Makan Lebih Sehat, Yuk!

Sejak mulai memperbaiki gaya hidup dan pola makan setahun lalu, ada satu hal yang jadi tantangan terbesar gue. Sebagai orang Indonesia, menghindari makanan bebas minyak itu ajegile susahnya bok. Maklum, kuliner Nusantara memang lebih banyak yang dimasak dengan digoreng atau ditumis dibandingkan dengan yang dipanggang, misalnya.

Berhenti makan cake dan penganan manis sih cingcay lah. Gue bisa kuat berdiri di tengah cake shop yang penuh dengan kue-kue berkrim dan bertabur gula, tanpa nyomot sepotong kue pun. Nah, yang susah itu melawan godaan gorengan kayak bakwan, pisang goreng, tahu isi, dan risoles. Belum lagi lauk pauk yang digoreng kayak ikan goreng, ayam goreng, etc etc. Nyebut namanya aja jadi laper, hahaha..πŸ˜›

Awalnya sih gue berusaha untuk menghindari makanan yang digoreng. Jadi makanan gue ya dikukus, dipepes, direbus atau dipanggang. Tapi, menumis itu tetep harus pake minyak meski sedikit. Lah jadi puyeng deh gue. Bener deh, menghindari minyak untuk memasak itu susah ya ternyata.

Gue pun mulai banyak baca-baca soal jenis minyak mana yang lebih baik. Minyak kelapa sawit is out of the list karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Apalagi di abang-abang gorengan kan biasanya dipake berulang-ulang untuk ngegoreng. Gileee kebayang nggak tuh betapa nggak sehatnya!

Gue sempet pake minyak kelapa alias coconut oil karena di supermarket, minyak ini cukup mudah ditemukan. Keluhannya cuma satu, titik asapnya rendah, cyin. Jadi masakan lebih gampang gosong, deh😦 Tapi waktu  itu karena nggak punya pilihan lain, terpaksa gue pake minyak kelapa terus.

Suatu hari, di supermarket gue nemu ada minyak kedelai merek Happy Soya Oil. Dibaca-baca dan dibrowsing-browsing, katanya minyak kedelai itu juga sehat karena kandungan lemak tak jenuhnya lebih banyak dibandingkan lemak jenuhnya. Harganya pun cukup bersahabat. Gue jadi tertarik nyoba sebotol isi 1 liter.

Eksperimen pertama adalah menggoreng tempe mendoan. Seperti kita ketahui semua, tempe mendoan itu bahan-bahan utamanya cuma tempe, tepung daaann minyak. Makanya, kalo abis makan tempe mendoan, bibir dijamin basah kayak pake lipgloss. Yaeyalah ya, adonan tempe plus tepung itu ngikat minyak banget. Jadi banjiirrr deh semua.

Ealah, pas gue goreng pake Happy Soya Oil, hasilnya nggak basah-basah banget lho. Rasanya pun jadi gak terlalu greasy. Gue terus terang cukup surprise. Makan gorengan pun jadi nggak feel guilty-guilty amat gitu.

Terus, Happy Soya Oil ini titik asapnya tinggi. Jadi masakan nggak gampang gosong. Beda sama minyak-minyak sehat lainnya.

Gue pun jadi jatuh cinta sama minyak ini. Apalagi, pas kemarin dapet penjelasan lebih lanjut tentang Happy Soya Oil di acara Zumba Party with Happy Soya Oil yang digelar bareng MommiesDaily.

Gue baru tau lho kalo Happy Soya Oil itu adalah nama baru dari Happy Salad Oil. Inget banget deh, zaman dulu kalo nemenin nyokap belanja, gue suka nemu Happy Salad Oil di supermarket.

Waktu itu, karena namanya Salad Oil, gue sangka kegunaannya hanya untuk bikin salad aja. Ternyata, minyak kedelai yang ada di dalamnya juga bisa digunakan untuk masakan lain kayak menggoreng, menumis, bahkan membuat kue.

Hah, bikin kue??? Iya bener, untuk bikin kue bisa lho. Kan banyak tuh resep kue kayak Bolu Ketan Item, Red Velvet atau Banana Cake yang di resepnya menggunakan vegetable oil. Daripada pake minyak kelapa sawit, ya mending pake minyak kedelai aja yang lebih sehat, ya nggak?

Terus, kemasan Happy Soya Oil sengaja ditambahi tulisan dalam bahasa Jepang karena para chef asal Jepang emang lebih suka pake minyak kedelai daripada minyak jenis lain. Wah masakan Jepang yang dikenal healthy ternyata pake minyak ini lhoo..

Anyway, dari event Zumba Party kemarin, banyak keseruan yang terjadi. Dari zumba bareng masternya, Laila Munaf, talk show sampe lomba bikin salad. Tapi momen paling membahagiakan ya ofkors pas mau pulang dong. Soale dapet goodie bag berisi Happy Soya Oil, ihiy! *emak-emak banget yes*

Berikut ini gue pejengin beberapa foto dari event itu ya. Seruuuu banget. Mau dong kalo ada lagiiiπŸ™‚

IMG_20141011_093503

*foto-foto untuk ngetes, makeup masih nempel apa nggakπŸ˜€ *

IMG_20141022_152005*fotbar seluruh peserta Zumba Party, taken from @mommiesdaily ‘s instagram account*

 

IMG_20141011_101222

*para peserta lomba bikin Salad lagi berpose sebelum mulai*

IMG_20141011_103957

*ourΒ  healthy lunch yang yummyyyyy banget!*

15 thoughts on “Makan Lebih Sehat, Yuk!

  1. Setuju banget sama yang susah ngehindari gorengan mb.
    Klo ngehindari manis2 mah gampiiil. Pan ane udah manis. *ditoyor happy soya oil sekardus*πŸ˜€
    Dicatet deh ini buat besok klo udh mulai masak2 sendiriπŸ˜€
    Terimakasih info ny mb.ira..

Leave a Reply

