Nyamuk Nakal, Pergi Kau!

Sampe saat ini, binatang yang menurut gue paling genggeus adalah nyamuk. Musuh utama gue banget deh. Abis, selain suaranya yang berisik di kuping, bekas gigitannya juga ninggalin rasa gatel-gatel dan bentol gede. Bahkan, untuk yang kulitnya sensi, bisa sampe luka-luka segala lho. Nggak cuma itu, nyamuk juga jadi perantara penyakit kayak DBD atau cikungunya.

Jadi jelas ya kenapa gue, dan kayaknya sih, 99% orang di dunia, sebel sama nyamuk. Apalagi pas gue hamil tuh. Ya envelope, mungkin karena suhu tubuh gue naik, nyamuk jadi tambah demen amat nemplokin gue. Rasanya udah mau nangiiis aja. Udah gerah, gendut, eh dikerubungin nyamuk. Sebel sebel sebeell!

Tapi dari berbagai pengalaman pribadi dan ngobrol sama beberapa temen, gue jadi punya beberapa resep anti nyamuk yang lumayan untuk dipraktikkin, terutama pas kepepet. Here they are:

1. Raket nyamuk

Kayaknya selain raket badminton, tenis dan pingpong, raket nyamuk adalah jenis raket paling ngetop ya. Abisan asik banget sih pake metode ini. Sambil bikin nyamuk pingsan, kita juga bisa sekalian latihan smash ala Susi Susanti ya kaann.. (eh apa itu cuma gue doang ya?)

Dan menurut gue, raket nyamuk adalah metode balas dendam terciamik ke nyamuk-nyamuk nakal. Sekali smash biasanya itu nyamuk cuma pingsan. Abis itu bisa kita penyet sampe mati, atau panggang pake raket nyamuk. Sukurin lo! Maaf ya para anggota PETA kalo gue terkesan tak berperikebinatangan. Abis nyamuknya juga nyebelin banget siihh..

Raket nyamuk jadi favorit juga mungkin karena harganya yang relatif affordable dan bisa didapatkan di mana aja. Mulai dari pasar tradisional, mini market deket rumah sampe supermarket. Yang penting, hati-hati ya pas memakainya. Meski nggak bikin celaka, cuma kaget doang, tapi kalo kita kesetrum si raket nyamuk, ya KZL juga kan kakaakk..

2. Kelambu

Metode ini pernah gue pake pas masih kecil dulu. Sama nyokap, tempat tidur gue dan adik gue dipakein kelambu supaya kita berdua nggak digigitin nyamuk. Dan pas Nadira lahir, box bayinya pun gue pakein kelambu. Gue juga beli kelambu mini yang segede tudung saji buat ngelindungin dia pas lagi tidur di luar selain box-nya.

image

*kemarin nemu Tukang kelambu di ITC Cempaka Mas. Skrg size nya macem2 ya*

Menurut gue, metode ini cukup oke untuk upaya preventif ya. Cuma emang agak repot kalo untuk tempat gede segede spring bed gitu. Mau beli kelambu tudung saji size super gede kayak yang dijual sebuah merek khusus kelambu, mihil bok. Kalo mau pasang kelambu di tempat tidur gue sekarang, kayaknya gue kudu gant i model tempat tidur dengan yang jenis bertiang-tiang.

Padahal asik juga sih ya kalo pake kelambu. Pas listrik mati, pintu dan jendela kamar bisa dibuka lebar-lebar supaya kamar adem. Gak usah takut nyamuk karena kan ada kelambu.

3. Aplikasi anti nyamuk di gadget

Metode ini baru gue donlot dan baru mau dicoba. Taunya juga hasil ngobrol sama temen dan browsing di internet. Sistemnya sih aplikasi ini ngeluarin suara dengan frekuensi tertentu yang hanya bisa berpengaruh pada nyamuk (dan juga lalat plus serangga lain). Frekuensi itu melumpuhkan syaraf mereka dan bikin mereka kabur karena terganggu.

Asli nih, gue tertarik banget. Makanya langsung donlot dan mau dicoba. Kalo beneran ampuh, bakal ane tulis lagi di postingan berikutnya deh Gan.

4. Baju lengan panjang warna cerah

Cara ini adalah cara kepepet kalo harus berada di luar rumah dalam kondisi nyamuk super banyak. Seperti kita ketahui, nyamuk hobi banget nempel-nempel sama barang berwarna gelap. Makanya solusi gue mah pake baju warna terang.

Terus lengan panjang sekalian supaya gak ada area yang bisa ditomplokin sama si nyamuk. Lumayan lah ya untuk solusi emergensi.

image

5. Baygon Liquid Elektrik

Ini metode yang belakangan ini lagi sering-seringnya gue pake di rumah. Abis simple banget sih. Tinggal colok, nyamuk pada kbur. Nggak pake bau asep, nggak usah repot nyemprot, nggak capek oles-oles. Hassle free lah ya.

Selain itu, baunya juga nggak genggeus kayak bau obat nyamuk jenis lain. Jadi nggak ngeganggu pernafasan dan kita bisa tidur dengan tenang sampe pagi. Hemat listrik pula, jadi nggak usah khawatir tagihan bakal membengkak, kan.

image

Nah, segitu dulu mungkin beberapa kiat anti nyamuk yang pernah dan masih sering gue praktikkan. Ada kiat-kiat lain yang suka dilakukan temen-temen kah? Mau dong dibisikkiinn..

15 thoughts on “Nyamuk Nakal, Pergi Kau!

  1. Di sini kalau summer nyamuknya besar sekali dan kalau gigit bisa bentol sampai lama pula. Aku coba bikin bug repellent sendiri dari distilled water, witch hazel oil dan essential oil seperti citronella, lavender dan cajuput (minyak kayu putih). Nanti mau dicoba kalau ke Indonesia apa mempan ngak sama nyamuk si sana. 😄

  2. emang ngaruh ya suhu tubuh sama gigitan nyamuk…kalo bener..pantes nyamuk hobi banget gigit aq, soalnya suhu tubuhku lbh hangat dr suhu normal biarpun ga lagi hamil…

Leave a Reply

