#12 Sambel adalah Kunci!

Halooo semuanya! Apa kabar? Udah hampir sebulan (eh atau lebih?) gak ngeblog, bahkan belum sempet reply komen samsek nih. Pelan-pelan ah mau berusaha dirajinin lagi🙂

Anyway, kali ini mau lanjutin writing challenge yang diprakarsai sejak zaman baheula. Sampe malu bok, saking lamanya diniatin tapi gak lanjut-lanjut hahaha..😛 Tema kali ini adalah tentang makanan terfavorit yang idenya dikasih oleh Kokoh Arman. Warning, postingan ini mungkin bakal membuat air liur terbit. Harap maklum😀

Oke, jadi apa dong makanan terfavorit gue? Sebenernya sih ada banyak, maklum doyan makan😛 Tapi kalo dieksplorasi lebih lanjut lagi, kayaknya jawabannya cuma 1, yaitu sambel.

Mau sambel terasi, sambel mentah, sambel matah, sambel mangga, sambel kecap, sambel rujak, sambel kacang, sambel roa, sambel teri, apaan aja deh, gue sukaaaaa semua. Makanan apapun, asal pake sambel, pasti gue doyan. Enak gila, men!

Sambel juga menjadi diet crasher utama gue. Dari dulu sampe sekarang, diet selalu bubar jalan tiap gue abis beli sambel atau makan di tempat yang sambelnya enak. Makanya kalo di kategori makanan, sambel itu aslinya kan condiment, alias pelengkap. Tapi buat gue, sambel justru yang utama.

Tiap cari warung nasi uduk, pecel lele, atau warung makan, asal sambelnya oke, that’s enough for me. Biarin deh ayam gorengnya kurang asin, lelenya kurang garing, atau nasi uduknya biasa banget. Yang penting sambelnya euy!

Nah, seminggu setelah Lebaran kemarin, gue dapet tugas luar kota ke Manado, Sulawesi Utara. Tujuan utamanya sih liputan Festival Bunga Tomohon. Tapi ofkors lah yaw, tujuan sampingannya wiskul. Apalagi gue itu lopelopelope berat sama masakan Manado. Tiap ke Beautika, rasanya gue kayak lagi di surga. Gimana kalo ke kota asalnya? Hati berbunga-bunga banget deh!

Alhamdulillah, gue bareng rombongan dari Parekraf yang doyan wiskul semua. Hari pertama pas sampe, kita langsung diajak ke Bitung, kota pelabuhan yang jaraknya sekitar 2-3 jam dari Manado. Setelah keliling-keliling Bitung, kita diajak ke rumah sodaranya orang Parekraf, sebut aja Bapak S. Rupanya, kakaknya si Bapak S menikah dengan orang Bitung asli. Jadi, kita dijamu deh makan-makan di rumahnya.

Menu pembuka, kita disuguhi sepiring besar pisang goreng dan semangkok besar sambal roa. Meski gue suka banget makan apapun pake sambel, gue belum pernah makan pisgor pake sambel. Di sini, akhirnya gue nyoba daannn langsung jatuh cinta. It was love at first bite, literally!

Sambel roa yang dia bikin bukan tipe sambel roa kering yang banyak beredar di online shop, ya. Tapi dia bikin versi basah, yang pake cabe bawang tomat plus roa gitu. Ya ampun rasanya luar binasa lezatos. Ini masih kebayang-bayang gini di lidah gue😛

IMG_20140807_174935

*yang kiri pisang goroho khas Minahasa, rasanya tawar dan katanya dulu adalah makanan raja-raja. Pisang goroho bisa jadi pengganti nasi/karbo utk penderita diabetes. Yang pake tepung itu pisang kepok. Penampakan sambelnya sih kurang sedep ya tapi rasanya doonngg, finger-licking good!*

Abis itu, kita disuguhi tude bakar, kangkung cah, ikan woku belanga, plus sambal dabu-dabu. Gue yang aslinya masih kekenyangan abis makan 4 potong pisgor, langsung semangat liat menu di atas meja. Jadi terpaksa deh (?) makan lagi.

Yang istimewa, adalah sambal dabu-dabunya. Dabu-dabu yang gue kenal rasanya yaaa standar gitu deh, asam dan pedas. Tapi dabu-dabu ala si tante itu asli enak banget. Masih terbayang-bayang pula nih di lidah😀

IMG_20140807_181107*liat fotonya aja jadi lapeeerrr..*

Setelah makan malem, kita balik ke hotel dan melanjutkan aktivitas. Selama di Manado maupun Tomohon, kita tetep lanjut acara makan-makan. Menu yang dipilih pun ya gak jauh-jauh dari menu di rumah si tante di Bitung kemarin. Tapi tetep, gak ada yang ngalahin sambelnya. Gue yakin deh kalo si tante ke Jakarta dan buka warung di sini, Beautika, Chamoe-chamoe, dll mah lewaaattt…

IMG_20140808_152734*pisgor sambel roa di restoran di Danau Linow, Tomohon. Penampakannya sih lebih kece daripada pisgornya si tante. Tapi rasanya jauuhhhh lebih enak pisgornya tante. Meski begitu, tetep sih di sini gue abis 5 potong lebih hahahhaa…*

Trus saking tergila-gilanya sama masakan si tante, gue dan anggota rombongan lain pun minta tolong dia untuk beliin cabe, tomat dan jeruk nipis buat dibawa pulang. Ceritanya di Jakarta mau nyoba bikin masakan Manado sendiri gitu. Yang ada kocak deh. Orang-orang mah pulang dari Manado bawa klappertaart dll dsb, kita malah bawa kardus aqua isi cabe, tomat dan jeruk nipis😀

IMG_20140809_171625*cabenya bener-bener sesuai dengan pepatah “kecil-kecil cabe rawit”. Parah bok pedesnya, padahal size-nya cuma seujung kuku*

Pulang dari Manado, setelan pedes di lidah gue pun berubah. Yang tadinya mungkin level 6, sekarang naik jadi level 8-9. Ini beneran lho, soale gue ngerasa sendiri. Makan bakso langganan yang biasanya sambel 1,5 sdm udah pedes, kemarin 3 sdm aja masih gak berasa apa-apa. Trus makan nasi uduk, sambelnya jadi gak berasa pedes samsek.

Yang sebel dengan naiknya setelan pedes di lidah gue ofkors adalah suami. Kenafa? Soale dia gak suka pedes. Dikit-dikit bolehlah, kayak ketoprak cabenya 1-2 gitu. Tapi kalo yang pedes sungguhan, dia biasanya gak akan makan kalo gak terpaksa.

Selama cuti seminggu kemarin, ceritanya gue sok jadi istri soleha yang masak tiap hari. Yang gue bikin ya gak jauh-jauh dari menu percabean. Misalnya ikan cakalang fufu goreng pake sambal colo-colo, tumis terung sambel teri, atau sambel goreng kentang ati ampela.

IMG_20140810_114518*cakalang fufu goreng dan colo-colo. Abis makan ini akik langsung moncor saking pedesnya tuh cabe rawit😀 *

IMG_20140815_110845*terong tumis sambel teri lagi jadi favorit gue banget nih. Gampil dan enaakk.. Well, apaan aja asal disambelin juga enak sih😛 *

Perasaan sih pas bikin, rasa pedesnya sedang-sedang aja. Tapi begitu suami nyobain, mukanya merah, panik cari air sambil keringetan. Ealah ternyata kata dese masakan gue pedes banget. Ya maap shaayy, hihihihi..

Abis, gimana dong ya. Setelan pedes gue udah berubah gini. Kayaknya gue perlu wiskul ke daerah Jawa Tengah yang masakannya gak banyak pake cabe deh. Sapa tau pulang dari situ, setelan pedes di lidah gue bisa balik ke setelan awal.  *salam manis dari timbangan, Ra!*

22 thoughts on “#12 Sambel adalah Kunci!

  1. sambel dabu-dabu ama nasi anget aja udah enaaaak!
    jadi inget abis lebaran kemaren mama bikin sambel tempe.. itu nasi 4 takar se magic jar abis ber 3 bok! gw, mama sama papa.. lupa ama “berhentilah sebelum kenyang” jadi berhentilah kalau sambelnya abis huahahaha

    • Gue jadi inget pernah makan di resto super jadoel di Cikini yang ada sejak zaman Belanda. Ownernya cerita, bule-bule yang hobi makan di situ suka banget makan steak pake sambel terasi. Bahkan sambelnya digadoin, hahahaha😀

  2. Hampir tiap hr emak eike bikin sambel dabu2.. Secara kan yah bonyok emg doyan sambel. Dan nurun ke gw yg doyan sambel. Suami ku jg ga doyan sambel mba, hahaha

    Liat pisgor ini jd kepengen mkn itu, secara udah lama sptnya ga makan itu *latah*

    • Hahaha.. Berarti kita senasib ya Ye. Btw bokap gue juga dulunya kurang doyan pedes. Trus sama nyokap dijejelin cabe tiap hari. Skrg udah lumayan sih, lbh kuat makan pedes. Tapi tetep kalo makan, dia selalu siap sedia air putih segelas gede😀

  3. Nah Ra, gue sering nih puasa cabe… ukurannya klo semua sambel yg gue coba gak ada rasa pedesnya sedikit pun, masak gue pernah ketoprak cabe pake 25 gak pedes sama sekali? Ngajak bercanda cabenya… gue akhirnya berhenti makan cabe, trus klo udah sebulan mule lagi makan cabe, baru kerasa pedes…trus naik lagi levelnya… naik terus sampe nanti mesti puasa lagi… gitu terus dah

  4. kalo main2 ke Samarinda-Kaltim jg ada pisgor pakai sambel mba..qt biasa nyebutnya “sanggar”..alhasil temen2 sy di jkt menatap sy dg heran pas liat sy makan pisgor pakai sambel.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s