Kepang of the Day

Sejak kecil, gue sukaaaa banget sama aktivitas kepang-mengepang rambut. Korban eksperimen gue, ya siapa lagi selain adik gue sendiri, hehehe.. Kebetulan, rambut dia itu tipe yang berombak keriting, jadi lebih enak untuk dikepang-kepang dibanding rambut gue yang lurus ini.

Makanya pas dia potong rambut pendek supaya kayak Demi Moore di film Ghost, gue sedih. Soale gue kehilangan korban eksperimen terpasrah, hihihi..

Gara-gara hobi ini pula, gue sering tuh dimintain sodara-sodara untuk bantu ngepangin rambut mereka. Tahun 90-an kan kepang kelabang jadi tren tuh buat ibu-ibu yang mau kondangan. Nah, mereka bilang daripada ke salon dan bayar, mending minta dikepangin sama gue.

Jadi deh gue yang waktu itu masih piyik, udah belagak ala-ala hairstylist. Mulai dari tante sampe sepupu, antri buat dikepangin sama gue. Namanya amatiran, modal gue cuma sisir dan karet. Kalo mau tahan lama, gue suruh semprotin hairspray sendiri-sendiri.

Sebelnya, hobi kepang ini gak bisa gue terapkan di diri gue sendiri. Soale rambut gue pendek mulu, model bob ala Dora, ceunah. Dan karena rambut gue tebel banget plus lurus, jadi lebih gampang copot-copot kepangannya.

Pas gue gede, hobi ini sempet terhentikan. Apalagi adik gue udah pake jilbab. Hilang deh korban eksperimen sekaligus manekin rambut.

Saat hamil, gue berharaapp banget punya anak cewek. Soale gue pengen melanjutkan hobi gue ngepang-ngepang. Alhamdulillah, keinginan itu terwujudkan. Tapi, sempet sedih juga sih karena sampe umur 1,5 tahun, koq rambutnya Nadira tifis dan nyaris boti?πŸ˜₯

Untung pas dia umur 2 tahun, rambutnya mulai panjangan dan bisa dikuncir-kuncir dikit. Lama-lama, rambutnya mulai tebal dan panjang. Horeee.. Punya bahan eksperimen baru!

Alhamdulillah, Nadira itu anaknya girly banget. Jadi dia pengen rambutnya panjang kayak princess-princess. Trus dia juga mau anteng dimacem-macemin rambutnya. Awalnya sih dia masih ogah dikepang-kepang. Maunya dikuncir hi-5 mulu (kuncir samping kayak Casey dan Lauren hi-5 itu lho). Tapi lama-lama akhirnya dia mau. Terutama setelah demam Frozen datang.

Hampir tiap hari maunya dikepang Elsa, yang dalam versi tersederhananya adalah kepang kelabang dari puncak kepala, lalu ujungnya disampirkan ke samping. Lama-lama gue bochen ya. Mulai deh bereksperimen macem-macem.

Kebetulan, gue hobi nontonin tutorial kepang di yutup. Salah satu channel favorit gue ya ofkors CuteGirlsHairstyles. Banyak tutorial kepangan yang terlihat ribet ternyata setelah diikutin, yah cuma begini doang, kak? *somse*

IMG_20140905_185121

*french fishtail braid*

IMG_20140826_164421

*twist braid ala Coronation Day-nya Elsa*

IMG_20140918_082039

*double dutch braids*

Gue juga mulai iseng ngepang rambut sendiri. Tapi berhubung pemalas, paling mentok ya bikin french/dutch braid di poni, atau bikin fishtail braid gitu-gitu, yang simple. Soale kalo bikin lainnya yang lebih ribet, tangan gue pegel banget-nget euy.

Sekarang, saat ke sekolah, kepangan Nadira nyaris gonta-ganti tiap hari. Biasanya, di malam hari, gue tanya dia besok mau dikepang apa. Atau gue kasih liat video di yutup, dan tanya dia mau/gak dikepang kayak gitu. Dan guru-gurunya sampe hapal, kalo Nadira rambutnya cuma pake bando, mereka pasti tanya “Mbak Dira, ibunya lagi ke luar kota ya? Koq rambutnya gak dikepang?”πŸ˜€

Gara-gara ini, banyak temen-temennya di sekolah yang minta dikepangin juga sama ibu masing-masing. Dan gue suka dikomplain deh sama ibu-ibu itu karena “Ah Mbak, gue jadi rempong deh nih. Mana gue gak bisa ngepang pula” hihihi.. Maapkeuunn kakaakkk…πŸ˜›

Jadi biasanya kalo ada acara playdate, ya sekaligus ajang gue demo kepang massal deh. Tiga anak sekaligus gue kepangin gitu. Lumayan, jari belum keriting-keriting amat. Mungkin kalo udah 20 anak, baru tremor ya cyinπŸ˜€

IMG_20140926_194859

*2-in-1 double dutch braids*

Anyway, kemarin gue iseng buka-buka akun instagram beberapa hairstylist kondang di Indonesia. Saat ini, kepang-kepang gitu kan kembali ngetren ya. Jadi deh banyak kreasi mereka yang berupa kepangan kombinasi gitu. Keren dan kayaknya sih beberapa gue bisa ya *GR dikit ah*. Masalah gue selama ini, adalah, gue cuma ngepang untuk iseng-iseng. Jadi hasilnya masih gak rapi dan acak adul. Gak sespektakuler para hairstylist itu lah.

Tapi dari situ gue jadi mikir, ih kayaknya lucu nih kalo gue ikutan kursus tata rambut. Apalagi salah seorang ibu temennya Nadira yang berprofesi sebagai makeup artist udah bilang “Mbak, kalo ada klien gue minta rambutnya dikepang-kepang gitu, lo mau ya bantuin gue.” Wah jadi semangat deh akyuu..

Yah, siapa tau dari hobi bisa dapet income. Lumayan kan bok buat tambah-tambah uang belanja baju di online shopπŸ˜›

Oh ya ini ada tutorial kepang twist braid dari CuteGirls Hairstyle yang menurut gue simple dan pasti bisa dilakukan semua orang. Hasilnya, kece banget pula. Your girls will definitely love it!

10 thoughts on “Kepang of the Day

  1. Ahhh … twist braid ala Coronation Day-nya Elsa nya keren bingits. Tapi sayangnya rambut anakku pendek (lah emang siapa yg niat motong rambut? tunjuk diri sendiri). Nanti deh, disimpen dulu tuto nya buat anak selanjutnya #eh, buat nanti kalo rambut anaknya udah panjang dan bisa dikepangπŸ˜›

  2. Iraaa… mau dong dikepanginnnn… tp kayaknya alamat bakalan gampang copot2 rambut gue soalnya lurus bener. Suka banget sama kreativitaslu. Iya boleh Ra buka salon khusus kepang. Siapa tau ngehits.

  3. Padahal pas potram ala Demi Moore nggak mirip juga sih, secara sini keriting. ZZzzzz……

    Btw, wujudkan gih cita2nya, biar Langit ga usah nyalon sampe ABG nanti :))

  4. Aaaahh tos mba Ira! Aku juga seneng banget ngepang2 tapi berhubung gak punya korban eksperimen ya rambut sendiri dikepang. Cuma rambutku tuh keriting terus aku layer dan tipisin jadi panjangnya gak sama. Suksesnya sih waktu wisuda kemarin rambut dikepang terus dicepol gitu pada ngirain hasil karya salon. Hihihi gak sia2 mantengin pictorial di pinterest sampe bludreg.πŸ˜€

Leave a Reply

