingpo soal planetarium. Tadi gue cek juga di http://planetariumjkt.com/, selama puasa, wiken gak ada pertunjukan ya. Sebel deh😦

  8. Anakku juga seneng klo diajakin KRL mba. Kereta jg jadi alternatif transport bwt mudik ke Cilegon. Sepanjang jalan liatnya sawah, seruuw! Daku ngalamin banget perubahan KRL..mulai dari kelas ekonomi yg dulu tiketnya 1500 dari Sta.UI ke Cikini..maklum mahasiswa gak mampu beli tiket yg ekspress. Trus mulai ada AC ekonomi sampe akhirnya AC semua. Stasiunnya pun skrg pada dibagusin mba. Klo jdwl telat 30menit dapet surat dari stasiun gtu bwt ditunjukin ke tempat kerja. Jalur serpong klo gak mau capek naik-turun tipsnya naik kereta paling depan klo dr arah manggarai ke tanah abang, klo dari arah duri/angke naik yg paling belakang.

    • Iyaa sama! Aku dulu kuliah kan tiap hari juga naik kereta ekonomi. Beli abonemen 10ribu utk sebulan. Isinya zzz banget. Kalo pagi2 ke arah Depok/Bogor suka bareng kambing, tukang sayur, dll dsb. Belum lagi ada pengamen, tukang jualan dan pengemis di dalem kereta.

      Makanya kmrn amazed sendiri liat KRL sekarang cakep luar binasa. Makasih tipsnya yaaa🙂

  9. Aku juga minggu kemarin sukses bawa anak-anak yg lagi puasa naek krl dari stasiun pasar minggu. Turun di stasiun Juanda, nyebrang ke arah Masjid Istiqlal lanjut naek city tour. Seneng liat anak-anak yg semangat bgt.

  10. kalo dari Ragunan, naik angkot sekali sampe Pasar Minggu bisa kayanya mbak, abis itu bisa lanjut KRL lagi deh. Atau bajaj deh ke Stasiun Pasar Minggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s