Kondangan Mantan Pacar

Minggu lalu, dapet screencap berita ini di twitter. Bacanya antara pengen ketawa, sebel, geli dan prihatin *ter-SBY ya cyin* Coba liat sendiri deh di bawah ini ya.

kawinan mantan

Nah di postingan ini, gue cuma pengen sok menulis beberapa adab, skenario, or whatever you name it lah, jika diundang ke kawinan mantan, dalam kondisi kita masih jones, alias jomblo ngenes. Semua ditulis berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah menyandang gelar jojoba (jomblo jomblo bahagia) selama hampir 5 tahun yaa, hihihi..πŸ˜›

Anyway, here they are:

1. Keep your chin up, girl! (and boy)

Gini ya. Berhubung gengsi gue gede, gue mah gak bakal mau dateng ke kawinan mantan dengan tampang lesu, sedih, apalagi sambil mewek kayak orang gagal move on. Chin up, girl! Meski hati tersayat sembilu, kita harus bisa dateng dengan cerah ceria, dan yang paling penting, KECE MAKSIMAL.

Menyitir komen seorang temen gue sesama alumni akademi jomblo ceria, “Justru kita harus tunjukin ‘ini lho gue yang jadi the one that got away lo. Nyesel kan??'”.Β  Hahahaha…πŸ˜†

Apalagi kalo penyebab putus adalah karena si mantan selingkuh atau nge-dump kita dan ceweknya tipe yang ngeselin. Tips ini harus wajib kudu dilakukan ya!

2. Ajak cowok untuk jadi pacar pura-pura

Kalo bisa, cowoknya yang bener-bener gak dikenal sama mantanlo ya. Trus harus lebih keren dan kece lah, hahahha..πŸ˜€

Sebenernya, tujuan poin ini ada dua. Pertama, cuma pengen nunjukin ke mantan kalo lo udah move on. Helllooo… Replacing you is so easy, you knoowww.. Kayak di film The Wedding Date itu lah, saat si cewek sampe pesen g1golo karena mau ketemu mantan tunangannya di kampung.

Kedua, nah ini pengalaman pribadi gue nih, adalah supaya hubunganlo dan si mempelai wanita adem-adem aja. Tujuan ini biasanya dilakukan kalo hubungan antara lo dan mantan baik-baik aja.

Gue pernah melakukan itu saat seorang mantan gue merit. At that time, gue masih jomblo. Gue akhirnya ngajak seorang temen cowok untuk play pretend jadi pacar gue di acara itu. Tujuannya bukan buat bilang ke mantan kalo gue udah move on. Gue begitu justru untuk menjaga hati istrinya mantan. Sehingga dia gak insecure dan cembokur-cembokur geje.

Ini terbukti sih karena pas gue akhirnya merit, mereka dateng dan istri dese baik-baik aja tuh ke gue. Gak pernah macem-macem lah sampe sekarang.

Ini juga gue lakukan karena trauma pernah berbulan-bulan diteror istrinya seorang mantan yang lain. Padahal diundang aja kagak ke kawinan mereka, tapi tetep aje diteror-teror. Jadi daripada capek diterorin istri-istrinya para mantan yang cemburuan dan insecure, mending play pretend aja laahh supaya amanπŸ˜€

3. Kalo mantan melakukan gesture tanda gagal move on, tangkis sekuat tenaga

Ini penting supaya tragedi yang dialami Risna di kisah di atas terulang pada dirilo. Apalagi buat yang patah hatinya hancur lebur ya qaqaaqq..

Di kasusnya Risna vs Raiz kan, diceritain bahwa pertahanan Risna jebol setelah Rais memeluknya saat dia salaman kasih selamat. Ya gimana nggak jebol ya cyin. Pacaran hampir 9 tahun, trus gara-gara ortu gak setuju, hubungannya harus putus. Eehh sekarang liat dia di pelaminan sama cewek lain. Pas disalamin, eh dia pake meluk pula. Langsung pengen nyanyi lagu Maroon 5 yang ini deh:

If happy ever after did exist, I would still be holding you like this

πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

Ujung-ujungnya, udah lah makeup luntur, eh suasana jadi awkward pisan. Mempelai wanita ikutan sedih dan (mungkin) marah melihat suaminya gagal move on peluk-peluk mantannya. Para tetamu yang harusnya hepi jadi sedih ngeliat adegan ini. Dan dirilo sebagai si mantan akan dapet dua reaksi.

Pertama, lo bakal dicap gagal move on dan patah hati berat karena ditinggal kawin. Semua orang bakal mengasihanilo. Iihh gengsi amat dikasihani oraangg!

Kedua, kalo hubungan antara si mantan dan istrinya jadi awkward gara-gara kejadian itu, lo akan selamanya dituding sebagai penghancur rumahtangga orang. Emang enak?

Pleeuuss.. Kalo di tengah-tengah para tetamu ada wartawan, dijamin kisah pilu ini bakal dimuat di media. Kayak yang terjadi pada Risna itu tuh. Duh!

IMG_20141021_122015

4. Kalo nggak siap mental, mending skip deh

Ini serius lho. Banyak soale cewek/cowok yang nggak punya mental sekuat baja saat diundang menghadiri kawinan mantannya. Daripada bikin rusuh, atau malu-maluin diri sendiri, mending di-skip aja undangannya yaπŸ™‚

5. Pilih-pilih mantan yang bakal diundang

Nah kalo ini khusus untuk calon pengantinnya sih. Demi menghindari kasus Risna-Rais, lebih baik kedua pengantin berdiskusi untuk urusan mantan diundang atau nggak. Hindari mengundang mantan yang bermasalah dan ngeselin. Nggak mau kan acara kawinanlo berubah jadi tragedi?

Trus, ini saran dari temen gue nih. Sebelum menikah, selesaikan semua unfinished business di masa lalu dengan para mantan. Sehingga, nggak ada lagi pihak-pihak yang tersakiti dan berpotensi jadi kerikil di masa depan *tsah nasehatnya paten abis cuy*

Sebagai penutup, mari kita dengarkan dua soundtrack paling cucok untuk tema postingan ini. Selamat berharu biru!

30 thoughts on “Kondangan Mantan Pacar

    • Kabarnya sih lamaran Rais ditolak karena dia gak mampu kasih uang panaik (uang untuk melamar perempuan) yang diminta keluarga Risna Mbak. Di adat daerah Sulawesi, banyak terjadi kasus gini. Yang ada kasian deh, banyak yang gagal ke pelaminan karena urusan duit, hiks😦

  1. Dulu waktu aku nikah, pacarku yg gagal nikah ma aku padahal dah pacaran 7 taun dateng, lengkap ama keluarganya (ibu, adik2 n istrinya yg dia baru nikahin).Karena hubungan masi baik n semua aku undang. Pas salaman ya dia cipika cipiki ke aku, aku juga cium tangan ibunya. Eh malah sama swamik kalo pas nonton video nikahan, part itu diulang2 ma dia:)

  2. Oalaaahhh mbak Iraaaa… hahaha… aku ngikutin SEMUA (literally, SEMUA MUA MUAAA) postingan dirimu soal mantan2 kamu itu loh mbak… Yang ada salah satu mantan kamu yang ngeliatin dirimu terus-menerus padahal doi (seharusnya) duduk anteng di pelaminan… hihihi… Mbak bisaaa aja bikin postingan yang bikin ngikik kayak begini. Btw, tadinya aku ngarepin mbak Ira menganalisa (eciyeee…) soal kewongnya Raffi + Gigi (+gusi). Sebenernya ini kawinan for the sake of business (money,etc? Mirip Kim Kardashian geto?) atau gimana sih mbak? Well, analisa dari jurnalis hosip2 handal seperti dirimu amat kami nantikan. :)))

    • Mbak Nurul dirimu sungguh bikin gue SHOCK LUAR BIASA NIH! Hahahahaha..πŸ˜†

      Gue jadi inget2 lagi, siapa aja ya mantan yang pernah gue ceritain di sini? Risiko hobi cerita tapi pelupa gini nih, payaahhh hahahaha *tutup muka pake serbet*

      Kawinan Raffi Gigi kayaknya for real deh. Yah kalo gak for real, kasian juga Mbak. Udah abisin duit miliaran plus ditayangin langsung. Kalo gagal, malunyaaa gak nahan dehπŸ˜›

  3. Ra, mantan gue ada yang sengaja ngundang mantannya dan diajak foto bersama diatas pelaminan, loh! Haahahaha ngehek emang! tapi karena mantan gue pas SMA, ya sutralah, lucu-lucuan aja. Sama istrinya juga kami semua baik-baik, sih.. hahaha

    Btw, itu kenapa meluk mantan di depan istrinya, yaaa? x)

  4. Ahahaha gue baca berita itu ga ada haru-harunya malah lucu aja gituπŸ˜†

    Ya udah sih mba Risna, diikhlasin aja kesian kan istrinya Raiz masi bebayang baying suaminya meluk meluk mantannya di pesta pernikahan mereka😦

  5. Kalo pengalamanku malahan sebenernya bukan mantan sih mbak, wong belum jadian. Deket sama si A ini pada masa si A pedekate sama si B dan ditolakin mulu sama si B. Keknya si saya dideketin buat manas manasin doang ini de. Pas kemudian jadian, si A langsung berubaahh, ga pernah sms lagi, ketemu juga ga nyapa, kayak ga kenal. Saya jadi mlongo.
    Sekalinya sms2an bahas film(kalo menurut saya ya) biasa aja, saya langsung “dimarahin” sama si B.
    Akhirnya saya ga mau lagi smsan. Drpd saya yang kena. Ehhh waktu saya jawab gt ke A, dianya ngambek. Weleehhh.
    Pas nikah, temen2 saya pada udah diworo2 jauh2 hari, saya mepet aja dong (biar ga dateng kali ya). Ya udahlah ya wong saya juga udah punya pacar ndiri. Dulu deket juga sebatas kakak adek doang. Plus belum jadian pula mrk.
    Udah nikah, saya sama A smsan biasa aja, crita kerjaan, kemudian saya juga tanya2 nikah kek mana karena waktu itu galau mau nikah, dimarahin lagi sama B.
    πŸ˜’ dipikir pikir insecurenya buangeettaaann. Si A emang pernah cerita kalo dia dilarang kontak sama aku. Ga boleh sama sekali.
    (Ini malah curcol).
    Cantik, cantikan dia. Seksi, seksian dia. Yang nikah sama A juga dia. Satu pelajaran aja sih, kalo keliatan ada temen yang ceweknya insecure, kita jauh2 aja lah. Ga temenan gapapa deh. Ihik

  6. Setuju banget! kalo dateng ke kawinan mantan mesti kuat mental dan tampil menawan dong. kalo ga kuat sih emang mendingan gak dateng dari pada malu maluin diri sendiri. Skip kawinan nya mantan gak dosa kokπŸ˜‰

  7. Tampil kece maksimal itu perlu buat pamer, menunjukkan bahwa kita SGT baik2 saja tanpa mantan pacarπŸ˜†πŸ˜†
    No. 4 sudah dilakukan, no. 5 pasti akan dilakukan walaupun tanpa postingan ini. Demi kemaslahatan hidup orang banyak, iya ga mbakπŸ˜‰ *halah*

  8. betul banget semua tips2nya mbaπŸ˜€
    paling pantang nunjukin ke mantan kalo kita gagal move on, minimal harus dateng sekece mungkin dan kalo bisa bawa gandengan sekeren mungkin, kalo gabisa, yah diskip aja wkwkwk

    • Hahaha.. Gue juga. Etapi bukan karena gak kuat mental sih, melainkan karena gak diundang, huh! Kayaknya si mantan mempraktikkan poin no 5 deh, secara bininya jealous bgt sama gue hahahaha..πŸ˜€

    • Iya banget tuh! Gue dulu pertama nonton trailernya langsung tercenung, Gin. Kalo film itu dirilis pas gue jelang nikah, pasti gue ikutan galau kayak Amanda juga deh hahaha..πŸ˜€

      Ah nonton filmnya lagi aahh.. Suka sih!πŸ™‚

  9. Pingback: Why You Gotta Be So Rude? | The Sun is Getting High, We're Moving on

  10. Wah kalo aku critanya beda mbak, dulu 4 taon yg lalu pas nikah aku malah yg nyuruh suami ngundang mantan hahaha, bukan karna mo manas2in sih tapi pas itu kita ketemu dikawinan temen eh si mantan suami ini tiba2 nemuin kita dan bilang ” katanya sebulan lagi mo nikah ya” eaaaaaa, ya wes to tak suruh aja suami ngundang dia abisnya ga enak udah ditembak kayak gitu hahahaa. Padahal dulu pas mereka putus dan kemudian suami jadian sama aku si mbake ini gegalauan melulu di fb ora uwis2 *ketauan dah gw dulu stalking fb mantannya suamik :-))
    Yang kemudian abis nikahan gw, gw kepo lagi liat fb dia dan ternyata sebelum datang ke nikahan kita doi sempet galau2, yg mana gw malah jd ga enak ati karna udah ngundang dia hahahaha

    • Wahahahaha.. Gue koq jadi ngakak baca ceritalo stalking-in FB si mantannya suami MbakπŸ˜€

      Tapi sih menurut gue, keputusan dirimu mengundang dia udah pas. Lha wong si mantan yang nembak duluan. Jadi kalo dia galau, ya sapa suruh minta diundang kan hahahaπŸ˜€

Leave a Reply

