Anak Sentimental

Belakangan ini, load gue liputan ke luar kota lagi lumayan tinggi. Tiga minggu lalu gue liputan ke Bali. Trus baru semalem gue balik dari liputan di Balikpapan.

Suami sih oke-oke aja. Gue pun percaya bahwa dia bisa ngurus Nadira dengan baik dan benar selama gue ke luar kota. Udah terbiasa lah dese ngurusin anaknya dari zaman masih bayi banget sampe sekarang. Jadi gue pun bisa kerja sambil liburan colongan dengan perasaan aman.

*sedikit tips tentang traveling tanpa anak pernah gue posting di MommiesDaily di sini ya*

Trus Nadiranya sendiri gimana? Nah ini dia tantangannya. Pertama kali gue tugas ke luar kota pas dia masih umur 20 bulanan. Jadi tantangan buat suami adalah gimana bisa membuat dia tidur tanpa harus ninen sama gue.

Selanjutnya pas udah disapih mah, cingcay lah. Dengan catatan, gue pergi nggak terlalu lama, maksimal 3 hari 2 malam. Kalo lebih dari itu, biasanya Nadira jadi rada rewel dan nangis sediihh banget. Bikin bapaknya, nenek-neneknya, tante-tantenya, kakeknya, dan semua orang yang denger dia mewek ikutan sedih. Hahaha..😀

Ini kejadian pas gue ke Balikpapan kemarin, yang memakan waktu 4 hari 3 malam. Dari awal, pola gue pergi pun udah beda dengan sebelum-sebelumnya. Biasanya, gue selalu naik pesawat paling pagi. Jadi gue berangkat dari rumah subuh-subuh. Nadira melepas gue naik taksi pun masih setengah ngantuk. Abis itu dia tidur lagi, bangun, mandi, berangkat sekolah dst, just like ordinary days. Dia baru berasa gue “hilang” pas malem hari.

Kemarin, pesawat gue ke Balikpapan berangkat sore. Jadi, gue paginya gak ngantor dan anter jemput Nadira ke sekolah. Abis itu ngobrol, untel-untelan dll, sebelum akhirnya gue berangkat naik taksi dan dia gue tinggal bersama nyokap. Dari sini aja, kondisi psikologisnya udah kurang cihuy ya. Mana dia lagi agak sumeng mau flu pula.

Sebelum berangkat, dia udah bilang sama gue bahwa “Nanti malem Mbak Dira mau mewek supaya ibu inget Mbak Dira.” Dan ucapan itu dia umumkan ke semua orang lho. Yaelah Nak, mau mewek koq pengumuman sih, hihihi.. 😀

Trus kata nyokap, begitu gue berangkat, Nadira bolak-balik keluar masuk kamar gue. Nyokap pun penasaran, emang ngapain sih ini anak? Pas nyokap ngintip, tau-tau dia lagi elus-elus foto gue yang ada di kamar. Ya ampun, anakku sentimental amat sih! :’)

Tapi pas ke-gap nyokap itu, dia langsung malu dan nutup pintu. Supaya kegiatan elus-elus foto gue gak diliat orang kayaknya hahaha..😛

Setelah puas elus-elus, dia ambil kertas kosong dan mulai menggambar. Trus dia bilang gini “Enin, ini foto Mbak Dira lagi mewek karena ditinggal ibu ke luar kota”. Ini nih fotonya:

nangis

*air matanya nyembur kayak di komik-komik Jepang ya😀 *

Sentimentalitasnya bertambah di hari Sabtu. Maklum, biasanya kan gue kalo berangkat Kamis, Sabtu pasti udah balik. Nah ini, gue baru balik hari Minggu. Alhasil Nadira pun rewel. Sabtu malem dia nangis sediihhh banget yang bikin suami, ipar dan mertua gue ikutan sedih. Pas telepon gue, walah meweknya tambah parah lagi.

Makanya pas semalem gue balik, dia langsung nggak mau lepas. Waktu gue godain dengan bilang: “Tau nggak, Dede Orang Utan itu sampe umur 7 tahun bakal terus nemplok sama ibunya lho. Kemana-mana pun, nemplok terus di badan ibunya. Nah, Mbak Dira nemplok terus gini jadi kayak Dede Orang Utan yang ibu liat kemarin deh.”

And then she said “Ya udah gpp Mbak Dira kayak Dede Orang Utan. Yang penting kan nemplok terus sama ibu.”

Hahaha.. Yang gini-gini nih yang suka bikin hati galau tiap ada tugas luar kota. Semakin besar anak, semakin paham dan susah ditinggal ya. Mana minggu depan gue rencana mau liputan ke Makassar pula. Wish me (and Nadira and of course, my husband) luck!🙂

61 thoughts on “Anak Sentimental

  1. aku antara terharu tp kocak jg hehhee…kebayang ya mbak makin gede makin susah sbenernya ninggal anak tgas, ini raya yg baru 16 bulan aja mule ga bs tidur klo aku pulang malem krn event😦

  2. Huaaaa ini beneran antara sedih dan kocak.. yg paling terharu itu pas Dira nyiumin foto mu mbakkk.. duh klo gw bs mewek deh klo millie begitu *cengeng*

  3. mba dira ternyata mau nya nemplok sama ibu terus ya.. sedih deh waktu dia bolak balik cium foto lo ra.. ngebayanginnya bikin patah hati yak..

  4. Iraaa.. Ahahahah… Anak lo ama lo sifatnya bertolak belakang yaa… Nadira melankolis sedangkan loe cuek abis..😀 Tapi gw gak nyangka loe punya sedikiiiiitt sifat keibuan, mau ditemplokin anak ( knp gw blg dikit, soalnya semua org dah mewek gr2 Nadira sedih, eh pas liputan, sang Ibu malah poto2) #peace :p

    • Trus menurutlo yg harus gue lakukan apa dong Trid selama di luar kota? Nangis di kamar, merengek2 ke panitia utk bisa pulang duluan atau share di socmed ttg kesedihan gue? Perasaan nih, ibu2 yg sifat keibuannya lebih banyak dr gue juga gak gitu2 amat. These are the consequences we have to take as working moms. Jadi ya telen aja, hadapi & nikmati🙂

      Btw kapan lo merit? Mungkin kalo lo merit & punya anak sendiri, lo bakal lbh bisa paham dunia ibu2 sesungguhnya yaaa hehehehe #peace😀

  5. Puk puk puk, Mbak Dira sama kayak tante kok, tante nginep di rumah sepupu saja bisa malam-malam nangis, padahal mah pagi siang hari senang2x saja. Kangen sama Ibu Bapak, selalu sampai kuliah kalau malam sepi2x gitu mellow ingat rumah *hayo lhoooo lebih lama dari dedek orang utan Ra hihihihi*.

  6. hai mbak Irra, salam kenal yah. selama ini silent reader nih. kmrn di balikpapan nginep di N*votel yah? asa liat pas lg sarapan, hari jumat pagi. mau nyapa takut salah orang😉

  7. hihihi dira sama nih kayak andrew. sensitif banget. jadi inget pas gua business trip ke vegas last year. si andrew malemnya bisa nangis2 bilang kangen ama gua. hiks.
    trus kemaren ini buat mother’s day, esther pergi ke spa ama temen2nya for half of day. si andrew tadinya juga protes dan gak setuju. soalnay tiap weekend biasa kita kemana2 serombongan kan. dia gak suka kalo esther pergi sendiri ama temen2nya. huahaha. temennya sampe bilang, biasa mah orang gak dikasih ijin suaminya, ini gak dikasih ijin anaknya.😛
    padahal setelah udah dijalanin ya dia fine2 aja sih… walaupun tetep bilang next time gak boleh lagi. hauahhaha😛

  8. kalo urusan nemplok, ini drama tiap malam mau tidur di rumah mbak…si sulung & si tengah salalu berebut minta bo2 dekat bundanya..padahal bundanya masih punya pe er ngeloni si bontot juga…hahahaha. Aamiin..mdh2an tugas selanjutnya Nadira udah ga pake acara rewel lagi ya…🙂

  9. Jadi ingat pertama kali ditinggal nyokap dinas, persis kayak Nadira, mewek2 terus tidur sambil berdoa terus supaya mama cepat pulang dengan selamat. Itu pas gue SD.. tidur pun sambil berlinang air mata. Tapi dinas berikutnya sih udah biasa aja, malah langsung minta nyokap buka koper untuk ambil oleh2 hihihi

  10. Ra kok bisa sih Neng Dira sentimentil begitu? Gaoqi begitu karena aku juga begitu lah kau kan lempeng surempeng dan muka nyengir mulu yak. oh ya, kalo berpikiran ulang kepikiran mau tukeran kerjaan, aku masih bersedia ahahahaha *teteup*

  11. gimana anak saya nanti ya mba??7bulan si skrg…mpe sekarang sy gamau d tugasin ke luar kota krn ga bs ninggalin jagoan saya ini… soale stiap pulang (tenggo),stiap dia liat ibunya dan (trutama) nenen ibunya,langsung deh kolokan berattt…tidur sambil megangin nenennnya seolah2 saya ga bole pergi dari sisinya…

    • Sabar Mbak. Aku dulu pertama ke luar kota pas Nadira masih ninen, tapi Alhamdulillah baik-baik aja. Yang penting support system kita (suami dan pengasuh), mau dan bisa mendukung. Jadi si anak pun gak kehilangan banget deh🙂

  12. Aduh, sedihnyaaa.. aku new mother, baru 3 bulan ini, belum berani ngebayangin gimana nanti kali pertama ninggalin anak kalau dinas, hiks

    • Kalo ninggalin anak ke luar kota, kitanya yang harus kuat lebih dulu Mbak. Soalnya kalo kita nggak kuat, tugasnya jadi kerasa berat lho. Yang penting inget aja, kita ke luar kota untuk kerja, demi anak juga. Insya Allah gak kerasa deh🙂

  13. Ir, bagian ngelus2 fotomu itu jangan2 si pak suami juga begitu, muahaha…
    Aduh, aku ngakak liat gambarnya. Langsung inget film2 kartun yang kalo nangis airmatanya kayak air mancur di 2 sisi! Hahaha…

  14. Kebalikaaan dari Deba :)))
    Super cuek, makanya pernah suatu hari pas lagi ke luar kota Langit minta telp saya, mama bingung minta ampun. Kok tumben, mana pas lagi di beda negara, pulsa internet udh habis karena udah mau balik, hihi..

    Btw, iya ih, kok malah poto2 ngeksis nggak inget ya anak di rumah #peace #kaburkeindomaret #dilemparsendal

    • Hahaha.. Deba kan nurun dari babenya yang cuek. Kalo Mbak Dira nurun dari babenya yang sensitip tuh😀

      Poto eksis wajib doonggg.. Supaya tambah dihujat ibu2 yang doyan komen “ih enak banget jalan2, gak inget anak di rumah ya?”😀

  15. Haha ya ampun kebayang deh gw antara mo ketawa liat anak kecil udah ngerti sentimentil tapi sedih juga dikangenin begitu ya hihi..gw sih belom pernah ninggal nginep anak gw jadi g tau cuma waktu gw kecil seumur Nadira juga sama malah lebih parah, kalo bokap gw dines lebih lama dr biasanya trus gw sakit deh nanti sambil tiduran gw megangin foto bokap, trus pernah dines lebih dari seminggu gw sampe panik trus bilang ke nyokap kenapa baju bokap gw di lemari tinggal dikit haha lebay dah makanya gedenya juga suka lebay gini..:)))

    • Lo kan anak tunggal ya Lin, cmiiw. Trus baca cerita Tyas di atas, yang anak tunggal juga, gue jadi mikir, jangan-jangan sifat begini emang sifat khasnya anak tunggal ya. Bonding dan attachment ke ortunya gede. Jadi suka lebay kalo berjauhan hahahaha😆

    • Dari skrg udah dibilangin Mbak “Ibu ke luar kota untuk kerja dan cari uang. Jadi bisa beliin Mbak Dira baju Elsa.”

      Jadi kalo dia larang2 gue ke luar kota, gue keluarin jurus itu. Dan dia pun blg “Ya udah ibu ke luar kota aja deh. Jadi Mbak Dira bisa dibeliin baju Elsa.”

      Hihihihi..😀

  16. ya ampuuuun antara geli dan pengen ikut mewek juga pas liat gambar nadira🙂
    jadi deg-degan nih gegara saya ama suwami mau pergi bareng 3 hari 2 malam awal juni entar, ini bakal jadi kali pertama dia bakal tidur tanpa saya.. trus kan dari sekarang udah sounding sih ama si bocah kalo ntar dia bobo ama neneknya ehhhhh.. udah mewek ala drama queen aja, katanya ayah ga boleh ikut, harus temenin main block… zzzz… kenapa bukan saya yang dilarang pergi ya hihihii

    • Hahaha.. Perasaanlo mungkin yang dirasain suami gue ya Pit. Soale Nadira pernah komen gini:

      “Ibu jangan ke luar kota terus dong. Papa aja yang ke luar kota.”

      Suami pun ngambek krn gak dilarang anaknya, hahaha😀

  17. mbaaaa…aku juga galau nih bulan depan mau ninggalin anakku shafira (23m) dan nadhira (7m) ke bali selama 5 hari 4 malem… posisiku di medan… baca postingan mba jadi makin seddddiiiiihhhh

    • Aku dulu pernah posting di mommiesdaily tentang tips meminimalkan rasa bersalah saat harus pergi ke luar kota. Intinya yang penting kita harus kuat dan inget tujuan ke luar kota itu apa. Jadi ya fokus pada tujuan itu. PLus siapkan support system supaya anak2 di rumah ada yang mengurus. Semangat ya Mbak!🙂

  18. Aku memeleh pas di bagian Nadira elus-elus potonya Mbak. Duh, maknyes bener. Hmmm nanti aku juga bakalan banyak keluar kota nih buat tugas… Bakal ngalamin dilema-dilema juga… >.<

  19. aduh kebayang yaa…itu pas adegan elus elus foto ibu…maknyesss deh dan itulooh ‘pengumuman’ mau nangis biar ibunya inget…hikkss, anak cantik gak pake nangis juga dijamin si ibu inget terus…eh ditambah nangis malah makin inget yaa…

    walopun nemplok terus, emak pegel tapi dari dalam hati ada kebahagiaan yang gak bisa diungkapin ya ra…merasa bahagia selangit kalo ternyata dengan begitu terpampang nyata bukan khayalan kalo anak tersayang gak bisa jauh jauh dari emaknya…🙂

    • Bener banget Sil. Hati rasanya hangat gitu karena meski sering ditinggal, anak gue tetep kangen sama gue. Kan sedih ya bok kalo anak jadi cuek dan merasa gak butuh ibunya karena sering ditinggal-tinggal.

  20. Pingback: Liebster Awards | ruth wijaya

  21. Pingback: Anak Sentimental (2) | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

