Bongkar Pasang IUD

Setelah kelar reply komen-komen dari errrr 6 bulan yang lalu (???), akhirnya yuk mari kita bikin postingan baru๐Ÿ˜€

Lima tahun lalu, waktu pertama bikin blog ini, gue memulainya dengan postingan tentang IUD. A bit weird for a first post in a new blog, right? Tapi yaa namanya juga ngeblog buat gue = diary online. Jadi yang gue tulisย  pengalaman pribadi deh.

Okeh, soal kontrasepsi emang jadi momok tersendiri buat gue. Soale, gue gak mau yang ribet. Kalo pake KB suntik, takut gemuk. Pake pil, takut lupa minum. Pake konde atawa sarung, takut ehm, lagi asik-asiknya, eh stok abis, trus harus beli dulu, trus mengganggu keasyik-masyukan *naon ieu bahasana*. Jadi yaa pilih IUD deh. Apalagi nyokap dan mertua dari zaman jebot juga pake ini.

Pengalaman pakenya udah gue ceritain di postingan perdana dulu ya. Aseli, buat gue, itu traumatizing banget deh. Secara gue ini cemen lah untuk urusan diobok-obok airnya diobok-obok, eh maksudnya, diobok-obok sama obgyn. Jadi meski obgyn-nya adalah pilihan gue sendiri, tetep aja akoh deg-degan.

Alhasil, sejak IUD itu terpasang di dalam rahim, tiap tahun kerjaan gue adalah menghitung mundur, kapan IUD itu harus dicopot. Sesuai kata dokter, IUD itu harus diganti setiap 5 tahun sekali. Jadi, tiap tahun, gue menghitung mundur “Oh 4 tahun lagi gue harus copot IUD”, “Oh 3 tahun lagi gue harus copot IUD”, dst.

FYI, gue kan pasang IUD di mens pertama gue setelah melahirkan Nadira, yakni sekitar Februari 2010. Jadi harusnya gue copot IUD-nya pada Februari 2015. Deg-degan kian bertambah saat waktu deadline IUD gue tinggal setahun lagi, yaitu di Februari 2014. Apalagi, saat itu, baik gue dan suami kayaknya udah males mikirin nambah anak. Jadi artinya, gue nggak cuma copot IUD. Tapi juga sekaligus pasang kan.

Tiap bulan, gue mulai ngitung mundur menuju Februari 2015. Rasanya, nggak keruan abeess. Ditambah lagi confession adik gue yang pernah mengalami prosedur serupa sebelumnya. Kata dia, bongkar pasang IUD itu suakiit banget-nget-nget parah. “Saya aja begitu keluar dari ruang praktik dokter, sampe nyaris pingsan lho Mbak,” katanya.

Gimana gue nggak tambah ngepeerr????๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ

Februari 2015, gue mules-mules mikirin IUD. Dan karena masih hot latihan TRX dll, gue bikin keputusan, nanti aja ah copotnya bulan depan. Maret 2015, nunda lagi. Apalagi, susah nyocokin jadwal mens dan availability suami untuk anter ke dokter.

Kenapa mens? Karena bongkar pasang IUD lebih baik dilakukan saat mens. Sebab di saat itu, rahim tengah dalam kondisi terbuka. Jadi lebih mudah untuk dokter memasang/mencopot IUD-nya.

Kenapa harus dianter suami? Yaabes kata adik gue, dia aja sampe pengen pengsan. Lah gue khawatir dong kalo gue juga pengsan. Nanti kalo gue ke dokternya setelah ngantor dan naik motor, pulangnya pijimane?

Setelah berbulan-bulan nunda, akhirnya gue berani-beraniin deh bikin appointment bongkar pasang IUD ke obgyn minggu lalu. Dua hari sebelum hari H, gue sampe mencri-mencri dong saking setresnya. Suami pun ngetawain karena dia nggak pernah liat gue sesetres ini sebelumnya๐Ÿ˜€

Pas hari H, gue sengaja pilih praktik dokter pagi. Sampe ijin gak ngantor segala bok. Ditemenin Nadira dan suami, jadi deh akik bongkar pasang IUD.

The verdict?

Ih, nggak sakit lho. Aselik!๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

Gue pun shock. Karena, saking tegangnya, pas obgyn USG rahim sebelum mulai bongkar pasang, gue berkali-kali tarik nafas dan ngerasa tangan gue dingin banget. Eh ternyata, udah nih cuma segini doang? *kibas poni*

Emang beneran nggak ada sakit samsek, Ra?

Ada lah dikiit. Kayak ngilu-ngilu gitu di dalem. Tapi mungkin karena gue udah terbiasa selama 5 tahun pake IUD, jadi ngilu-ngilu itu gak berarti apa-apa sekarang. Kelar bongkar pasang IUD pun gue bisa berjalan gagah perkasa, bayar ke kasir sendiri, urus obat sendiri, dst. Suami gue suruh ngurusin Nadira aja yang rempong minta makan di kantin๐Ÿ™‚

IMG_20150617_111023*sempet poto-poto pula setelah bongkar pasang IUD. Sayang punya suami gak bakat fotografi, jadi blur gini deh hasilnya๐Ÿ˜ฆ *

Jadi, gue berasa pengalaman bongkar pasang IUD ini anti klimaks banget deh. Udah bertahun-tahun ketakutan, tegang sampe nunda-nunda, eh tau-tau prosesinya gak separah yang gue kira.

Ibarat film-film horor, suasana udah menakutkan, gelap dengan bunyi-bunyian yang bikin merinding, eh tiba-tiba sosok hantunya yang nongol malah lucu kayak film horor Indonesia. Kan anti klimaks banget, ya gak?

Dengan ini, gue jadi menyemangati temen-temen yang harus copot IUD tapi gak berani. Ayo cepetan dicopot kalo udah expired. Soale kalo nggak dicopot justru bisa berbahaya lhoo.. *lah malah nakut-nakutin*

Trus, gue jadi kepikiran. Kalo bongkar pasang IUD kayak gini doang sih, bisa lah nanti dicopot jika tiba-tiba keinginan tambah anak kembali nongol. Uhuy!๐Ÿ˜€

Cemungudh eaaa qaqaaaqq!!!

44 thoughts on “Bongkar Pasang IUD

  1. Aku psg IUD nya lsg abis sesar mbak, asli jiper lah klo pasang ga dlm kondisi di bius, kt tmn2 eike sakit klo psg IUD, makanya minta sm dokternya lsg dipasangin aja deh hahahaa

  2. Huaaaa akik juga jiper mbak alias takut stengah mampus ntar kalau dah mau copot IUD. Ini pasang IUD baru 10 bulan yg lalu. Aslik itu ngilunya dan mules slama 3 hari. Hikssss perjuangan banget deh. Makanya ga kebayang sakitnya ntar pas copot IUD. Tp ya gitu ya mudah2an ntar antiklimaks juga. Sama kek wktu cesar ke 2. Cesar pertama sakit banget wktu suntik anastesi, eh pas yg ke 2 udah siap2 mau nangis ternyata gt doank ga sakit samsek.

    Mau nanya donk, selama pake IUD 5 thnan ada keluhan ga mba? Or pernah cek up gt ga?soalnya aku inget obgynnya suruh cek up per 6 bln. Aku malah belum pernah cek up lagi euy

    • Maap komenlo ternyata masuk ke spam dong Mak. Makanya ini baru kebaca euy.

      Selama 5 tahun keluhan gue cuma satu: mens gue jadi lamaaaa bok. Bisa nyaris 2 minggu gitu. Bleedingnya sih nggak banyak-banyak amat, tapi netes dikit-dikit mulu. Mens banyaknya paling cuma 2 hari. Yang bikin lama ya ngeflek-ngefleknya itu. Alhasil kalo bulan puasa, utang puasa gue jadi banyak. Minimal 10 hari aja gitu, zzzz..

      Trus keluhan lain ya suka agak mules aja paling sih. Awal2 gue sampe beberapa kali cek ke obgyn karena takut geser, tapi ternyata gpp. Dan kalo lagi bleeding heavily, emang kuantitasnya jadi lebih banyak dari mens sebelum IUD dulu.

      Untuk cek, gue baca di http://www.webmd.com/sex/birth-control/intrauterine-device-iud-for-birth-control katanya harus tiap tahun. Tapi pas abis pake, kudu cek 4-6 minggu sesudahnya. Gue sih dulu cek bareng pap smear aja deh supaya sekalian hehehe.. HTH ya shaayy๐Ÿ™‚

  3. Hiiiii ngeriiii. Aku aja tiap papsmear di annual check up uda malessss bgt ngebayanginnya takut duluan. Gimana pasang alat kb

  4. Karena pengalaman pasang IUD gue nggak menyeramkan, setiap baca cerita temen, suka bertanya pada diri sendiri “ini gue yang aneh apa gimana?” hahaha

    Tapi sekarang menuju ganti IUD bulan Agustus, setiap baca pengalaman ganti IUD, mulai deg-degan lagi. Untung sekarang baca cerita elo, jadi mudah2an nanti pas ganti, lancar gini juga kayak elo, ya.

    AAMIIN! haha

    • Apalagi kalo denger ceritanya Lita yag pake mau pengsan segala Ki. Gimana nggak jiper kaann.. Atau lo baca komen2 lain di postingan ini dan sebelumnya deh. Aduh koq gue jadi jiper maning yak X_X

  5. Aku cenat cenuuuut.. btw pengalaman pasang iud aku jg gak menyeramkan *toss saski diatas*, jalan sendiri ke bidan deket rumah.. trus pulang jalan lagi cengengesan :”))
    Tapi emang iud aku expired nov tahun depan.. dan mau bongkar pasang jg niatnya extend gitu.. semoga gak horror yes. Tfs mbak Ira!๐Ÿ™‚

    • Emang Dil, ngebayangin “anu” diobrak-abrik dan dipasangin benda asing pasti bikin cewek manapun senat-senut. Makanya gue mah salut sama yang punya tindikan di bawah “sana”. Gue mending bongkar pasang IUD beberapa kali deh drpd ditindik, hiii..
      *naon eta bahasannya jadi beginian๐Ÿ˜› *

      • Mbak Ira, tp sumpah.. baca tulisan ini bikin aku semangat nih beberapa hari lagi (kalo mens) mau cuss buat bongpas ini IUD. Semoga lancar boook.. ini topik emang lg bikin galau segalau2nya, ehh dikau nulis hahahaha paaaasss. Doakann sayaaaa… saya pasti bisaaaaa! *ala2 benteng takeshi! Maturnuwun udah sharing hihihi โ™ก

        *malah baru tau ada yang tindikan nun jauh di “sana” :””)))

      • Hahahaha.. Sama-sama Dil. Seneng deh tulisan curcol ini ternyata bisa memotivasi (halah) para cewek-cewek yang mau bongpas IUD. Soale pas dulu gue mau bongpas, rata-rata pengalaman temen2 gue koq horor semua.

        Semangka!๐Ÿ˜€

  6. serius mbaa??? ada temenku sampe 2 kali bolak balik RS, katanya susah dan ga bisa lepas itu IUD nya.. jadinya aku mau pasang iud skrg ngeri๐Ÿ˜ฆ

    • Tiap orang beda-beda kayaknya ya Mbak. Tergantung bentuk rahim juga, inverted atau normal gitu cmiiw. Tapi most people sih kayaknya gpp. Nah supaya tau, ayo cobain sendiri hihihi๐Ÿ˜€

  7. Pas anter istri pasang aja bebebrapa tahun lalu dia bilang agak sakit tapi gak sampe yang begimana-begimana sih Mbak Ira, semoga nanti pas lepasnya gak sakit..

  8. aq anak pertama, kedua pake KB suntik 3bln..alhamdulillah cocok..badan ga jadi gemuk. begitu anak ke 3 lgsg jadwalin steril skalian pasca cesar ke 3, karena udah mau stop..udah cukup 3..dan males mikirin mau pake KB apalagi..karena mau pake IUD aq juga takuuut…๐Ÿ˜€

    • Wah Alhamdulillah banget Mbak, pake KB suntik tapi gak gemuk. Rata-rata orang di sekelilingku yang pake itu, bodinya jadi bengkak. Makanya aku males, hehehe..

      Trus denger cerita temen2, banyak yang gak pernah menstruasi karena pake KB suntik. Jadi pas kebobolan hamil lagi, nggak ngeh deh๐Ÿ˜€

  9. Hai Mbak Ira salam kenal๐Ÿ™‚
    Ngomongin soal iud aku punya pengalaman gak enak, jadi setelah 3 tahun pasang iud muncul spotting di luar menstruasi, stelah di cek iud ku geser, benangnya nukik keatas dan nusuk dinding rahim, satu2nya jalan buat copot harus di microcuretase dan di bius total, copot iud nya si gak sakit (wong dibius hihihi) tapi pas bayar bill nya, ya amplop seharga ngelahirin bayi secara normal, after itu aku kapokpokpok, skrg pake konde aja deh, biar ribet yg penting slamet, hehe

    • Haduuhh.. Itu baca ceritanya jadi linu sendiri Mbak Isna. Linu bayangin bayar biayanya gitu, hahahaha..

      Sesungguhnya suamiku juga pengennya pake konde aja. Katanya supaya aku gak sakit dll dsb. Tapi berhubung aku orangnya parnoan, tetep ngerasa kurang safe ceunah. Alhasil biarin deh linu2 dikit pake IUD, yang penting aman๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s