Review: Kursus Tari Daerah untuk Anak

Dari dulu, gue cita-cita banget kalo punya anak, dia harus ikut les seni tradisional. Mau cewek atau cowok, bakal gue masupin ke les tari tradisional/pencak silat/karawitan/gamelan/nyinden/dalang. Kenapa? Soale, IMHO sih, ini bentuk kontribusi gue dan generasi penerus *tsah bahasanya serius amir* untuk melestarikan budaya tradisional. Kayak yang pernah gue tulis dulu nih.

Apalagi sekarang kayaknya banyak anak yang lebih bangga dan tertarik dengan tarian modern dan seni modern ketimbang nari Jaipong dan main gamelan. Imej kampungan, nggak keren, kurang modern dll masih melekat banget sama seni tradisional kita. Padahal di luar negeri, justru kesenian dan kebudayaan kita yang mendapat apresiasi tinggi. Bahkan banyak bule yang napsu belajar dan tersepona sama budaya tradisional kita lho. Kalo gue ke luar negeri bareng rombongan seni Indonesia, pasti heboh deh sambutannya. Sampe bikin goosebumps dan terhura!

Karena itulah gue akhirnya memasukkan Nadira les tari tradisional. Kebetulan, anaknya emang doyan nari, jadi gue rasa pas lah ya. Selain itu, beberapa alasan lainnya kayak melatih rasa percaya diri dll, pernah gue tulis di artikel MommiesDaily di sini.

Perjuangan nyari tempat lesnya pun lumayan bikin pusing. Soale gue pengen yang deket-deket rumah aja. Yang paling lengkap ofkors di Taman Mini Indonesia Indah ya. Segala jenis les tari daerah manapun ada di sini. Tapi koq ya jauh amiirr dari rumah gue. Mana macet pula kan ke situ😦

Trus gue ngobrol-ngobrol sama guru sekolah Nadira. Dia kasitau les tari tradisional di Gedung Senam di Jalan Radin Inten deket rumah. Oke gue pun langsung survei ke sana.

Ternyata, peserta lesnya udah lumayan gede-gede. Pantaran anak SD-SMP gitu deh. Sementara saat itu, Nadira masih berumur 5 tahun. Lesnya juga lumayan serius. Seminggu 2 kali, persesi latihan 2 jam. Untuk anak yang udah lebih besar mungkin cucok. Tapi untuk anak TK-SD awal, kayaknya bakal membosankan karena latihannya lama dan lumayan intensif. Padahal sih biayanya murmer, cuma 80 ribu/bulan cmiiw.

Gue pun mulai bertanya pada siapa lagi kalo bukan Mbah Gugel. Hasil nguprek-nguprek, ketemu Sanggar Rinari di daerah Cipinang Indah. Gue langsung Watsap Mbak Rina, pelatih sekaligus ownernya. Alhamdulillah, tanggapannya positif, ramah dan helpful banget.

Di Sanggar Rinari, latihannya seminggu sekali, cuma hari Minggu aja. Jadwalnya, jam 10-11 pagi untuk anak-anak, jam 11-12 untuk remaja dan dewasa. Persesi latihan cuma berlangsung selama 1 jam. Biaya 75 ribu/bulan.

Gue mulai tertarik nih. Apalagi pas Mbak Rina nawarin untuk free trial dulu. Jadi bakal keliatan, Nadira beneran suka atau nggak latihan nari di situ. Wow, free trial? Langsung cuss deh ah! *gak tahan denger gratisanπŸ˜› *

Di free trial, Nadira keliatan suka dan mau ikutan nyoba nari langsung bareng murid-murid lain. Dia juga semangat karena di sini banyak temen-temen seumurnya. Kalo yang di Gedung Senam kan gede-gede tuh. Di sini, yang seumur Nadira ada beberapa orang. Sisanya masih SD. Kalo yang udah SMP ke atas, latihannya nggak bareng.

Abis itu gue tanya mau les tari atau nggak, Nadira langsung ngangguk. Jadi deh tiap Minggu pagi gue anter dia ke tempat les. Trus tiap latihan suka gue rekam dan rekaman videonya itu diulang mulu di rumah sebagai panduan latihan. Sehari bisa berkali-kali. Lama-lama gue pun ikutan hapal sama gerakan-gerakannya hahaha..πŸ˜€

IMG_20140831_103442*suasana les tari*

Oh ya di sanggar ini, tarian yang diajarkan itu macem-macem ya. Mulai dari Tari Kupu-kupu (Jawa), Tari Pendet (Bali), Tari Lenggang Patah Sembilan (Melayu), Tari Giring-giring (Kalimantan), Tari Lenggang Nyai (Betawi) sampe tari modern tradisional. Biasanya anak baru diajarin yang gampil dulu kayak Tari Kupu-kupu gitu.

Udah hampir setahun Nadira les tari di Rinari. Dan so far, dia enjoy-enjoy aja lesnya. Bahkan semangat banget sampe nggak mau bolos. Jadi sekarang kalo ada acara di hari Minggu, kita baru bisa capcus setelah Nadira kelar les nari hahaha.. Gpp deh ya mumpung anaknya semangat.

Dan selama itu pula, dia udah 2 kali perform, yaitu:

1. Tari Kupu-kupu di Kota Kasablanka

Di sini ceritanya ikut lomba tari apaa gitu. Gue mah gak penting deh hasil lombanya, menang or kalah. Yang penting buat gue adalah anaknya bakal pede/nggak, hapal gerakan/nggak, dan mewek/nggak di atas panggung. Mana ini acaranya di atrium Kokas yang gede itu, plus rameee banget. Aseli deh, muleeesss bingit gue!

Alhamdulillah, ternyata semua kekhawatiran gue gak terwujud. Nadira dkk bisa tampil dengan baik. Meski ada sedikit salah tapi ya sutralah yaaa.. Anaknya juga kayaknya lega gitu. Sebelum tampil dia keliatan sih setres juga kayak emaknyaπŸ˜€

IMG_20141101_134854

2. Tari Giring-giring di Lotte Avenue

Di sini ceritanya ngebuka seminar parenting apaaa gitu. Skala acaranya lebih kecil dibanding yang pertama dulu. Jadi baik gue dan Nadira sama-sama nggak terlalu nervous. Lumayan lah ya untuk nambah jam terbang.

Yang seru sih, pas Nadira dkk sampe mal, kan kudu lewatin supermarket, resto dll. Mereka jadi bahan tontonan karena udah pake kostum dan makeup lengkap. Banyak yang motret-motret segala, apalagi di Lotte kan banyak bule dan WNA yang belanja ya. Jadi buat mereka mungkin ini menarik banget. Anak-anaknya sih pada hepi-hepi aja, berasa macam artis infotainment kali yeπŸ˜€

IMG_20150221_143725*ini penarinya digabung, anak TK dan SD. Tapi karena anak SD-nya bongsor-bongsor, jadi gak keliatan banget beda umurnya ya*

IMG_20150221_145713*my beautiful Dayak girl and I *

Di bulan puasa ini, latihan digeser jadi sore, sekalian ngabuburit kata Mbak Rina. Dan keliatan sih, bocah-bocahnya pada hepi-hepi aja tuh. Nggak kerasa karena begitu kelar latihan, pulang, sampe rumah, eehh beduk Maghrib deh.

Anyway, untuk yang mau tanya-tanya tentang kursus tari di Sanggar Rinari, bisa hubungi Mbak Rina di 083871001692 atau 081385368934 (telpon, SMS or watsap). Lokasinya di komplek Cipinang Indah, Jakarta Timur. Alamatnya gue lupa ya, maap hahhaa..πŸ˜› Tapi gampang sih lokasinya, pas di samping lapangan tenis gitu. Untuk lebih lengkap, tanya sendiri sama Mbak Rina yaa..

Oh ya di sini nggak cuma anak-anak yang bisa ikutan lho. Ibu-ibu pun boleh ikutan. Gue sebenernya pengen sih tapi gak sempet mulu karena abis Nadira kelar nari, pasti harus buru-buru cabut karena ada acara.

Okay that’s it. Semoga bisa membantu siapapun yang pengen belajar tari daerah. Karena, kalo bukan kita, siapa lagi yang bakal melestarikannya, ya nggak?πŸ™‚

11 thoughts on “Review: Kursus Tari Daerah untuk Anak

  1. Gw masih trauma Mbak sama perlakuan dari bapak dulu, soalnya dulu suka mainan sama selendang dan ngikutin gerakan tari tradisional di tvri. Dibumihanguskanlah itu selendang dan asesoris nari sama bapak. Ada buat anak cowok gak Mbak Ira?

    • Wah padahal setau gue, penari cowok lebih laris lagi lho Dan karena jarang banget. Temen gue penari, suaminya penari juga. Sama-sama penari Jawa gitu. Dia cerita, suaminya lebih sering keliling dunia dibanding dia dan job juga lebih laris karena saingannya dikit.
      Jadi IMHO sih gpp ya kalo laki-laki nari. Toh gerakannya juga gak gemulai-gemulai amat. Bahkan di Bali, anak laki-laki udah dilibatkan di kegiatan tari tradisional sejak kecil supaya kebudayaan mereka lestari. Tapi emang di Jakarta, les tari rata-rata isinya anak cewek mulu. Anak cowok biasanya dimasukkan kegiatan yang lebih macho kayak silat gitu.

  2. kalo seumur saya kak udah telat belom kalo mau les nari? *kemudian digelindingin ke jalan*
    gw juga pengen loh Ra kalo anak gw les nari, sayangnya anaknya ogah padahal hobby nya kelojotan melulu kalo dirumah.
    Mau maksa tapi gak tega.

    • Gak telat koq Et. Temen gue baru belajar tari Bali umur 30-an. Bahkan Camelia Malik cmiiw baru belajar Jaipong di usia segituan. Dan karena tekun latihan plus berbakat kali ya, dia bahkan dianggap salah satu orang yang berjasa memasyarakatkan Jaipong.

      Coba aja lo ajak anaklo nonton pergelaran tari di TMII, Et. Atau liatin bocah-bocah pada les tari di sana. Mungkin bisa memicu minatnya kaliπŸ™‚

  3. Wah mbak Dira pinter nari… bagus Ira ngenalin tari tradisional dari kecil dan untungnya Dira mau yaa.. waktu kecil disuruh les sm ibu nggak mau, giliran gede malah pengen bisa nari, punya anak cowo sukanya main games… yaasutra.. hahahaha…πŸ™‚

    • Hahaha.. Anaklo coba disuruh ikutan pencak silat aja Shin. Sekarang kan ada role modelnya tuh, Iko Uwais dan Yayan Ruhiyat yg sukses mendunia dan di Hollywood lewat silat dan film The RaidπŸ˜€

  4. Pingback: Tentang Ngeblog | The Sun is Getting High, We're Moving on

  5. Pingback: Sudahkah Anda Berbahasa Indonesia Hari Ini? | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s